Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 111548 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ahmad Budi Sahputra
"Sistem kontrol berbasis logika fuzzy dewasa ini tengah berkembang pesat. Hal ini disebabkan oleh kemudahan dalam perancangan sistem tersebut. Perancangan sistem kontrol berlogika fuzzy lebih mudah karena tidak memerlukan persamaan matematis yang kompleks, melainkan dengan menggunakan variabel-variabel linguistik. Hal ini selain memudahkan perancangan sistem tersebut juga merupakan solusi dari permasalahan yang tidak dapat dimodelkan secara matematis atau pemodelan matematisnya sangat remit. Dalam pembentukan variabel-variabel linguistik tersebut sistem akan menirukan tindakan-tindakan yang dilakukan seorang ahli (expert) dalam mengatasi suatu masalah. Dengan kata lain sistem berbasis logika fuzzy akan berperilaku menirukan seorang operator pengendali. Pada Tugas Akhir ini dikembangkan suatu sistem kendali fuzzy yang diterapkan kepada proses manuver flare pada sistem pendaratan otomatis pesawat terbang. Sistem ini bekerja mengendalikan flare path (lintasan flare) dengan menggunakan elevator sebagai pengendali dengan tujuan mencapai kinerja touch down yang baik. Dalam sistem ini dipakai pesawat N-250 sebagai model. Penekanan dari Tugas Akhir ini adalah cara kerja logika fuzzy dalam sistem tersebut."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S38976
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S39594
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Febrizal Adha
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S38546
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gunawan Setyo Prabowo
"ABSTRAK
Dalam tesis ini, akan dirancang sistem pengendalian gerak longitudinal dari suatu wahana roket dengan kode RKX-300 milik LAPAN dengan menggunakan pengendali logika fuzzy. Pengendalian dilakukan untuk memperoleh kestabilan pitch rate (laju sudut angguk) dan mengatur pitch attitude (posisi sudut angguk).
Dinamika roket dimodelkan dengan persamaan matematik dalam bentuk state space, model tersebut diturunkan terhadap kondisi keseimbangan trim dan mengasumsikan gangguan kecil, sehingga diperoleh model roket liner time invariant orde satu. Dengan mensubstitusikan data numerik dad karakteristik dinamika roket pada kecepatan tertentu akan diperoleh persamaan dalam bentuk numerik yang siap untuk diimplementasikan.
Bentuk numerik tersebut dapat ditransformasikan ke dalam bentuk fungsi alih (domain "s"), selanjutnya fungsi alih ini akan digunakan sebagai model yang akan diuji dalam simulasi dengan menggunakan simulink.
Selanjutnya akan dilakukan simulasi dan analisis pada kecepatan 34 m/detik untuk pendekatan model kecepatan rendah dan 170 m/detik untuk pendekatan model kecepatan tinggi. Simulasi dilakukan dengan bantuan MATLAB Simulink dan penyusunan pengendaliannya dengan MATLAB Fuzzy Toolbox.

ABSTRACT
In this thesis, will be design the longitudinal controlled movement system of LAPAN ROC-300 rocket using fuzzy logic control. The control system is used to acquire pitch rate stability and to control the pitch attitude.
Dynamic Rocket is modeled by mathematic equation in the state space model. This model is derived based on trim condition by assuming small disturbance in order to get time invariant linier rocket model in the order one.
By substitute numeric data dynamic rocket's characteristics at particular speed, we will abstain the equations in the numeric form which in ready to be implemented. This numeric form can be transformed into transfer function or "s" domain, and this transfer function will be used as a model and will be tested using the simulink program.
The simulation and analysis study will use 34 m/second for the low speed approach and 170 m/second for the high speed approach. The simulation is done with the help of MATLAB Simulink and MATLAB fuzzy toolbox.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andri Fitriadi
"Navigasi merupakan hal yang sangat penting dalam setiap pelayaran kapal laut, yaitu untuk mengetahui posisi kapal dalam koordinat geografis. Pengendalian pada sistem kemudi kapal laut dimaksudkan untuk melepaskan diri dan ketergantungan kemudi kapal terhadap seorang nakhoda dan kapal laut dapat tiba di tempat tujuan dengan kesalahan posisi yang tidak terlalu besar.
Pada skripsi ini akan dibahas perbandingan dua pengendali yang akan digunakan untuk mengendalikan kemudi kapal laut, yaitu pengendali logika fuzzy dan pengendali ANFIS (Adaptive-Network-Based Fuzzy Inference System). Pengendali logika fuzzy menggunakan metoda basis aturan berdasarkan pengalaman seorang pakar (dalam hal ini nakhoda) untuk mengendalikan kemudi kapal yang diambil dari acuan[2] , sementara pengendali ANFIS merupakan pengendali neuro fuzzy yang rnenggunakan proses learning dari basis data untuk menghasilkan basis aturannya. Kedua jenis pengendali ini akan menghasilkan kinerja yang berbeda."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39917
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muadzin Furqanul Jihad
"ABSTRAK
Pada Tugas Skripsi ini dibuat simulasi suatu sistem kendali untuk mengendalikan gerak longitudinal pesawat terbang. Sistem ini bekenja mengendalikan gerakan pitch pesawat (gerakan naik-turun hidung pesawat). Ini dilakukan dengan pengaturan sudut elevator (sirip pada sayap belakang horisontal). Dalam simulasi ini digunakan metode Runge-Kulta orde empat.
br>
Dalam Tugas Skripsi ini digunakan pengendali berbasis logika fuzzy yaitu
pengendali umpan balik yang mendasarkan pengendaliannya pada teori Iogika fuzzy.
Tujuan penerapan logika fhzzy tersebut adalah untuk memperbaiki tanggapan waktu
sistern kendali dalam mencapai kestabilannya.
Dalam analisa respons keluaran sistem dipakai parameter tanggapan waktu,
yaitu rise time, settling lime, percent overshool. dan steady state error. Hasil analisa
menunjukkan bahwa penerapan pengendali logika dapat memperbaiki tanggapan
waktu sistem kendali gerak pitch pesawat terbang.

