Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9735 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ni Made Rahmayati
"The title of this research is "Mix Design of Pervious Concrete". The research will criticizes on how to make pervious concrete as an alternative in concrete construction. Pervious Concrete can be made by concrete, asphalt, open-celled stones and gravels. These materials have to be mixed with a certain dosage in order to produce open celled structures which can be ran through by water and air. The research which was held at laboratorium, is done by doing some testing to sampels that already designed based on planned compositions. The testing covers; pressure test, bending test and porosity test to make sure that the samples can be ran through by water and air. From the compositons that already planned, this research is hoping to get shape or form variations of pervious with the information of strength from each compotitions.

Skripsi ini berjudul "Rancang Campur Pembuatan Pervious Concrete" membahas mengenai cara pembuatan pervious concrete sebagai salah satu alternatif konstruksi beton. Pervious concrete dapat dibuat dari beton, aspal, open-celled stones, dan kerikil dimana bahan-bahan tersebut dapat dicampur sedemikian rupa sehingga menghasilkan struktur berlubang yang dapat dilewati air dan udara. Penelitian ini dilakukan di laboratorium dengan cara melakukan pengujian terhadap benda uji yang telah didesain dengan komposisi yang direncanakan. Pengujian benda uji tersebut berupa pengujian kuat tekan, kuat lentur dan pengecekan porositas untuk memastikan keadaan benda uji dapat dilewati air dan udara. Dari variasi komposisi yang telah direncanakan diharapkan didapat bentuk pervious yang bermacam-macam dan dapat diketahui kekuatan masing-masing komposisi."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S35296
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Roy Immanuel
"Pervious concrete merupakan material perkerasan beton dengan tingkat porositas tinggi sehingga dapat mengalirkan air ke lapisan bawah perkerasan. Penggunaan pervious concrete akan memberikan keuntungan dari segi lingkungan, struktur dan ekonomi. Pervious concrete ini memiliki rongga tetapi kekuatannya lebih rendah dari beton normal. Dalam skripsi ini dilakukan penelitian tentang perilaku kuat tekan, kuat lentur dan shrinkage (penyusutan) pada pervious concrete. Seluruh pengujian tersebut dilakukan terhadap 16 jenis variasi campuran beton sehingga diperoleh komposisi campuran yang memiliki porositas, kuat tekan dan kuat lentur yang paling optimum. Sesuai dengan batasan besar porositas, kuat tekan, dan kuat lentur yang ditentukan oleh National Ready Mix Concrete Association maka diperoleh 2 komposisi optimum dalam penelitian ini.

levels permitting water passing to the sub-grade of the pavement. The usage of pervious concrete gives environmental, structural, and economical advantages. Pervious concrete provides cavities in the concrete resulting in strength reduction compared to normal concrete strength. This research presents the compressive strength, flexural strength, and shrinkage behavior of pervious concrete. Tests are made to 16 different mix composition of the pervious concrete in order to obtain optimum result as function of porosity, flexural and compressive strength. Based on allowable porosity, flexural and compressive strength criteria from American National Ready Mixed Concrete Association only 2 mix composition give optimum results."
2008
R.01.08.73 Imm p
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Roy Immanuel
"Pervious concrete merupakan material perkerasan beton dengan tingkat porositas tinggi sehingga dapat mengalirkan air ke lapisan bawah perkerasan. Penggunaan pervious concrete akan memberikan keuntungan dari segi lingkungan, struktur dan ekonomi. Pervious concrete ini memiliki rongga tetapi kekuatannya lebih rendah dari beton normal. Dalam skripsi ini dilakukan penelitian tentang perilaku kuat tekan, kuat lentur dan shrinkage (penyusutan) pada pervious concrete. Seluruh pengujian tersebut dilakukan terhadap 16 jenis variasi campuran beton sehingga diperoleh komposisi campuran yang memiliki porositas, kuat tekan dan kuat lentur yang paling optimum. Sesuai dengan batasan besar porositas, kuat tekan, dan kuat lentur yang ditentukan oleh National Ready Mix Concrete Association maka diperoleh 2 komposisi optimum dalam penelitian ini.

