Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 118131 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S34286
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1991
R.01.91.32 Pra p
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erikson
"Pelabuhan Tanjung Priok merupakan salah satu cabang pelabuban dl bawah naungan manajemen PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II, Badan Usaba Milik Negara yang bergerak dalam bidang jasa kepelabuhan Ratusan perusabaan pelayaran dari dalam maupun luar negeri secara rutin melakukan pengapalan barang dan menjadikan Tanjung Prink sebagai pelabuban tujuan. Kecenderungan pengiriman barang melalui peti kemas mengalami perkembangan yang pesat sejak 20 tahun terakhir dan pada saat ini pengiriman harang menggunakan peti kemas mencapei leblh dari 60%. Oleh karena itu diperlukan suatu langkab untuk memproyeksikan kebutuhan penambahan fasilitas, khususnya penambahan fasilitas dermaga. Penelitian ini berrtujuan untuk mendapalkan proyeksi kebutuhan tambatan dermaga peti kemas di masa yang akan datang. Tahap pertama penelitian ini dllakukan dengan melakukan pengapalan jumlah bongkar dan muat peti kemas. Berbagai variabel yang diperkirakan berpengaruh. seperti : PDRB (Produk Dnmestik Regional Bruto ). jumlah penduduk, dan nilai ekspor dan lmpor akan diuji dan dikorelasikan untuk mendapalkan persamaan regresinya Setelab itu dllakukan pengumpulan data berbagai parameter, yaitu : bongkar dan muat kapal di pelabuban, tingkat kedatangan kapal, jumlah dermaga dan Container Crane. Terhadap data-data tersebut dilakukan pengujian statistik untuk memperoleh parameter distribusinya. Hasil pada tahap pertama diguuakan sebagai konfumasi dengan basil pada tahap kedua. Pada tabap kadua, dibangun model yang menunjukkan proses kedatangan kapal, bongkar dan muat peti kemas oleb Container Crane. Adapun output yang diinginkan adalah jum!ah bongkar dan muat peti kemas dalam periode I tahun. Skenario simulasi dibagi atas 3 bagian, yaitu : penambahan 2, 4 dan 6 tambatan dermaga dengan skenario masing·masing tambatan dennaga menggunakan 2 CC(Container Crane) dan kemudian disimulasikan dengan menggunukan 3 CC(Container Crane). Berdasalkan hasil perhitungan dan analisis, waktu terbaik untuk membangun dermaga peti kemas untuk mengantisipasi penlngkatan bongkar muat peti kemas adalah pada tahun 2005, 2007 dan 2010 dengan penambahan dua dermaga pada ketlga tahun tersebut.

Port of Tanjung Priok is one of the ports managed by PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II, a stated-owned companies that runs port business. Hundreds of shipping lines are regularly visiting the port for their shipments. It makes Tanjung Priok a port of choiee. Use of container for cargu distribution has been increasing sinee twenty years ago and container volume to the port has nowadays recorded 60",1, of total cargo volume in Tanjung Priok. Therefore, this research focuses on projection of additional container port for the nelrt coming years. The first step of this research begins with forecasting of total containers quantity of loading and unloading. Many variables are assumed to be affected, such as: Gross domestic Regional Bruto, number of population, and the value of export and import, is to be tested and correlated to find out the regression equation. After that, data collection is needed in many parameters such as: loading and unloading characteristics, crane's quantity, inter-arrival of ships. Of these data, statistic test is done to have the distribution parameter. The result of the first step is going to be confinned with the result of the second step. In the second step, model is created that show the inter-arrival process, loading and unloading process by the Container Crane. The output of simulation is the quantity of loading and unloading for one year. Scenarios are divided into 3 parts: 2, 4, and 6 addition ports, with 2 CC (Container Cmne) of each and are simulated too with 3 CC (Container Crane) of each. From counting result and analysis foued that the need of additional container port for JICT are in year 2005,2007, and 20 lO, two port of each year."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S50181
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novriyanto
"Pelabuhan Peti Kemas saat ini memegang peranan penting dalam perekonomian negara karena merupakan salah satu sumber pemasukan utnuk negara melalui bea Cukai. Dan Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan perekenomian memiliki pelabuhan peti kemas terbesar di Indonesia yang terletak di Tanjung Priok yaitu Jakarta intemationat Container Terminal (JICT).
