Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 193903 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gemma Stamina Kurniawan
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S39213
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adjie Pamungkas
"Web-based distance learning kini telah menjadi salah satu alternatif untuk proses pembelajaran seiring dengan meningkatnya penggunaan dan perkembangan teknologi internet. Dalam pengimplementasiannya pada Daskom On-Line yang merupakan versi web-based learning dari mata kuliah dasar komputer semester gasal Jurusan Elektro FTUI 2000/2001 diterapkan juga user management untuk melakukan pengaturan data user. Data user tersebut dapat berupa data pribadi user dan data akademis user.
User management yang diterapkan dalam Daskom On-Line ini merupakan aplikasi rancangan yang diajukan dalam skripsi ini. Rancangan tersebut berupa sistem yang mengatur proses registrasi user pada Daskom On-Line dan sistem untuk melakukan usertracking terhadap kegiatan user pada kurikulum Daskom 0n~Line dengan mencatat halaman yang dibuka user ke dalam database sistem.
Pada hasil implementasi dari proses registrasi tersebut tercatat ke dalam database daskom.PENGGUNA sebanyak 126 mahasiswa peserta kuliah dasar komputer telah melakukan registrasi. Rancangan usertrack selama 30 hari dari 16 Nopember 2000 sampai 15 Desember 2001 berhasil mencatat akses ke kurikulum sistem dengan total akses oleh user sebanyak 2680 kali dan jumlah user yang pernah mengakses sebanyak 60 orang. Rata-rata akses per hari adalah 89,33 kali dengan jumlah akses tertinggi pada tanggal 28 Nopember 2000 sebanyak 604 kali. Rata-rata akses tiap jamnya adalah 111,67 kali dengan waktu yang paling sering digunakan untuk akses adalah sekitar pukul 13.00-14.00 WLB dengan jumlah akses sebanyak 535 kali."
2001
S39909
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Deviana
"Mutu layanan yang berkualitas hanya dapat dilaksanakan oleh tenaga kesehatan yang memiliki pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang profesional. Diktat merupakan salah satu alternatif pendekatan untuk membantu meningkatkan mutu tenaga kesehatan. Pemerintah selalu memberikan kesempatan kepada seluruh pegawai termasuk pegawai Departemen Kesehatan untuk meningkatkan mutu tenaga kesehatan yang bersangkutan.
Salah satu pendekatan yang telah dikembangkan untuk peningkatan profesionalisme adalah melalui Diktat Jarak Jauh (DJJ). Melalui DJJ tenaga kesehatan tidak perlu meninggalkan tempat tugasnya dan dapat mencapai sasaran tenaga kesehatan yang berada di berbagai unit pelayanan kesehatan. Kemajuan teknologi informasi khususnya teknologi komunikasi berbasis komputer sangat pesat. Kemajuan teknologi tersebut menawarkan cara altematif untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh.
Untuk terlaksananya DJJ berbasis elektronik yang bermutu diperlukan infrastruktur sistem yang baik seperti adanya pemahaman yang baik dari para manusia yang terlibat dalam kegiatan ini baik sebagai peserta belajar maupun sebagai penyelenggara (brainware), kesiapan perangkat keras (hardware) yang mendukung terlaksananya komunikasi, kesiapan perangkat lunak (software). Selain itu persiapan yang matang sebelum mengimplementasikan sebuah pembelajaran jarak jauh memegang peran penting demi kelancaran proses pembelajaran, seperti penentuan mekanisme teknis komunikasi selama proses pembelajaran yang didukung dengan suatu kewenangan dalam berbagi peran, menentukan model instruksional yang menentukan keefektifan proses belajar untuk interaktivitas antara pembelajar, tutor/ narasumber, dan pihak pendukung/ penyelenggara dan materi pembelajaran harus dirancang.
Tujuan penelitian ini adalah merancang basis data untuk sistem informasi penyelenggaraan kegiatan Diktat Jarak Jauh Kesehatan Berbasis Elektronik yang dapat menunjang dalam efektifitas kegiatan melalui penyediaan informasi yang diperlukan untuk pengendalian dan perbaikan hasil kegiatan. Untuk menetapkan variabel yang akan dijadikan dasar dalam basis data pada sistem informasi yang akan dirancang, dilakukan kajian pra analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif di Kota Probolinggo, Jawa Timur.
