Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2939 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ghania Andriani Dewi
"Tesis ini membahas mengenai Analisis Kelayakan Pengenaan Pajak Restoran atas Objek Tertentu di wilayah DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan pengenaan pajak restoran atas warung makan yang di UU PDRD sebelumnya dijelaskan secara implisit yang kemudian di UU No. 28 tahun 2009 dijelaskan secara eksplisit. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pemungutan yang akan digunakan oleh Pemerintah DKI Jakarta dalam memungut pajak restoran atas warung. Metode yang digunakan dalam penellitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa rancangan peraturan daerah pajak restoran atas objek tertentu di DKI Jakarta sudah layak diimplementasikan, namun disarankan agar batasan omzet pengenaan pajak dapat dikaji ulang dengan mempertimbangkan banyak variabel seperti UMR. Kemudian metode yang digunakan dalam rancangan perda pajak restoran ini adalah metode self-assessment namun dengan pertimbangan administrasi warung yang sangat sederhana maka disarankan untuk diselenggarakannya sosialisasi oleh petugas pajak untuk dapat memberikan penyuluhan kepada pemilik warung.

This thesis discusses the Feasibility Analysis regarding on Restaurant Tax for Certain Object at DKI Jakarta. The purposes of this research is to determined the feasibility of the Jakarta Administration plans local regulation draft (Perda) regarding to the Restaurant Tax for stalls, which defined as restaurant as per the new Local Tax Regulation No. 28 year 2009, as its defined implicit in the previous regulation. Moreover, the purpose of this research is to get know the collection system for this draft of restaurant tax for certain objects. This research is a qualitative descriptive research type of analysis.
The results of this study are, the draft of local regulation of restaurant tax for certain object is feasible but the threshold of taxable income should be re-evaluate based on vary variables such as Regional Minimum Wage Standard (UMR). Then, the collection system for this draft is self-assessment but the tax authority?s role to provide guidance for the tax payers, and also socialize this regulation for the tax payers.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2011
T28628
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Liliyana Damayanti
"Tesis ini membahas tentang evaluasi pajak berdasarkan kriteria dalam pemungutan pajak yang baik. Obyek dalam penelitian ini adalah pajak restoran di Kabupaten Penajam Paser Utara. Tujuan dari tesis ini adalah untuk mengetahui apakah dalam melakukan pemungutan pajak restoran, Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara telah mengikuti kriteria dalam pemungutan pajak yang baik. Di mana kriteria yang digunakan adalah kecukupan, elastisitas, efisiensi pemungutan dari sisi biaya maupun dari sisi ekonomi, keadilan, kemudahan administrasi, dukungan politik, dan kecocokan sebagai pajak daerah. Selain itu, pada penelitian ini juga dilakukan perhitungan potensi penerimaan pajak restoran di Kabupaten Penajam Paser Utara dan tarif efektif pajak.
Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara dalam menerapkan pelaksanaan pajak restoran belum berdasarkan kriteria dalam pemungutan pajak. Bila melihat dari potensi penerimaan pajak, realisasi dan penetapan target pajak restoran yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan Kabupaten Penajam Paser Utara jauh di bawah potensi yang ada. Hasil penelitian menyarankan agar Pemerintah Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara segera membuat Peraturan Daerah Pajak Restoran dan Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara dalam menentukan tarif pajak tidak lagi berdasarkan self assestment namun menggunakan official assestment.