"
1996
S38783
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
P. Hendarwan Budiarta
"Sistem simulasi yang diketengahkan dalam Tugas Akhir ini menggunakan algoritma pengaturan berbasis logika fuzzy. Logika fuzzy digunakan untuk mengatasi kesulitan pengendalian pada sistem yang memiliki sifat non-linieritas tinggi, di antaranya adalah pengemudian mobil. Akan dijelaskan model asli model yang disederhanakan, serta penentuan model fuzzy Takagi-Sugeno mobil. Sebagai pengendali digunakan kontroler fuzzy yang dioptimasi dengan persamaan Riccati. Dibahas juga pengujian kestabilan pengendalian. Dalam hal ini, logika fuzzy tidak hanya digunakan pada pengendali (kontroller) tetapi juga untuk memodelkan mobil (model fuzzy Takagi-Sugeno). Pada bagian akhir diberikan flowchart program simulasi dan Basil-hasil simulasi pada beberapa kondisi untuk menunjukkan pengaruh - kecepat:an, waktu cuplik, panjang mobil, dan besainya state feedback gain, K terhadap kinerja pemarkiran."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S38856
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zebua, Albert T.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S38406
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yusuf Ismail Nakhoda
"Ada beberapa metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah komitmen unit, diantaranya adalah metode skema urutan prioritas, pemograman dinamis, metode relaksasi langrange, algoritma branch & bound dan algoritma genetika. Pada penelitian ini, pendekatan logika fuzzy tidak diusahakan untuk menentukan derajat optimalitas. Tujuan utamanya adalah untuk menunjukkan bahwa penyelesaian masalah komitmen unit dapat digambarkan secara lebih sederhana dan dapat diterima sebagai metode alternatif untuk penyelesaian masalah komitmen unit pembangkit tenaga listrik. Dalam penerapan program simulasi komitmen unit dengan pendekatan logika fuzzy pada Area 1 sistem kelistrikan Jawa-Bali dihasilkan keluaran berupa biaya produksi total setiap perioda beban yang merepresentasikan biaya operasi sistem pembangkit tenaga listrik yang logis.

There are several methods employed for unit commitment problem solving such as priority-list schemes, dynamic programming, lagrange relaxation method, branch and bound algorithm and genetic algorithm. In this research, fuzzy logic approach is not tried to determine the degree of optimality. The major objective is to show that the unit commitment problem solving is described simply and power generation. Applying the unit commitment simulation program with fuzzy logic approach in the Area 1 of Java - Bali power system, it produces a total production cost per load period representing the operating cost of logic power generation system."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
T5189
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Waspodo Bayu Aji
"Dalam sistem tenaga listrik, frekuensi sistem hams dapat dijaga pada standar operasi dari setiap mesin pembangkit daya ( 50 Hz). Masalah utama pada saat pembangkitan tenaga listrik adalah jika sistem mengalami gangguan ketidakseimbangan daya sistem sehingga menyebabkan tejadinya penurunan frekuensi sistem.
Penurunan frekuensi sistem ini sangat berbahaya sebab bila tidak teramati dengan baik dan segera dilakukan tindakan penyelamatan akan dapat menyentuh batas bawah frekuensi sistem terinterkoneksi yang masih dapat bertahan (47.5 Hz) sehingga akibat fatal yang terjadi adalah pemadaman total (black out).
Tesis ini membahas mengenai bagaimana mengatasi penurunan frekuensi sistem akibat beban berlebih dengan melakukan pelepasan beban otomatis pada sistem Jawa-Bali dengan menerapkan teknologi Fuzzy. Aturan-aturan berbasis pengetahuan para pakar atau data yang menjadi rule base fuzzy ternyata dapat diterapkan untuk menghasilkan nilai besar keputusan pelepasan beban yang tepat seperti hasil perhitungan rumus matematika

In the case of the electrical energy, the system frequency has to be maintained at the operational standard of every energy producing set of 50 Hz. The main problem which may arise at the electrical energy production is when there is problem due to the energy system equilibrium which will eventually cause the lessening in the system frequency.
The lessening in the system frequency will create serious problem, because if that remains well unnoticed and no safety action is soon be taken, this may eventually touch the base limit at the interconnection system frequency, which, so far is still able to stand (at 47,5 Hz) and so that a fatal consequences may follow, which is the total black out.
This thesis basically discuss the way how to overcome in any way the lessening of the system frequency as a result of the excess burden by releasing automatic burden in the in the Java-Ball systems and by making use of the fuzzy logic technology.
All the rulings which are based on the expert knowledge and data which so far have been parts of ttie rule base fuzzy, all prove to be applicable to produce outstanding function in the decision of releasing the right amount of burden just in line with application of the mathematical formula.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
T284
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>