Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 42732 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1991
S35368
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Giphart, Ronald
Amsterdam: Podium, 2006
BLD 839.313 GIP t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Farid Afandi
"Propeller merupakan alat gerak kapal yang utama saat ini,Layar yang selama berabad-abad menemani manusia dalam pelayaran sudah banyak ditinggalkan.Pemakaian Propeller yang semakin meningkat dibanding layar disebabkan oleh industrialisasi dan globalisasi yang mendorong segala sesuatunya untuk lebih cepat mengharuskan industri perkapalan untuk semakin cepat dan efisien. Efisiensi dan kecepatan mutlak diperlukan dalam era industri seperti saat ini, untuk merebut pasar dan meningkatkan daya saing. Untuk itu otomatisasi adalah salah satu jawaban untuk meningkatkan efisiensi. Salah Satu upaya otomatisasi tersebut adalah dengan menggunakan program aplikasi komputer,komputerisasi selain meningkatkan kecepatan dan efisiensi juga memperkecil kesalahan akibat human error. Namun aplikasi komputer juga luput dari kesalahan-kesalahan baik dikarenakan kesalahan dalam penggunaan,kesalahan sistem sampai pada kesalahan pada saat program dibuat misalnya kesalahan bahasa pemograman maupun kesalahan menerjemahkan rumus ke dalam bahasa pemograman. Diperlukan Penelitian lanjutan untuk menentukan ketepatan aplikasi beserta keterbatasan-keterbatasan aplikasi tersebut.

Propeller is a need for movement for a ship recently, a sail which have been man companion for centuries now had been left behind.Need of propeller increase than a sail is caused by industrilization and globalization which demand everything to be fast, has boost naval industri to be more quick and efficient. Efficiency and speed are desperately need for industrilization era today.It is needed to catching market and to grow competition ability,For that reason automatization will be one of the answer to improve efficiency. One of the thing to do for automatization is using computer application , Computerization while increse speed and eficiency have reduce mistakes by human too. Although that computer cannot avoid some error,it can be caused by few thing such as: misused apllication(human error),system error etc and can be cause by error when the application was made for example a mistake on writing program and mistake of compiling formula to programing language. It?s required advanced examination to an application to describe about precisioness and boundary of an application."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S38106
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Boer, Herman Pieter de
s-Gravenhage: BZZTOH, 1994
839.36 Boe t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Noordervliet, Nelleke
Amsterdam: Meulenhoff, 2001
BLD 839.311 NOO e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Schmidt, Annie M.G.
Amsterdam: Querido, 1966
BLD 839.36 SCH t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
M. Kuncoro
"Skripsi ini membahas tentang simulasi peredaman efek subsynchronous resonance dengan menggunakan matlab simulink. Pemasangan kapasitor fix pada saluran transmisi sebagai kompensasi seri di satu sisi dapat meningkatkan kapabilitas transfer daya listrik, mengatur pengontrollan daya reaktif dan sudut phasa antara dua terminal dan mengurangi nilai impedansi saluran transmisi. Akan tetapi di sisi lain, hal ini menyebabkan terjadinya resonansi antara torsi elektris dan torsi mekanis yang disebut dengan subsynchronous resonance. Arus yang mengalir pada saluran transmisi dipengaruhi oleh frekuensi base dan frekuensi natural yang nilainya dipengaruhi oleh nilai L dan C pada saluran transmisi. Arus ini diinduksikan ke rotor generator yang secara matematis dengan park transformation di transformasi menjadi arus dengan frekuensi supersynchronous dan subsynchronous sehingga menghasilkan torsi elektris. Di lain pihak hubungan turbin generator shaft secara mekanis juga memiliki torsi mekanis dengan frekuensi natural mode tertentu. Jika besarnya frekuensi subsynchronous bertepatan dengan salah satu natural mode turbin generator shaft maka akan terjadi fenomena. Subsynchoronous resonance merupakan efek yang berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan pada generator sinkron. Gejalanya di awali dengan munculnya efek torque fatigue. Untuk mengetahui gejala subsynchronous resonance maka dilakukan simulasi berdasarkan model Second Benchmark Model SSR IEEE Trans., v.PAS-104,n.p dan untuk mengetahui efek peredaman subsynchronous resonance digunakan simulasi dengan TCSC module berbasis matlab simulink.

