Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 81610 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Norita
"Telah dilakukan preparasi alloy magnet FeSi dengan variasi Si = 1, 2, 3 dan 4 at % menggunakan metode arc melting. Alloy tersebut kemudian di anil pada temperatur 800 C selama 1 jam. XRD dan fotomikro digunakan untuk meneliti struktur mikro seperti fase, parameter kisi, ukuran, distribusi dan batas butir. Analisis struktur mikro menunjukkan terjadinya fase tunggal a-Fe baik pada kondisi As cast maupun kondisi annealed. Proses anil menyebabkan pertumbuhan ukuran butir dan kristalisasi serta difusi atom-atom Si pada kristal a-Fe.
Karekterisasi listrik menggunakan RLC meter menunjukkan bahwa rangkaian ekivalen alloy FeSi adalah rangkaian RL yang tersusun secara seri. Bertambahnya %Si dalam alloy FeSi baik dalam kondisi As cast dan kondisi annealed cenderung meningkatkan nilai resistivitas dan induktansi listrik. Proses anil juga menyebabkan nilai resistivitas dan induktansi listrik meningkat.

Preparation of FeSi magnetic alloy with composition of Si = 1, 2, 3 and 4 at% has been done using arc melting technique under Ar atmosphere. These alloy was annelead at 800 C for 1 hour. XRD and metallography was used to investigate the existance of phase, lattice parameter, size, boundary and distribution of grains. Microstructural analysis of as-cast and annealed samples show that these alloys consist of single phase a-Fe. Heat treatment of these alloys cause grain growth, crystalization and diffusion of Si atoms in a-Fe crystals.
Electrical characterization by RLC meter indicates RL series circuit as equivalent circuit. Increasing %Si in FeSi alloy both in as-cast and annealed state tend to increase the values of electrical resistivity and inductance. These values also increase due to annealing process."
Depok: Universitas Indonesia, 2008
T21571
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
William Horizon
"[Salah satu komponen terpenting pada peluru adalah selongsong yang memuat bubuk mesiu, primer, dan proyektil. Material yang umum digunakan untuk memfabrikasi selongsong peluru adalah cartridge brass (kuningan) yang mengandung 26-32 wt.% Zn. Selongsong peluru diproduksi dengan proses metalurgi yang kontinu, yang terdiri atas pengecoran, pencanaian, dan deep drawing. Dalam proses deep drawing biasanya ditemukan beberapa masalah mayor, seperti keretakan dan perobekan. Untuk meminimalisir masalah tersebut, pengembangan material dengan keuletan yang lebih baik menjadi penting untuk digunakan sebagai selongsong peluru. Mangan digunakan sebagai unsur paduan pada kuningan untuk meningkatkan keuletannya. Pada penelitian ini, paduan Cu-28Zn dengan penambahan 3,2 wt.% Mn difabrikasi dengan pengecoran gravitasi. Untuk menghomogenisasi komposisi kimia, paduan diberi perlakuan panas pada 800 oC selama 2 jam. Kemudian spesimen dicanai dingin dengan deformasi 20, 40, dan 70 % reduksi. Proses anil selanjutnya dilakukan setelah pencanaian dingin sebesar 70 % dengan temperatur 350, 400, dan 450 oC selama 15 menit. Karakteriasi material yang dilakukan pada penelitian ini terdiri dari analisis struktur mikro menggunakan mikroskop optik dan Scanning Electron Microscope (SEM) - Energy Dispersive Spectroscopy (EDS), serta pengujian kekerasan mikro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan derajat deformasi sebesar 20, 40, dan 70 % menyebabkan butir menjadi semakin pipih dengan L/D ratio masing-masing bernilai sekitar 0,7, 2,2, 7,7, dan 14,1. Selain itu juga terjadi peningkatan nilai kekerasan spesimen, yakni sebesar 56, 127, 145, dan 207 HV secara berurutan. Sementara proses anil setelah canai dingin sebesar 70 % pada temperatur 350, 400, dan 450 oC menyebabkan terjadinya peristiwa stress relieve yang ditandai dengan fenomena recovery, diikuti dengan rekristalisasi (dgrain ~ 7 μm), hingga grain growth (dgrain ~ 14 μm). Selain itu juga terjadi penurunan nilai kekerasan spesimen, yakni sebesar 204, 131, dan 100 HV secara berurutan. Pengaruh penambahan unsur Mn di dalam paduan cartridge brass adalah meningkatkan nilai kekerasan dan memperlambat laju rekristalisasi, dibutuhkan temperatur anil yang lebih tinggi untuk mencapai rekristalisasi sempurna pada paduan cartridge brass dengan penambahan Mn.
