Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 21111 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Kehandalan suatu pengendali (conlroller) sangat tergantung dari kemampuan pengendali tersebut dalam memberikan respon terhadap stimulan masukan dalam waktu yang tertentu_ Jika suatu pengendali memberikan respon pada waktu yang tidak sesuai maka dapat dikatakan respon yang diberikan pengendali tersebut adalah respon yang salah dan tidak berguna walaupun menghasilkan output dengan logika yang benar.
Pengendali digital real lime berbasis microconrroller 8051 ini mempakan pengendali digital (digiiai comroller) yang menmanfaatkan kemampuan microcouirol/er 805| yang merupakan microcontroller 8 bit yang memiliki kemanapuan real- time déngan kemampuannya dalam niénangani kelima sininber ii:/er/vqzi yang dimilikinya, dua buah I6 bit li/mfr dan kecepatan processor-nya yang dapat mengeksekusi lebih dad satu perinlah per satu us. Dengan kemampuan rea/ time ini maka pengendali digital dapat memberikan respon dengan tepat sesuai clengan wal-:tu yang ditentu kan.
Untuk meningkatkan lleksibilitas pengendalian, pengendali digital rea/ Jima ini juga dilengkapi dengan lcemampuan reprogramming atau dapat diprogram kembali menggunakan metode onboard programming yang memungkinkan pemrograman ulang dilakukan langsung pada board pengenclali dengan menggunakan smarr keyboard. Dengan adanya kemampuan reprogramming ini maka memungkinkan pengendali digital untuk diprogram ulang sesuai dengan kebutuhan_"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39804
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzan Muzakir
"ABSTRACT
Setiap tahun, jumlah kecelakaan mobil sangat banyak terjadi di berbagai penjuru dunia, bahkan cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Salah satu faktor penyebab kecelakaan mobil ini adalah kecelakaan ganda, yang dimana hal tersebut bisa terjadi, diakibatkan pengendara kurang memperhatikan jarak aman antar kendaraan. Untuk menyiasati kecelakaan akibat hal tersebut, diciptakanlah teknologi Intelligent Cruise Control ICC, sebagai salah satu teknologi pengembangan dari teknologi Cruise Control CC. Perbedaannya terletak pada tujuan sistem. Jika CC hanya menjadikan mobil bergerak dalam kecepatan konstan, ICC menjadikan mobil bergerak dalam kecepatan konstan, serta menjaga jarak dengan mobil di depannya. Namun, mendesain ICC tidak bisa dilakukan secara acak. Hal ini disebabkan kualitas dari teknologi ICC tersebut sangat dipengaruhi oleh model mobil serta jenis pengendali yang digunakan. Jika model mobil dan pengendali tidak sesuai, maka teknologi tersebut tidak berjalan dengan baik. Dalam skripsi ini, peneliti mencoba mendesain teknologi ICC dengan bantuan pengendali prediksi bertingkat, dengan terlebih dahulu mengidentifikasi model yang digunakan, kemudian hasil model identifikasi dan pengendali akan diuji dalam bentuk simulasi untuk membuktikan kualitas model dan pengendali yang telah dirancang sebelumnya.

ABSTRACT
Every year, there are so many car accidents which is happened in the world, even, the accidents tends to increase from year to year. One of the factors causing this car accident is a collision, which can happen, due to the driver 39 s lack of attention to the safe distance between two vehicles. To minimalize the accident, Intelligent Cruise Control ICC technology was created, as one from so many technologies which is developed from Cruise Control CC technology. The difference lies in the purpose of the system. If the CC only keeps the car moving at a constant speed, the ICC keeps the car moving at constant speed, and also can keeps the car 39 s distance in front, However, designing an ICC can not be inconsequentially. This is due to the quality of the ICC technology is strongly influenced by the car model and the type of controller used. In this research, this paper tries to design the ICC technology with multistage model predictive controller MPC , by first to do is identifying the model that is used, then the result of the identification model and the controller will be tested in the form of simulation to prove the quality of the model and the controller that has been previously designed."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Harja Santana
"Tesis ini membahas representasi pengetahuan untuk sistem MELATI, yaitu sistem tutor cerdas berbasis strategi belajar. Sistem MELATI merupakan sistezn tutor cerdas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa sekolah menengah, yaitu dengan meningkatkan kemampuan teknik berpikir kerasnya.
Domain pengetahuan sistem MELATI adalah pengetahuan untuk mengidenti fikasi strategi belajar berdasarkan skrip rekaman teknik berpikir keras_ Pengetahuan sistem ini berasal dari pengetahuan pakar psikologi pendidikan Universitas Indonesia. Fokus pembahasan tesis ini adalah mencari model teknik representasi yang cocok untuk merepresentasikan pengetahuan pakar tersebut, sehingga dapat diolah dengan menggunakan komputer.
