Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 118061 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andi Arlys Anwar
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S36368
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adityo T. Bintoro
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S36398
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muchtayatsyah
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S36171
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fardhian
"Mesin Otto atau yang biasa disebut mesin Bensin merupakan salah satu mesin kalor yang cukup Juas dipergunakan sekarang ini. Mesin lni terutama banyak dipergunakan di sel"tor transportasi darat. Kepopu!erannya disebabkan oteh beberapa kelebihannya dibanding mesin kalor yang lain. Meski memiliki kelebihan-kelebihan. namun selalu ada usaha untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi mesin Otto. Daya mesin dan penghematan bahan bakar menjadi dua hal utama yang menyebabhnnya. Cukup banyak usaha yang dilakukan, dan salah satunya adalah dengan menambahkan zat aditif pada bahan bakar (Fuel Additive). Kekurangan mesin Otto saat ini adalah gas buang atau emisinya yang lebih memberikan efek buruk terhadap manusia dan lingkungan hidup, terutama bila gas buang tersebut dtperbitungkan besarannya pada sektor transportasi. Penel1tian ini bennaksud mengetahui pengaruh. penambahan zat aditlf jenis tertentu yang dipilih sacara acak terhadap kandungan dan kinerja gas buang. Kegiatan tni mencoba melihat karakteristik Karbonmonoksida (CO), Karbondioksida (C02 ), Hidrokarbon (f-iC), Oksigen (02), suhu, Nilai Panas dan Rerugi pada gas huang yang dihasilkan, Penamhahan zat aditlf pada bahan bakar temyata mengurangi kandungan Karbonmonoksida (CO} dan meningkatkan kandungan Oksigen (02), Karbondioksida (C02), dan Hidrokarbon (HC) pada persentase aditif 0,2 % terhadap keseluruhan volume bahan bakar. Namun rerugi yang dihasi1kan akan berkurang pada persentase 0,3 %."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S37712
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alexander S.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S36770
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
S35954
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pinontoan, Victor
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Sudianto
"Perkembangan teknologi otomotif yang begitu pesat terutama kendaraan bermotor berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Penggunaan kendaraan bermotor untuk berbagai macam keperluan baik untuk kendaraan transportasi maupun keperluan lain. Jenjs yang paling banyak dipakai adalah motor bensin 4 langkah. Bahan bakar premium yang dipasarkan saat ini seringkali tidak sesuai dengan yang diharapkan. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kinerja maupun kadar emisi gas buang yang dihasilkan. Berbagai cara telah dilakukan untuk mengatasi hal ini salah satu caranya adalah dengan penambahan aditif pada bahan bakar maupun pada oli pelumas. Dengan penambahan aditif ini diharapkan dapat memperbaiki kualitas bahan bakar sehingga akan berpengaruh terhadap kinerja mesin. Penambahan aditif ini pun seringkali menimbulkan berbagai macam kendala. Oleh sebab itu perlu dilakukan suatu pengujian terhadap berbagai macam aditif, baik aditif bahan bakar (fuel additive) maupun aditif pelumas (oil treatment) agar penambahan aditif ini baik untuk mesin maupun lingkungan. Dari uji coba yang dilakukan pada mesin uji stasioner (Otto engine test bed) dengan memilih berbagai merek aditif bahan bakar dan aditif pelumas secara acak. Secara umum aditif-aditif tersebut berpengaruh terhadap kenaikan daya output mesin (BHP), tertinggi sebesar 13,33% pada 1700 rpm, penurunan konsumsi bahan hakar (BFC) tertinggi sebesar 5,18% pada 2200 rpm dan penurunan emisi gas buang CO sebesar 4,63% pada 1200 rpm dan HC 9,12% pada torsi 20 Nm."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S37579
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendra Augustian
"Perkembangan teknologi mesin Otto kerap mengalami kemajuan, salah satunya dengan memperbaiki proses pembakaran dan mengurangi gesekan-gesekan yang tetjadi pada mesin. Untuk mencapai tujuan tersebut salah satunya dengan memperbaiki kualitas bahan bakar dan pelumas dengan cara menambah zat kimia tertentu atau yang biasa disebut aditif bahan bakar (fuel additive) dan aditif pelumas (lubrication additive). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh aditif bahan bakar dan aditif pelumas terhadap daya output mesin, konsumsi bahan bakar dan kualitas emisi gas buang maka dipilih secara acak beberapa aditif bahan bakar dan aditif pelumas yang ada di pasaran untuk diteliti lebih lanjut di laboratorium mesin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif. eksperimen dan membandingkan sampel pengujian. Pengujian dilakukan dengan menambah putaran dan pembebanan pada mesin. Dari hasil pengumpulan dan pengolahan data digambarkan ke dalam grafik karakteristik yang menunjukan daya output mesin (BHP), konsumsi bahan bakar (BFC) dan emisi gas buang yaitu kadar HC dan CO. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa aditif bahan bakar bensin dapat dapat menaikan daya output mesin (BHP) dan menurunkan konsumsi bahan bakar (BFC). Kombinasi pemakaian aditif bahan bakar bensin dan pemakaian aditif pelumas dapat menurunkan kadar CO dan HC pada emisi gas buang."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S37586