Levels permitting water passing to the sub-grade of the pavement. The usage of pervious concrete gives environmental, structural, and economical advantages. Pervious concrete provides cavities in the concrete resulting in strength reduction compared to normal concrete strength. This research presents the compressive strength, flexural strength, and shrinkage behavior of pervious concrete. Tests are made to 16 different mix composition of the pervious concrete in order to obtain optimum result as function of porosity, flexural and compressive strength. Based on allowable porosity, flexural and compressive strength criteria from American National Ready Mixed Concrete Association only 2 mix composition give optimum results."
2008
S50538
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Eka Ardika Budi Susilo
"ABSTRAK
Sampai saat ini, berkembangnya bidang konstruksi di Indonesia, berbagai
alternatif atau plihan dalam hal bahan konstruksi mulai diperkenalkan dan
digunakan. Salah satu contohnya adalah perkerasan jalan dengan menggunakan
beton poros atau yang lebih dikenal dengan porous concrete for pavement.
Berbeda dengan dengan beton pada umumnya, beton poros ini dirancang dengan
campuran kerikil yang terbatas dan sedikit pasir atau tidak sama sekali. Dengan
kondisi ini, beton poros termasuk beton dengan open graded atau gradasi terbuka.
Dalam penelitian ini, pengujian dilakukan terhadap karakteristik beton poros
dengan menggunakan campuran limbah B3 (molding) maupun tanpa
menggunakan limbah B3 (molding). Karakteristik tersebut meliputi kuat tekan,
kuat lentur, permeabilitas dan porositas. Pengujian leachete yang bertujuan
mengetahui pengaruh limbah terhadap lingkungan pun menjadi pembahasan dalam
tulisan ini.
Pada akhirnya pengujian-pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini bertujuan
mengetahui nilai kadar limbah B3 (molding) yang optimum untuk dapat
diaplikasikan sebagai perkerasan. Dari hasil pengujian-pengujian tersebut
didapatkan nilai kadar limbah B3 (molding) yang optimum yaitu 50% yang dapat
diaplikasikan sebagai perkerasan taman.

ABSTRACT
The devolepment of construction fields, heretofore, many alternatives or options in
contruction materials has already been promoted and used. One of them, e.g. road
pavement using pervious concrete, know as porous concrete for pavements.
Despite of other general concrete pervious concrete is constructed by construction
material which contain limited coarse agregat, portland cement, water and less or
without sand. In this condition pervious concrete becomes an open graded
concrete.
In this research, the testing was done to pervious concrete which mixed by or
without B3 waste (molding). The characteristics included presurre test, bending
test, permeability, and perviousity. The leachete testing which purposed knowing
the waste impact to the enviroment become other subject of this research.
The purpose of those testing is to figure out the most optimum result of B3 waste
(molding) which can use as a pavement. And the final results of those testings is
the sample using 50% B3 waste (molding) is the most optimum, can used as a park
pavement."
2007
S35869
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nourma Yunita
"Self Compacting Concrete (SCC) memberikan solusi baru dalam dunia teknologi beton saat ini, karena tidak memerlukan vibrator untuk pemadatannya. Self Compacting Concrete telah digunakan dan dikembangkan di luar negeri, begitu juga di Indonesia sudah ada proyek - proyek pembangunan gedung-gedung bertingkat maupun jembatan yang menggunakan Self Compacting Concrete. Self Compacting Concrete (SCC) adalah beton yang mampu memadat dengan beratnya sendiri, tanpa diperlukan peralatan pemadatan beton. Self Compacting Concrete merupakan perkembangan teknologi dalam pekerjaan beton, baik terhadap pelaksanaan teknis maupun kualitas jangka panjang beton yaitu performance dan durabilitinya. Faktor penting pada SCC ini adalah workability yang tinggi, yang dapat dicapai dengan memanfaatkan perkembangan teknologi material beton yaitu admixture superplasticizer.