One of the most important part of bullet is its cartridge shell which contains gun powder, primer, and projectile altogether. Common material used to fabricate bullet shell is cartridge brass which contains 26-32 wt.% Zn. Cartridge shell is produced by a continuous metallurgical processes, which are casting, rolling, and deep drawing. In deep drawing process, some major problems are typically found, such as cracking and tearing. In order to minimize these problems, it is essential to develop materials with enhanced ductility to be used as cartridge shell. Manganese is used as an alloying element of cartridge brass to increase its ductility. In this research, Cu-28Zn alloy with addition of 3,2 wt.% Mn were fabricated by gravity die casting. To homogenize the chemical composition, the alloy was heated at 800 °C for 2 hours. Afterwards, the specimens were cold-rolled with deformation of 20, 40, and 70 %. Subsequent annealing process after 70 % cold-rolled with temperature of 350, 400, and 450 oC for 15 minutes was carried out. Material characterizations consisted of microstructure analysis using optical microscope and Scanning Electron Microscope (SEM) - Energy Dispersive Spectroscopy (EDS), and microvickers hardness testing. The result showed that higher degree of deformation of 20, 40, and 70 % led to more elongated grains with L/D ratio of 0.7, 2.2, 7.7, and 14.1, respectively. Moreover, the hardness of material increased with the increase in the level of deformation, with the values of 56.1, 126.6, 144.6, and 206.7 HV, respectively. Meanwhile, annealing at the temperatures of 350, 400, and 450 oC to specimens with prior deformation of 70 %, resulted in recovery and stress relieve, followed by recrystallization (dgrain ~ 7 μm), and finally grain growth (dgrain ~ 14 μm). Furthermore, the hardness of material decreased with the increase in level of annealing temperature, with the values of 204, 131, and 100 HV, respectively. The roles of Mn in the cartridge brass is to increase the hardness and to slower the recrystallization rate. In general, addition of Mn in cartridge brass increased the annealing temperatures needed to achieve full recrystallization.;One of the most important part of bullet is its cartridge shell which contains gun powder, primer, and projectile altogether. Common material used to fabricate bullet shell is cartridge brass which contains 26-32 wt.% Zn. Cartridge shell is produced by a continuous metallurgical processes, which are casting, rolling, and deep drawing. In deep drawing process, some major problems are typically found, such as cracking and tearing. In order to minimize these problems, it is essential to develop materials with enhanced ductility to be used as cartridge shell. Manganese is used as an alloying element of cartridge brass to increase its ductility. In this research, Cu-28Zn alloy with addition of 3,2 wt.% Mn were fabricated by gravity die casting. To homogenize the chemical composition, the alloy was heated at 800 °C for 2 hours. Afterwards, the specimens were cold-rolled with deformation of 20, 40, and 70 %. Subsequent annealing process after 70 % cold-rolled with temperature of 350, 400, and 450 oC for 15 minutes was carried out. Material characterizations consisted of microstructure analysis using optical microscope and Scanning Electron Microscope (SEM) - Energy Dispersive Spectroscopy (EDS), and microvickers hardness testing. The result showed that higher degree of deformation of 20, 40, and 70 % led to more elongated grains with L/D ratio of 0.7, 2.2, 7.7, and 14.1, respectively. Moreover, the hardness of material increased with the increase in the level of deformation, with the values of 56.1, 126.6, 144.6, and 206.7 HV, respectively. Meanwhile, annealing at the temperatures of 350, 400, and 450 oC to specimens with prior deformation of 70 %, resulted in recovery and stress relieve, followed by recrystallization (dgrain ~ 7 μm), and finally grain growth (dgrain ~ 14 μm). Furthermore, the hardness of material decreased with the increase in level of annealing temperature, with the values of 204, 131, and 100 HV, respectively. The roles of Mn in the cartridge brass is to increase the hardness and to slower the recrystallization rate. In general, addition of Mn in cartridge brass increased the annealing temperatures needed to achieve full recrystallization., One of the most important part of bullet is its cartridge shell which contains gun powder, primer, and projectile altogether. Common material used to fabricate bullet shell is cartridge brass which contains 26-32 wt.% Zn. Cartridge shell is produced by a continuous metallurgical processes, which are casting, rolling, and deep drawing. In deep drawing process, some major problems are typically found, such as cracking and tearing. In order to minimize these problems, it is essential to develop materials with enhanced ductility to be used as cartridge shell. Manganese is used as an alloying element of cartridge brass to increase its ductility.