Dari hasil kajian pra analisis diperoleh hasil bahwa infrastruktur sebagaimana yang telah disebutkan di atas sangat menentukan keberhasilan kegiatan DJJ berbasis elektronik. Hal lainnya yaitu adanya suatu mekanisme yang dipersiapkan secara matang mulai dari persiapan sampai dengan penilaian serta tersedianya data yang terintegrasi dan dapat dengan mudah diakses oleh pihak yang terlibat dalarn kegiatan ini dapat memberikan informasi dalam melaksanakan kegiatan sehingga dapat menunjang untuk terwujudnya koordinasi yang baik.
Berdasarkan hasil kajian pra analisis di atas, selanjutnya disusun rancangan basis data untuk sistem informasi penyelenggaraan yang dapat menyajikan informasi mengenai efektifitas komunikasi antar pelaku dalam sistem, hasil pencapaian kegiatan pembelajaran, penyebaran pembelajar tiap unit kerja berdasarkan jenis diktat yang diikuti. Rancangan sistem yang disusun dibatasi pada mekanisme kegiatan meliputi pengumpulan dan pengolahan data, rancangan basis data, rancangan input, rancangan output, sistem menu serta kebutuhan hardware, software, dan brainware.
Selanjutnya saran untuk penyelenggaran kegiatan DJJ Kesehatan berbasis Elektronik, perlu persiapan infrastruktur yang balk guna tercapainya komunikasi yang untuk mendukung koordinasi yang baik. Infrastruktur tersebut meliputi manusianya (brainware), perangkal kerns (hardware), perangkat lunak (software) serta aturan yang mengatur peran para pelaku dalam sistem. Selain itu persiapan lainnya yang jugs merupakan hal panting untuls keberhasilan kegiatan ini seperti mekanisme kegiatan, rancangan instruksional pembelajaran, ketersediaan data yang terintegrasi dan dapat diakses oleh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.
Pengelolaan sistem penyelenggaraan kegiatan ini sebaiknya dipegang oleh daerah dengan bantuan teknis dari Bapelkes dan Pusdiklat untuk rancangan-rancangan jenis diktat yang akan ditawarkan, model pembelajaran, modul dan bahan penyerta yang diperlukan serta untuk menjaga mutu diktat melalui akreditasi dan sertifikasi diktat dan institusi diktat.

Database Design for Implementing Information System for Long Distance Health Training and Education of Electronic Base in Probolinggo, East JavaThe qualified service quality can be only performed by. Health officer heaving knowledge, skill and professional attitude. Training and education is one of alternative approach to promote health officer quality. Government always gives all of employers included health department employers the opportunity to promote the quality health officer.
One of approach which is developed to increase the professionalism is long distance training and education (LDTE). By implementing LDTE, health officer do not need to quit their own work and are able to reach the objective of health officers who is in several unit of health service. The progress of information technology, especially communication technology is based on computer. It officer the alternative way to carry out the activity of long distance learning.
To perform LDTE based on sophisticated electronic, it is needed well infra-structure system such as the existence of understanding of involved people in this activity as participants of learning (learners) or as conductors (brainware), readiness of' hardware supporting communication performance and readiness of software. Besides that, there should be the well preparation before implementation of long distance learning will have the significant role in smoothness of learning process such as mechanism determination of technical communication during learning process which is supported with authorization in sharing the role, determination of instructional model which determines the effectiveness among learners, tutor supporting parties for conductor and the learning material that should be designed.
The objective of this research is to design the conduction of database design for information system for health training and education activity in long distance which is based on electronic to support effectiveness of activity through information needed to control and improve the activity result. To determine the variable which will be the basic in database of design information system, there should be pre analysis study by using qualitative approach in Probolinggo, East Java.
From pre analysis study, it is found out infrastructure as mentioned absolutely determines the success of LDTE activity based on electronic_ The other case is that there must be existence of well prepared mechanism from preparation until evaluation of integrated data. So that it can be easily accessed by the involved parties in this activity in giving the information of activity to create well coordination.
Based on result of above pre analyses study, next , it is arranged the conduction information system design which provides the information of communication effectiveness inter actors in a system, result of reaching learning activity spreading the learners in each unit based on training and education followed. Design of system which is arranged is limited with activity mechanism including collecting and studying data, designing database, input design, output design, menu system and hardware, software, and brainware needs.