Berdasarkan hasil studi literatur disimpulkan bahwa: teknik representasi pengetahuan berbasis jaringan semantik dan frame cocok untuk merepresentasikan domain pengetahuan yang hierarkis dan sating berhubungan; sedangkan teknik representasi berbasis aturan cocok untuk merepresentasikan domain pengetahuan yang dapat dinyatakan dengan pasangan kondi'si dan aksi, dan potongan pengetahuan dalam domain itu masing masing dapat berdiri sendiri. Disamping itu, berdasarkan hasil analisis karakteristik pengetahuan strategi belajar, disimpulkan bahwa: pengetahuan strategi belajar merupakan pengetahuan deklaratif yang dapat dinyatakan dengan bentuk pasangan kondisi-aksi; dan tiap potongan pengetahuan strategi belajar bersifat otonom, sehingga dapat berdiri sendiri_ Dengan demikian maka teknik representasi yang cocok untuk merepresentasikan pengetahuan strategi belajar adalah sistem berbasis aturan.
Sebagai uji cobs dalam riset ini dibuat suatu prototipe Sistem Pakar Identifikasi Strategi Belajar (SPISB) dengan memakai CLIPS. Basis pengetahuan prototipe ini inenggunakan teknik representasi berbasis aturan. Dengan subjek siswa SMU Jakarta, diperoleb basil eksperimen bahwa: sister mampu mengidentifil:asi dengan benar pada eksperimen pertama sebesar 85% dan pada eksperimen kedua sebesar 60%. Sebagai pembanding hasil identifikasi SPISB dibandingkan dengan hasil identifikasi pakar psikologi pendidikan Universitas Indonesia."
1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yeralan, Sencer
New York : Addison-Wesley, 1995
004.165 YER p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fajri Riyadi M. Nur
"ABSTRACT
This study aimed to examine the factors that cause time income (headway)
and speed of the bus TransJakarta in each bus station. Observations carried out to
see the influence of headway and speed that cause of waiting time of passangers
more longer. The method carried out with make simulation with using observation
data directly of departure and arriving in each station and speed that using of the
buses. Then simulation result analyzed by using macroscopic modelling and
compared with using the intelligent autonomous vehicle which is developed in
LAGIS Laboratory. The automation of driving tasks carries a large number of
benefits, such as the optimization of the use of transport infrastructures, the
improvement of mobility, the minimization of risks, travel time, and energy
consumption.

ABSTRAK
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji faktor yang mempengaruhi
jarak waktu kedatangan (headway) dan kecepatan (speed) bus TransJakarta di
setiap halte bus. Observasi dilakukan untuk melihat pengaruh faktor-faktor yang
mempengaruhi headway dan speed yang mengakibatkan waktu tunggu para
penumpang menjadi lebih besar. Metode yang dilakukan dengan melakukan
simulasi dengan menggunakan data pengamatan secara langsung waktu
keberangkatan bus dan waktu tiba bus di setiap halte serta kecapatan yang
digunakan. Kemudian hasil simulasi dianalisa menggunakan permodelan
macroscopic dan dibandingkan dengan menggunakan bus otomatis yang
dikembangkan di labolatorium LAGIS. Kendaraan Otomatis sejak otomatisasi
tugas-tugas mengemudi membawa sejumlah besar manfaat, seperti optimalisasi
penggunaan infrastruktur transportasi, peningkatan mobilitas, minimalisasi risiko,
waktu perjalanan, dan konsumsi energi."
2012
T31252
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
New York: Institute of Electrical and Electronics Engineers, 1996
629.8 INT
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Brown, Martin
New York: Prentice-Hall, 1994
003 BRO p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
New York: Van Nostrand Reinhold, 1992
R 629.8 HAN
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Widodo
"Dalam tesis ini dirancang suatu pengendali universal digital berbasis komputer, rancangan meliputi pengendali PID, pengendali Cascade dan pengendali feedforward. Pengendali Cascade terdiri dari dua pengendali PID yang dihubungkan cascade. Perangkat lunak (program) akan dibuat terstruktur dengan sub-sub program, masing - masing sub program berisikan algoritma pengendali, setiap pengendali yang akan dipergunakan dapat dipilih dari program utama. Uji coba penalaan pengendali dilakukan secara simulasi, menunjukkan bahwa untuk pengendali PID dan Pengendali Cascade meempunyai response yang baik. Untuk pengendali feedforward dapat mengatasi gangguan yang terdeteksi pada proses."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chriscope
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S39048
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>