In this research, Cu-28Zn alloy with addition of 3,2 wt.% Mn were fabricated by gravity die casting. To homogenize the chemical composition, the alloy was heated at 800 °C for 2 hours. Afterwards, the specimens were cold-rolled with deformation of 20, 40, and 70 %. Subsequent annealing process after 70 % cold-rolled with temperature of 350, 400, and 450 oC for 15 minutes was carried out. Material characterizations consisted of microstructure analysis using optical microscope and Scanning Electron Microscope (SEM) - Energy Dispersive Spectroscopy (EDS), and microvickers hardness testing.
The result showed that higher degree of deformation of 20, 40, and 70 % led to more elongated grains with L/D ratio of 0.7, 2.2, 7.7, and 14.1, respectively. Moreover, the hardness of material increased with the increase in the level of deformation, with the values of 56.1, 126.6, 144.6, and 206.7 HV, respectively. Meanwhile, annealing at the temperatures of 350, 400, and 450 oC to specimens with prior deformation of 70 %, resulted in recovery and stress relieve, followed by recrystallization (dgrain ~ 7 μm), and finally grain growth (dgrain ~ 14 μm). Furthermore, the hardness of material decreased with the increase in level of annealing temperature, with the values of 204, 131, and 100 HV, respectively.
The roles of Mn in the cartridge brass is to increase the hardness and to slower the recrystallization rate. In general, addition of Mn in cartridge brass increased the annealing temperatures needed to achieve full recrystallization.]
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62216
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Lutfianti Wiharjo
"

Paduan Al-Si digunakan dalam komponen otomotif karena sifatnya yang sangat baik. Namun, kandungan pengotor besi dianggap sebagai elemen paling merugikan karena mudah membentuk fasa intermetalik dengan Al dan Si seperti fasa β-Al5FeSi yang dapat menurunkan sifat mekanis paduan. Penambahan LTJ (Er) dan peningkatan laju solidifikasi diketahui dapat memodifikasi mikrostruktur paduan seperti a-Al (SDAS), silikon eutektik dan khususnya fasa intermetalik β-Al5FeSi. Studi ini meneliti efek penambahan Er (0,3%, 0,6%, dan 1%) dan laju pendinginan (10 oC/menit dan 30 oC/menit) terhadap perubahan morfologi fasa seperti rata-rata dan distribusi panjang fasa paduan sintetis Al7SiFe beserta mekanismenya. Analisa termal DSC dengan pengontrolan laju pendinginan menggunakan mesin STA. Selanjutnya, pengamatan mikrostruktur dengan mikroskop optik dan SEM yang dilengkapi dengan EDS digunakan untuk pemetaan unsur Al, Si dan Er. Hasil menunjukkan penambahan erbium sebesar 0,6% diketahui optimum dalam menghaluskan fasa β-Al5FeSi karena menghasilkan persen reduksi terbesar sehingga dihasilkan panjang fasa β-Al5FeSi terkecil. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penambahan erbium yang tepat dan peningkatan laju pendinginan dapat memodifikasi fasa β-Al5FeSi dan fasa lain seperti SDAS dan silikon eutektik.


Al-Si alloys are used in automotive components because of their excellent properties. However, the iron impurity content is considered as the most detrimental because it can easily form an intermetallics with Al and Si such as the β-Al5FeSi phase which can decrease the mechanical properties. The addition of RRE (Er) and increase of cooling rate are known to modify the microstructures such as a-Al (SDAS), eutectic silicon and β-Al5FeSi phase. This study investigated the effects of Er addition (0,3%, 0,6%, and 1%) and cooling rate (10 oC/min and 30 oC/min) to the phase morphological changes such as the average and phase length distribution in Al7SiFe synthetic alloys and their mechanism. The thermal analysis of DSC by controlling the cooling rate used an STA machine. The microstructure were identified by OM and SEM equipped with EDS for mapping elements of Al, Si and Er. The results indicated that the addition of 0,6% Er was effectively refined the β-Al5FeSi because of the largest percent reduction that the smallest β-Al5FeSi phase length was obtained. It can be concluded that the appropriate addition of erbium and increase of cooling rate can modify β-Al5FeSi and other phases such as SDAS and eutectic silicon.