This thesis is discuss about the tax evaluation based on criteria of good taxation. Object of this research is restaurant tax in Penajam Paser Utara District. The purpose of this thesis is to determine wheter the conduct of collecting restaurant tax by Department Revenue of Penajam Paser Utara District has followed the criteria of good taxation. The criterias used are adequacy, elasticity, efficiency in terms of costs as wel as from an economic side, equity, ability to implement administratively, political support, and suitability as a local tax. This study also calculated the potential of restaurant tax revenue and effective tax rate.
According the result if this study, it appears that Department Revenue of Penajam Paser Utara District in implementing the execution of a restaurant tax is not base on criteria in tax collection. Based on the tax revenue potential, we can see that the actual revenue and the target setting of restaurant tax by Department Revenue of Penajam Paser Utara District are far below the existing potential. The result suggested that the District Government of Penajam Paser Utara Region immediately make local regulation of restaurant tax dan Department Revenue in determining tax rates no longer based on self assestment but using official assestment."
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T27967
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Irawati
"Isu mengenai pemasangan mesin Electronic Cash Register berbasis (ECR) mesin fiskal yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Bekasi menarik dan penting untuk di teliti untuk mengetahui dan meninjau bagaimana pelaksanaannya, apa saja kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pemberian mesin ECR berbasis mesin fiskal dan upaya Pemerintah Kota Bekasi dalam menghadapi kendala pemasangan mesin ECR berbasis mesin fiskal tersebut. Penelitian ini mengidentifikasi pelaksanaan ECR untuk diteliti yang hasilnya adalah rekomendasi kepada pemerintah Kota Bekasi dalam hal penanggulangan atau pengendaliannya sehingga penelitian ini sangat bermanfaat bagi civitas akademika sebagai masyarakat dalam pengembangan ilmu dalam mendukung pembangunan. Khususnya untuk Pemerintah Kota Bekasi dalam hal pengendalian implementasi kebijakan administratif Kota Bekasi khususnya dalam bidang Pajak Daerah.
Penelitian ini bertujuan untuk meninjau pelaksanaan pengendalian kepatuhan pajak restoran melalui ECR, kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan dan upaya selanjutnya berkenaan dengan ECR. Dalam penelitian ini memakai jenis penelitian kualitatif maka penelitian ini dengan melakukan pendekatan kualitatif melakukan triangulasi untuk mendapatkan saran atau rekomendasi hasil penelitian yaitu untuk pengembangan lokus penelitian di DPPKAD sebagai signifikasi praktis dan Kesimpulan akhir yang bisa berupa konseptualisasi atau pembentukan teori kebijakan yang didapat dari penelitian sebagai signifikasi akademis. Untuk mempermudah dalam penelitian, digunakan teknik pengumpulan data antara lain: wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul selanjutnya dilakukan proses reduksi data, penyajian data dan proses terakhir adalah menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peninjauan Electronic Cash Register (ECR) berbasis mesin fiskal yang merupakan strategi pengendalian kepatuhan pajak restoran yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan, pengelolaan Kekayaan dan Aset Daerah merupakan implementasi kebijakan yang tidak berhasil. Hasil identifikasi menujukkan bahwa yang membuat gagal terjadi antara lain; karena faktor eksternal di luar dinas DPPKAD , yaitu Target group yaitu WP restoran yang diserahi mesin ECR berbasis mesin fiskal tidak mempergunakan alat tersebut, dengan berbagai alasan antara lain rusak atau sudah memakai alat hitung yang dianggap sama fungsinya dengan ECR berbasis mesin fiscal yang diserahi oleh Pemkot Kota Bekasi. Secara internal, wewenang fiskus yaitu DPPKAD dalam memaksa WP mempergunakan alat ECR berbasis mesin fiskal tidak ada, dikarenakan tidak adanya rule of law aturan hukum yang dapat mensukseskan pelaksanan ECR berbasis mesin fiskal. Oleh karena itu, Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah selaku fiskus agar berjalan pelaksanaan kebijakan efektif, segala kebijakan yang berhubungan dengan Wajib Pajak sebagai sasaran kebijakan atau Target Group perlu memperhatikan kenyamanan dan keadilan, melakukan sosialisasi secara berkelanjutan dan terkoordinir. Dan perlu adanya penguatan regulasi yang menjamin kepastian hukum.