Then, recommendation to conduct the activity of Health LDTE which has the electronic base should prepare the well infrastructure in order to reach communication in supporting the good coordination. The infrastructure consists of human (brainware), hard ware, software and rules regulation role of actors in that system. Beside that, the other significant preparation to support the success of this activity is like an activity mechanism, the existence of integrated data which can be accessed by involved parties in this activity.
In management of this activity conduction, it will be better, if it is managed by regional authority by empowering the technical aid from Bapelkes (Broard of Health Implementation) and Pusdiklat for the sort of design of Diktat which will be given, Model of learning, Module and Completion materials needed to keep the quality of Diklat through promoting that there will be accreditation and job training of Diklat institution.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2002
T1287
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mutia Rahmi
"Makalah proyek akhir ini mengkaji perilaku informasi mahasiswa Program Sarjana Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG) dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Selama COVID-19, mahasiswa terkendala dalam mengakses koleksi perpustakaan secara langsung. Sementara, Perpustakaan STIMLOG sebagai penyedia sarana dan prasarana informasi belum memiliki gambaran perilaku informasi mahasiswa selama PJJ sehingga upaya adaptasi dalam layanan yang diberikan kepada mahasiswa belum dilakukan secara optimal. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan selama enam bulan (Oktober 2021 hingga Maret 2022).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku informasi mahasiswa STIMLOG yang menyangkut dimensi perasaan, pikiran, dan tindakan mahasiswa selama PJJ sesuai dengan Tahapan ISP Process, terdapat perbedaan hasil dilapangan yaitu pada tahapan inisiasi mahasiswa STIMLOG awalnya belum memiliki minat dalam topik yang ada sehingga merasa terpaksa untuk membuat karya tulis. Mahasiswa tetap melakukan pencarian informasi karena tuntutan deadline tugas yang diberikan. Pada tahapan koleksi informasi ditemukan mahasiswa masih melakukan tahap pencarian informasi secara bersamaan sehingga perasaan bingung dirasakan mahasiswa dari awal pencarian hingga berakhir. Pada tahapan merepresentasikan hasil, mahasiswa menyajikan hasil informasi secara subyektif tergantung dari dosen atau juri yang memberikan tugas.

This final project paper examines the information behavior of undergraduate school students Higher Logistics Management (STIMLOG) in distance learning (PJJ). During COVID-19, students are constrained in accessing library collections directly. Meanwhile, STIMLOG Library as a provider of information facilities and infrastructure has not have a description of student information behavior during PJJ so that adaptation efforts in the services provided to students have not been carried out optimally. This research is a qualitative research with case study method. Data collection was carried out during six months (October 2021 to March 2022).
The results showed that the behavior of STIMLOG student information concerning the dimensions of feelings, thoughts, and actions students during PJJ in accordance with the ISP Process Stages, there are differences in results in the field, namely at the initiation stage, STIMLOG students did not initially have interest in the existing topic so that they feel compelled to write a paper. Permanent student search for information because of the demands of the given task deadlines. In stages collection of information found students are still doing the information search stage simultaneously so that students feel confused from the beginning of the search until end. At the stage of representing the results, students present the results of information subjectively depends on the lecturer or jury who gives the assignment.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ery Safrianti
"Perkembangan Teknologi Informasi (TI) telah memberikan banyak kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan. Satu aspek penting yang menjadi kebutuhan setiap manusia adalah pendidikan. Melalui teknologi informasi, pendidikan jarak jauh atau Distance Learning dapat diselenggarakan dalam beragam model dengan pemakaian media dan teknologi yang beragam pula. Salah satu media yang banyak digunakan adalah media internet dengan pertumbuhan yang sangat pesat di seluruh belahan dunia.
Tesis ini akan membahas perencanaan strategis Distance Learning melalui media internet di Indonesia. Institusi pendidikan tinggi sebagai pihak penyelenggara Distance Learning dapat mengadakannya dalam tiga model yaitu: Single Mode, Dual Mode atau Model Konsorsium. Dengan memperhatikan kondisi lingkungan dan kesiapan penyelenggara, maka model yang menurut perkiraan paling efektif untuk diterapkan di Indonesia adalah model Konsorsium. Melalui model ini, penyelenggaraan Distance Learning dilakukan oleh institusi pendidikan tinggi bekerja sama dengan institusi lain.
