Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 48691 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sidhi Prasetia Gautama
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S37134
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hilman Imran
"Indonesia adalah negara agraris yang mempunyai daerah lautan yang luas, termasuk kehidupan laut didalamnya. Kulit kerang adalah salah satu materi limbah yang dapat bermanfaat secara ekonomis bagi manusia, terutama nelayan. Kulit kerang mempunyai kandungan kalsium yang tinggi, yang dapat digunakan sebagai suplemen bagi ternak. Kalsium digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan tulang dan perbaikan mutu telur.
Agar kulit kerang dapat dikonsumsi, ukuran dari kulit kerang tersebut harus dikurangi sampai rata-rata berukuran mesh 100. Kulit kerang harus melalui satu atau lebih mekanisme penghancuran. Dengan proses pengembangan produk, didapat bahwa untuk menghancurkan kulit kerang menjadi bubuk dibutuhkan 2 mekanisme kerja, yaitu mekanisme gunting dan giling.
Pada mekanisme gunting, kulit kerang dikurangi ukurannya agar dapat memasuki mekanisme berikutnya. Pada mekanisme giling, kulit kerang terjepit di antara pengiling dalam dan penggiling luar, dimana penggiling dalam digerakkan oleh poros eksentrik. Kekuatan penggilingan sangat tergantung pada kecepatan putar pores.
Untuk mengurangi ukuran dari kulit kerang, kulit kerang tersebut dijatuhkan dari atas mekanisme gunting setelah alat berjalan dengan baik. Dari percobaan, alat ini mampu menghasilkan bubuk kulit kerang."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S37462
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gultom, Aswin Lorenso
"Alat pemecah kulit kerang yang ada di Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universias Indonesia kurang efisien. Salah satu penyebab tidak efisiennya alat tersebut adalah getaran yang terjadi pada poros sangat besar. Getaran ini disebabkan oleh gaya ketidakseimbangan (unbalanced forced) pada poros. Gaya ketidakseimbangan yang terjadi pada poros adalah dynamic unbalanced force, dan untuk mengatasinya dapat menggunakan counter weight. Gaya unbalanced merupakan gaya sentrifugal dan untuk mengatasinya dibutuhkan counter weight yang berputar, sehingga menimbulkan gaya sentrifugal untuk melawan gaya unbalanced tersebut. Gaya unbalanced yang terjadi pada poros dapat diketahui besar dan arahnya dengan mengukur tegangan dan reganan yang terjadi pada poros tersebut. Salah satu alat untuk mengukur regangan pada poros adalah strain gage.
Hasil pengukuran gaya unbalanced yang terjadi pada poros tersebut akan menjadi input desain counter weight. Dengan penggunaan counter weight maka gaya-gaya unbalanced yang terjadi pada poros dapat dikurangi, sehingga getaran pada poros akan semakin berkurang dan menambah efisiensi alat.

Oyster shell crusher that was built in Mechanical Engineering Departmen University of Indonesia is lack of efficiency. The lack of efficiency is caused by many things, such as vibration, fiction, the slope of the cone, etc. The vibration can occur when two thinks collide each other or when ihe shaft is unbalanced are unbalanced force happened in the shaft is dynamic unbalanced like unbalanced force is a centrifugal force. In order to solve the problems, it has ro be added by counter weigh that act as a spinning mass and caused a centrifugal force either.
The unbalanced force can be found by measuring stress and strain of the shaft Sensor to measure the stress and strain of the shaft is strain gage. Output of the measurement can be used as input to design counier weight. By using counter weight the unbalanced force can be reduced this the vibration will decrease and tne efficiency will increase.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S37756
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S40938
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Archaeological sites of Pengkalan Bharu, Perak is one of the important ports in Malaysia. The port is associated with the center of the Government of New Beruas. Establishment of the port city is to anticipate the enemy like a pirate attack of siam, Aceh, Maja-pahit, selangor and Portuguses."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
S40967
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S35913
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36677
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hotman Carlo W
"Perkembangan penelitian terhadap material yang terdiri dari dua komponen atau lebih yang dibuat secara metalurgi serbuk menuntut suatu kualitas dari campuran material tersebut. Untuk mendapat kualitas campuran yang baik maka dibutuhkan alat pencacmpur serbuk yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan campuran yang homogen. Untuk mendukung penelitian di bidang metalurgi serbuk di jurusan Metalurgi FTUI, maka dibuat alat pencampur serbuk dengan mekanisme pencampuran secara difusi yang dilakukan pada tabung berputar. Alat pencampur ini didesain dengan inovasi yang didasarkan pada teori pencampuran serbuk sehingga dengan inovasi yang didasarkan pada teori pencampuran serbuk sehingga dapat mencampur serbuk dan memberikan hasil dengan kualitas yang baik serta kapasitas yang cukup untuk skala penelitian."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S40765
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vigner Tessario Lukas
"Hambatan kapal merupakan hal yang penting dalam perancangan suatu kapal. Nilai hambatan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya bentuk lambung, tingkat streamline dan kekasaran lambung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian kekasaran khusus pada lambung kapal terhadap koefisien hambatan total dan aliran transisi yang terjadi. Kapal model crude oil tanker digunakan dalam penelitian ini. Dimensi kapal model yaitu Lpp = 2,6 m B = 0,24 m dan T = 0,18 m. Kapal tersebut dibuat bervariasi kekasaran permukaan lambungnya dengan memberikan tempelan kulit kerang. Kerang yang digunakan yaitu kerang hijau, kerang tahu dan kerang dara. Motor listrik digunakan untuk menarik kapal model tersebut. Tegangan tali yang merupakan hambatan total kapal model diukur menggunakan load cell anemometer yang dihubungkan dengan data akusisi. Penggunaan kekasaran khusus cangkang kerang hijau dapat menurunkan koefisien hambata total sekitar 4,2% pada nilai bilangan Reynolds 1,6 x 106. Kecepatan transisi dari aliran laminer menuju turbulent pun dapat diteliti dengan melihat fenomena trend koefisien hambatan total yang terjadi.

Ship Resistance is something that should be considered in a ship design. The value of these resistances is influenced by several factors, including hull shape, and roughness levels on fully streamlined. The purpose of this research is to know the effect of hull roughness, specifically the total resistance coefficient and flow transition that appear. Crude oil tanker ship model used in this study, Dimensions of ship model is Lpp = 2.6 m, B = 0.24 m and T = 0.18 m. This ship model is given the differences in surface roughness of the hull with a scallop shell. Shells used in this research are kerang hijau (Mytilus edulis), kerang darah (Anadara granosa) and kerang tahu (Reticulate venus). The ship models is pull by electric motor which the motor speed can be various. Pull force was measured by using a load cell anemometer that affixed to the vessel and connected to the rope model puller. The use of special roughness kerang hijau can decrease the total drag coefficient about 4.2% in the value of Reynolds number 1.6 x 106. The speed of transition from laminar to turbulent flow can be studied by looking at the phenomenon of total drag coefficient trend is happening. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S848
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>