Issues regarding installation of Electronic Cash Register (ECR) based fiscal machines by the Bekasi City Government is interesting and important to be analyzed in order to find out and review its implementation, problems faced during implementation, and the government?s efforts in overcoming these implementation problems. This study identifies all aspects of ECR to give solid solutions and recommendations to the Bekasi City Government in terms of controlling ECR. Thus this study will not only bring benefits for the Bekasi City Government related to local tax policy implementation, but also academicians and communities who are interested in the subject and desire to enhance knowledge in the field of development studies.
This study is aimed to review control made in terms of restaurant tax compliance through ECR, problems faced during implementation, and further efforts related to ECR. Since the study uses qualitative research, triangulation is conducted to gain advices and recommendations useful for the research locus in DPPKAD as practical significance and end conclusion in form of conceptualization or policy theory from the study as academic significance. To simplify the study, the following data collecting techniques are used: interview, observation, and documentation. After all data are gathered, the data goes through a reduction process, then presented and finally concluded.
The study result shows that Electronic Cash Register based fiscal maschine as restaurant tax compliance control by the Local Revenue, Finance Management, and Asset Office (DPPKAD) did not succeed. Failures resulted from: external factors outside DPPKAD i.e. target groups, namely restaurant taxpayers who received the ECR based fiscal machine but not use it with varied reasons, among others the machine is damaged or they already use other calculation devices which are considered to have the same function; internal factor i.e. fiscal authority from DPPKAD do not have legal justification to force taxpayers to use ECR based fiscal machine since there hasn?t been any rule of law that regulates this subject. Thus, the Local Revenue, Finance Management, and Asset Office as fiscal authority must make sure that all its policies are well socialized and coordinated; bring comfort and justice; and have certain rule of laws to make taxpayers as policy targets or target groups willing to obey and policies effectively conducted."
Depok: Universitas Indonesia, 2010
T30531
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Elvis Yudha Alva Prasetya
"Penelitian ini membahas tentang pengenaan pajak restoran atas penyediaan makanan pada pesawat terbang, dimana melakukan studi pada salah satu perusahaan jasa boga, yaitu PT Aerofood ACS. Bentuk pelayanan penyediaan makanan dan minuman yang diberikan oleh PT Aerofood ACS adalah berupa layanan jasa boga danpenjualan langsung di pesawat. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana perlakuan pajak restoran atas pelayanan yang diberikan oleh PT Aerofood ACS dan bagaimana kewajiban perpajakan yang selama ini dilakukan. Dengan pendekatan penelitian kualitatif dan metode pengumpulan data kualitatif, peneliti menemukan bahwa bahwa terdapat ketidakkesesuaian pemungutan pajak restoran atas jasa layanan sales on board dengan peraturan perundangan. Atas hasil temuan tersebut, peneliti menggambarkan perlakuan pajak restoran yang seharusnya diterapkan pada pelayanan yang diberikan oleh PT Aerofood ACS sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Pajak Daerah dan Retribusi daerah.

This research focuses on the imposition of restaurant tax of the provision food and beverage on plane which is PT Aerofood ACS taken as a sample for case study. There are two types of services that provided by this company, there are in flight catering services and sales on board services. This study raised two principal issues namely, the restaurant tax treatment on the provision of food and beverage on plane and tax obligations that have been conducted by PT Aerofood ACS Company. Using qualitative approach and qualitative data, reasearcher found a problem for the restaurant tax treatment. From the data obtained there is no collection of restaurant tax from train restaurant. Therefore, researches describe the restaurant tax treatment should be adopted for the services according to Law on Regional Tax and Retribution."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Nadila Yoannita Ananda Johan Putri
"Penelitian ini membahas mengenai masalah tingginya piutang pajak restoran di Kota Depok. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan strategi dalam penagihan piutang pajak restoran di Kota Depok dan mendeskripsikan faktor penghambat pelaksanaan strateginya. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan paradigma interpretivis, dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa strategi yang telah dilakukan dalam upaya penagihan piutang pajak restoran di Kota Depok sudah berjalan cukup baik dan tepat untuk dilakukan walaupun utang pajak restoran masih mengalami peningkatan. Strategi yang dilakukan diantaranya adalah dengan melakukan pengawasan dan penagihan oleh petugas pajak, pengawasan penagihan melalui sistem aplikasi, penempelan plang dan stiker belum melunasi Pajak Daerah, kerjasama dengan pihak Kejaksaan, dan sosialisasi pajak daerah. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan strategi dari sisi Wajib Pajak disebabkan oleh kurangnya kesadaran dan kepatuhan serta kurang kooperatifnya Wajib Pajak, sedangkan faktor penghambat dari sisi Pemerintah Daerah terjadi pada penentuan threshold dalam kewajiban membayarkan Pajak Restoran, kurangnya SDM, dan kurangnya sosialisasi mengenai pajak daerah.