Dalam penelitian ini digunakan admixture (Adva superplasticizer) untuk mengetahui tingkat kelecakan pada beton Self Compacting Concrete dengan water ratio yang rendah mampu untuk mempertahankan tingkat kelecakannya. Pengujian workability dilakukan dengan menggunakan alat Slump Cone, Papan Slump Flow, dan L-Shape Box. Untuk pengujian kuat tekan beton dilakukan pada umur 1, 3, 7, 14 dan 28 hari, pengujian kuat geser beton dilakukan pada umur 3,7 dan 28 hari, pengujian kuat lentur beton dilakukan pada umur 28 hari. Pada pengujian kuat tekan diutamakan untuk umur 1 hari untuk kuat tekan awal dan 28 hari untuk kuat tekan akhir dari beton. Data yang digunakan adalah data kuantitatif dari kegiatan laboratorium.
Hasil penelitian diukur dalam Workability Slump, Slump flow, waktu ikat, kuat tekan, kuat geser dan kuat lentur dari Self Compacting Concrete. Dari rangkaian kegiatan ini, dapat menambah wawasan tentang Self Compacting Concrete khususnya Workability SCC dan Kuat Tekan dari Self Compacting Concrete dalam kegiatan kualitas bangunan konstruksi.
Kata Kunci : Adva Superplasticizer, Performance, Durability, Workability Slump Cone, Slump Flow, L-Shape Box, Kuat tekan, Kuat geser dan Kuat lentur.

Self Compacting Concrete (SCC) gives a new solution in a concrete technology lately, since it does not need a vibrator for compacting. Self Compacting Concrete has been used and developed abroad, and also in Indonesia. There are some high rise building and bridge projects using Self Compacting Concrete. Self Compacting Concrete is a concrete which can compact itself by taking advantage of its self weight, without using any compacting tools. Self Compacting Concrete is a technology innovation in concrete work, both in technical practice and long term concrete quality such as performance and durability. The important factor of SCC is high workability, which can be reached by taking granted of the technology innovation of the concrete material, which is admixture superplasticizer.
In this experiment, admixture (Adva superplasticizer) is used to find the workability level in Self Compacting Concrete with a low water ratio to endure its workability. The workability testing is done by using slump cone, slum flow board, and L-shaped box. For the concrete compressive strength testing, it is done when the concrete reaches its age, which are 1, 3, 7, 14, and 28 days. Then, the concrete shear strength testing is taken at the age 3, 7, and 28 days. Besides, the concrete flexural strength testing is performed at the age of 28 days. In the compressive strength testing, it is important to take the initial compressive strength at the age of 1 day, and final compressive strength at the age of 28 days. The data used is a quantitative data from the laboratory work.
The experiment results measured in slump workability, slump flow, setting time, compressive strength, shear strength, and flexural strength of the Self Compacting Concrete. From the series of several activities done, we expect that those can broaden our knowledge about Self Compacting Concrete especially in SCC Workability and compressive strength in the quality of construction industry.