Proses bongkar muat merupakan pelayanan utama yang dilakukan oleh pihak JICT terhadap kapal yang bersandar. Pada proses ini digunakan fasilitas bongkar muat yaitu container crane, head truck dan transtainen Ketiga alat utama tersebut haruslah mencukupi dalam segi jumlah agar dapai memberikan pelayanan yang baik. Namun karena terbentur oleh jumlah fasilitas alat yang terbatas maka perlu diambil Iangkah bijaksana dalammenentukan jumlah fasilitas yang dipakai.
Untuk memecahkan masalah tersebut maka dilakukan suatu penelitian dengan menggunakan simulasi. Adapun data-data yang digunakan meliputi data waktu pelayanan bongkar muat peti kemas oleh container crane dan trarrstainer seria waktu tempuh head truck dari tepi dermaga menuju lapangan penumpukan dan sebaliknya Setelah itu data-data tersebut diolah dengan menggunakan bantuan software SPSS untuk mendapatkan jenis distribusinya, waktu rata-ratanya serta standar deviasi yang dimilikinya. Selain data tersebut_ data lain yang dikumpulkan adalah data arus peti kemas yang terdiri dari bongkar dan mual. Setelah data-data tersebut diolah kemudian dimasukkan sebagai input dalam model simutasi ProModel. Kemudian model tersebut diveritikasi dan divalidasi untuk mengelahui apakah mode! tersebut mendekati sistem yang sebenarnya.
Akhirnya dari simulasi ini dapat diperoleh kombinasi yang terbaik dari jumlah fasilitas bongkar muat dalam melayani sebuah kapal yang bersandar dengan metode trial and error, yaitu kombinasi yang menggunakan 2 container crane, B head truck dan 3 transtainer. Kemudian hasil kombinasi dan waktu yang dihasilkannya digunakan sebagai acuan untuk menentukan jumlah tambatan yang diperiukan pada iahun 2005 dengan terlebih dahulu mengetahui arus peti kemas hasil peramalan pada tahun 2005. Dan didapatkan hasil bahwa pada tahun 2005 terminal ll JICT belum periu menambah jumlah tambatan dermaga."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S50409
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lauw Mince
"Penelitian ini bertujuan untuk menilai kelayakan investasi dengan metode APV dan IRR, menghitung titik impas dan menganalisa sensitivitas variabel. Investasi ini merupakan bagian dari program perbaikan infrastruktur pelabuhan Tanjung Priok. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data melalui wawancara, website dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menyarankan investasi layak dilakukan dengan asumsi tingkat diskonto yang sama setiap tahun. APV lebih besar dari nol dan IRR lebih besar dari tingkat pengembalian yang diharapkan oleh investor. Dengan menggunakan analisa sensitivitas didapatkan hasil bahwa pertumbuhan bongkar muat sangat mempengaruhi APV dan IRR.

This study aims to assess the feasibility of investment using APV and IRR, the breakeven point and sensitivity analysis. This investment is a part of the infrastructure improvement program of Tanjung Priok port. This research was conducted by collecting data through interviews, website and literature study. The investment is feasible with assumption that the discount rate is the same every year. APV is greater than zero and IRR is greater than the rate of expected return by investors. By using sensitivity analysis showed that the growth of throughput greatly affect the APV and IRR."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T27781
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Syafrudin
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1981
S16711
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Puti Nurul Sabina F. Djamil
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1984
S17020
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
J. Hendri Prasetyo
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S35921
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ririn Safiadi Wahid
"Pelabuhan Merak terletak pada Selat Sunda yang memisahkan Samudra Hindia dan Laut Jawa. Kondisi ini membuat arus laut pada Selat Sunda tinggi dengan kecepatan arus 2,4 knot yang dapat membuat kapal sulit bersandar dan membahayakan struktur dermaga salah satunya fender. Maksud dari tugas akhir ini adalah menghitung gaya fender akibat arus sehingga mendapatkan spesifikasi fender yang sesuai serta memberikan solusi olah gerak kapal agar waktu pelayanan kapal satu jam pada Pelabuhan Merak terpenuhi.
Tugas akhir ini dilakukan dengan pengambilan data primer dan data sek:under. Data primer didapat dengan cara observasi lapangan seperti berlayar dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni dan sebaliknya untuk melakukan pengamatan di anjungan kapal untuk mengetahui data Global Positioning System (GPS), kondisi kapal berlayar, dan kondisi kapal sandar dan tolak menuju dan dari pelabuhan, melakukan pengukuran dermaga, dan melakukan wawancara. Sedangkan data sekunder yang didapat yaitu data arus serta pasang surut suralaya, data fasilitas pelabuhan dan data kapal. Data primer dan sekunder ini kemudian diolah yang hasil perhitungannya digunakan untuk dibandingkan dengan kondisi yang ada pada Pelabuhan Merak saat ini.

