Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 118278 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Prana Widakso
"Berbagai jenis kendaraan telah diciptakan saat ini mulai dari yang hanya beroda satu sampai beroda puluhan. Kendaraan-kendaraan tersebut diciptakan tentunya untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Salah satu jenis kendaraan yang cukup banyak digunakan saat ini adalah kendaraan dengan tiga roda, mulai dari bajaj, bemo, kancil, sampai yang belakangan ini mulai banyak digunakan sebagai kendaraan pengangkut adalah motor cina dengan bak pengangkut di belakangny. Dengan adanya tugas akhir ini. kami mencoba membuat kendaraan roda tiga yang sesederhana mungkin, lebih mudah dalam proses pabrikasinya, dan diberi nama MTV (Multi-Terrain Vehicle). Namun., tanpa mengurangi segi fungsionalitasnya. Dengan dasar inilah. konsep kendaraan ini adalah kendaraan roda tiga dengan berbasis sepeda motor, murah, komponen yang digunakan mudah dicari di pasaran, dan user-friendly. Sehingga dihasilkan, suatu kendaraan yang berspesifikasi hampir seperti sepeda motor beroda dua. Secara garis besar proses yang dilakukan untuk pembuatan kendaraan ini ialah dengan terlebih dahulu mengumpulkan komponen-komponen sepeda motor yang akan dirakit, lalu membuat desain kendaraan roda tiga berdasarkan dimensi dari komponen yang akan digunakan., dan terakhir adalah proses pcmbuatannya. Dengan tahapan proses inilah, MTV dapat diciptakan dengan proses pabrikasi yang sederhana. Dan selain itu, desain poros belakang yang digunakan adalah jenis rigid-rear shaft tanpa differential gear. Poros jenis ini lebih mudah dan murah dalam proses pengerjaannya. Namun, kekurangan desain ini adalah berkurangnya stabilitas kendaraan saat berbelok akibat slip antara roda kanan dan kiri.

Many kinds of vehicles have been created since long time ago, from one­ wheeler vehicle until tens-wheelers vehicle. Those vehicles created to fulfill the people’s need. At the moment, one kind of the vehicle that is widely used by our local comunity is three wheelers. There are many kinds of three-wheelers vehicle such as Bajaj, Bemo, Kancil, Helicak and also China three-wheelers motorcyle with an additional cargo at the back. Starting from the making of this thesis, we are looking forward to build a simple and functional three-wheelers vehicle. We expect this vehicle has similar performance and toughness like four-wheelers vehicle. This vehicle should also has flexibility and easy-to-use like two-wheelers vehicle. Then we try to combine two types of those vehicle into an alternative vehicle(three-wheelers vehicle), that we called MTV{Multi-Terrain Vehicle). This vehicle should also easy-manufactured without ignoring its functionality. Based on the concept, this vehicle is three-wheelers vehicle using two­ wheeler vehicle's platform. Therefore this vehicle can he manufactured with reasonable price, easy-maintenance and user-friendly. So that we can produce a vehicle with similar specification like motorcycle. The first process in making this vehicle..."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S37466
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Berbagai jenis kendaraan telah diciptakan saat ini, mulai dari yang hanya
beroda satu sampai beroda puluhan. Kendaraan-kendaraan tersebut diciptakan
tentunya untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Salah satu jenis kendaraan yang
cukup banyak digunakan saat ini adalah kendaraan dengan tiga roda, mulai dari
bajaj, bemo, kancil, sampai yang belakangan ini mulai banyak digunakan sebagai
kendaraan pengangkut adalah motor cina dengan bak pengangkut di belakangnya.
