Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 109345 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dina Alamanda
"Beton merupakan suatu campuran yang didapat dari berbagai material seperti semen, agregat kasar, agregat halus dan air. Campuran ini bila mengeras akan memberikan suatu kekuatan tertentu. Kekuatan ini diperoleh dari hasil berbagai interaksi baik secara kimia maupun secara mekanis dari berbagai partikel penyusunnya. Pada dasarnya kekuatan ini diperoleh karena melekatnya agregat kasar yang satu dengan yang lainnya dengan bantuan semen. Hal ini disebabkan karena semen memiliki sifat adhesif dan kohesif. Dalam tugas akhir ini akan dilakukan suatu studi mengenai efek penggunaan fly ash pada campuran beton mutu sedang dengan mempertahankan nilai slump.
Penelitian ini berupa kelanjutan dari penelitian sebelumnya hanya saja menitikberatkan pada nilai slump yang tetap dan pengaruhnya terhadap rancangan campuran beton juga terhadap kekuatannya. Selain itu ingin diketahui pula nilai konversi rancangan campuran beton antara beton tanpa fly ash dan beton dengan fly ash. Adapun parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio air semen 0,5 dan penggantian semen dengan fly ash dengan kadar 0%, 10%, 15%, 20%, 25% dan 30% dan berat semen. Sedangkan untuk menghitung nilai konversi, dicoba dengan penambahan total semen dan fly ash sebanyak 4%, 6% dan 8% dari rancangan campuran beton yang menggunakan fly ash dengan kuat tekan yang optimum. Penelitian yang dilakukan adalah uji slump dan uji kuat tekan beton pada saat beton berumur 7, 14, 21, 28 dan 56 hari agar terlihat secara jelas perkembangan kekuatan tekan beton tersebut."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S35007
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jermanto Setia Kurniawan
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S34598
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahzab Muttaqien
"Beton fly ash menjadi salah satu upaya mengurangi emisi GRK. Penggunaan fly ash juga dapat memberikan keuntungan ekonomi bagi industri beton cair. Masalah dalam penelitian ini adalah tingkat pemanfaatan fly ash di industri beton masih rendah, yaitu 13,30%. Diperlukan kajian keberlanjutan penggunaan fly ash pada produksi beton cair yang ditinjau dari aspek teknis, sosial, ekonomi, dan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis aspek teknis, sosial, ekonomi, dan lingkungan sebagai dasar untuk menyusun strategi beton yang lebih berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah Life Cycle Assessment dan SWOT Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beton fly ash menghasilkan kuat tekan 9% lebih tinggi dan keuntungan finansial 17,8% lebih tinggi, sementara dampak emisi GRK dapat terreduksi 21,87%. Tingkat keberterimaan beton fly ash 71,97%. Kesimpulan penelitian ini adalah beton fly ash mengurangi dampak emisi GRK dan meningkatkan keuntungan perusahaan, tetapi diperlukan upaya untuk meningkatkan keberterimaan konsumen.

.Fly ash concrete is one of the efforts to reduce GHG emissions. The use of fly ash can also provide economic benefits for the ready mix concrete industry. The problem in this study is the low utilization rate of fly ash while the amount of fly ash generated by coal powerplant is quite high. It is necessary to study the sustainability of the use of fly ash in the production of ready mix concrete in terms of technical, social, economic and environmental aspects. The purpose of this study is to analyze technical, social, economic and environmental aspects as a basis for developing a more sustainable concrete strategy. This study uses a quantitative approach. The method used is Life Cycle Assessment (LCA) and SWOT Analysis. The results showed that fly ash concrete produced 9% higher compressive strength and 17.8% higher financial benefits, while the impact of GHG emissions could be reduced by 21.87%. Acceptability level of fly ash concrete is 71.97%. The conclusion of this study is that fly ash concrete reduces the impact of GHG emissions and increases profits, but an effort is needed to increase consumer acceptance"
Jakarta: Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Jazid
"Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul didalam praktek dilapangan pada pebuatan beton, khususnya beton mutu tinggi ( dengan kekuatan tekan diatas 40 Mpa), salah satu diantaranya adalah usaha untuk mengatasi masalah slump loss.
