Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 171858 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Khelmy Tibyani
"Kombinasi yang tepat antara alat dan tenaga kerja sangat dibutuhkan dalam pembangunan jalan terutama jalan kabupaten.Apalagi mengingat kondisi moneter seperti sekarang, penghematan biaya sangat diperlukan. Kombinasi yang tepat dari keduanya diperoleh dengan perhitungan menggunakan metode linear programming. Dengan membandingkan perhitungan analisa harga satuan pekerjaan yang dikeluarkan oleh Bina Marga dengan perhitungan linear programming tersebut, ternyata kombinasi yang tepat diberikan dari hasil perhitungan linear programming. Waktu kerja dalam satu hari juga mempengaruhi besamya pengeluaran biaya.Dengan mengembangkan perhitungan diatas maka diperoleh bahwa waktu kerja efektif dalam satu hari adalah 6 jam.Hal ini dipengaruhi oleh bebrapa faktor diantaranya produktivitas alat dan tenaga kerja dan cuaca."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S35205
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dolly Yuono
"Tujuan penelitian ini unluk mengetahui komposisi biaya tenaga kerja yang optimal pada proyek jalan raya dengan membuat pemodelan komposisi tenaga kerja. Penelitian dilakukan di Jakarta, dengan obyek kontraktor jalan kalas besar di Jakarta. Jumlah sampel 45 proyek jalan yang dibangun di wilayah Indonesia dalam kurun waktu tahun 2000 - 2004, dipilih secara acak. Analisis data menggunakan regresi sederhana dan jamak, setelah terlebih dulu dilakukan uji persyaratan analisis normalitas. Analisis probabilitas menggunakan bantuan program Crystal! Ball dan optimalisasi menggunakan program Opquesl.
Penelitian menyimpulkan bahwa : (1) kinerja biaya material, kinerja biaya tenaga kerja, klneria biaya alat, kinerja biaya sub kontraktor, dan kinerja biaya overhead Iapangan Secrara bersama-Sama ikut menentukan kinerja biaya pelaksanaan proyek jalan, sehingga jika kinerja biaya pelaksanaan proyek akan ditingkatkan maka kinerja biaya material, kinerja biaya tenaga kerja, kinerja biaya alat, kinerja biaya sub kontraktor, dan klnerja biaya overhead Iapangan secara bersama-sama perlu ditingkatkan. (2) kinerja biaya tenaga kerja ikut mernberikan Kontribusi positif terhadap kinerja biaya pelaksanaan proyek jalan. Artinya, makin tinggi kinerja biaya tenaga kerja maka semakin baik kinerja biaya pelaksanaan proyek jalan, sehingga jika kinerja biaya pelaksanaan proyek akan ditingkatkan maka kinerja tenaga kerja perlu ditingkatkan. (3) pada proyek jalan, bobot biaya tenaga kerja ikut menentukan kinerja biaya tenaga kerja. Artinya, semakin tepat dalam perenoanaan bobot biaya tenaga kerja maka semakin baik kineaja biaya tenaga kerja. Sehingga jika kinerja tenaga kerja akan ditingkatkan maka ketepatan dalarn estimasi biaya tenaga kerja perlu ditingkatkan. (4) rekaman data proyek jalan yang telah selesai dapat digunakan untuk mengoptimasi biaya proyek jalan. Sehingga kontraktor perlu melakukan rekaman data setiap kejadian selama pelaksanaan proyek benangsung. (5) besarnya bobot biaya tenwa keija yang optimal dan aman pada proyek jalan dalam batasan 6,52% sampai 11%. Dengan demikian bila kontraktor akan mengoptimalkan biaya pelaksanaan proyek jalan, malta untuk biaya tenaga kerja tidak boleh melewati batas tersebut. (6) dari analisis data proyek berdasarkan bobot tenaga kerja optimal, nilai kontrak, dan lokasi proyek, diclapat suatu pengelompokan proyek Pengelompokan proyek jalan berdasarkan biaya tenaga kerja yang optimal dan aman dengan kondlsi: (a) Proyek jalan tersebut mempunyai nilai kontrak di bawah 10 milyar rupiah dan berada di Sumatra, Jawa, dan Sulawesi. (b) Proyek jalan tersabut mempunyai nilai kontrak lebih dari 10 mllyar dan berada di Jawa, Sulawesi, dan NTT.

This research purposed to identity optimal labor cost composition in road project by using labor composition modeling. The research conducted in Jakarta, with object of leading road contractor in Jakarta. The total amount of sample are 45 road projects constructed in Indonesia area for time period of 2000 to 2004, and was random selected. Data analysis conducted by using simple and multiple regressions by previously conducting normality analysis requisite test. Probability analysis by using of Crystal Ball program and optimized with Op quest program.