Dengan adanya tugas akhir ini, kami mencoba membuat kendaraan roda
tiga yang sesederhana mungkin, lebih mudah dalam proses pabrikasinya, dan diberi
nama MTV (Multi-Terrain Vehicle). Namun, tanpa mengurangi segi
fungsionalitasnya. Dengan dasar inilah, konsep kendaraan ini adalah kendaraan
roda tiga dengan berbasis sepeda motor, murah, komponen yang digunakan mudah
dicari di pasaran, user-friendly. Sehingga dihasilkan, suatu kendaraan yang
berspesifikasi hampir seperti sepeda motor beroda dua.
Secara garis besar, proses yang dilakukan untuk pembuatan kendaraan ini
ialah dengan terlebih dahulu mengumpulkan komponen-komponen sepeda motor
yang akan dirakit, lalu membuat desain kendaraan roda tiga berdasarkan dimensi
dari komponen yang akan digunakan, dan terakhir adalah proses pembuatannya
Dengan tahapan proses inilah, MTV dapat diciptakan dengan proses pabrikasi yang
sederhana dan selain itu, desain poros belakang yang digunakan adalah jenis
rigid-rear shaft tanpa differential gear. Poros jenis ini lebih mudah dan murah
dalam proses pengerjaannya. Namun, kekurangan desain ini adalah berkurangnya
stabilitas kendaraan saat berbelok akibat adanya slip antara roda kanan dan kiri."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S37506
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arnaldo Marulitua
"Berbagai jenis kendaraan telah diciptakan saat ini, mulai dari yang hanya beroda satu sampai beroda puluhan. Kendaraan-kendaraan ternebut diciptakan tentunya untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Salah satu jenis kendaraan yang cukup hanyak digunakan saat ini adalah kendaraan dengan tiga roda, mulai dari bajai, bemo, kancil, sampai yang belakangan ini mulai hanyak digunakan sebagai kendaraan pengangkut adalah motor cina dengan bak pengangkut di belakangnya. Pada laporan akhir ini dipaparkan tentang hasil rancangan kami mengenai differential gear untuk MTV yang ada di Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Unversitas Indonesia. Tujuan perencangan ini adaiah untuk membantu menyelesaikan masalah kurangnya kestabilan MTV ketika berbelok. Dengan dasar teori bahwa untuk mencapai kestabilan yang baik ketika suatu kendaraan berbelok diperlukan bada putaran antara roda kanan dan kiri, maka kami memulai untuk merancang differetial gear. Sebagai mana diketahui bahwa elemen mesin yang disebut differential gear dapat membuat beda putaran antara kanan dna kiri. Namun dalam perancangan kali ini, adn sebuah batasan bahwa rancangan yang dihasilkan harus memenuhi beberapa parameter batasan. Parameter tersebut berupa keterbatasan ruang (space) yang tersedia untuk menempatkan differential gear, harus mampu menangani kecepatan maksimum yang diinginkan client (dalam hal ini dosen pembimbing), dan cocok untuk spesifikasi MTV di DTM FTUI. Secara garis besar, proses yang dilakukan untuk rancang bangun Differential Gear ini ialah dengan terlebih dahulu membuat design, mengumpulkan komponen-komponen yang akan dirakit dan terakhir adalah proses pembuatannya. Dengan tahapan proses inilah MTV dnpat diciptakan dengan proses fabrikasi yang sederhana."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S37837
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rifky
"Berbagai jenis kendaraan telah diciptakan saat ini, mulai dan yang hanya beroda satu sampai beroda puluhan. Salah satu jenis kendaraan yang cukup banyak digunakan saat ini adalah kendaraan roda tiga seperti MTV yang ada di Departemen Teknik Mesin FTUI. Secara umum MTV ini sudah cukup baik hanya saja desain poros belakang yang digunakan adalah jenis rigid gear tanpa gigi diferensial (differential gear) sehingga mengurangi stabilitas kendaraan saat berbelok. Hal ini mengakibatkan sistem pengereman berubah pula agar dapat diperoleh kestabilan kendaraan yang prima. Selain itu pada roda bagian depan tidak dipasang rem yang juga dapat mengurangi kestabilan kendaraan. Pada tugas