Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 136400 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S34436
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1991
S34383
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saiful Sakti
"
ABSTRAK
Pertumbuhan di bidang perekonomian yang semakin pesat di Indonesia telah merubah wajah kota Jakarta menjadi sebuah kota metropolitan. Meningkatnya pertumbuhan penducluk di Jakarta mempengaruhi meningkatnya kebutuhan akan moda transportasi dan prasarana jalan. Semakin pesatnya perkcmbangau lalu lintas, kemungkinan besar tidak dapat tertampung lagi pada konstruksi yang telah ada, baik jalan layang maupun darat. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu altematif yang dapat digunakan di Indonesia pada umumnya dan Jabotabek pada khususnya digunakan sistem transportasi dengan volume angkut yang tinggi dan bcbas hambatan, yaitu subwcly.
Subway adalah jalan bawah tanah dengan KA sebagai moda transportasinya Dengan sistem ini, penduduk dapat diangkut dalam jumlah yang besar tanpa mengalami kemacetan dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, sistem ini akan diterapkan di DK! Jakarta sebagai satu alterantif dalam rnengatasi masalah lalu lintas. J alur Blok M-Kota direncanakan sebagi jalur subway pertama yang akan dibangun di Jakarta.
Studi ini dimaksudkan untuk mengetahui kestabilan gedung dan permukaan tanah akibat pelaksanaan kontruksi terowongan dangkal (subway)
apabila di kiri~kanan jalan diberi dinding penahan. Sehingga akan diketahui seberapa besar deforrnasi yang terjadi akibat penerowongan tersebut, khususnya penumnan pada permukaan jalan/tanah, akibat adanya terowongan atau gedung yang akan dibangun.
Studi skripsi ini menganalisa simulasi-simulasi terowongan dangkal yang berdinding penahan. Kasus diambil dari proyek pembangunan subway Blok M-
Kota dengan iokasi tiktifi Data-data tanah diambil dari laporan penyelidikan tanah proyek pembangunan gedung Prince Office yang terletak di jalan Jend.
Sudinnan atau di sekitar Setiabudi. Analisa dilakukan dalam dua dimensi pada penampang vertikal yang memotong lokasi tersebut. Modelisasi dari potongan tersebut diusahakan mendekati keadaan sebenamya. Tanah akan ditinjau dalam dua model konstitutif; yaitu clastis nonhomogen dan elastis-plastis sempurna.
Metode yang digunakan dalam studi ini adalah Metode Elemen I-Iingga (1\¢fE.H)_ Metode ini merupakan suatu rnetoda perhitungan pendekatan terbaik yang dapat digunakan dalam analisis numerik.
Program MEH yang digunakan dalam studi ini adalah piranti lunak SAGE CRISP. Piranti lunak khusus Analisa Geoteknik ini dikembangkan oleh University of Cambridge (UK) dan Sage Engineering Ltd.
"
1997
S34706
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Permintaan akan minyak yang terus meningkat membawa dampak pada peningkatan kegiatan eksploitasi dan eksplorasi lepas pantai untuk menemukan dan memproduksi minyak tersebut. Hal yang diperlukan dalam menunjang suplai minyak di kilang tersebut adalah jaringan pipa yang membawa minyak dari anjungan menuju tempat pengolahan. Metode-metode yang digunakan dalam peluncuran pipa laut lepas diantaranya metode lay-barge, reel barge, dan metode tow-pull. Jaringan pipa lepas pantai yang dipasang pada berbagai macam kedalaman laut harus didesain sehingga pipa tersebut dapat menjaga keseimbangannya selama konstruksi maupun pada saat sudah beroperasi. Selama proses pemasangan, mulai dari pada saat pipa tersebut diturunkan dari lay-barge sampai menyentuh dasar laut, pipa mengalami gaya-gaya yang disebabkan arus lateral dan berbagai macam kondisi dinamik. Tegangan pada pipa akibat gaya tersebut tidak boleh melebihi Specific Minimum Yield Strength (SMYS). Dalam menganalisa tegangan pipa selama diluncurkan, digunakan 2 macam analisa. Pertama, menggunakan program OFFPIPE yaitu program yang berbasiskan metode elemen hingga dalam menganalisa tegangan untuk peluncuran pipa lepas pantai. Kedua dengan perhitungan manual berdasarkan prinsip metode elemen hingga, dimana dalam membentuk matriks kekakuan pipa dibagi dalam beberapa segmen kemudian masing-masing matriks kekakuan dari tiap segmen digabungkan menjadi matriks struktur keseluruhan. Kemudian dilakukan perbandingan antara hasil analisa dari program OFFPIPE dan perhitungan manual. Kata kunci : Pipa Lepas Pantai, Proses Peluncuran Pipa, Lay Barge, Stinger, Tegangan pada Pipa, Overbend, Sagbend."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S35458
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S36144
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Azzah Balqis Sabbah
"ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian konstruksi terowongan dengan metode box jacking pada tanah kohesif. Dalam menentukan besar gaya box jacking, dibutuhkan nilai face load sehingga penelitian dilakukan untuk mengetahui nilai faktor face load (N*) dengan memperhatikan faktor keamanan yang baik. Variasi pemodelan numerik yaitu sudut nose blade, x/H yaitu jumlah tanah dalam terowongan terhadap tinggi boxterowongan, dan kedalaman terowongan.
