Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 110672 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ismail Hendaryamin
"Proto X-3 merupakan hovercraft tipe separated system. Didesain dengan bobot total 220 kg dan kapasitas angkut 70 kg, menggunakan sistem angkat plenum chamber dengan fleksibel skirt berupa bag skirt. Setelah dilakukan pengujian diketahui bahwa sistem angkatnya belum bekerja dengan sempurna. Untuk meningkatkan efisiensinya dilakukan perancangan ulang pada sistem angkat untuk mendapatkan parameter-parameter penting sistem angkat seperti: tekanan plenum chamber (pc), perbandingan tekanan pb/pc, tekanan bag skirt (pb), dan parameter lainnya. Setelah dilakukan perancangan ulang dan perbaikan, sistem angkat hovercraft? Proto X-3 dapat bekerja lebih baik.

Proto X-3 is separated system hovercraft. The craft is design with total weight 220 kg and payload 70 kg, using plenum chamber with flexible skirt for it's lift system. After some testing, it is knew that the lift system is not working perfectly. The lift systems is redesigned to increase the efficient, and to get some important parameters such a : plenum chambers pressure (pc). pressure ratio pb/pc, bag skirts pressure (pb). and others parameter. After redesign and modification, the Proto X-3 hovercraft lift system can work better."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S37705
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Indra Siswantara
"Proto X-3 merupakan hovercraft ripe separated system. Didesain dengan bobot total 220 kg dan kapasitas angkut 70 kg, menggunakan sistem angkat plenum chamber dengan fleksibel skirt berupa bag skirt. Setelah dilakukan pengujian diketahui bahwa sistem angkatnya belum bekerja dengan sempuma. Untuk meningkatkan efisiensinya dilakukan perancangan ulang pada sistern angkat untuk mendapatkan parameter-parameter penting sistem angkat saperti: tekanan plenum chamber ( p, ), perbandingan tekanan p, I p, tekanan bag skirt { p, ), dan parameter lainnya.
Setelah dilakakan perancangan ulang dan perbaikan, sistem angkat hovercraft Proto X-3 dapat bekerja lebih baik."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Ichsan Nurfajar
"Hovercraft adalah jenis kendaraan berbantalan udara yang menggunakan udara bertekanan sebagai media penggeraknya. Dengan kendaraan ini, dapat dijangkau daerah yang belum memiliki sarana transportasi, seperti jalan yang baik. Hovercraft amfibi mampu berjalan dia atas berbagai kondisi permukaan dari berbagai tipe hovercraft, salah satunya adalah hovercraft ringan tipe separated dimana pada jenis ini sistem angkat hovercraft ini terpisah dari sistem propulsinya. Hovercraft jenis ini memiliki kelebihan dari segi efisiensi, dan keandalannya dalam hovering. Namun memiiiki dimensi yang lebih besar dan bobot yang lebih berat.
Hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam perhitungan perancangan sistem angkat dan sistem propulsi yang terpisah? Sehingga didapat spesifikasi kedua sistem tersebut, yang merupakan bagain dari spesifikasi dari hovercraft tipe seperated Proto X-3 yang memiliki dimensi 320 X 160 cm, yang diharapkan mampu mengangkat beban sebesar 180 kg.
Menjawab pertanyaan diatas, maka dilakukanlah perhitungan perancangan kedua sistem tersebut, dengan menggunakan batasan tentang tipe hovercraft ringan dalam dimensi dan tekanan udara pada plenum chambernya. Dengan menggunakan data dari anggota Tim Hovercraft Proto X-3 lainnya, dilakukanlah perhitungan perancangan menggunakan persamaan empiris yang diturunkan dari persamaan dasar aliran fluida dan Hukum Newton II serta hasil-hasil eksperimen yang didapat dari literatur tentang hovercraft sehingga didapt kebutuhan dan spesifikasi dari kedua sistem tersebut, yaitu debit sebesar 2,68 m3/s, pemakaian jenis fan dengan spesifikasi 560/9/4Z, dan daya mesin sebesar 2,73 HP untuk sistem angkat, sedangkan untuk sitem propulsi debit sebesar 5,053 m3/s, dengan penggunakan diameter fan sebesar 102,2 cm untuk daya mesin 3,7 HP, dan dapat juga menggunakan fan dengan diameter 56 cm untuk daya mesin sebesar 11,17 HP.

