Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 79796 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ahmad Hafidz Saubari
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2003
T40040
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adrimeda F
"Salah satu proses pembuatan pipa baja yang dipergunakan untuk pipa penyalur adalah dengan metode pengelasan Submerged Arc Welding. Submerged arc welding atau pengelasan busur terendam adalah pengelasan dimana panas di suplai melalui busur yang terjadi antara elektroda dengan logam kerja. Busur yang terjadi dilindungi oleh lapisan berbentuk granular (tluks).
Pengelasan busur terendam merupakan salah satu pengelasan yang menggunakan energi (heat input) tinggi sehingga salah satu sifat mekanis yang harus diperhatikan adalah ketangguhan dari logam lasan yang dihasilkan. Pada suatu pengelasan busur terendam dengan menggunakan base material dengan sifat mekanis yang sama (API 5L X-65) dan dilas dengan prosedur pengelasan dan konsumable las yang sama namum dihasilkan ketangguhan yang nilainya sangat jauh berbeda.
Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pengaruh dari unsur paduan Cu (tembaga) dan Ni (Nikel) sangat berpengaruh pada pembentukan fasa acicular ferrite yang sangat berhubungan penting dengan ketangguhan dari lasan."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2001
T39703
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dharma Gita Surya Prayoga
"Pipa penyalur merupakan salah satu moda transportasi minyak dan gas yang dianggap paling ekonomis hingga saat ini. Fluida minyak dan gas yang mengandung hidrokarbon yang berbahaya dan bersifat korosif, seperti H2S, akan memberikan risiko kebocoran pada pipa penyalur. Penelitian ini dilakukan untuk menjadi salah satu masukan untuk menghindari kebocoran pada pipa penyalur yang sering terjadi pada daerah pengelasan. Sambungan pengelasan yang diteliti akan mewakili sambungan pipe to pipe bend, yang diwakili oleh sambungan pengelasan material API 5L X65 dan API 5L X65, dan pipe to flange, yang diwakili oleh sambungan pengelasan material API 5L X65 dan ASTM A694 F65, yang banyak ditemui dalam satu jalur pipa penyalur. Metode pengujian yang dilakukan mencakup pengujian tarik, tekuk, dan kekerasan pada spesimen yang dilanjutkan dengan pengujian SSC (Sulphide Stress Corrosion Cracking) berdasarkan NACE TM-0177 serta diikuti dengan pengamatan makro, mikro dan karakterisasi SEM/EDS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa spesimen sambungan pipe to pipe bend mengalami retakan pada daerah mid pengelasan yang disebabkan oleh stress oriented hydrogen induced cracking (SOHIC) sedangkan spesimen sambungan pipe to flange juga mengalami retakan, akan tetapi pada daerah root pengelasan yang disebabkan oleh SSC.

Pipeline is the most economical and the most effective of oil and gas transportation mode. Oil and gas fluid also containing the toxic and corrosive hydrocarbon, such as H2S. The objective of present research was conducted to become one of the inputs to avoid pipelines leakage which often occur in the welding area. The investigated welding connection may represent the connection of pipe to pipe bend, represented by the welding connection of API 5L X65 and API 5L X65, and connection of pipe to flange material, represented by welding connection of API 5L X65 and ASTM A694 F65. The testing method including tensile, bending and hardness testing on specimens, which was followed by SSC (Sulphide Stress Corrosion Cracking) test based on NACE TM-0177. The macro and microphotograph examination, SEM and also EDS characterization were used to determine failure on both speciments. The results showed that pipe to pipe bend joint specimen were fracture in the mid-welding area which was caused by SOHIC (Stress Oriented Hydrogen Induced Cracking) while the pipe to pipe flange joint specimens also experienced cracks at the welding root area which was caused by SSC."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T52601
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farhan Nur Diratama
"Ekstrak daun jati cina Cassia angustifolia sebagai inhibitor ramah lingkungan pada Baja API 5L di lingkungan HCl diinvestigasi. Pengujian yang dilakukan adalah polarisasi dan kehilangan berat. Senyawa yang terkandung pada ekstrak adalah senyawa flavonoid, xanthone, dan anthraquinone. Senyawa tersebut diinvestigasi melalui pengujian FTIR. Variabel pengujian merupakan konsentrasi inhibitor, meliputi 10 ml, 20 ml, 30 ml, 40 ml, dan 50 ml. Kemampuan inhibitor untuk menginhibisi optimum pada konsentrasi 40 ml. Ekstrak daun jati cina berperan sebagai inhibitor campuran dengan dominan katodik. Mekanisme adsorpsi pada ekstrak daun jati cina merupakan mekanisme adsorpsi isotherm Langmuir dengan tipe adsorpsi physisorption.