Pada pembualan beton mutu tinggi biasanya untuk alasan ekonomis digunakan bahan-bahan tambahan mineral lain yang bersifat sebagai Suplementary Cementing Material (SCM), dimana pemakaian bahan ini bermaksud untuk dapat meningkatkan performa dari beton, baik pada fase platis maupun fase keras.
Pada pembuatan beton mutu tinggi, umumnya digunakan rasio air-semen (w/c) yang relalif rendah sehingga tingkat kelecakan beton akan rendah pula, maka untuk mengatasinya diperlukan bahan tambahan kimia yang termasuk dalam jenis WRA, untuk meningkatkan kelecakannya.
Dari suatu penelitian dilaporkan bahwa pemakaian WRA terutama jenis superplastricizer akan menyebabkan slump loss yang lebih besar pada campuran beton. Sehingga perlu diadakan suatu penelitian mengenai pengaruh penambahan bahan ini pada sifat-sifat beton (fresh dan Hardened concrete) tersebut.
Suatu hasil penelitian melaporkan bahwa kekuatan tekan beton sangat dipengaruhi oleh pernilihan rasio air-semen (w/c) untuk beton mutu rendah dan sedang, sedangkan untuk beton mutu tinggi ada faktor lain yang mempengaruhi pemilihan rasio w/c untuk menghasilkan mutu yang dinginkan, yaitu: rasio agregat-semen (A/C), tingkat kelecakan yang diinginkan, type dan ukuran agregat. Sedangkan Faktor utama yang mempengaruhi workabilitas atau kelecakan beton adalah kandungan air dalam campuran. parameter lain yang mempengaruhi workabilitas adalah :
a. ukuran agregat maksimum yang digunakan.
b. gradasi agregat yang digunakan (single grading maupun combined grading).
c. textur dan bentuk dari agregat(kekasaran permukaan dan bentuk granular atau crushed granite stone, serta
d. proporsi campuran yang digunakan.
Pada penelitian ini digunakan bahan SCM pozzofume dengan prosentase tertentu serta bahan kimia WRA Sikament NN dan Platiment VZ dengan prosentase tertentu pula untuk mendapatkan target slump sebesar 20 ± 2. Diharapkan pengamatan terhadap perilaku slump dan kekuatan tekannya akibat interaksi bahan-bahan tersebut, diperoleh suatu campuran beton yang memiliki kecepatan slump loss yang terjadi relatif kecil dan kekuatan tekan yang tlnggi. Maka digunakan rasio air semen 0,32 dan prosentase kombinasi agregat S/A =40 % dan 50%, serta A/C = 3,5."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S34551
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imam Muhid
"Skripsi ini membahas tentang penggunaan Abu Sekam Padi (RHA) sebagai bahan subtitusi perekat semen dan penggunaan Limbah Adukan Beton (CSW) sebagai agregat halus untuk mengurangi penggunaan jumlah pasir pada beton. Penelitian dilakukan dengan membuat mix design dari beton normal fc? 35 MPa dan dikembangkan pada lima variasi campuran dengan jumlah CSW 30%, 40%, 50%, 60% dan 70% dengan penggunaan RHA tetap yaitu 8% dari total pemakaian semen. Sifat mekanis beton yang diuji meliputi: kuat tarik lentur, kuat tarik belah, kuat geser dan susut.
Pengujian dilakukan pada umur 28, 56 dan 90 hari terhadap lima benda uji pada setiap umur pengujian. Pada pengujian kuat tarik lentur, kuat tarik belah dan kuat geser nilai optimum terjadi pada campuran dengan jumlah CSW 30%, sedangkan prosentase susut terbesar terjadi pada beton dengan campuran CSW 70%. Dari penelitian ini diharapkan beton dengan campuran RHA dan CSW dapat diaplikasikan untuk perkerasan jalan.