Keywords : Adva Super-plasticizer, Performance, Durability, Workability, Slump Cone, Slump Flow , L-shaped box, Compressive strength, Shear strength, and Flexural strength.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S35748
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rahayadi Karnain
"Konsep Low Impact Development (LID) menjadi alternatif dalam pengelolaan limpasan hujan. Salah satu aplikasi LID adalah permeable pavement yaitu perkerasan jalan yang porous (tembus air) yang dapat menyerapkan air ke tanah. Contoh aplikasi permeable pavement ini adalah pervious concrete. Namun perkerasan jalan yang porous akan membuat tanah dasar menjadi basah dan jenuh air sehingga menyebabkan tanah dasar kehilangan kekuatannya. Pada penelitian ini akan dilakukan pengembangan instalasi pengukuran terhadap kapasitas infiltrasi dari lapisan perkerasan jalan dengan lapisan permukaan pervious concrete yang direncanakan untuk jalan lingkungan. Daya dukung tanah dasar yang diperlihatkan dengan nilai CBR juga akan diuji sehingga bisa dibandingkan nilai CBR sebelum dan setelah infiltrasi. Penelitian ini dilakukan di lingkungan FTUI dengan menggunakan lapisan perkerasan atas pervious concrete serta pendekatan untuk jalan lentur, dibuat sebuah model fisik untuk dilakukan pengukuran infiltrasi dari model ini. Penelitian ini menghasilkan standar pembuatan model untuk pengukuran infiltrasi dan daya dukung tanah dasar pada struktur perkerasan jalan permeable.

The concept of Low Impact Development (LID) to an alternative in the management of runoff. One of the LIDs are permeable pavement applications is a porous pavement that can trough water into the soil. Example of permeable pavement applications is pervious concrete. However, the porous pavement will create the foundation soil becomes wet and saturated with water, causing loss of subgrade strength. In this research, the development will be carried out measurements installations against infiltration capacity of a pavement layer with a layer of pervious concrete surface that planned for low-class street. Subgrade bearing capacity of which is shown by the CBR value will also be tested so that the CBR values could be compared before and after infiltration. This research was held in FTUI with the use of pervious concrete pavement layer using a flexible approach to the road, created a physical model for the infiltration measurements were taken from this model. This research was produced using a standard measuring tool of infiltration and soil bearing capacity on the basis of permeable pavement systems."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S50600
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
New York: McGraw-Hill, 1982
R 666.893 LON d
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Richie Ghifari
"Rancang campur beton merupakan proses bertahap dan kompleks untuk mencoba menemukan komposisi bahan terbaik guna menghasilkan beton dengan performa terbaik. Kuat tekan beton merupakan sifat terpenting dalam kualitas beton dibandingkan sifat-sifat lain. Dalam proses pembuatannya, banyak variabel terutama jumlah komposisi material penyusun yang dapat memengaruhi kuat tekan beton. Terdapat beberapa metode konvensional dalam memprediksi beton yang terkadang memberikan hasil prediksi lebih atau kurang dari kuat tekan yang ditargetkan. Diperlukan metode yang akurat dalam memprediksi kuat tekan beton agar dapat memberikan keuntungan secara signifikan terhadap penggunaan bahan. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan Deep Neural Network (DNN) sebagai subbidang dari Machine Learning (ML) dan Artificial Intelligence (AI), untuk memprediksi kuat tekan beton berdasarkan komposisi campuran dan properti materialnya. Penelitian ini menghasilkan formula matematika berupa persamaan yang dihasilkan dari model DNN terbaik dengan melihat aspek error model dan grafik model loss. Terdapat total 2048 model yang dianalisis dengan variasi jumlah variabel input (feature) yang berbeda-beda. Model 280 pada kasus 1 dan model 23 pada kasus 5 merupakan model terbaik yang dihasilkan penelitian ini, dengan masing-masing nilai error model 43,8028 dan 5778,5850 untuk Mean Squared Error (MSE) serta 5,0073 dan 59,8225 Maen Absolute Error (MAE).