This study discusses the problem of high restaurant tax receivables in Depok City. The purpose of this study is to analyze the implementation of strategies in collecting restaurant tax receivables in Depok City and to describe the factors that hinder the implementation of strategies. This study method was conducted using a interpretivist paradigm, with data collection techniques through literature studies and depth interviews. The results of this study state that the strategies that have been carried out in the effort to collect restaurant tax receivables in Depok City have been running quite well and appropriate to do even though the restaurant tax debts are still increasing. The strategies was carried out include by supervision and collection by tax officers, supervision of billing through the application system, sticking signs and stickers not paid Local Tax, cooperation with the Prosecutor's Office, and socialization of local taxes. The inhibiting factors in the implementation of strategy from the taxpayer are caused by lack of awareness and compliance with non-cooperative behavior, while the inhibiting factors from the Local Government side occur in determining the threshold to pay Restaurant Tax, lack of human resources, and lack of socialization of local taxes.

"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Evelyn Widjaja
"Tesis ini merupakan penelitian mengenai memori kolektif kota Jakarta yang direpresentasikan dalam restoran Cina. Penelitian ini bertujuan mendokumentasikan memori kolektif dari restoran Cina di Jakarta yang mulai berdiri dalam kurun waktu tahun 1930-1950an dan menelaah representasi praktik kultural yang terjadi serta tarik-menarik kepentingan didalamnya. Sumber data adalah pemilik dan pengelola restoran Cina dan restoran Cina. Kerangka berpikir yang melandasi penelitian adalah kajian memori kultural (cultural memory studies). Landasan metodologi adalah pendekatan Cultural Studies, yaitu pendekatan etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa restoran Cina memegang peranan dalam pembentukan memori kolektif kota Jakarta.

This thesis is a study on the city?s collective memory represented in a Chinese restaurant in Jakarta. This study aims to documented the collective memory of a Chinese restaurant in Jakarta, which started up in the period of 1930-1950s and analises the representation of cultural practices that occurred as well as attract the interest therein. Data source is the owner and manager of the Chinese restaurants and Chinese restaurants. Framework of thinking that underlies this research is the study of cultural memory. The methodology used is the approach of Cultural Studies, which is ethnographic approach. The results showed that Chinese restaurant plays a role in shaping the collective memory of Jakarta."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2010
T27882
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Deasy Venty Christin
"Penelitian ini membahas mengenai atribut servicescape yang mempengaruhi pleasure-feeling dan perceived service quality terhadap perilaku konsumen untuk datang kembali (revisit intention). Penelitian ini menggunakan program SPSS seri 18.0 dengan analisis simple regression untuk mengetahui hubungan antara servicescape dan pleasure-feeling, servicescape dan perceived service quality, perceived service quality dan pleasure-feeling, serta servicescape dan revisit intention. Selanjutnya, multiple regression dilakukan untuk menguji apakah pleasure-feeling dan perceived service quality dapat menentukan revisit intention pelanggan yang berkunjung dan juga menguji apakah pleasure-feeling dan perceived service quality memediasi hubungan antara servicescape dan revisit intention.
Penelitian ini menunjukan bahwa servicescape dapat mempengaruhi pleasure-feeling pada responden Nanny's Pavillon dan perceived service quality pada responden Solaria. Selanjutnya perceived service quality memiliki hubungan yang positif terhadap pleasure-feeling kedua responden restoran. Begitu pula dengan hubungan antara perceived service quality dan pleasure-feeling yang memiliki hubungan positif dengan revisit intention.