Hovercraft is an air cushion vehicle that using pressurized air as its moving media. Using this vehicle, we can go to remote area that doesn 't have good transportation infrastructure e.g road. Amphibian hovercraft is capable of overcome any surface condition. One from many kind hovercrafs is separated type of light hovercraft that using separate lift and propulsion system. This hovercraft has better efficiency than the integrated type and more hovering reliability. On the other hand, it has bigger dimensions and heavier mass.
How to design separate lift and propulsion system? That we can make those two systems spesification, which is a part of the whole spesification of separated tipe light hovercraft Proto X-3, having dimension 320 X 160 cm and expected to be able to lift mass about 180 kg
To answer the question above, running a designing calculation for those to systems using limitation in light hovercraft regulations especially in dimensions and plenum chamber air pressure. Using data from the other Hovercraft Proto X-3 Team member, the calculation is done using empirical equation derived from basic fluid flow equations and the second law of Newton, also using experiment result printed in literature about hovercraft until having the requirments for the two systems and the system spesifications, which are flow rate of 2,68 m3/s, using fan with spesification 560/9/4Z, and engine of 2,73 HP for lift system and for propultion system, flow rate of 5,053m3/s, using fan with diameter 102,2 cm for engine of 3,7 HP or using fan with diameter 56 cm for engine of 11,17 HP.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S37687
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cahya Tri Anggara
"Beberapa tahun terakhir pengembangan teknologi pipa kalor melingkar (LHP) terus dilakukan. Pengembangan pipa kalor melingkar LHP banyak digunakan dalam berbagai bidang teknologi, seperti manajemen termal dari sistem pesawat ruang angkasa [3], solar kolektor [4] pendingin elektronik [5] dll. Beberapa penelitian juga melakukan pengembangan pada bentuk evaporator, sumbu kapiler dan fluida kerja pada pipa kalor. Meskipun pipa kalor telah dipelajari dan digunakan pada manajemen termal secara luas, masih sulit untuk mengetahui perilaku perubahan fase dalam evaporator dan kondensor hanya dengan bantuan pengukuran temperature dari permasalahan tersebut akan dilakukan sebuah penelitian tentang compensation chamber pipa kalor melingkar, Oleh karena itu, diperlukan untuk membuat visualisasi Pipa Kalor Melingkar (LHP) untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang perubahan fase dalam LHP.
Pada penelitian ini akan dibagi menjadi dua parameter pengujian, yaitu yang pertama akan melakukan pengujian kinerja perpindahan panas compensation chamber LHP dan parameter pengujian kedua yaitu dengan melakukan visualisasi dengan membuat compensation chamber LHP dengan menggunakan kaca pyrex untuk mengamati fenomena perubahan fase. Dengan divariasikannya rasio pengisian dan jenis fluida kerja. Dari penelitian ini fluida kerja dengan rasio pengisian 60% dari volume total dan fluida kerja nano fluia Al2O3-Air 3% menghasilkan kinerja terbaik.

The last few years the development of loop heat pipes technology (LHP) continues. Development of loop heat pipes LHP widely used in various fields of technology, such as thermal management of spacecraft systems [3], solar collectors [4] electronic cooling [5] etc.. Some studies also doing development in the form of an evaporator, a capillary wick and a working fluid in the loop heat pipe. Although the loop heat pipe has been studied and used extensively in thermal management, it is still difficult to determine the behavior of phase change in the evaporator and condenser temperature measurement only with the help of these issues will be carried out a study on compensation chamber heat pipe circular, therefore, necessary to make visualization on loop Heat Pipe (LHP) to have a deep understanding of phase changes in the LHP.
In this study will be divided into two testing parameters, namely the first one to do performance testing of heat transfer LHP compensation chamber and the second test parameters by performing the visualization by making LHP compensation chamber using a pyrex glass to observe the phase change phenomena. With filling ratio and the type of working fluid as variations. From this study, the working fluid with filling ratio of 60% of the total volume and the working fluid nanofluids Al2O3-water 3% yield the best performance."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T41570
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ulil Amri Nizhamul
"Fluid Catalytic Cracking (FCC) merupakan tempat dilakukannya proses pemutusan rantai karbon dengan menggunakan katalis pembagi (id cracker). Adapun, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sisa umur pakai dan kelayakan operasi kekomponen tersebut, yang merupakan salah satu bagian dari program pemeliharaan PT. X. Dengan demikian, hasil ini dapat digunakan dalam merencanakan sistem evaluasi, inspeksi, proses perbaikan bahkan penggantian komponen tersebut kedepannya.