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia , 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tantular, Aritira
"Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pemenuhan standar nilai kekerasan yang ditetapkan oleh PT X. Fakta bahwa nilai kekerasan as cast paduan proses Low Pressure Die Casting yang rendah (dibawah standar yang teah ditetapkan perusahaan), menyebabkan proses machining komponen cor tersebut menjadi inefisien. Inefisiensi ini menyebahkan pemakaian tool lebih pendek dan keakuratan dimensi hasil machining berkurang.
Proses peningkatan kekerasan perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Proses pengerasan dalam penelitian ini dilakukan dengan precipitation hardening, sebuah proses pengerasan yang meliputi tahapan: solution treatment, quenching dan aging. Dalam penelitian ini dilakukan artificial aging dengan temperature 15℃ dan 75℃, selama 1-5 jam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh proses pengerasan yang dilakukan terhadap nilai kekerasan dan perubahan mikrostruktur yang terjadi pada paduan, serta rekomendasi kepada PT. X untuk memilih alur proses pengerasan yang tepat.
Hasil penelitian dengan proses aging 155℃ dan 175℃ selama 1-5 jam memberikan nilai kekerasan maksimum sebesar 31,2 HRB dan 40,5 HRB. Perubahan mikrostruktur selama aging secara mikroskopik tidak dapat diamati dengan mikroskop optic, karena kontribusi kekuatan yang diberikan oleh endapan yang terbentuk selama aging terjadi dalam submikroskopik."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S41408
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lutpiah
"Meningkatnya penjualan di industri otomotif yang didukung dengan adanya program Net Zero Emission (NZE) di Indonesia, menyebabkan industri otomatif harus berinovasi dengan menggunakan material yang memilik sifat mekanis yang ringan, sehingga dapat mengurangi bobot pada kendaraan bermotor. Magnesium, sebagai material dengan massa jenis yang rendah, diharapkan mampu meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Mg paduan AZ31B merupakan paduan magnesium yang umum digunakan dibeberapa industri, khusunya manufaktur dan pemberian perlakukan khusus akan meningkatakan sifat mekanisnya. Paduan Mg AZ31B memiliki densitas dibawah 1,8 g/cm^3 dengan ketangguhannya yang lebih tinggi dibandingkan material lainnya, seperti: aluminium, besi, dan paduan magnesium lainnya. Penelitian ini dilakukan pengujian simulatif dan non simulatif pada warm temperature yaitu pada temperatur: 50, 100, dan 150 C yang bertujuan untuk mengetahui sifat mampu bentuk (drawability) Mg paduan AZ31B. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan pengujian komposisi kimia, dan pengujian struktur mikro, untuk mendukung data pengujian tarik sebagai pengujian non-simulatif dan pengujian deep drawing sebagai pengujian simulatif. Hasil analisis dimana nilai Limitting Draw Ratio (LDR) pada proses deep drawing dengan perlakuan panas dapat meningkatkan sifat mampu bentuk pada Mg paduan AZ31B.