Berdasarkan segmentasi pengguna jasa Distance Learning maka model Konsorsium dikembangkan menjadi tiga model yaitu: Model A (Kelas Terbatas), Model B (Kelas Singkat) dan Model C (Kelas Terpadu). Ketiga model dianalisis untuk mengetahui kondisi/posisi masing-masing dan merumuskan strategi yang akan diterapkan dengan menggunakan alat bentu analisis matrik IFAS dan EFAS, matrik Internal Eksternal (IE), matrik SWOT dan matrik Grand Strategy.
Analisis memperlihatkan bahwa Model A berada pada kondisi Growth (sel 1) yaitu strategi konsentrasi melalui integrasi vertikal, sehingga strategi utamanya adalah kuadran 1 (strategi S-0). Model B berada pada kondisi Growth (sel 5) yaitu strategi konsentrasi dengan integrasi horizontal, dengan strategi utama pada kuadran 2 (strategi S-T). Model C juga berada pada kondisi Growth (sel 8) yang berarti menggunakan strategi diversifikasi konsentrik, dengan strategi utama pada kuadran 2 (strategi S-T).

Information Technology (IT) development has given many lightness in every aspect of life. An important aspect that becomes human need is education. Over the information technology distance education or distance learning can be implemented in various models with various technology and media. One of the most used media is internet with a very rapid growth rate all over the world.
This thesis will discuss strategic plan of distance learning over internet media in Indonesia. Higher education institution as the service provider can implement distance learning in three models, i.e. Single Mode, Dual Mode or Consortium Mode. After due consideration of environmental condition and service provider readiness, the most effective model predicted to be implemented in Indonesia is consortium mode. Through this model, distance learning carry out by higher education institution cooperate with other institution/party.
Based on distance learning user segmentation, Consortium Mode developed into three models, i.e. Model A (Limited Class), Model B (Short Class) and Model C (Integrated Class). These Three models analyzed to find each condition/position and formulate the strategy to be implemented; with tools analysis used are EFAS and IFAS matrix, Internal External matrix (IE), SWOT matrix and Grand Strategy matrix.
Analysis showed that Model A position is Growth in cell 1 (concentration strategy through vertical integration), thus the grand strategy is in quadrant 1 (S-0 Strategy). Model B condition is Growth in cell 5 (concentration strategy through horizontal integration) and the grand strategy is in quadrant 2 (S-T Strategy). Model C is in cell 8, Growth condition too (Concentric diversification strategy) with the grand strategy is in quadrant 2 (S-T Strategy).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
T7990
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Roberto
"ABSTRAK
Dimungkinkannya pengintegrasian teks. gambar, audio, dan video unfuk membuat dokumen multimedia; pemrograman unruk membuat dokumen mierakrfji hyperrex! dan hypermedia: dan basis jaringan Web yang Iuas dengan juraan orang pengguna dan bertambah riap hari merupakan keunikan-keunikan Web yang membuamya dapa! dipakai sebagai media pendidikan yang sangaz baik.
Dalam sislem befajar jarakjauh berbasis Web, Web dimanfaallcan daiam pembuatan homepage kelas yang berisi informasi maleri pelajaran dan pendidik. komunikasi kelas, tugas dan res, maleri pelcjaran di kelas, demonstrasi animasi video alan audio, dan mareri rejerensi.
Sisrem Tugas (Web-As.signmem9 sebagai salah sam melode evaluasi pada sisrem belajar jaralcjauh berbasis Web merupakan .sebuah sisrem anrarmuka di Web sebagai sarana bagi pendidilc dan siswa untuk berinteralcsi tenlang lugas. Melalui Sisrem Tugas. pendidik dapar mengiryformasikan tugas (deslcripsi lugas, sisrem penilaian tugas, barns walcru penyerahan lugas. dan nilai maksimum tugas); melampirkan (uploaay _/Tie yang berkairan derzgan rugas; mengambil (downloanb _file yang diserahkan si.;-wa; dan memberikan penilaian lugas Gzilai tugas dan /fomenrar lerhadap hasif zugas) dan siswn dapal melihat informasi tugas; mengambi! (download) _/Yle yang dilanyuirkan pendidik; menyerahkar: (up/oar# jfle hasil pekezjaan mgas; dan melfhal has!! penilaian iugas. Kesemuanya dilakukan secara Ierimegrasi sehingga mavuyemen data dan pengaturan tugas menjadijauh lebih ejisien.
