Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 109371 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yuhendri
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S36443
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Riadi
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S36653
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adhitya Novian Raidy
"Pengaturan lampu lalu lintas secara terdistribusi merupakan teknik pengaturan lampu lalu lintas yang tersinkronisasi antar sesama lampu lalu lintas dalam sebuah sistem lalu lintas dimana setiap persimpangan saling berhubungan dengan persimpangan tetangganya. Metode sinkronisasi yang digunakan dalam pengaturan lampu lalu lintas ini adalah metode sinkronisasi kuramoto, dimana penjabaran dan analisis algoritma telah dilakukan pada penelitian sebelumnya. Skripsi ini ingin mengembangkan sebuah simulasi dalam lingkungan tiga dimensi dengan menggunakan media simulasi open source Open Dynamics Engine yang mengrepresentasikan penerapan algoritma sinkronisasi kuramoto dalam kehidupan nyata.
Distributed traffic light control is a synchronize traffic light control between traffic light where for each crossroad system connect with it?s neighbours. Kuramoto synchronization was used as the method to synchronized between traffic light, which is analysis and conversion of the algorithm has been completed in the previous research. This research will develop a simulation in the three dimension environment using open source simulation media Open Dynamics Engine that will represents the application of the algorithm in the real life."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Perempatan Kebayoran Baru merupakan suatu perempatan yang memiliki karakteristik yang unik karena merupakan perempatan sebidang dengan adanya satu putaran. Perempatan ini memiliki frekuensi kedatangan yang tinggi terutama pada jam-jam sibuk karena letaknya yang berada di jalur perkantoran. Dengan frekuensi yang tinggi tersebut menyebabkan tempat ini rawan akan terjadinya kemacetan lalu lintas. Untuk itu perlu adanya suatu studi ilmiah dalam pengaturan lampu lintasnya sehingga diharapkan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas pada daerah tersebut. Pengaturan kembali periode menyala merah/hijau lampu lalu lintas dapat dilakukan secara coba-coba hingga diperoleh metode yang optimal. Metode ini akan memerlukan waktu pengujian yang lama serta biaya yang sangat mahal. Simulasi dengan menggunakan komputer terhadap sistem arus lalu lintas diharapkan dapat mengatasi kendala tersebut di atas. Analisis terhadap tingkah laku sistem dengan berbagai nilai variabel yang berbeda dapat dilakukan dengan mudah. Selanjutnya hasil analisis terhadap simulator dapat dikonfirmasikan kembali pada sistem sebenarnya. Tugas akhir ini memandang permasalahan yang ada dari teknik permodelan sistem dan mencoba membuat simulasi komputer untuk menggambarkan sistem tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh yang terjadi pada sistem apabila dilakukan perubahan pada sistem sehingga diharapkan mampu meningkatkan performa sistem. Pembuatan model dan proses eksperimentasi sistem ini dilakukan dengan bantuan program simulasi Promodel versi 4.0. Berdasarkan model simulasi yang dibuat dan eksperimentasi yang dilakukan diketahui bahwa pengaturan lampu lalu lintas saat ini telah cukup baik untuk kondisi arus lalu lintas saat ini. Peningkatan performa sistem dapat dilakukan dengan menambah lamanya siklus lamlu lalu lintas secaa proportional."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S49638
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Asmadi Sutanto
"Perempatan Tanjung Barat merupakan suatu perempatan jatan yang memiliki keunikan k:arena merupa.kan perempatan yang selain memiliki sebidang tanah tempat bertemunya kendaraan dari empat arah juga memiliki rei kereta api tengah-tengahnya. Frekuensi kendaraan pada jam-jam sibuk yaitu pagi dan sore hari sangat tinggi dibandingkan dengan jam-jam biasa, begitu juga dengan trekuensi kedatangan kereta api pada jam-jam sibuk juga tinggi. Dengan frakuensi yang tinggi serta seringnya kereta lewat yaug berdampak tidak berlukunya lampu lalu lintas di perempatan ini membuat perempatan Tanjtmg Barnt sangat rawan akan kemacetan, Karena itu perlu diadakan suatu studi ilmiah untuk mencari aiternatif pemecahan kemacetan daernh ini.
Pada penelitian ini dilakukan simuiasi karena dengan simulasi ini perubahan perubahan Barat tidak ukan mempengaruhi sistem sesungguhnya, dengan demilian dapat dilihat karateristik sistem ketika dilakukan perubahan tanpa menggnnggu s:istem sebenarnya. Pengaturan tanpa menggunakan simulasi tapl dengan coba coba berdampak besamya biaya yaug dikeluarkan dan belum tentu dapat mengurangi kernacetan. Peneiitian ini menggunakan simulasi komputer (Prcrnodef 4.0} sebagai afat bantu dalam pembuatan model sistem perempatan Tanjung Barat kondisi sekarang dan juga dalam ek:perimentasi aJtematifpemecahannya. Penelitian dipusatkan pada keadaan lalu Hntas di jam sibuk pagi dan sore hari. ..."