The increasing sales in the automotive industry supported by the Net Zero Emission (NZE) program in Indonesia, causes the automotive industry to innovate by using materials that have lightweight mechanical properties, so as to reduce the weight of motor vehicles. Magnesium, as a material with low density, is expected to improve fuel efficiency. Mg AZ31B alloy is a magnesium alloy that is commonly used in several industries, especially manufacturing and giving special treatment will increase its mechanical properties. Mg AZ31B alloy has a density below 1.8 g/cm^3 with higher toughness than other materials, such as: aluminum, iron, and other magnesium alloys. This study conducted simulative and non-simulative tests at warm temperatures, namely at temperatures: 50, 100, and 150 C which aims to determine the drawability of Mg alloy AZ31B. In addition, this study also conducted chemical composition testing, and microstructure testing, to support tensile testing data as non-simulative testing and deep drawing testing as simulative testing. The results of the analysis where the Limitting Draw Ratio (LDR) value in the deep drawing process with heat treatment can improve the formability of Mg AZ31B alloy."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Paduan AC4B adalah paduan Al - Si - Cu yang memiliki tatanama sesuai standar JIS. Paduan AC4B sering digunakan digunakan untuk mengecor cylinder head sebagai komponen mesin kendaraan bermotor. Proses pengecoran cylinder head umumnya dilakukan dengan Low Pressure Die Casting (LPDC) dan cukup banyak menimbulkan kegagalan pada produk hasil coran. Kegagalan tersebut antara lain adalah misrun dan kekerasan yang rendah. Salah satu cara untuk menanggulangi kegagalan tersebut adalah dengan menambahkan unsur stronsium (Sr) ke dalam paduan AC4B yang diyakini akan memodifikasi struktur silikon dari paduan sehingga dapat menanggulangi cacat yang terjadi. Selain itu untuk meningkatkan kekerasan dari paduan, maka dilakukan proses perlakuan panas pengerasan penuaan. Proses perlakuan panas ini selain digunakan untuk memperkeras juga digunakan untuk mencari waktu dan temperatur perlakuan panas yang optimum agar bisa dimanfaatkan oleh dunia industri otomotif. Penelitian dilakukan dengan penambahan 0.001 wt. % Sr kedalam aluminium paduan AC4B hasil LPDC dan dilihat responsnya terhadap perlakuan panas pengerasan presipitasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan 0.01 wt. % Sr akan memodifikasi struktur silikon menjadi fibrous. Struktur ini diyakini dapat menambah kekerasan dari paduan AC4B. Akan tetapi penambahan Sr ini juga akan meningkatkan jumlah porositas sehingga perlu penanganan yang baik dalam aplikasinya. Proses heat treatment menunjukkan kenaikan nilai kekerasan. Kenaikan nilai ini bergantung pada suhu dan waktu ageing. Semakin tinggi temperatur ageing, akan semakin cepat kenaikan nilai kekerasan tetapi puncak dari nilai kekerasan akan lebih rendah daripada penggunaan ageing temperatur lebih rendah."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S41804
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suzanna Mubin
"Pada pesawat terbang terutama dibagian-bagian yang berhubungan dengan mesin penggerak pesawat terbang, sangat besar pengaruh panas yang akan diterima atau disalurkan melalui bahan sebelum diterima) dimanfaatkan pada bagian lain.
Oleh sebab itu kami berusaha untuk mengetahui sejauh mana pengaruh panas dan mesin penggerak pesawat terbang pada pipa saluran atau kabel-kabel yang berhubungan. Pada umumnya bahan pesawat terbang dipergunakan bahan alloy 2024. Diharapkan dari hasil yang didapat akan memberikan masukan bagi kalangan pengguna bahan pesawat terbang."
1996
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dedi Mulyadi
"ABSTRAK
Pada penelitian ini dipelajari Spektroskopi
Impedansi bahan soft magnetik FeSi dan finemet(Fe73-
Si13,5-Cu1-B9-Nb3). Bahan-bahan tersebut dianil pada
temperatur 800oC selama 30, 60 dan 90 menit.Temperatur
dan lama anil sebanding dengan besarnya perubahan
impedansi.
Sebelum annealing sampel diukur dengan metode
Spektroskop Impedansi kemudian dibandingkan dengan
Spektroskopi Impedansi setelah sampel dianil. Untuk
mengolah dan menganalisa data hasil pengukuran
digunakan program komputasi. Plot data yang diperoleh
dipergunakan untuk memperkirakan model rangkaian
ekivalen yang cocok bagi mateial tersebut.Dari studi
literatur diperoleh bahwa secara umum model rangkaian
adalah berupa serangkaian dari paralel RC.Untuk
mengetahui komposisi fasa-fasa pada bahan FeSi
dilakukan karakerisasi menggunakan XRD.Dari pola
difraksi diketahui bahwa FeSi adalah
kristalin.Pengujian komposisi unsur-unsur dengan XRF
menunjukkan FeSi terdiri dari 97 persen berat Fe dan 3
persen berat Si.Terjadi perubahan ukuran butir sampel
FeSi sebelum dianil dan setelah dianil.Perubahan ukuran
butir diamati menggunakan SEM.
Hasil sementara menunjukkan bahwa dengan beberapa
perlakuan annealing menghasilkan spektrokopi Impedansi
yang berbeda.
