Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 144702 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dian Kartikasari W.
"This study aims to determine the cost of regional public library services in the Office of Library and Archives, Central Jakarta. In particular, the things that identified are the structure and the size of the unit cost of regional public library services between 2008 and 2007 as the input for decision making to improve the efficiency of financing. This research is a case study using descriptive analytical approach using data cost during January 2007-December 2008. Cost data using expenditure data for January 2007-December 2008. Cost analysis was conducted according to state Office of Library and Archives Central Jakarta, especially in terms of availability of the necessary information. The unit cost calculation using activity-based approach to financing methods or activities better known as Activity Based Costing.
The results of this study show that the condition of data documentation system not ready to support the cost analysis. Based on the cost structure by the Office of Municipal Regional Public Library in Central Jakarta is known that the 2008 portion of maintenance cost were non enough, especially for library facilities for visitors. The calculation of the unit cost of public library service activities in the region between 2008-2007 shows that the unit cost of the maintenance of library collection activities, selection and processing of library services activities, setting and inventarisir book activities, and administration activities in 2008 are lower than in 2007, but the unit cost of service library activities and the total cost of all activities per visitor in 2008 are higher than in 2007.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya penyelenggaraan pelayanan Perpustakaan Umum daerah di Kantor Perpustakaan dan Arsip Jakarta Pusat. Secara khusus hal-hal yang diidentifikasi adalah struktur biaya dan besarnya biaya satuan penyelenggaraan pelayanan perpustakaan umum daerah antara tahun 2008 dengan tahun 2007 sebagai bahan masukan untuk pengambilan keputusan menuju peningkatan efisiensi pembiayaan. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitik dengan menggunakan data pengeluaran biaya selama Januari 2007-Desember 2008. Analisa biaya yang dilakukan ini disesuaikan dengan kondisi Kantor Perpustakaan dan Arsip Jakarta Pusat terutama dalam hal ketersediaan informasi yang diperlukan. Penghitungan biaya Satuan kegiatan menggunakan pendekatan metode pembiayaan berbasis aktivitas atau yang lebih dikenal dengan Activity Based Costing.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi sistem pendokumentasian data belum dipersiapkan untuk mendukung analisa biaya. Berdasarkan struktur biaya yang dikeluarkan oleh Kantor Perpustakaan Umum Daerah Kotamadya Jakarta Pusat pada tahun 2008 diketahui bahwa porsi biaya pemeliharaan belum cukup khususnya untuk fasilitas bagi pengunjung perpustakaan. Hasil perhitungan biaya satuan kegiatan pelayanan perpustakaan umum daerah antara tahun 2008 dengan tahun 2007 menunjukkan bahwa untuk kegiatan perawatan koleksi perpustakaan, seleksi dan prosesing layanan perpustakaan, inventarisir dan penataan buku serta tata usaha, biaya satuan di tahun 2008 lebih rendah dibanding tahun 2007, namun untuk biaya satuan kegiatan pelayanan perpustakaan dan biaya total seluruh kegiatan per pengunjung untuk tahun 2008 lebih tinggi dibandingkan tahun 2007."
Depok: Universitas Indonesia, 2010
T28767
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Lia Kurniawati
"Sebagai bagian dari masyarakat suatu bangsa, anak-anak merupakan generasi penerus bangsa, pilar utama yang melanjutkan pembangunan suatu bangsa. Anak-anak harus mempunyai bekal pendidikan yang cukup agar tumbuh menjadi orang dewasa yang arif dan bijaksana serta berguna bagi bangsa. Oleh karena itu sejak dini anak harus sudah diberi pengenalan akan bahan bacaan yang dapat merangsang imajinasi dan kreatifitas, sebagai salah satu sarana yang paling utama bahan bacaan merupakan sumber dari berbagai macam ilmu pengetahuan dan sarana rekreasi. Perpustakaan umum merupakan sarana untuk mendapatkan bahan bacaan yang disediakan pemerintah untuk masyarakat secara cuma-cuma.
Layanan anak sebagai salah satu perangkat penting penunjang visi dan misi perpustakaan umum maka layanan anak harus dijalankan secara profesional sehingga menjadi layanan anak yang berkualitas baik. Layanan anak yang berkualitas baik pada perpustakaan umum akan menjadi sebuah sarana yang efektif dalam meningkatkan minat baca masyarakat sejak usia dini.