akhir ini dipaparkan tentang hasil rancangan mengenai sistem pengereman untuk MTV yang ada di Departemen Teknik Mesin FTUI. Tujuan perancangan ini adalah untuk membantu menyelesaikan masalah kurangnya kestabilan MTV. Dengan dasar teori bahwa untuk..mencapal kestabilan yang baik diperlukan keseimbangan gaya pengereman antara roda bagian depan dan belakang maka kami memulai untuk merancang sistem pengereman. Namun dalam perancangan kali ini, ada sebuah batasan bahwa rancangan yang dihasilkan harus memenuhi beberapa parameter batasan. Parameter tersebut berupa keterbatasan ruang (space) yang tersedia untuk menempatkan sistem rem yang cocok yang mampu menangani kestabilan kendaraan MTV di DTM FTUI. Secara garis besar, proses yang dilakukan untuk rancang bangun sistem pengereman ini adalah dengan terlebih dahulu mempertimbangkan gaya-gaya yang ada dalam sistem rem pada motor umumnya yaitu dengan menggunakan rem teromol atau rem cakeram, dan menganalisa performa sistem pengereman."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S37536
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harahap, Hasrat Magabe
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36294
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S37203
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 1996
S28281
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edfarman
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36510
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fauzan
"ABSTRAK
Turbin air arus lintang adalah salah satu jenis turbin air dimana
aliran airnya mengalir masuk dan keluar dari rotor turbin dengan arah
melintang menembus rode jalannya dan memindahkan enarginya dua Kali
yaitu pada tingkat pertama dan tingkat kedua. Dilihat dari jaiannya air, lurbin
ini seringkali disebut sebagai turbin dengan dua tlngkat keoepalan.
Berpegang pada fasilitas - fasilitas yang terdapat didaerah terpencil dan daerah irigasi dipertimbangkan sangat terbatas. maka tim mikrohidra MH2-UI memilih membuai turbin jenis arus lintang yang dirasa cocok dengan kondisi slam, oadangan enargi air di Indonesia Serta sesuai dengan kebijaksanaan pemerintah mengenai Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro.
Dalam hal ini. dirancanglah suatu sisiem penyalur daya yang cocok dengan jenis turbin ams lintang Inl dengan metode perhitungan mekanika fiulda, elemen mesin, kekuatan bahan dan enalisa dinamik yang menghasilkan dimensi, bentuk, pernllihan pmduk dan analisa kekuatan. Setelah proses perancangan, dilanjutkan dengan umtan proses fabrikasi yang dilakukan di bengkel pennesinan berdasarkan cetak biru dari hasil
rancangan.
Hasil akhimya ada di pengujian lapangan di LTA mini PLN Cipayung sentral 1 dlmana turbin hasil kerja sama penulis bersama tim diuji kinerjanya hlngga didapat data - data karakteristik dari turbin ini.

"
1996
S36234
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Huwae
"ABSTRAK
Dalam rangka penelitian dan pengembangan turbin cross flow maka penulis melakukan perancangan, fabrikasi dan pengujian sudu arah dan saluran masuk untuk jenis turbin ini. Hal yang diteliti dan dikembangkan adalah penggunaan material komposit untuk sudu arah dan saluran masuk. Pengujian dilakukan di laboratorium Tenaga Air Mini Cipayung.
Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan alternatif baru untuk pembuatan turbin crossflow yang lebih ringan, tahan karat, lebih mudah pembuatannya dan lebih mudah dalam pemasangannya.
Beberapa masalah dijumpai dalam pengujian adalah : banyaknya terjadi kebocoran pada sambungan komposit, selain itu dalam masalah fabrikasi tidak dapat dihindari penbentukan fillet pada siku komponen, hal ini denyebabkan daerah kerja sudu arah menjadi berkurang.
Hasil pengujian menunjukan bahwa jenis sudu arah ini mempunyai efisiensi yang cukup tinggi, yaitu : 95%

"
1996
S36575
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>