This research discusse about damping simulation phenomena subsynchronous resonance using matlab simulink software programme . Instalation fix capacitor in the transmission line as series compensation can improve transfer capability of electric power, regulate the control of reactive power and phase angel between two transmission bus and reduce impedance of transmission line. However it's can cause resonant between electric and mechanic torque defined by subsynchronous resonance. The current flow in the transmission line is influenced by base frequency and natural frequency that's value determined by L and C value in the transmission line. This current is inducted to rotor generator matemathically by park transformation is transformed become current in supersynchronous and subsynchronous frequency so that resulting electric torque. On the other hand turbine-generator shaft system mechanically have mechanic torque with natural torsional mode frequency. If magnitude of the subsynchronous frequency coincide with one of the natuaral mode frequency turbine-generator shaft system, it's will build up subsynchoronous resonance effect. Subsynchronous resonance is danger effect because can damage the synchronous generator. The effect subsychronous resonance to synchronous generator is signed by torque fatigue phenomena. To know more about subsynchronous resonance then simulation by reference of Second Benchmark Model SSR IEEE Trans., v.PAS-104,n.p is designed using matlab simulink software programme and the second simulation, TCSC is used to analysis effect of subsynchronous resonance damping."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51369
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bloem, Rein
Amsterdam: Em. Querido`s, 1997
BLD 839.311 6 BLO t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Farhan Syahputra
"Indonesia merupakan negara kepulauan dengan penduduk lebih dari 270 juta jiwa. Namun, pada tahun 2018 masih terdapat 5 juta Penduduk Indonesia yang belum memiliki akses terhadap energi listrik. Di sisi lain, dengan adanya Peraturan Pemerintah nomor 79 Tahun 2014 yang berisi tentang target penggunaan energi terbarukan di Indonesia pada tahun 2025 sebesar 23% lalu pada tahun 2050 sebesar 31%. Pembangkit listrik tenaga air skala pikohidro merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut karena potensi energi air di indonesia yang melimpah, biaya pembuatan relatif murah, dan perawatan sederhana. Salah satu jenis turbin air skala piko yang dapat dimanfaatkan adalah turbin propeller karena memiliki rentang kecepatan spesifik yang luas. Artinya, turbin propeller memiliki efisiensi yang stabil berkisar 50%. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celah sudu terhadap performa turbin piko hidro jenis propeller, dengan tinggi jatuh 2 m, dan debit aliran sebesar 12,9 l/s dengan menggunakan tiga variasi jarak antar sudu yaitu celah sudu terjauh, tegak lurus, dan overlap melalui metode numerikal computational fluid dynamics (CFD). Metode numerik menggunakan fitur 6 degrees of freedom (6-DoF). Fitur 6-DoF dipilih untuk mendapatkan hasil komputasi yang mendekati kondisi sebenarnya. Adapun hasil dari studi ini adalah geometri celah sudu overlap menghasilkan daya dan efisiensi terbesar karena tidak terdapat celah pada sudu dibandingkan dengan geometri dengan jarak antar sudu tegak lurus karena terdapat celah yang cukup besar pada sudu.