Cassia angustifolia leaves extract as green inhibitor for API 5L steel pipe in HCl environment was investigated. This study was experimented by using different types of test, such as polarization and weight loss. The compound in cassia angustifolia are flavonoid, xanthone, and anthraquinone. These compound was investigated by using FTIR. This experiment was investigated with different number of concentrations as its variables, which are 10 ml, 20 ml, 30 ml, 40 ml, and 50 ml inhibitor extracts. The optimum capability of the inhibitor to inhibit the steel surface was in 40 ml concentrations. Cassia angustifolia leaves extract is found to be a mixed type inhibitor with predominant cathodic effectiveness. The adsorption mechanism of cassia angustifolia leaves extract was Langmuir with physisorption as the types of adsorption. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tezar Prima Nurhamzah
"ABSTRAK
Proses produksi Gas Alam yang umum dipakai sebagai pipa penyalur, baik flowline maupun pipeline biasanya menggunakan material baja karbon. Ada 3 faktor masalah besar dalam penggunaan material tersebut yang berkaitan dengan korosi yang biasanya terjadi pada proses tersebut. 3 faktor tersebut antara lain terjadinya kebocoran akibat pengaruh adanya gas CO2 yang terlarut dalam media air , adanya laju aliran fluida dalam pipa dan lingkungan bersifat korosif (asam). Dalam upaya mengatasi masalah tersebut di atas, perlu diketahui besaran laju korosi material baja akibat pengaruh
gas CO2 terlarut.
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi laju korosi material baja yang digunakan pada proses produksi gas alam yang mengandung CO2 dalam berbagai kondisi yang mewakili kondisi sesungguhnya di dalam aplikasi seperti pengaruh tekanan parsial CO2, komposisi larutan, dan temperatur. Penelitian dilakukan dengan metoda uji polarisasi. Hasil dari penelitian ini akan merefleksikan besaran laju korosi yang terjadi pada pipa penyalur gas alam akibat pengaruh CO2
terlarut, variasi kecepatan putaran, dan pengaruh perubahan pH.
Pada pH 5, laju korosi baja karbon pada lingkungan yang mengandung CO2 akan naik seiring dengan kenaikan laju aliran, tetapi begitu pH dinaikkan menjadi 6 laju korosi cenderung turun,
suasana yang lebih basa dapat menurunkan laju korosi. Laju korosi yang tinggi ini akan membahayakan pipeline dan flowline penyalur gas alam. Hasil dari penelitian ini merupakan tahap awal, sebagai bahan simulasi yang terjadi pada pipa baja karbon pada proses produksi gas alam dan agar di kemudian hari dapat dicari upaya penanggulangannya dalam melawan 3faktor masalah besar tersebut sehingga dapat digunakan sesuai dengan umur pakai (life time) yang telah dirancang.

ABSTRACT
Carbon steel is commonly used as flowline and pipeline in natural gas production process. There are 3 big causes on using that material which related to corrosion problem. The 3 factors such as leakage due to effect of dissolved CO2 in water that causes corrosive environment (acid),fluid's flow rate inside the pipeline, and acid environment. In order to overcome this problem, further study must be carried out about corrosion rate model of this steel in dissolved CO2 condition.