Tujuan penulisan .vkrrpsi ini adalah membua! rancangan dan irrynlementasi program Sistem Tugas (Web-A.s'signmenU. Umuk impfementasi szlstem, di sisi server, scrap! PHP digunalcan unmk pemrograman dan apiikasi MySQL unluk mancyemen data. Sislem ini diharap/can bermarjaat unruk melenglcapi perancangan dan penerapan sebuah sisrem beiajar jaralcjauh berbasis Web di Iingkuugan /campus di masa depan.

"
2001
S39934
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Yuriko Yeshi Sangtoki
"Latar Belakang: Mahasiswa kedokteran gigi sudah selayaknya memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mumpuni terkait Ilmu Kedokteran Gigi Anak, sehingga ketika menjadi dokter gigi dapat menangani permasalahan gigi dan mulut anak secara komprehensif. Kegiatan belajar mengajar di FKG UI dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh ketika pandemi COVID-19. Perubahan metode pembelajaran yang terjadi mungkin mempengaruhi kemampuan mahasiswa untuk memahami materi pembelajaran serta keterampilan klinis akibat tidak adanya interaksi langsung.
Tujuan: Untuk mengetahui gambaran tingkat pemahaman dan tingkat keterampilan mahasiswa preklinik FKG UI yang menerima materi pembelajaran Ilmu Kedokteran Gigi Anak dengan pembelajaran jarak jauh.
Metode: Penelitian deskriptif potong lintang pada 92 mahasiswa preklinik FKG UI angkatan 2019 dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya (Cronbach’s alpha > 0,9). Data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 25.
Hasil: Tingkat pemahaman mahasiswa preklinik FKG UI mengenai teori IKGA tergolong dalam kategori paham (78,3% responden), dimana pemahaman dengan rata-rata tertinggi adalah terkait topik faktor risiko Early Childhood Caries (ECC) (X=4,00) dan yang terendah adalah terkait topik prosedur restorasi Celluloid Strip Crowns (X=3,13). Tingkat keterampilan mahasiswa preklinik FKG UI mengenai skills lab IKGA tergolong dalam kategori terampil (60,9% responden) dengan rata-rata tertinggi adalah terkait dengan topik perawatan pit and fissure sealant pada pasien anak (X=4,00) dan yang terendah adalah terkait dengan topik terapi pulpa pada pasien anak, yaitu Direct Pulp Therapy (X=2,80).
Kesimpulan: Tingkat pemahaman dan keterampilan responden terkait materi Ilmu Kedokteran Gigi Anak yang diberikan dengan pembelajaran jarak jauh termasuk dalam kategori paham dan terampil.

Background: Dental students should have qualified knowledge and understanding related to Pediatric Dentistry so that when they become a dentist, they can deal with children's dental and oral problems comprehensively. Teaching and learning activities at FKG UI were transferred to distance learning during the COVID-19 pandemic. Changes in learning methods that occur may affect students' ability to understand the learning material as well as clinical skills due to the absence of direct interaction.
Objective: To identify the level of understanding and skill level of FKG UI preclinical students who receive Pediatric Dentistry learning materials with distance learning.
Methods: A cross-sectional descriptive study was conducted on 92 preclinical dental students of the Faculty of Dentistry, Universitas Indonesia, class of 2019, using a questionnaire that had been tested for validity and reliability (Cronbach's alpha > 0.9). Data were analyzed using SPSS version 25.
Result: The level of understanding of preclinical students of FKG UI regarding Pediatric Dentistry theory was classified in the category of understanding (78.3% of respondents), where the highest average understanding was related to the topic of risk factors for Early Childhood Caries (ECC) (X=4.00) and the lowest was related to the topic of Celluloid Strip Crowns restoration procedures (X=3.13). The skill level of FKG UI preclinical students regarding IKGA lab skills was classified in the skilled category (60.9% of respondents) with the highest average related to the topic of pit and fissure sealant treatment in pediatric patients (X=4.00) and the lowest related to the topic of pulp therapy in pediatric patients, namely Direct Pulp Therapy (X=2.80).