The research concludes that : (1) material cost, labor cost equipment cost, subcontractor cost and held overhead cost performances simultaneously determines the cost of road proyect realization. Therefore if of project realization cost performance should be increased thus performances of mattered, labor equipment subcontractor and tiled overhead cost should be increased simultaneously. (2) Labor cost performance also gives positive contribution toward cost performance of road project realization. By definition, the higher the labor cost performance the better cost preference of road project realization. Therefore, if cost performance of project realization would be increased then labor cost performance of road project realization need to be increased. (3) ln road project, charge of labor cost also determines labor cost preference. lt meant that, the more accuracy the charge plan of labor cost the better the labor cost performance. Therefore, if labor performance would be increased the accuracy of labor cost estimation need to be increased (4) Data record of the highway project had done, can be used to optimize cost of highway project. Therefore, the contractor need to do data recording in every situation during the accomplishment of the project. (S The percentage of optimize and secure labor cost in highway project is in the limit between 6.52% - 11%. Therefore, lf the contractor would be optimized the cost of project realization, the labor cost couldn?t pass that limit. (6) Classification of precut based on optimal labor composition, contract value, and project location. Road project classification base on the optimize and secure labor cost with these conditions : (a) The road project has under 10 billion rupiah contract value and located in Sumatra, Java, and Sulawesi. (b) The road project has over 10 billion rupiah contract value and located in Java, Sulawesi and NTT."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T16090
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1981
S8372
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bunga Fadhliyah
"Pada skripsi ini membahas mengenai perhitungan biaya upah tenaga kerja yang dapat dihemat sebagai hasil dari optimasi biaya perencanaan tenaga kerja pada pekerjaan pengecoran, sehingga tidak lagi terdapat waste tenaga kerja. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyebutkan bahwa komposisi optimasi ?Metode PAHS & Upah Borongan Proyek? merupakan komposisi optimasi yang paling optimal yang dapat mengurangi biaya akibat waste tenaga kerja (idle cost), sehingga dapat dilakukan penghematan terhadap biaya perencanaan tenaga kerja pengecoran.

This study compares the calculation of labor costs can be saved as a result of optimization of the cost of labor planning in concrete casting, so there is no longer waste manpower. A quantitative method with descriptive design is used in this study. The result of the research shows that the optimization composition "PAHS Method & Labor Cost Based on The Contractor‟s Rate" is the most optimal composition of optimization that can reduce labor costs due to waste (idle cost), so the cost savings can be done in the cost of labor planning in concrete casting."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1428
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Suroto
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1992
331.12 SUR s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Honoratus Suwitojo S.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S36332
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Mulyana Wijaya
"Dalam beberapa proyek konstruksi sering ditemui kegiatan identik yang berulang-ulang (repetitive), seperti dalam proyek pembangunan jalan babas hambatan, penanaman pipa saluran, gedung bertingkat banyak, dan lain-lain. Dari fenomena kegiatan ini menunjukkan kurva pengalaman (learning curve), dimana kegiatan berulang-ulang ini memberikan kontribusi terhadap proses pengembangan pengalaman dan pada gilirannya produktfitasnya akan naik.
Apabila sekelompok tenaga kerja melakukan pengulangan kegiatan pekerjaan akan meningkatkan keterampilan pemakaian peralatan, pengetahuan metode kerja dan lebih mengenal lingkungan kerja, hal ini akan mengurangi waktu atau biaya per-cycle sesuai dengan meningkatnya jumlah cycle.
Pengaruh proses pengembangan pengalaman terhadap produktifitas pada produksi industri manufaktur mempunyai perbedaan dimana faktor pengaruh yang mempengaruhi proses perubahan input ke output relatif simpel dimana lokasi pekerjaan tidak berpindah-pindah, pekerjaan kontinyu, pekerjaan didominasi oleh mesin-mesin, proses pengulangan jangka panjang. Sedangkan pada proyek konstruksi di lapangan, faktor pengaruh yang mempengaruhi proses perubahan input ke output relatif komplek dimana produktifias sangat bervariasi pada setiap proyek konstruksi yang erat hubungannya dengan durasi, intensitas, pengetahuan, kemampuan (skill), informasi, equipment, kondisi lingkungan dan iklim pada pekerjaan dilapangan.
Penelitian ini memberikan gambaran bahwa pengulangan kegiatan konstruksi akan memberikan kontribusi terhadap proses pengembangan pengalaman tenaga kerja yang selanjutnya dapat dilihat pada Kurva Pengalaman.
Hasil-hasil temuan penelitian ini adalah adanya pengaruh beberapa variabel pada proses pengembangan pengalaman terhadap produktifitas tenaga kerja pada pengulangan aktifitas konstruksi yang disajikan dalam bentuk model matematik, yang dapat dimanfaatkan sebagai alat manajemen yang sangat efektif, untuk memperkirakan dan pengendalian proyek.
Hasil-hasil penelitian tersebut diperoleh dari 72 sampel yang dapat dikumpulkan dari salah satu kegiatan konstruksi dalam proyek pembangunan jalan tol Tangerang-Merak dan memenuhi persyaratan statistik, sampel tersebut diperoleh dari dokumen catatan harian (historical data) hasil produksi kerja gabungan dari 2 (dua) group yang waktunya bersamaan dalam melaksanakan perbaikan tanah lunak dengan metode Vertical Sand Drain yang merupakan aktifitas identik pada konstruksi yang berulang- ulang yang masih relatif jarang dalam proyek pembangunan jalan. Metode analisa yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisa multivariate. Analisa yang dilakukan dalam penelitian ini adalah, analisa korelasi dan analisa regresi berganda (multiple regression). Semua analisa tersebut dilakukan dengan menggunakan bantuan paket Software Statistical for Social Science Release 9.0 atau SPSS Release 9.0 for Windows 95."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
T10157
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arrie Benggolo
Jakarta: Depnaker Republik Indonesia, 1973
331.115 98 ARR t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>