The aim of this research is to study corrosion rate of steel as flowline and pipeline in natural gas production process with CO2 content and variety of conditions that represent the actual conditions in practice such as CO2 partial pressure, solution composition, and temperature. Research conducted by polarization test. The result of this study will illustrate the level of corrosion rate occurred in natural gas pipelines due to the effect of dissolved CO2, variation of rotation rate, and effect of pH. On PH 5, Corrosion rate of carbon steel in environments containing CO2 will increase along with the increase of flow rate, but when pH is increasing to 6, flow rate suddenly decrease, alkali(base) environment decreasing flow rate. The high corrosion rate observed would damage natural gas transmission pipeline and flowline. The result of this study is the first step, as a simulation things that happen in actual carbon steel, and hope in the future there are good protection method which can fight with these 3 big causes, so it can appropriate with the lifetime that has been designed."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1409
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Defi Pramesti
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi perubahan sifat mekanik, struktur mikro dan ketahanan korosi cladded API 5L X-65 UNS N08825 pada proses perbaikan pengelasan. Pengelasan dan pengelasan repair dilakukan dengan proses kombinasi yaitu gas tungsten arc welding (GTAW) dan shielded metal arc welding (SMAW). Proses pengelasan GTAW dan SMAW dilakukan dengan menggunakan filler metal ER NiCrMo3 dan E NiCrMo3. Spesimen Main sebagai bidang utama kemudian empat spesimen lainnya digerinda, dihilangkan bagian lasan pada lokasi yang berbeda dan dilas ulang dengan parameter yang sama. Spesimen ini dengan lokasi perbaikan pengelasan yang berbeda dipelajari dengan melihat sifat mekanik dan ketahanan korosi. Ketahanan korosi dilakukan menurut ASTM G48-11 metode A menggunakan larutan besi klorida untuk evaluasi korosi pitting dan ASTM A262 praktek E untuk mengevaluasi retak korosi intergranular. Uji tarik, uji Bending, ketahanan impak Charpy-V, foto makro dan uji kekerasan Vickers, SEM-EDS dilakukan. Kekerasan pada HAZ di area capping meningkat seiring dengan perbaikan yang dilakukan. Hasil pengujian tarik menunjukkan bahwa proses perbaikan las tidak berpengaruh nyata terhadap kekuatan tarik di semua lokasi perbaikan las. Nilai penurunan terbesar yaitu 0,83% terjadi pada proses perbaikan las di PTR 2. Hasil uji impak charpy-V menunjukkan penurunan nilai luas daerah yang terkena panas (FL) sebesar 10,44%. Hasil uji impak pada area base metal (WCL) memiliki nilai rata-rata paling rendah dibandingkan dengan dua daerah lainnya. FL dan FL+2. Foto SEM menunjukkan perbedaan struktural antara logam las, HAZ dan logam dasar dimana di area HAZ setiap proses perbaikan pengelasan memiliki perbedaan lebar HAZ, yang paling sempit terjadi di proses TTR yaitu 112 µm. Uji EDS menunjukkan penurunan unsur nikel dengan nilai 33,1% wt pada PTR 2 dan peningkatan unsur Fe sebesar 32,3% wt. Spesimen di daerah root lebih sensitif terhadap korosi pitting, dalam percobaan korosi pitting tidak terjadi. Pada daerah tekukan hasil pengujian ASTM A262 praktek E tidak ada retak maka tidak terjadi korosi intergranular. Pengelasan dengan menggunakan API 5L X65 cladded UNS 08825 layak untuk dilakukan konstruksi setelah dilakukan percobaan karakterisasi dan ketahanan korosi yang terbukti mengacu pada kode dan standar.