Concrete mix design is a gradual and complex process of trying to find the best ingredient composition to produce the best performing concrete. The compressive strength of concrete is the most important property in concrete quality compared to other properties. In the manufacturing process, many variables, especially the amount of material composition, can affect the compressive strength of concrete. There are several conventional methods of predicting concrete that sometimes give predictive results more or less than the targeted compressive strength. An accurate method of predicting the compressive strength of concrete is needed in order to significantly benefit the use of materials. Therefore, this research utilizes Deep Neural Network (DNN), a subfield of Machine Learning (ML) and Artificial Intelligence (AI), to predict the compressive strength of concrete based on its mix composition and material properties. This research produces mathematical formulas in the form of equations generated from the best DNN model by looking at the aspects of model error and model loss graphs. There are a total of 2048 models analyzed with different variations in the number of input variables (features). Model 280 in case 1 and model 23 in case 5 are the best models produced by this study, with model error values of 43.8028 and 5778.5850 for Mean Squared Error (MSE) and 5.0073 and 59.8225 Maen Absolute Error (MAE), respectively.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rama Aditya Syarif
"Terak nikel, yang merupakan sisa dari proses smelting nikel, selama ini hanya menjadi limbah yang tidak terpakai. Setiap satu ton produksi nikel dihasilkan 6-16 ton terak. Padahal, terak nikel memiliki potensi nilai tambah yang jauh lebih besar jika digunakan sebagai bahan baku pembuatan geopolimer. Geopolimer, yang dapat digunakan sebagai material pengganti semen, memiliki beberapa kelebihan, seperti lebih cepat keras dan ramah lingkungan. Untuk penerapan di lapangan salah satunya dijadikan beton, diperlukan rancang campuran beton geopolimer sesuai dengan target kekuatan tekan yang diinginkan. Jika mengacu pada rancang campuran beton standar (K225 & K400), hasil beton geopolimer tidak mencapai kekuatan minimum yang ditargetkan. Ini disebabkan oleh penambahan air yang mengacu pada rancang campuran beton standar akan membuat kuat tekan dari beton geopolimer menjadi sangat buruk. Pembuatan rancang campuran beton geopolimer dengan penggunaan air seminimum mungkin dan jumlah aktivator.

Nickel slag, a by-product from nickel smelting process, has been considered as waste 6-16 tonnes of slag is produced for every tonne of nickel from the nickel smelting process. Whereas, nickel slag is a material with high potential if used as a geopolymer raw material. Geopolymer can be used as a substitute of cement which has several advantages, such as its ability to solidify faster and its eco-friendliness. A mix design of geopolymer concrete is needed to produce a geopolymer with desired compressive strength. Referring to the standard of the mix design of concrete (K225 & K400), the geopolymer concrete produced is yet to reach the minimum compressive strength desired. The addition of water, which is refers to the standard of mix design of concrete, is known to be the cause of the geopolymer concretes compressive strength low value. A mix design of geopolymer concrete with a very minimum use of water and an optimum amount of activator produced a geopolymer concrete with a compressive strength value above the standard of K400."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naufal Putera Ramadhani
"DKI Jakarta adalah kota yang mempunyai curah hujan yang cukup besar yaitu 377 mm/hari. Hujan deras mengakibatkan ruas ruas jalan di DKI Jakarta tergenang dan dapat memicu terjadinya banjir. Selain karena hujan deras, banjir juga dapat diakibatkan oleh genangan air yang tidak terserap ke dalam tanah sehingga menyebabkan terendamnya daratan dengan air. Untuk mengatasi masalah tersebut, Republik Rakyat Tiongkok sudah mengaplikasikan konstruksi beton berongga untuk pedestrian dan jalan-jalan bervolume rendah. Akan tetapi, hal serupa belum diterapkan secara menyeluruh di DKI Jakarta dan belum ada penelitian yang mengkaji tentang penggunaan beton berongga. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi eksisting penerapan konstruksi beton berongga pada jalan bervolume rendah dan pedestrian di DKI Jakarta dan mengetahui tingkat pemahaman stakeholders terkait teknologi beton berongga. Setelah dilakukan pengumpulan data, didapatkan hasil bahwa beton berongga sudah pernah diterapkan pada 14 titik area pedestrian di DKI Jakarta, dan tingkat pemahaman stakeholder terkait teknologi berongga berada pada kategori cukup paham.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>