The focus of the study is observing the use of Rice Husk Ash (RHA) as a subtitute of portland cement and Concrete Sludge Waste (CSW) to reduce of sand in concrete. Refers to the mix design of normal concrete fc? 35 MPa the mechanical properties tested in five variations with a percentage of CSW 30%, 40%, 50%, 60%, 70% and using fixed number 8% of RHA.
The concrete were tested in flexural tensile strength, split tensile strength, shear strength and shrinkage at the age of 28,56 and 90 days for five specimens at each age of test. From the testing of flexural tensile strength, split tensile strength and shear strength obtained an optimum number of CSW 30%. And the largest percentage of shrinkage occurred in CSW 70%. From the result has been obtained, the concrete with RHA and CSW could be applied to the road pavement.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43333
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Marchin Alfredo
"Penggunaan beton sebagai bahan konstruksi bangunan di Indonesia semakin meningkat, khususnya pada industri beton siap pakai (Ready Mix Concrete). Salah satu masalah yang timbul dalam industri beton siap pakai, adalah mengumpulkan dan membuang sisa beton yang dihasilkan dari pencucian truk pengaduk beton setelah memproduksi dan mengirimkan campuran beton ke lokasi konstruksi. Atas dasar hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sifat fisik dan mekanis dari beton yang mengandung limbah adukan beton siap pakai (Concrete Sludge Waste) atau disebut juga CSW yang juga ditmbahkan dengan abu sekam padi (Rice Husk Ash) atau disebut juga RHA.
Fungsi RHA dan CSW adalah sebagai bahan pengganti sebagian dari semen dan agregat halus. Sifat fisik dan mekanis yang akan diuji yaitu meliputi kuat tekan beton, modulus elastisitas dengan PUNDIT, permeabilitas, dan densitas. Berdasarkan dari hasil pengujian didapat kuat tekan yang optimum yaitu pada komposisi campuran 92% semen, 8% RHA, 70% pasir, dan 30% CSW sebesar 32,12 MPa pada umur 28 hari. Demikian juga pada pengujian karateristik beton keras lainnya seperti modulus elastisitas menggunakan PUNDIT didapat sebesar 32.133,33 MPa, penetrasi pada pengujian permeabilitas sebesar 19,67 mm, dan untuk densitas sebesar 2,056 g/cm3. Dari hasil pengujian tersebut menurut SNI untuk beton non struktural, dapat digunakan seperti paving blok, kanstin, pelataran parkir dan beton non struktural lainnya.

Using of concrete as construction materials in Indonesia is increasing, especially in ready mix concrete industry (Ready Mix Concrete). One of the problems that arise in the ready mix concrete industry, is to collect and dispose of the rest resulting from washing concrete mixer truck concrete after the concrete mix, produce and deliver to construction sites. On the basis of this, the purpose of this study was to determine the physical and mechanical properties of concrete containing waste slurry ready mix concrete (Concrete Sludge Waste) or collectively, CSW is also ditmbahkan with rice husk ash (Rice Husk Ash) or also known as RHA.
RHA and CSW function is as a partial replacement of cement and fine aggregate. Physical and mechanical properties to be tested that include concrete compressive strength, modulus of elasticity with the Pundit, permeability, and density. Based on test results obtained from the optimum compressive strength is the composition of the mixture of 92% cement, 8% RHA, 70% sand and 30% CSW of 32.12 MPa at 28 days. Similarly, the test characteristics of concrete such as modulus of elasticity of the other hard to come by using a Pundit 32133.33 MPa, penetration testing on the permeability of 19.67 mm, and for the density of 2.056 g/cm3. From the results of such testing according to SNI for non-structural concrete, can be used as paving blocks, canstine, parking lot and other non-structural concrete.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42331
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Simon Moedak
"Pada beton normal yang sudah mengeras, terdapat lmsur kalsiurn-hidroksida Ca(OH)2 yang dihasilkan dari proses hidrasi semen, dan yang mempakan bagian lemah beton. Dengan penggunaan Pozzofume, yang mengandung silikon-dioksida SiO2, kandungan Ca(OH)2 yang ada dapat direduksi setelah bereaksi dengan SiO; yang menghasilkan kalsium-silikat-hidrat yang merupakan sumber kekuatan beton. Dengan demikian beton dengan bahan Campur Ponofume akan mempunyai kekuatan maupun kepadatan yang lebih tinggi dibanding beton tanpa bahan campur Poaofume sehingga secara ekonomis. juga akan menguntungkan.