Tujuan penelitian ini adalah:
a. Mengetahui pelaksanaan layanan anak di KPAK-JP dilihat dari koleksi, sasaran pengguna, pustakawan anak, ruangan dan perabot, kegiatan layanan anak serta jaringan kerjasama dengan institusi lain
b. Mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam menjalankan layanan anak di KPAK-JP
Penelitian ini menggunakan pedekatan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan analisis dokumen."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S226
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ria Fatmawati
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
T30350
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Afiat Kurnia Syahadat
"Skripsi ini membahas tentang Kompetensi Petugas Arsip Dalam Layanan Temu Kembali Arsip di BPAD DKI Jakarta sebagai upaya mengetahui kompetensi yang dimiliki petugas arsip bagian layanan dalam kegiatan dan layanan temu kembali arsip. Tujuannya adalah mendapatkan gambaran kompetensi petugas arsip dalam hal layanan kearsipan, mengetahui permasalahan yang timbul dalam layanan kearsipan dan apa yang dapat dilakukan petugas arsip dalam menangani permasalahan layanan kearsipan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara observasi, wawancara semistruktur dan studi literatur. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dengan tidak adanya pendidikan formal mengenai kearsipan, petugas arsip mampu melakukan pekerjaannya dengan tepat dengan mengandalkan pengalaman dalam bekerja meskipun belum menggunakan sistem temu kembali yang terstruktur.

This undergraduate thesis discusses the archive officers competency in the archive retrieval Services at BPAD DKI Jakarta as an effort to know the competency of archive officers in the activities and records retrieval services. The goal is to get an overview of competence in terms of archival service, knowing the problems that arise in archival services and what archive officers can do in addressing the problems of archival services. The study used a qualitative approach to the case study method. Data collected by observation, semi-structured interviews and literature studies. The results of this study found that in the absence of formal archive education, archivist is able to do his job properly by relying on experience in working despite not using structured retrieval systems.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57592
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hening Wahyuni
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memahami praktik sosial petugas layanan
yang terjadi dalam menentukan wajah dan potret layanan arsip. Penelitian ini
adalah penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Dengan menggunakan
perspektif teoritik tentang kemampuan agen dalam memanfaatkan struktur, kajian
ini memperlihatkan adanya jalinan antara agen dan struktur sebagai suatu proses
timbal balik. Proses ini menunjukkan adanya kemampuan agen melakukan
strategi untuk meneguhkan, merespon bahkan melakukan perubahan struktur yang
ada. Agen menjadikan layanan arsip sebagai arena pertarungan untuk
memperebutkan modal dan dengan modal yang dimiliki, agen melakukan praktik
untuk meneguhkan integritas dan otoritas dalam layanan arsip. Interaksi yang
dilandasi oleh relasi kekuasaan dan lemahnya kepemimpinan menyebabkan
petugas layanan mengekspresikan makna layanan berdasarkan kepentingan
pribadi.

ABSTRACT
This study aims to understand the social practices of officers that
occured in determining faces and portrait archive services. A qualitative approach
with ethnographic methods is used in this study. It also uses a theoritical
perspective on the ability of the agent to navigate the structure. This study shows a
link between the agent and structure as a reciprocal process. The process shows
the ability of the agent to do strategy for strengthen, respond and even make a
change in the existing structure. The agent make archive services as a battle arena
for the capital and capital owned, agency practice to confirm the integrity and
authority of the archive service. Interaction based on the power relations and weak
leadership led workers to express the meaning of service based on personal
interest."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T43199
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mahdianto
"Evaluasi Kinerja Layanan oleh pemustaka belum terlalu diterapkan di Perpustakaan Umum Daerah Jakarta Selatan. Padahal penilaian dan rekomendasi dari pemustaka sangat diperlukan untuk meningkatkan kinerja layanan. Permasalahan yang diangkat dari skripsi ini adalah bagaimana kinerja layanan perpustakaan umum daerah Jakarta Selatan menurut pemustakanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Libqual. Penilaian dilakukan menggunakan tiga dimensi libqual yaitu affect of service, information control, dan library as place. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dimensi affect of service terlihat nilai yang dirasakan (6,45) melebihi nilai harapan minimum. Nilai terendah terjadi pada kerelaan menolong pemustaka oleh petugas perpustakaan dan penguasaan di bidang ilmunya. Berdasarkan dimensi information control terlihat kinerja akses informasi dan ketersediaan koleksi mendapatkan nilai terendah. Situs web perpustakaan sebagai fasilitas bagi pengguna untuk menemukan informasi secara mandiri masih belum melebihi harapan minimum pengguna. Berdasarkan dimensi library as place ruang perpustakaan mendapatkan nilai yang tinggi melebihi harapan minimum pemustaka. Nilai terendah terjadi pada ketersediaan ruangan untuk belajar kelompok. Ketersediaan website untuk menemukan informasi secara mandiri belum memenuhi harapan minimum menurut pihak perpustakaan disebabkan oleh kurangnya sosialisasi dan promosi kepada pengguna terhadap keberadaan layanan website yang mereka sediakan. Pihak Perpustakaan memahami dan setuju dengan hasil penilaian pemustaka terhadap perpustakaan yang mereka kelola.