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifkin, Bernard
"Minyak solar di Indonesia sangat rendah kualitasnya, Penggunaan aditif untuk meningkatkan kualitas pembakaran diperlukan untuk meningkatkan efisiensi pembakaran dan mengurangi tingkat pencemaran lingkungan Jurusan Gas dan Petrokimia telah melakukan penelitian dan mendapatkan suatu bentuk aditif biodiesel yang mampu menaikan bilangan setana minyak solar Indonesia sehingga penambahannya menimbulkan terjadinya peningkatan sebesar hampir 4 angka dari bahan bakar dasarnya. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui secara aktual pengaruh emisi gas buang ataupun noise, dan untuk mendapatkan perubahan total rata-rata emisi yang dikeluarkan akibat penambahan aditif tersebut. Akan tetapi pengolahan data menjadi suatu hal yang penting dalam menarik kesimpulan dari pengujian yang dilakukan. Metode regresi adalah Salah satu bentuk penyederhanaan data sehingga dapat menarik suatu model persamaan yang dapat menarik garis hubungan antara suatu variabel yang bergantung, dalam hal ini emisi, dengan variabel lain yang merupakan prediktor dari variabel yang bergantung tadi. Akan tetapi penggunaan model linear dengan variabel predilctor yang memiliki korelasi yang kuat antara satu sama lain adalah suatu masalah dalam statistik yang disebut multicollinearity. Untuk menghilangkan masalah tersebut digunakan suatu metoda Singular Value Decomposition (SVD) untuk mendekornposisi variabel prediktor tersebut, dan mengalikan data dengan salah satu vektor hasil dekomposisi, yaitu right singular vektor (V) untuk menghilangkan korelasi antar preditor tersebut, yang kemudian diregresikan dan diintegrasikan untuk mendapatkan total rata-rata emisi yang dikeluarkan.
Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa aditif tersebut dapat mengurangi emisi HC dan meningkatkan emisi CO2 untuk semua campuran dengan variasi putaran pada mesin Komatsu maupun Mitsubishi, dimana pada mesin Komatsu penurunan emisi HC terbesar ada pada campuran 0,10% vol sebesar 14,78% dan kenaikan emisi CO2 terbesar ada pada campuran 0.15% sebesar 4,53% yang menunjukkan bahwa penambahan aditif meningkatkan kualitas pembakaran. Pengintegralan hasil regresi pada data variasi pmbebanan untuk mesin Mitsubishi dengan 5 prediktor dan mengalikannya dengan vektor V memberikan nilai yang lebih menyeluruh terhadap nilai total rata-rata emisi yang dikeluarkan. Emisi HC yang meningkat untuk setiap campuran (terbesar pada campuran 0,1% vol sebesar 36,11%) dan emisi C02 yang menurun untuk semua campuran (terbesar pada campuran 0,05% sebesar 2,91%) menunjukan bahwa terjadi penurunan kualitas pembakaran akibat penarnbahan aditif MEN saat pengujian dengan variasi pembebanan untuk mesin Mitsubishi.

lndonesia has a low quality diesel htel Using additive to improve the ignition quality is one of the solution, which needed beside to increase the efficiency of ignition, also in order to reduce the level of hazardous emission released into the atmosphere. Department of Gas and Petrokimia - FTUI has conducted a research and was able to generate such biodiesel additive which can increase the cetane number nearly up to 4 number from its basic fuel This research performed to identify the actual impact of that additive in diesel engine based on its gas emission and noise level, and obtain the total's mean of emissions difference caused by adding the additive. However, data processing is an important thing so that we can draw a conclusion from our research. The regression method is a method that can used to draw a correlation from independent variables as predictors for dependent variable, in this case, emission. Nevertheless, by using a linear model of regression where their predictors are highly correlated among each other is a problem in statistic. This is call as multicollinearity. Applying Singular Value Decomposition (S VD) method to the data will generate a left singular vector (V). Then by multiplving data with V can remove the multicollinearity problem. Continued by regressing and performing integration will attain the total mean of emission produced by the engine.
The result has shown us that the additive can reduce the emission of HC and increase CO3 emission in every blend of fuel-additive for both engines, Komatsu and Mitsubishi, in variable .speed tests method For Komatsu, the highest reduction of HC emission is shown by 0.10% blend at a number of 14. 78%, and highest addition of C O2 is shown by 0.15% blend at a number of 4. 53%, gives an indication that using this additive is improving the quality of ignition as engine speed increased For variable load tests method that conducted for twtsubishi, integrating the regression from the data that had been multiplv by V is giving a more significant value of every emissionis total mean than using onbt one predictor, considering that more predictors is applied. The increasing of HC emission (highest increasing is 36. 11% at 0.1% blend and the decreasing of CO2 emission hghest decreasing is 2. 91% at 0.1% blend shown that the qualigt of ignition is weaken as adding the additive while conducting the variable load tests method in Mitstibishi engine.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S37069
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>