Indonesia is an archipelago country with a population more than 270 million. However, in 2018 there are still 5 million people in Indonesia do not yet have access to electricity. On the other side, with the government regulation number 79 of 2014 which contains a target of renewable energy usage in Indonesia in 2025 by 23% then in 2050 by 31%. Pico hydro power plant is a possible solution to overcome the problem because the potential water energy in Indonesia is very abundant, low manufacturing and maintenance cost. One type of pico hydro turbines that can be used in remote areas is propeller turbine because it has a wide specific range. That means the propeller turbine has stable efficiency around 50%. This study aims to determine the effect of gaps between blades on the performance of pico scale propeller turbine, head of 2 m, inlet condition mass flow with 12.9 l/s by using three variations of blade geometry using computational fluid dynamics (CFD) method. The computation was run by using 6 degrees of freedom (6-DoF) feature. 6-DoF feature was chosen to obtain computational results close to the actual condition. The results of this study are the overlap blade geometry produces the highest power and efficiency because there are no gap on the blade compared to the blade geometry with the distance between the blades are perpendicular because there is a big gap on the blade."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mega Rizki Hidayatullah
"Penelitian ini merupakan pengembangan kedua dari perancangan micro class underater ROV (Remotely Operated Vehicle). Underwater ROV merupakan sebuah wahana yang beroperasi di bawah permukaan air dan dikendalikan oleh remote kontrol. Micro class berarti wahana tersebut berbobot 3 sampai 5 kg. Fokus penelitian ini ada pada pengembangan sistem mekanikal, yaitu desain main body, desain sistem rangka, dan desain sistem thruster. Permodelan desain mekanik menggunakan bantuan software Computer Aided Design (CAD). Sistem mekanikal yang dibuat mengkonsiderasikan konsep positive stability, yaitu kondisi dimana sebuah objek akan selalu kembali kepada kondisi stabil setelah diberi gangguan. Hal ini didapatkan dengan mendesain prototipe yang memiliki titik buoyancy berada diatas titik berat. Pada desain yang dibuat, kondisi positive stability tercapai dengan jarak antar titik 30 mm. Di dalam desain main body ditentukan metode kedap air, yaitu penggunaan o-ring pada tutup main body, dan penggunaan resin serta katalis pada kabel yang terpasang masuk ke dalam main body. Metode kedap air tersebut dilakukan eksperimen pada kolam kedalaman 3 m dan tercapai karakteristik tingkat kedap air yang diinginkan serta memenuhi standar tingkat kedap air untuk underwater ROV, yaitu IP44. Pada desain sistem thruster, ditentukan menggunakan konfigurasi 6 thruster, dengan 4 thruster horizontal dan 2 thruster vertikal, dan dilakukan simulasi menggunakan software Computational Fluid Dynamics (CFD) pada 5 variasi sudut serang (α) dari propeller yang dimodelkan. Simulasi CFD dilakukan untuk mendapatkan thrust yang dihasilkan dan power yang dibutuhkan untuk tiap variasi sudut serang (α) propeller, sehingga dapat memilih sudut serang (α) yang paling optimal yang akan digunakan. Didapatkan sudut serang (α) yang paling optimal pada 40 derajat dengan nilai thrust 2546,84 N dan power yang dibutuhkan sebesar 117,07 kW saat propeller berputar dalam kondisi ideal yang melibatkan faktor drag dan viskos dari fluida dengan kecepatan putar maksimum motor 25590 RPM. Perkembangan lebih jauh dibutuhkan untuk membuktikan secara eksperimental konsep positive stability dan keefektifan penggunaan konfigurasi 6 thruster saat bermanuver di lapangan, serta penambahhan fitur-fitur lainnya.

This study is the second prototype development of micro class underwater ROV (Remotely Operated Vehicle). Underwater ROV is a device that operated underwater and controlled by remote control. The term micro class means that the device weight is around 3 to 5 kg. the focus of this study is on the development of a mechanical design system, such as main body design, frame system design, and thruster system design. The prototype is modeled with a Computer-Aided Design (CAD) software. One design consideration in modeling this prototype is positive stability, which is, a condition of an object will always go back to its stable states after force was given. This concept can be achieved by designing the prototype whereas the center of buoyancy is above the center of gravity. This condition was met and validated by CAD software which can locate both centers. In the software stated that the distance of both centers is 30 mm. Then the other design consideration is choosing a method of water tightening on the main body. Using an o-ring around the mouth of the main body and resin and its catalyst for the cable, which penetrates to inside the main body, is proven to be effective in avoiding leakage when submerging the prototype to 3 m depth of water. Water tightness standard rating for underwater ROV is also achieved, which is IP44. Then, configurations of 6 thrusters are chosen for the prototype, where 4 horizontal thrusters, and 2 vertical. This study also conducts an experiment using a simulation with Computational Fluid Dynamics (CFD) software. The purpose of this simulation is to find the most optimal angle of attack (α), in term of thrust generated and power usage, from 5 variant angle of attack (α) propeller. This simulation shows that 40 degrees angle of attack (α) propeller variant is the most optimal, with 2546,84 N thrust and 117,07 kW power is needed when the propeller is rotating at an angular velocity of 25590 RPM, which is the maximum angular velocity can be generated by the motor. Further development is required to validate and prove experimentally the concept of positive stability, and the effectiveness of 6 thruster configuration, also adding another feature to the prototype."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>