The purpose of this study is to evaluate changes in the mechanical properties, micro structure and
the corrosion resistance of API 5L X-65 cladded UNS N08825 under repair welding. The welding
and the repair welding were conducted by combination process that is gas tungsten arc welding
(GTAW) and shielded metal arc welding (SMAW). The GTAW and SMAW welding process was
perfomed using filler metal ER NiCrMo3 and E NiCrMo3. The first specimen as main then other
four specimens weld area was ground, re-beveled on the different location and re-welded with
same parameter. Specimens of these with different location of welding repair were studied by
looking in the mechanical properties and corrosion resistance. The corrosion resistance conducted
according to ASTM G48-11 method A using ferric chloride solution for pitting corrosion
evaluation and ASTM A262 practice E to evaluated intergranular corrosion cracking. Tensile tests,
Bending test, Charpy-V impact resistance, macro photo and Vickers hardness tests, SEM-EDS
were conducted. Hardness of the heat affected zone in capping area increased as the repairs
conducted. The tensile test results show that the welding repair process does not significantly affect
the tensile strength at all welding repair locations. The biggest decrease value, which is 0.83%,
occurs in the welding repair process at the PTR 2 . location. The results of the charpy impact test
show a decrease in the value of the heat affected area (FL) by 10.44%. The impact test results in
the base metal area (WCL) had the lowest average value compared to the other two areas FL and
FL+2 are 97.8 J. The photo of the SEM shows the structural differences between weld metal, HAZ
and base metal where in the HAZ area each welding repair process have differences in the width
of the HAZ, the narrowest occurred in the TTR process 112 μm. EDS test shows decreased of the
nickel element, the value 33.1% wt in PTR 2 and increase of Fe element was 32.3% wt. The
specimen in root area is more sensitive to pitting corrosion, in experimental the pitting corrosion
was occured in capping area. In the ASTM A262 practice E intergranular corrosion test, IGC did
not occur as seen from the bending area in the result that there were no cracks. Welding using API
5L X65 cladded UNS 08825 feasible to construction after experimental for characterization and
corrosion resistance proved to referencing code and standard.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Riyan Nuryanto
"Untuk mendapatkan kondisi regangan bidang pada uji tarik, modifikasi spesimen dilakukan. Modifikasi spesimen telah menunjukkan regangan minor yang bernilai nol untuk uji tarik yang dilakukan pada temperatur ruang sehingga kondisi regangan bidang dapat dicapai. Pengujian untuk kelayakan specimen dilanjutkan dengan melakukan uji tarik panas pada temperatur tinggi, untuk mengetahui apakah kondisi regangan bidang masih dapat dipertahankan pada temperatur tinggi. Material yang digunakan adalah baja HSLA ASTM A 572 grade 50. Selanjutnya, dilakukan pula pengamatan metalografi untuk mengamati perubahan mikrostruktur setelah uji tarik panas, yang dalam hal ini adalah ukuran butir ferrite. Hasilnya, untuk uji tarik panas yang dilakukan sampai 1,15 yield, kondisi regangan bidang dapat dipertahankan. Terkait dengan deformasi yang terjadi, didapat pula bahwa semakin besar reduksi ketebalan yang terjadi semakin halus butir ferrite.

Modification of spesimen have done to get plane strain condition in tensile test. Modification of the specimens has shown zero minor strain on tensile test conducted at room temperature. Feasibility study of specimens followed by hot tensile testing at high temperatures, to determine whether plane strain condition can be maintained at high temperatures. The material used is a HSLA steel ASTM A 572 grade 50. Furthermore, metallographic observation has been conducted to get microstructure after hot tensile test, which the scope is ferrite grain size. Results, on hot tensile test is carried out until 1,15 yield point, plane strain condition can be maintained. Related to the deformation, it has found that the greater thickness reduction the finer ferrite grains that formed."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S743
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Erliza Erbaryanti
"Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh air formasi berinhibitor terhadap perilaku korosi dan laju korosi baja API 5L Grade B. Metode yang digunakan yaitu Weight loss dan Polarisasi Potensiodinamik. Uji celup dilakukan dengan variasi waktu 8, 11, dan 14 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi baja API 5L dalam larutan air formasi berinhibitor mengalami pemasifan dan laju korosi semakin menurun seiring pertambahan waktu. Hasil pengujian XRD menunjukkan bahwa produk korosi yang dihasilkan adalah Fe3O4.