Port of Merak is located in Sunda Strait that separate Indian Ocean and Java Sea. These condition make sea current in Sunda Strait becomes high with maximmn speed 2,4 knots which can make ship difficult and dangerous to pier structure especially fender. The purpose of this final project is to calculate force due to current to get appropriate specification of fenders and provide solution of ship maneuvering to get one hour services at port of merak fulfilled.
The final project is accomplished by taking primary and secondary data. Primary data was obtained by field observation as sailing from Port of Merak to Port of Bakauheni and vice versa to do observation in the Bridge of Ship to collect data from Global Positioning System (GPS), condition of the ship sailed, and the condition of the ship approach and departure to and from the port, taking measurement in dock and conduct interviews. While secondary data was obtained are sea current data, tidal of Suralaya, port facilities and ship data. The primary and secondary data will be processed that the result of calculation is used to be compared with the condition that existed in Port of Merak today.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S53412
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
N.E. Fatima
"ABSTRAK
Dalam GBHN 1993, masyarakat adalah pelaku utama pembangunan nasional, pemerintah membimbing, mengarahkan serta menciptakan iklim usaha yang menunjang. Kegiatan masyarakat dan pemerintah sating mengisi, sating melengkapi dan saling mendukung. Diungkapkan juga keberhasilan pembangunan nasional dalam meningkatkan kesejahteraan. Disamping itu, terdapat ketimpangan sosial yang menuntut usaha sungguh-sungguh untuk mengatasinya agar tidak berkelanjutan dan berkembang yang mengganggu pelaksanaan pembangunan selanjutnya. Salah satu upaya sungguh-sungguh itu adalah diterbitkannya Pakdes 1988, pemerintah membuka peluang pada masyarakat mendirikan bank bare, dan memberlakukan peraturan lending limit.
Maksud Pakdes 1988 untuk memobilisasi dana masyarakat dan menyediakan sumber pembiayaan kegiatan usaha masyarakat. Disamping bank, untuk lebih meningkatkan mobilisasi dana, dibentuk pula lembaga pembiayaan bukan bank dengan Keputusan Menteri Keuangan no.1251 tahun 1988 dan no. 227 tahun 1994 yang berperan untuk meningkatkan pembiayaan kegiatan usaha masyarakat, namun tidak melaksanakan fungsi dan kegiatan perbankan.
Salah satu dari enam jenis lembaga pembiayaan dimaksud adalah mendirikan Perusahaan Modal Ventura berbentuk PT untuk menyertakan modalnya pada perusahaan kecil dan koperasL Di Jawa Barat didirikan PT. Sarana Jabar Ventura(PT.SN). Dalam menyertakan modalnya, PT SN sangat hati-hati dalam menyeleksi talon PPU karena keduanya organisasi bisnis berorieutasi l.aba, beresiko tinggi (high risk), tidak disyaratkan agunan (collateral) dan tidak ditentukan rate bunga seperti yang dilakukan bank
Oleh karena karakteristik PMV "High Risk", maka penelitian difokuskan untuk menelusuri pelaksanaan kebijaksanaan pembentukan lembaga pembiayaan khususnya PT. SN dalam pembentukan modalnya, seleksi penyertaan modal pada PPU dan sejauh mana dapat meningkatkan usaha kecil dan koperasi.
Metodologi penelitian eksploratif-deskriptif mengumpulkan, mempelajari kebijaksanaan dan peraturan pelaksanaannya (public goods), pendapat pare pakar tentang lembaga pembiayaan, modal Ventura, usaha kecillkoperasi, serta laporan kegiatan PT SN dan perkembangan PPU. Kesimpulan penelitian menggambarkan hubungan PT. STV dengan PPU tidak sepenuhnya melaksanakan kebijaksanaan dan peraturan, namun ada penyesuaian kesepakatan situasi dan kondisi PT SN, PPU yang Baling menguntungkan kedua belah pihak Oleh karena itu disarankan adanya penyempurnaan pengaturan institusional (institutional arrangement Bromley,1989) pada tingkat kebijaksanaan."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>