Perpustakaan Umum Daerah Jakarta Selatan had not got clear yet about its service performance, especially from its users. Whereas the assessment and input from them were needed to improve its service performance. The research problem raised from this skripsi was formulated as, "How is the performance of Perpustakaan Umum Daerah Jakarta Selatan Service according to its users?" The quantitative approach with libqual method was used in this research.. Assessment was done using three libqual dimensions namely affect of service, information control and library as place. Data were collected through questionnaires. The results showed that from the dimension of affect of service the perceived value exceeded the minimum expected value. The lowest value occurred in the librarians willingness to help users and the mastery in the field of library science. From the information control dimension we found out that the performance of information access and availability of the collection got the lowest value. Library websites as the facility for users to find information independently still did not exceed the users minimum expectations. From the library as place dimension, library space got high scores, which exceeded the minimum expectations of users. The lowest value occurred in the space availability for group learning. The availability of website to find information independently had not met the minimum expectations. According to the library it was due to lack of socialization and promotion to users of the existence of the website services they provided. The Librarians understood and agreed with the results of the user's assessment."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Putri Rejeki
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S261
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Izhaar Dienillah
"Skripsi ini membahas kepuasan pengguna terhadap layanan perpustakaan umum Kantor Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Kota Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Identifikasi kepuasan pengguna didasarkan pada empat dimensi LibQUAL+TM , yaitu dimensi sikap dan kemampuan petugas perpustakaan dalam melayani pengguna (Affect of Service), dimensi mengenai kecukupan dan akses terhadap koleksi perpustakaan (Access to Information), dimensi mengenai kemandirian pengguna dalam memanfaatkan perpustakaan (Personal Control), dan dimensi perpustakaan dalam pengertian fisik (Library as a Place).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna puas akan layanan yang diterimanya. Dan kepuasan pengguna berdasarkan kesenjangan (gap) antara dirasakan dan harapan responden menunjukkan bahwa kualitas layanan perpustakaan umum Kantor Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Kota Depok dinilai baik, berada pada “zone of tolerance”, dimana kualitas layanan berada di antara tingkat harapan minimum yang dapat diterima dan tingkat harapan yang diinginkan.

This thesis discusses the user satisfaction of library services at Kantor Arsip dan Perpustakaan Pemerintah Kota Depok. This study uses a quantitative approach. User satisfaction identified base on four dimension LibQUAL+TM, that is dimensions of the attitude and ability of library staff to serve the users (Affect of Services), dimensions regarding adequacy and access to library collections (Access to Information), dimensions on the independence of the user in utilizing the library (Personal Control), and libraries in terms of physical dimensions (Library as a Place).
Results showed that users were satisfied with the services received. User satisfaction based on the gap between the perceived and the expectations of respondents indicated that the quality of services rated as good, in the "zone of tolerance", where quality of service is between the minimum expectation level that is acceptable and desirable level of expectation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46838
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zafirah Esti Agrestin
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S420
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk: (l) menganalisis pengaruh pemanfaatan teknologi inforrnasi yang terdiri dari autornasi perpustakaan dan layanan digital terhadap kualitas pelayanan pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara. (2) mengetahui variabel yang paling dominan dan signifikan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, kuisoner dan telaah dokumen yang digunakan sebagai teknik pengumpulan data Hasil Penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positifyang signifikan antara variabel otomasi perpustakaan dan layanan digital dengan variabel kualitas pelayanan pemustaka. Diperoleh nilai korelasi 0,605 berarti tingkat korelasi otomasi perpustakaan dengan kualitas pelayanan pemustaka pada taraf kuat, sementara korelasi antara layanan digital dengan kualitas pelayanan pemustaka 0,461 berarti tingkat korelasi layanan digital dengan kualitas pelayanan pemustaka pada tarafyang sedang. Koefisien Determinasi adalah 0,633. artinya 63,30% variasi dari kualitas pelayanan pemustaka dapat dijelaskan oleh variasi dari variabel bebas, yaitu otomasi perpustakaan dan layanan digital. Sedangkan sisanya 36,70% dijelaskan oleh sebab-sebab lain."
020 JUPITER 13:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>