Conclusion: The level of understanding and skills of respondents related to Pediatric Dentistry materials provided by distance learning are included in the category of understanding and skilled.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bates, Tony, 1939-
New York: Routledge, 2005
371.33 BAT t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nadilatusifa
"Pembelajaran yang bermakna dan mendalam pada pembelajaran kolaboratif daring memerlukan suatu rancangan pemodelan pembelajaran. Kerangka kerja Community of Inquiry (CoI) berfokus pada memfasilitasi pengalaman belajar yang bermakna dan mendalam melalui tiga aspek kehadiran yaitu sosial, kognitif, dan pengajaran. Forum diskusi asinkron saat ini sudah banyak digunakan namun beberapa kekurangan masih dirasakan oleh peserta didik maupun pengajar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan implementasi dan evaluasi forum diskusi asinkron berbasis kerangka kerja CoI berupa aplikasi web yang dapat digunakan secara nyata berdasarkan hasil rancangan penelitian sebelumnya. Penelitian ini mengadopsi metode Waterfall sebagai metode Software Development Life Cycle (SDLC). Metode Waterfall yang dimodifikasi menjadi tiga tahapan yaitu design, implementation, serta verification & testing. Tahapan design menghasilkan definisi sistem secara teknis melalui rancangan Unified Model Language (UML) sistem. Tahapan implementasi menghasilkan aplikasi web yang dapat digunakan melalui kegiatan mempersiapkan tech stack, development backend, dan development frontend. Framework Django dan PostgreSQL digunakan untuk pengembangan backend dan Next.js untuk pengembangan frontend. Tahapan verification & testing menghasilkan bahwa tidak ditemukan error utama pada setiap fitur melalui pengujian User Acceptance Testing (UAT). Evaluasi dilakukan melalui survey daring yang berisi pertanyaan kualitatif dan kuantitatif untuk mengukur aspek usability dan keberhasilan memunculkan kehadiran pada model CoI. Hasil usability testing memperoleh tingkat complete success sebesar 81.08%. Evaluasi nilai System Usability Scale (SUS) memperoleh nilai 78,78 yang termasuk dalam kategori “Good” dan “Acceptable”. Hasil evaluasi terhadap aplikasi web menunjukkan bahwa fitur Reaction Post, Post, Thread Diskusi, Profil Pengguna, dan Text Editor dapat memunculkan kehadiran sosial. Fitur Post, Thread Diskusi, Ringkasan Diskusi, dan Referensi Diskusi dapat memunculkan kehadiran kognitif. Fitur Thread Diskusi, Panduan Diskusi, Referensi Diskusi, Week, dan Inquiry State dapat memunculkan kehadiran pengajaran.

Meaningful and deep learning in online collaborative learning requires a learning design framework. The Community of Inquiry (CoI) framework focuses on facilitating meaningful and deep learning experiences through three aspects of presence: social, cognitive, and teaching. Asynchronous discussion forums are widely used, but some shortcomings are still felt by students and teachers. This study aims to implement and evaluate an asynchronous discussion forum based on the CoI framework in the form of a web application that can be used effectively based on the previous research design. This research adopts the Waterfall method as the Software Development Life Cycle (SDLC) method. The modified Waterfall method consists of three stages: design, implementation, and verification & testing. The design stage produces a technical system definition through Unified Modeling Language (UML) system design. The implementation stage develops a web application through activities such as preparing the tech stack, developing the backend, and developing the frontend. The Django framework and PostgreSQL are used for backend development, and Next.js is used for frontend development. The verification & testing stage confirms that no major errors were found in each feature through User Acceptance Testing (UAT). Evaluation is conducted through an online survey that includes qualitative and quantitative questions to measure usability aspects and the success of bringing presence to the CoI model. The results of the usability testing achieved a complete success rate of 81.08%. The System Usability Scale (SUS) evaluation obtained a score of 78.78, which falls into the "Good" and "Acceptable" categories. The evaluation of the web application showed that features such as Reaction Post, Post, Discussion Thread, User Profile, and Text Editor can evoke social presence. Features like Post, Discussion Thread, Discussion Summary, and Discussion References can evoke cognitive presence. Features like Discussion Thread, Discussion Guide, Discussion References, Week, and Inquiry State can evoke teaching presence."
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Dokumentasi  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>