Dengan perubahan struktur yaitu membesarnya grain dan
perbaikan kristalisasi maka diharapkan diperoleh
korelasi antara struktur mikro terhadap sifat konduksi
sampel ."
2007
T21355
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Lesmana
"Paduan AC4B (standar JIS) atau paduan 333.0 as-cast (standar AA) secara komersial banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan komponen pada industri manufaktur otomotif. Diketahui sering terjadi reject karena kegagalan yang terjadi pada pembuatan komponen otomotif, diantaranya adalah shrinkage dan porosity. Pendinginan yang tidak stabil atau tidak merata dapat menyebabkan shrinkage yang berimplikasi pada menurunnya kekuatan dari produk cor. Dengan penambahan grain refiner sebagai nuklean, maka pendinginan dapat lebih terkontrol sehingga butir-butir logam menjadi lebih halus dan dihasilkan kekuatan mekanis yang lebih baik. Efek fading perlu dikontrol saat penambahan grain refiner. Keefektifan grain refiner semakin turun seiring dengan meningkatnya waktu.
Pada penelitian ini dilakukan penambahan grain refiner 0.019 wt.% Ti dalam bentuk serbuk fluks setelah proses degassing. Proses pengecoran dilakukan pada Low Pressure Die Casting (LPDC) dalam rentang 120 menit dengan 4 variabel waktu fading setiap 30 menit : 30 menit, 60 menit, 90 menit, dan 120 menit. Sampel pengujian diambil pada bagian yang tebal dan bagian tipis dari cylinder head hasil proses LPDC untuk mengetahui pengaruh penambahan titanium terhadap laju pembekuan pada setiap variabel waktu fading. Dilakukan pengujian tarik dan kekerasan untuk mengetahui perubahan sifat mekanis berupa perubahan nilai kekuatan tarik, elongasi serta kekerasan. Pengamatan mikrostruktur untuk mengamati perubahan mikrostruktur yang terjadi akibat penambahan titanium. Pengamatan struktur dengan SEM dan EDAX dilakukan untuk mengetahui fasa yang terbentuk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan grain refiner dengan kadar 0.019 wt.% Ti meningkatkan kekuatan tarik, kekerasan serta menurunkan nilai Dendrite Arm Spacing (DAS). Terjadi kecenderungan peningkatan kembali nilai DAS sehingga berdampak pada penurunan sifat mekanis setelah 30 menit karena berkurangnya keefektifan grain refiner. Menurunnya keefektifan grain refiner ini menunjukkan terjadinya efek fading. Fenomena ini diasumsikan karena pengendapan partikel AlTi3 pada dasar furnace seiring bertambahnya waktu karena perbedaan densitas partikel grain refiner (~3,35 gr/cm3) dan aluminium cair (~2.3 gr/cm3).

AC4B alloys (JIS standard) or 333.0 as cast alloys (AA standard) are widely used commercially as raw materials for parts manufacturing on automotive industries. Reject is often occurred and caused by shrinkage and porosity. Uncontrolled solidification could cause shrinkage which leads to lowering the strength of cast product. With the addition of grain refiner as nucleant, solidification rate can be controlled resulting in finer grain and better mechanical properties. Fading effect must be controlled at grain refiner addition. Grain refiner effectivity is lower as time increases.
On this research grain refiner addition in flux powder was added at 0.019 wt. % Ti after degassing process. Casting was done in Low Pressure Die Casting (LPDC) in 120 minutes with 4 variables fading time every 30 minutes : 30 minutes, 60 minutes, 90 minutes, and 120 minutes. Samples was taken from thick and thin parts from cylinder head to observe titanium addition on solidification rate on every fading time variables. Tensile test and hardness test was conducted to observe changes in mechanical properties in tensile strength, elongation and hardness value. Microstructure examination was performed to observe changes in microstructure after titanium addition, while SEM and EDAX observation was conducted to read phases that occur.
The experiment results shows that 0.019 wt. % grain refiner addition increased tensile strength, hardness,and decreased DAS value. After 30 minutes, there are increase in DAS value and decrease in mechanical properties because decrease of grain refiner effectivity. The decrease of grain refiner effectivity shows the fading effect. This phenomenon was assumed by the settling of Al3Ti on the bottom of the furnace as time increases because of the difference in grain refiner particle density (~3,35 gr/cm3) and molten aluminium (~2.3 gr/cm3).
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S41783
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>