Disamping kekuatan dan keawetannya, tuntutan lain yang juga diperlukan oleh bahan struktur bangunan adalah ketahanannya terhadap temperatur tinggi akH)at kebakaran. Hal ini karena kemungkinan teljadinya kebakaran terhadap seluruh stmktur bangunan selalu ada, tetapi bila setiap struktur bangunan di perhitungkan untuk setiap kcbakaran besar, rnerupakan hal yang berlebi han.
Beton mempakan material struktur bangunan yang mempunyai ketahanan yang baik terhadap tempcranu' tinggi akibat kebakaran. Salah satu faktor yang menumnkan kekuatan beton akibat kenaikan temperatur- tinggi adalah kandungan Ca(OH)z yang ada pada beton. Beton Mutu Tinggi yang mengalami kenaikan temperatur tinggi, pada temperatur 400°C akan mengalami penguraian Ca(OH)2 dimana hal ini akan mengurangi kekuatan beton. Pada masa pendinginannya setelah mengalami pemanasan / kebakaran, akan teljadi rehidrasi
Ca(OH)2 , dimana kalsium oksida CaO yang telah terurai akan bereaksi dengan udara (moisture content) dan membentuk Ca(OH)2 yang juga diikuti dengan pengembangan volume sehingga menimbulkan retak-retak atau rnemperbesar microcrack yang ada sehingga semakin menurunkan kekuatan beton.
Seperti telah disebutkan, pcnggunaan Ponofume pada campuran beton dapat mereduksi jumlah Ca(OH)2 yang ada sehingga selain meningkatkan kekuatan beton, juga akan mengurangi ganguan-ganguan pada beton yang mengaiami kenaikan temperatur tinggi sehingga diharapkan beton dengan bahan campur Pozzoiixme juga mempunyai ketahanan yang lebih baik terhadap tcmperatur tinggi dibanding beton tampa bahan campur Pozzofume.
Penelitian ini meneliti bagaimana pengamh temperatur tinggi akibat kcbakaran terhadap perilaku mekanik beton mutu tinggi yang menggunakan bahan campur Pozzoflune sehingga dapat diperkirakan bagaimana perilakunya apabila teljadi kebakaran.
Metoda penelitian adalah percobaan laboratozium dengan mcngamati dua tipe beton yang dibedakan atas kandungan bahan campur Pozzofume-nya, yaitu :
I. Type I, Beton tampa bahan campur Pozzoiilme (kadar Pozzofmne 0%)
2. Type II, Beton dengan bahan campur Pozzofume 10% (kadar Pozzofume 10%)"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
S34645
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rachmadi
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S34618
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitryan Anggrasari
"Penelitian yang dilakukan akhir-akhir ini mengenai susut sebatas susut pada beton arah horizontal. Padahal pada kenyataannya, banyak elemen struktur beton yang berada pada posisi selain horizontal, seperti kolom. Oleh karena itu, dilakukan suatu penelitian terhadap campuran beton berkinerja tinggi yang menggunakan fly ash, yang selanjutnya akan diamati perilaku susutnya pada arah vertikal untuk mengetahui apakah ada pengaruh berat sendiri beton dan penggunaan fly ash terhadap susut yang terjadi, serta membandingkan dengan perhitungan regangan susut berdasarkan ACI 209R-92.
Untuk pengujian susut, benda uji akan dibuat dalam balok ukuran 15 cm x 15 cm x 60 cm dan diuji dengan menggunakan Vibrating Wire Embedded Strain Gage (VWESG) sesaat setelah beton dicor hingga beton berumur 110 hari. Pengujian tekan dan modulus elastisitas juga dilakukan untuk mengetahui karekteristik kuat tekan dan modulus elastisits beton yang diteliti.