Depok: Universitas Indonesia, 2003
S50159
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Max Darmawan
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S34399
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 2005
S29091
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Lampu lalu lintas adalah perangkat yang sangat penting dalam pengaturan lalu lintas. Lampu lalu lintas yang ada saat ini tidak terlalu efisien dalam menangani masalah kepadatan jumlah kendaraan akibat banyaknya kendaraan yang menuju arah tertentu. Oleh karena itu diperlukan sensor yang digunakan untuk mendeteksi jumlah kendaraan sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan.
Pada skripsi ini dirancang suatu sistem untuk mendeteksi jumlah kendaraan. Pendeteksian ini menggunakan sensor yang memanfaatkan cahaya. Setelah mendapat data, maka data ini akan diproses oleh mikrokontroler. Mikrokontroler ini sebagai otak dan berfungsi untuk menentukan jalur mana yang mendapatkan layanan yang lebih lama. Kemudian mikrokontroler ini akan mengatur nyala lampu lalu lintas.
Percobaan yang dilakukan menunjukkan bahwa sistem ini dapat mengatur lampu lalu lintas sesuai dengan program yang dibuat. Sistem ini memiliki yaitu penundaan waktu yang terjadi ketika sistem sedang mengambil keputusan tetapi penundaan waktu ini tidak menghabiskan waktu yang lama."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40162
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Arfan
"Persimpangan merupakan hal yang tak terhindarkan pada lalu lintas sebuah kota. Pengaturan arus lalu lintas pada persimpangan menggunakan sinyal berupa lampu lalu lintas yang berfungsi untuk mengatur arus sehingga tidak terjadi konflik pada persimpangan. Pengaturan pada pergantian sinyal tersebut dapat sangat berpengaruh dalam kelancaran arus kendaraan yang melewati persimpangan. Semakin sering kendaraan berhenti di suatu persimpangan maka jalan akan semakin padat dan dapat mengurangi laju kendaraan pada jalan. Oleh sebab itu algoritma pengaturan sinyal diperlukan untuk mendukung lancarnya arus kendaraan lalu lintas. Saat ini telah banyak penelitian yang dilakukan berkaitan dengan optimisasi ini. Penelitian-penelitian tersebut melakukan optimisasi yang bersifat centralized atau terpusat. Sistem yang bersifat centralized ini mengambil informasi dari tiap lampu lalu lintas dan mengaturnya secara terpusat. Pengaturan semacam ini memiliki kelebihan yaitu dapat mengolah informasi yang lebih kaya karena input yang didapat adalah berupa keadaan dari lampu lalu lintas secara keseluruhan. Namun jika pengaturan ini melibatkan lampu lalu lintas dalam jumlah besar maka pengaturan yang terpusat ini membutuhkan bandwith yang besar agar dapat bekerja real time. Dalam penelitian ini pengaturan lampu lalu lintas dilakukan secara terdistribusi, yaitu informasi yang didapat dari lampu lalu lintas hanya didapatkan dari lampu lalu lintas disekitarnya. Pengaturan yang terdistribusi memungkinkan pengaturan lampu lalu lintas secara dinamis dan mengoptimalkan kinerja lampu lalu lintas tersebut[1]. Hasil yang didapatkan oleh penulis menunjukkan bahwa pada sebagian besar kasus, pengaturan sistem lalu lintas yang menggunakan algoritma yang tersinkronisasi lebih baik daripada yang acak."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Sistem Pengaturan Lampu Lalu Lintas Terdistribusi adalah sebuah sistem lampu lalu lintas yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan akan kinerja pengaturan lampu lalu lintas yang cerdas dengan pengambilan data secara real-time. Sistem ini dapat melakukan penjadwalan dan pengaturan jaringan banyakpersimpangan secarareal-time yang tidak bisa dilakukan oleh sistem pengaturan lampu lalu lintas konvensional. Penerapan klasifikasi di dalam sistem ini digunakan untuk meningkatkan akurasi dari pengenalan mobil. Proses klasifikasi diimplementasikan menggunakan tiga algoritma Jaringan Syaraf Tiruan, yakni Backpropagation, FLVQ, dan FLVQ-PSO. Berdasarkan hasil ujicoba, dapat ditunjukkan bahwa algoritma Backpropagationmemiliki performa akurasi yang lebih baik dibandingkan dua algoritma JST yang lainnya."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2011
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>