Hasil inspeksi pada Fluid Catalytic Cracking tersebut ditemukan adanya retak sebesar 12 mm pada bagian shell plenum Riser Fluid Catalytic Cracking Unit (RFCCU). Material dari shell plenum ini baja tahan karat austentitik 304H dengan spsesifikasi ASTM A-240 dan beroperasi pada temperatur 690°C. Dengan adanya retak tersebut maka akan dapat mempengaruhi kinerja dari komponen tersebut. Tercatat sebelum terjadi retak telah terjadi temperatur up-set sebesar 930°C selama 200 jam. Oleh karena itu selanjutnya akan dilakukan pengujian kelayakan operasi pada komponen tersebut, apakah dengan kondisi yang mengandung retak komponen masih dapat tetap dioperasikan. Pengujian kelayakan operasi ini dilakukan berdasarkan API 579 section 9. Selain itu dilakukan pula pengkajian umur sisa dari komponen tersebut berdasarkan kondisi yang telah terjadi, apakah kondisi yang telah dialami oleh komponen tersebut mempengaruhi umur sisa pakai komponen yang menyebabkan timbulnya retak pada komponen tersebut.
Setelah dilakukan analisa didapatkan bahwa dengan terjadinya up-set temperature menyebabkan habisnya umur pakai komponen RFCCU yang juga menyebabkan terjadinya retak. Selanjutnya pada pengkajian kelayakan operasi, ditemukan bahwa dengan kondisi adanya retak sebesar 12 mm, komponen RFCCU sudah tidak layak lagi untuk digunakan dalam operasi pada kondisi operasi normal.

Fluid Catalytic Cracking (FCC) is component that cracking the carbon chain with fluid cracker. Objective of this research is for assessing remaining life and fitness for service of the component, as a part of FCC maintenance program at PT. X. Thereby the results can be used in planning evaluation system, inspection, reconditioning even replacement program to that component in the future.
The inspection result of Fluid Catalytic Cracking Unit (FCCU) found that there is a crack about 12 mm at the shell of plenum Riser Fluid Catalytic Cracking Unit (RFCCU). The material of this shell plenum is Austenitic Stainless Steel 304H with specification ASTM A-240 and operated at 690°C temperature. With existence of the crack, it can be influence performance of the component. It?s recorded, that before found of the crack there are up-set temperature about 930°C in 200 hours. Therefore, fitness for service assessment will be apply for the component, whether the component is acceptable or no to continue the operation. Fitness for Service assessment will be appropriate with API 579 section 9. Else, remaining life assessment also will apply for the component, to know if the condition that has been happened on the component influencing the remaining life of the component that causing the crack of the component.
After analyzing, it found that up-set temperature influence the remaining life the component, and causing the crack. Furthermore on the fitness for service assessment, existence of the 12 mm crack, make the RFCCU component are not acceptable to used on the operation on the normal operation condition.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S41675
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Stefanus Nandiwardhana Mahardhika
"Peningkatan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap environment sustainability
telah mencapai tingkat yang cukup tinggi. Selain itu, terdapat juga korelasi positif
antara corporate sustainability terhadap valuasi saham perusahaan di Indonesia.
Kedua hal ini mendorong pemerintah untuk membuat standarisasi penilaian
efisiensi produk peranti pengkondisi udara (AC) yang di jual di Indonesia. Salah
satu bentuk upaya tersebut adalah dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri ESDM
No 7 Tahun 2015 tentang penerapan standar kinerja energi minimum dan
pencantuman label tanda hemat energi untuk peranti pengkondisi udara. Dengan
dikeluarkannya Permen ini, timbul kebutuhan akan psychrometric chamber yang
mampu mengetes peranti AC dalam kondisi yang sesuai dengan standar-standar
yang telah ditetapkan. Salah satu bagian dari psychrometric chamber yang memiliki
peran vital dalam memindahkan kalor adalah sistem water loop. Sistem water loop
ini harus mampu mengkondisikan ruangan indoor agar bertahan di temperatur 27°C
dan RH 47%, dan mengkondisikan ruangan outdoor agar bertahan di temperatur
35°C, keduanya dengan beban pemanasan dan pendinginan yang hidup. Penelitian
ini bertujuan untuk merancang suatu sistem water loop yang mampu
mengkondisikan udara yang ada di dalam psychrometric chamber agar mencapai
ketentuan standar yang telah ada untuk kapasitas AC yang mencapai 27.000 BTU

The increased awareness of corporate sustainability among Indonesians has reached
a high level. Additionally, there is a positive correlation between corporate
sustainability and the valuation of company shares in the Indonesian stock market.