Benda uji tekan akan dibuat dalam silinder dengan diameter 10 cm dn tinggi 20 cm yang dites pada hari ke 3, 7, 14, dan 28. Sedangkan benda uji modulus elastisitas akan dibuat dalam silinder silinder dengan diameter 15 cm dn tinggi 15 cm yang dites pada hari ke-28.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berat sendiri beton dan penggunaan fly ash tidak berpengaruh terhadap susut yang terjadi. Regangan susut yang terjadi hampir sama dengan regangan susut berdasarkan ACI209-92.

Research in shirinkage of concrete carried out recently is merely about shrinkage in horizontal direction. Whereas in reality, many structural elements site in vertical direction, such as column. Therefore, this research carry out shrinkage of high performance concrete using fly ash in vertical direction which is used to find out if there is influence of its own weight and the use of fly ash in concrete shrinkage. In addition, this research is also compared with prediction of shrinkage based on ACI 209R-92.
The shrinkage specimens will be made of beam type specimens size of 15 cm x 15 cm x 60 cm and evaluated by Vibrating Wire Embedded Strain Gage (VWESG) right after the fresh concrete is placed to the mold until the specimens age is approximately 110 days. The compressive strength dan elastic modulus test will also be evaluated to find out the characteristics of compressive strength and elastic modulus of concrete specimens.
The compressive strength specimens will be made of cylinder type specimen size of 10 cm diameter and 20 cm height and tested on 3, 7, 14, and 28 days of concrete specimens age. Whereas the elastic modulus specimens will be made of cylinder type specimen size of 15 cm diameter and 23 cm height and tested on 28 days of concrete specimens age.
The result of this research shows that concrete's own weight and the use of fly ash do not influence the shrinkage of concrete. The shrinkage that occured is almost the same with the one according to ACI 209R-92.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42901
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fitryan Anggrasari
"Penelitian ini membahas mengenai model rheologi yang terjadi pada umur awal beton yang diakibatkan oleh regangan susut yang terjadi, serta bagaimana pengaruh penambahan fly ash terhadap model rheologi pada umur awal beton. Model rheologi merupakan suatu konsep abstrak yang telah diformulasikan untuk mendeksripsikan perilaku material. Penelitian dilakukan secara eksperimental menggunakan prisma beton 60 MPa berukuran 15 cm x 15 cm x 60 cm berdasakan ASTM C78-94 pada posisi vertikal dan diamati regangan susutnya dengan menggunakan Vibrating Wire Embedded Strain Gage (VWESG) sesaat setelah beton dicor hingga beton berumur 24 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beton berkinerja tinggi dengan menggunakan fly ash pada umur awal (0 - 24 jam) dapat dimodelkan dengan model rheologi yang terdiri dari lima model yaitu Solidifying Liquid (0 - 1,1 jam), Solidifying Liquid (1,1 - 1,6 jam), Kelvin-Voigt (1,6 - 6,3 jam), Kelvin-Voigt (6,3 - 10,3 jam), dan Kelvin-Voigt (10,3 - 24 jam).

This research discusses rheological models in early age concrete caused by shrinkage strain and the influence of fly ash on the rheological model of early age concrete. Rheological model is an abstract concept that has been formulated to describe material behavior. Three shrinkage specimens made of 60 MPa concrete prism type specimens size of 15 cm x 15 cm x 60 cm and observed by Vibrating Wire Embedded Strain Gage (VWESG) right after the fresh concrete is placed to the mold until the specimens age is 24 hours. The result of this research shows that high-performance concrete using fly ash at early ages (0-24 hours) can be modeled by five rheological models which are Solidifying Liquid (0 - 1,1 hours), Solidifying Liquid (1,1 - 1,6 hours), Kelvin-Voigt (1,6 - 6,3 hours), Kelvin-Voigt (6,3 - 10,3 hours), dan Kelvin-Voigt (10,3 - 24 hours)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T42911
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>