Makalah ini menghasilkan persamaan regresi dari nilai faktor face load (N*) terhadap variasi x/H yaitu N* = 2.5404(x/H)^0.5426 sehingga dapat membantu mengestimasi nilai face load dengan persamaan face load = N* x c dengan c adalah kohesi tanah. Nilai faktor face load (N*) dihubungkan dengan gaya box jacking dan faktor keamanan menghasilkan teknis pengoptimalan konstruksi terowongan box jacking yaitu digunakan gaya box jacking yang kecil dengan mengatur N* yang dihubungkan dengan nilai x/H terowongan serta faktor keamanan yang masih memenuhi aman sesuai desain.Alternatif lain untuk menaikkan faktor keamanan terowongan tanpa menaikan nilai x/H yang adalah memilih sudut yang kecil pada nose blade.

ABSTRAK
This study is about the construction of the tunnel with the box jacking method in cohesive soils. The value of face load in the front of the tunnel is required to determinethe box jacking force. The study was conducted to determine the value of face load factor (N*) with appropriate safety factor. Variations of numerical modeling are nose blade’s angle, x/H (the amount of soils inside box tunnel to the height of the box tunnel) , and the tunnel depth.
This paper resultsa regression equation of face load factor (N*) of the variation (x/H), namely N* = 2.5404 (x/H)^0.5426. The equation will help estimate the value of face load using the equation face load = N* x c where c is the cohesion of the soil. Then the value of face load factor (N*) is associated with the required box jacking force and the safety factor to get a technical optimization tunnel construction. The optimal tunnel contruction is defined by choosing low box jacking force using the low values of N* which is associated with x/H tunnel with a appropriate safety factor. Another alternative that can increase the safety factor of the tunnel without changing the values of x/H tunnel is to choose a small nose blade’s angle."
2015
S59508
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. Andre Maulana
"
ABSTRAK
Pembangunan kota-kota besar seperti Jakada telah menjadikan Jakarta sebagai Salah sam kota metropolitan yang terbesar di dunia , dengan jumlah penduduk sckitar 8 juta jiwa maka kota Jakarta memiliki lingkat dinamika masyarakat yang tinggi. Sailing dengan tingkat mobilit/as masyatakatnya maka kola Jakarta membutuhkan suatu sistem transportasi terpadu, Salah satu diantaranya adalah pernbangunan Kereta Bawah Tanah ( Subway ).
Pelaksanaan Kontruksi Subway di Jakarta memiliki tingkat kesulitan yang Iinggi, dimana lintasan kereta akan melewati daerah-daerah yang sudah ada fasilitas infraslruktur seperti jalan, bangunan dan jembatan. Juga dikarenakan kondisi gcologis kota .Iakana merupakan tanah Iunak. Pembangunan ini bercslko tinggi terhadap lingkungan di sekitarnya.
Studi ini dilakukan untuk menganalisa seberapa jauh pcngaruh pcmbangunan konstruksi subway terhadap bangunan dan permukaan tanah, dan juga pengaruh kontruksi bangmman terhadap struktur subway yang telah ada, juga pengaruh lainnya pada masa konslnlksi seperti kedalaman tunnel, ketinggian muka air tanah, kckuatan penyangga (support), level dari pilecaplpondasi bangunan, dll.