Both of these factors have encouraged the government to standardize the energy
efficiency measurement of air conditioning products sold in Indonesia. One
example of this effort is the issuance of the Minister of Energy and Mineral
Resources Regulation No 7 of 2015, concerning the application of a minimum
energy performance standards and the inclusion of energy-saving labels on air
conditioning devices sold in Indonesia. The issuance of this regulation arose the
need for a psychrometric chamber that is capable of testing air conditioning devices
in conditions that comply with predetermined standards. A component of the
psychrometric chamber that has a vital role in transferring heat between the
chamber and the environment is the water loop system. The water loop system must
be able to condition the indoor chamber to withstand a temperature of 27°C and
relative humidity of 47%, as well as maintaining the outdoor chamber at a
temperature of 35°C, both with a live heat and cooling load. This study aims to
design a water loop system that is capable of conditioning the air inside of the
psychrometric chamber to comply with existing standards for air conditioning units
of up to 27.000 BTU/h capacity.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pingkan Asti Pramishinta
"Indonesia dikenal sebagai negara yang terletak di dalam Cincin Api Pasifik yang menyebabkan Indonesia sering dilanda bencana alam. Salah satunya adalah letusan gunung Rokatenda yang terjadi di Nusa Tenggara Timur yang mengakibatkan puluhan rumah rusak. Hal ini mendorong pemerintah untuk memberikan bantuan dan merekomendasikan pembangunan rumah pascabencana. Permasalahannya adalah rumah yang dibangun seringkali lebih mengedepankan aspek kemudahan, kecepatan produksi secara massal dan aspek kekuatan struktur bangunannya namun melupakan perubahan kebutuhan penghuninya. Oleh karena itu, konsep flexible housing ini hadir dan ditengarai mampu menanggapi perubahan kebutuhan tersebut. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan aplikasi flexible housing pada rumah pascabencana. Salah satu rumah pascabencana yang ada di Indonesia adalah Rumah di Pulau Flores. Metode penulisan skripsi ini dilakukan dengan berusaha memahami fenomena penggunaan rumah bantuan pascabencana dilihat dari kacamata penghuni rumah untuk memastikan bagaimana rumah dapat beradaptasi seiring berubahnya kebutuhan pengguna. Hasilnya, rumah ini tergolong flexibel meski terdapat beberapa aplikasi yang tidak dipenuhinya.

ABSTRACT
Indonesia is known as a country located in the Ring of Fire which causes Indonesia to be frequently hit by natural disasters. One of them is the eruption of the Rokatenda volcano which occurred in East Nusa Tenggara which resulted in dozens of houses damaged. This prompted the government to provide assistance and recommend the construction of post-disaster housing. The problem is that houses often prioritize aspects of ease, mass-production speed, and strength aspects of building structures, but forget the changing needs of its inhabitants. Therefore, the concept of flexible housing is suspected to be able to respond to changing needs. The purpose of this thesis is to find out how the application of flexible housing in post-disaster home. One of the post- disaster houses in Indonesia is the House on Flores Island. This thesis writing method is done by trying to understand the phenomenon of the use of a post-disaster house from the residents of the house to ensure how the house can adapt as the needs of users change. The result, this house is quite flexible although some applications are not fulfilled.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haris Adiwibowo
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S36115
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maya Fricilia
"Salah satu hal yang menyebabkan cepatnya kerusakan perkerasan jalan yaitu akibat kurang terpeliharanya sistem drainase jalan. Sistem drainase jalan berfungsi untuk mengeringkan perkerasan jalan atau mengalirkan air agar secepat mungkin keluar dari permukaan jalan dan selanjutnya dialirkan lewat saluran samping menuju pembuangan akhir. Kerusakan perkerasan akan mengganggu kenyamanan dan keselamatan kendaraan, keindahan dan pula mempengaruhi kinerja dan kualitas struktur perkerasan. Metode Pavement Condition Index PCI adalah salah satu metode penilaian kinerja perkerasan digunakan untuk melakukan evaluasi kondisi perkerasan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bentuk pengaruh dari kondisi drainase terhadap kerusakan permukaan jalan struktur perkerasan metode PCI dengan wilayah tinjauan DKI Jakarta. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan data primer berupa hasil survey kerusakan jalan yang akan dievaluasi dengan metode PCI dan dilakukan analisis pengaruh drainase dengan metode analisis desain eksperimen faktorial terhadap komponen kondisi saluran drainase, keberadaan air permukaan perkerasan, dan nilai PCI sebagai nilai kerusakan perkerasan yang terjadi dalam satu segmen jalan.