This research investigates servicescape attribute of influencing pleasur-feeling and perceived service quality in revisit customer behaviour (revisit intention). This research implemented SPSS series 18.0 through simple regression to investigate relation between servicescape and pleasure-feeling, servicescape and perceived service quality, perceived service quality and pleasure-feeling, aslo servicescape and revisit intention. Furthermore, multiple regression was applied to test whether pleasure-feeling and perceived service quality may determine revisit intention of visiting customer and also mediating relation between servicescape and revisit intention.
This research suggest that servicescape may influence pleasure-feeling on Nanny's Pavillon respondence and perceived service quality on Solaria respondence. Additionaly, perceived service quality may have positive relation on pleasure-feeling on both of respondence group. Also the relation of perceived service quality and pleasure-feeling which is affirmativley related with revisit intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Renno Vebrian Vito
"Penelitian ini membahas secara sistematis bagaimana praktik pemungutan pajak restoran, hal-hal apa saja yang menjadi hambatan optimalisasi pajak retoran, ditinjau baik dari sisi sistem pemungutan maupun dari praktik lapangan pemungutan, dan bagaimana cara mengatasinya. Data diperoleh dari rangkaian observasi dan wawancara di Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang dan Wajib Pajak. Data yang diperoleh dianalisa secara kualitatif atau disebut dengan analisis data kualitatif normatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hambatan yang cukup signifikan pada prinsip penyelarasan strategis instansi dan pelaksanaan fungsi pemeriksaan.

This research explain systematically the practice of restaurant tax collection, the things that hinder maximization process in restaurant tax collection, either from the tax collection system or from tax collection practice in the field, and solution to overcome the obstacles. Research data was obtained by conducting observation and interview at Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang and Taxpayers. The data then was analyzed qualitatively. The result showed that there are significant problems in organization strategic alignment and in auditing implementation.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46138
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Warwick, Joe
"Summary:
Forget the restaurant compiled by a panel of mysterious experts, this guide is by the real insiders: more than 400 of the world's leading chefs. Listing their favourite places to eat from neighbourhood eateries to high-end restaurants, 'Where Chefs Eat' is the ultimate guide to the world's best food."
London : Phaidon,
R 647.95 JOE w
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Yasmin Fauzie Aldjufri
"ABSTRAK
Krisis adalah suatu hal yang lumrah dialami oleh suatu perusahaan. Krisis dapat membuat citra positif serta reputasi suatu perusahaan menurun. Sebagai humas harus dapat menangani krisis jika hal tersebut melanda perusahaan. Di dalam jurnal ini akan dibahas mengenai krisis isu minyak babi yang melanda perusahaan PT. Sinar Solaria berdasarkan tahapan manajemen krisis menurut Steven Fink, serta strategi penanganan krisis menurut Iriantara yang diterapkan oleh PT. Sinar Solaria dalam menangani krisis yang melanda, serta bagaimana tindakan humas dalam mengembalikan citra positif dan reputasi baik dari perusahaan. PT. Sinar Solaria dalam menangani krisis sudah menerapkan anatomi empat tahapan yang dikemukakan oleh Steven Fink dan menerapkan strategi penanganan krisis menurut Iriantara dengan baik. Hal tersebut berdampak positif bagi perusahaan PT. Sinar Solaria karena humasnya mempublikasikan mulai masalah dan proses penanganannya. Tindakan humas tersebut membuat PT. Sinar Solaria bangkit dari krisis yang melanda.

ABSTRACT
Crisis is a common thing when it comes to a company. Crisis able to turn down company‟s positive image and reputation. As the PR should be able to handle the crisis that strike the company. This journal will examine the crisis of pig oil issue that happened in PT. Sinar Solaria based on Crisis Stage Management from Steven Fink and crisis handling refers to Iriantara which PT. Sinar Solaria had putted into practice. Moreover, actions from the public realtions side to recover the company‟s image and reputation will be explained in this journal too. PT. Sinar Solaria in dealing with the crisis is to apply the anatomy of four phases proposed by Steven Fink and implement crisis management strategies according Iriantara well. It had a positive impact for PT. Sinar Solaria because the PR publish the problem and the process to handle the problem. The PR actions makes PT. Sinar Solaria survive from the crisis."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>