Data pcnyelidikan tanah diambil dari salah satu data penyelidikan tanah proyek Chase Plaza H Jl. Jend. Sudirman untuk beberapa parameter simulasi, dan seluruh Iokasi dari Fatmawati sampai Sta. Kota disimulasikan untuk satu kondisi tetap.
Terowongan antar stasiun ini akan dianalisa dalam 2 dimensi regangan bidang (plane strain pada kedalaman 30 s/d 50 meter. Pada kondisi undrained dan menggunakan model kontsitutive tanah Elastis Linier Isotrop dan model Elasto-plastis Mohr-Coulomb sebagai perbandingan.
Program Sage Crisp V3.02 akan diguuakan dalam analisa ini, program yang didasarkan atas analisa elemen hingga ini diharapkan dapat memodelkan pada keadaan yang sebenarnya.
"
1997
S34653
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. Wiryanto Dewobroto
"ABSTRAK
Analisa struktur non-linier dengan Metoda Elemen Hingga (M.E.H), merupakan alternatif lanjutan untuk mengenal keterbatasan analisa struktur elastik linier. Salah satu keterbatasannya yaitu: deformasi yang dihasilkan harus relatif kecil sedemikian sehingga dapat dianggap bahwa geometri struktur sebelum dan sesudah dibebani tidak mengalami perubahan. Kondisi tersebut hanya cocok digunakan dalam proses desain, tetapi untuk proses analisis dalam memprediksi perilaku dan kekuatan struktur detail sampai runtuh, yang pada umumnya didahului oleh terjadinya deformasi yang besar, maka analisa struktur dengan cara elastik linier sudah tidak akurat lagi.
Terjadinya deformasi yang besar merubah lokasi dan distribusi beban, sehingga persamaan keseimbangan harus disusun lagi dengan mempertimbangkan geometri struktur setelah berdeformasi, yang belum dapat diketahui sebelumnya. Penggunaan analisa struktur dengan cara elastik linier tidak tepat sehingga oleh karena itu diperlukan analisa struktur elastik yang dapat mengantisipasi kondisi non-liner tersebut.
Pada tesis ini akan dibahas non-linier geometri dengan aplikasi untuk struktur rangka batang ruang. Jenis-jenis non-linier yang lain, misalnya non-linier material (elastik-plastik, creep ) maupun non-linier kontak (perubahan kondisi Batas akibat deformasi yang terjadi) tidak dibahas secara mendetail dan hanya seperlunya saja.
Pada analisa non linier geometri akan dijumpai problem tekuk (buckling), yang berbeda dengan tinjauan tekuk secara linier. Tinjauan pasca-tekuk non-liner dengan Metoda Elemen Hingga memberikan permasalahan tersendiri yang menarik untuk dibahas. Umumnya analisa non-linier pra-tekuk dapat diselesaikan dengan cara iterasi numerik mengandalkan algoritma Newton-Raphson (NR) atau Modified Newton-Raphson (M-NR), sedangkan tinjauan pasca tekuk memerlukan tambahan algoritma khusus yaitu metode kontrol lendutan atau yang lebih canggih yaitu metode arc length.
Program komputer PCFEAPtz2J akan dipergunakan sebagai platform dasar untuk penerapan analisa M.E.H non-linier. Program tersebut mempunyai kemampuan standar untuk menangani problem non-linier sampai dengan kasus pra-tekuk dengan tersedianya algoritma NR dan Modified NR, tetapi untuk kasus pasta tekuk belum ada. Dengan penelitian ini, maka program tersebut dapat dikembangkan sedemikian sehingga mempunyai kemampuan melacak perilaku struktur rangka batang ruang baik pre-tekuk atau pasca-tekuk, dengan anggapan bahwa materialnya masih dalam perilaku elastik.
Walaupun pembahasan pada tesis ini dibatasi pada struktur rangka batang ruang, akan tetapi algoritma tambahan yang dikembangkan pada program PCFEAP, dapat bersifat umum untuk menyelesaikan analisa non-linier geometri dengan M.E.H pada struktur type lain, yaitu dengan menyusun matrik KL yang sesuai.
"
1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naibaho, Sabar
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1990
S34324
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>