Berdasarkan hasil penelitian menggunakan Desain Eksperimen didapatkan faktor utama yang paling berpengaruh dalam kerusakan permukaan perkerasan jalan adalah faktor kondisi saluran drainase kemudian faktor nilai PCI dan yang terakhir adalah faktor kondisi air permukaan. Interaksi yang paling berpengaruh dalam kerusakan permukaan perkerasan jalan adalah interaksi antara kondisi saluran drainase PCI, kemudian interaksi antara kondisi air permukaan saluran drainase, kemudian interaksi antara kondisi ketiga faktor saluran drainase air permukaan PCI dan yang terakhir yaitu interaksi antara kondisi PCI air permukaan. Pada seluruh wilayah tinjauan didominasi dengan nilai Pavement Condition Index PCI 'Good' dan jenis pemeliharaan yang mendominasi adalah 'Routine Maintance'.

One of the things that cause rapid destruction the pavement that is due to lack of maintenance of the road drainage system. Road drainage system serves to dry the pavement or water flow in order as quickly as possible out of the road surface and then flowed through the channel next to the final disposal. The damage pavement will interfere with the comfort and safety of the vehicle, the beauty and also affects the performance and quality of the pavement structure. Pavement Condition Index PCI is one of the pavement performance assessment methods used to evaluate the condition of the pavement.
This research is aimed to identify and analyze the shape of influence of drainage conditions to damage the road surface pavement structures PCI method with the territory of reviews DKI Jakarta.The method used is a field research with primary data in the form of survey of road damage that will be evaluated by the method of PCI and carried out analysis of the effect of drainage analysis method experimental design factorial of the components of the condition of drainage channels, the existence of the water surface pavement, and the value of PCI as the value of damage pavement.
Based on the research results obtained using Design of Experiments main factors that greatly influence the surface damage is a factor pavement drainage channel conditions and then factor the value of PCI and the last is a factor of the condition of the surface water. Interactions were most influential in damage to the surface of the pavement is the interaction between the condition of the drainage channel PCI, then the interaction between the condition of surface water drainage channel, then the interaction between the condition of the three factors drainage channel Surface water PCI and the latter is the interaction between conditions PCI water surface. The entire region of reviews is dominated by the value of PCI Good and the type of maintenance that dominates is routine maintance .
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T47790
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuli
"Tesis ini membahas mengenai upaya hukum yang dilakukan oleh para pihak yang berkepentingan dalam arbitrase. Upaya hukum tersebut dapat terbagi dalam dua yaitu melaksanakan atau memintakan pembatalannya. Pelaksanaan atau pembatalan tersebut diajukan kepada pengadilan sesuai dengan yurisdiksinya. Namun karena biasanya para pihak dalam arbitrase berbeda kebangsaan maka sulit untuk menetapkan pengadilan mana yang berwenang untuk melaksanakan atau membatalkan suatu putusan.
Oleh karena latar belakang tersebut di atas, maka pokok permasalahan dalam tesis ini adalah bagaimana Bagaimanakah pengadilan di negara lain menyingkapi putusan ICC dan Bagaimanakah sikap pengadilan Indonesia atas putusan ICC dalam kasus PT. Lirik Petroleum dengan PT. Pertamina (Persero) dan PT. Pertamina EP. Permasalahan tersebut dibahas menggunakan metode penelitian hukum normatif, sehingga menghasilkan kesimpulan bahwa menurut pengadilan di Negara Singapura, Inggris, dan Kanada putusan ICC yang diambil dinegara tersebut merupakan putusan arbitrase nasional sedangkan menurut pengadilan di Negara Cina dan Indonesia putusan ICC tersebut merupakan putusan arbitrase internasional.

This thesis discusses about the legal effort of interested party in arbitration. The legal effort can be divide into two option recognition or challenge the arbitral award. For recognition or challenge the arbitral award, the parties should apply their application to the court that has the jurisdiction. And because of the different nationality of the parties, deciding which court has the jurisdiction is even harder.
From the above background, this thesis concerns how the view of the court in other states regarding ICC arbitral award and how the view of Indonesian court regarding ICC arbitral award in the case of PT. Lirik Petroleum against PT. Pertamina (Persero) and PT. Pertamina EP. These problems are discussed using normative legal research methods so as to produce a conclusion that according to the court in Singapore, United Kingdom, and Canada ICC arbitral award rendered in such country should be deem as domestic award meanwhile the court in China and Indonesian deem such an award as international award.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2011
T28616
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>