A research has been conducted to know the influences formation water with presence of inhibitor to the corrosion behaviour and corrosion rate API 5L Grade B steel. Weight loss and Potentiodynamic Polarization methodology has been carried out. An immersion test with various time 8,11, and 14 days has been done. This research has show that passivity happened and the corrosion rate has decreased as the increased of time. The corrosion product of Fe3O4 has been known as the result of XRD test. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1548
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Manurung, Richard
"Dilakukan survey resistivitas tanah per 1 (satu) kilometer sepanjang pipeline dengan menggunakan metode four pin mengggunakan alat soil box untuk mendapatkan data perancangan proteksi katodik. Dari perhitungan dengan metode masa dan metode arus listrik yang dikeluarkan diperoleh jumlah anoda magnesium dengan spesifikasi berat 14,5 Kg, penampang melintang 0.015 m2 dan panjang 0.55 m pada setiap satu kilometer pipa dengan spacing 0.914 m. Berdasarkan referensi data pipa, lingkungan, spesifikasi anoda korban, spesifikasi material urug dan resistivitas tanah, perancangan jumlah anoda korban yang dipasang pada pipa dihitung. Pengecekan perlindungan proteksi katodik dilakukan dengan pengetesan potensial polarisasi dan perhitungan hambatan total dilapangan sehingga arus korosi dan laju korosinya dapat diperkirakan. Perbandingan dilakukan dengan menguji laju korosi material API 5L Grade B di laboratorium dengan alat potensiostat yang menggunakan metode polarisasi sehingga kriteria perlindungan berdasarkan standard NACE RP 0169 dapat diklarifikasi. Penelitian juga dikembangkan dengan melihat perilaku korosi material pipa dengan pengujian struktur mikro, mekanik dan komposisi kimia pada pipa baru dan yang pipa telah terkorosi (akibat alat uji potensiostat). Juga sebagai pembanding, sampel pipa gagal akibat korosi turut diuji struktur mikro dan komposisi kimianya. Data dari pengujian ini akan memberikan gambaran mengenai disain umur pipa yang dirancang untuk kondisi dengan tekanan dan temperatur tertentu.

A survey of soil resistivity per 1 (one) kilometer along the pipeline using the four pin method of a soil box tool to obtain cathodic protection design data. From the calculation with the mass method and the electric current method that was released, the number of magnesium anodes with a weight specification of 14.5 Kg, a cross section of 0.015 m2 and a length of 0.55 m in per one kilometer pipeline with spacing of 0.914 m. Based on pipe data references, environment, sacrificial anode specifications, load material specifications and soil resistivity, the design of quantity scarifical anodes installed on the pipe is calculated. Checking cathodic protection protection is done by testing the potential of polarization and calculating the total resistance in the field so that the corrosion current and the corrosion rate can be estimated. Comparison was carried out by testing the corrosion rate of API 5L Grade B material in the laboratory with a potentiostat device using the polarization method so that the protection criteria based on the NACE standard of Rp. 0169 could be verified. Research was also developed by looking at the corrosion behavior of pipe material by testing the microstructure, mechanics and chemical composition of the new pipe and the pipe has been corroded (due to the potentiostat test equipment). Also as a comparison, the defect pipe samples due to corrosion were tested for microstructure and chemical composition. Data from this test will provide an overview of the design life of pipes designed for conditions with certain pressure and temperature."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2011
T52610
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Buyung Nul Hakim
"[ABSTRAK
Pipa jenis API 5L adalah yang sering dipakai untuk sistem transportasi tersebut. Dari berbagai peraturan yang terkini masih terdapat kegagalan pada sambungan pipa tersebut sehingga sering timbulnya terjadi kebakaran akibat tumpahnya minyak dari kegagalan sambungan las. Pada saat proses pengelasan yang berdasarkan peraturan atau rekomendasi seperti prosedur pengelasan (Welding Procedure Specification - WPS) sering kali tidak dapat diikuti secara benar sehingga akan mempengaruhi struktur mikro daerah terpapar panas lasan (Heat Affected Zone - HAZ). Pada penelitian ini akan diperbandingkan perbedaan Heat Input terhadapan ketangguhan dan kekuatan sambungan las. Kemudian dilakukan pengujian tidak merusak (Non Destructive Test-NDT) seperti Radiographic Test yang berguna untuk mengetahui cacat yang mungkin timbul dalam las-lasan. Kemudian pengujian merusak (Destructive Test-DT) seperti uji ketangguhan, uji keluluhan, uji impact, uji Crack Tip Open Displacement-CTOD untuk mengetahui kekuatan dan ketangguhan dari sambungan las. Dari hasil pengujian diatas Heat Input adalah unsur utama yang harus diperhatikan dalam proses pengelasan.

ABSTRACT
API 5L pipe is type of pipe very often used for the transportation system. From various current regulations there are still failures in the pipe joint, the frequent occurrence of a fire occurs due to the oil spill from the failure of the welded joint. During the welding process based on rules or recommendation such as welding procedures (Welding Procedure Specification - WPS) found cannot be followed correctly and will impact to the microstructure of the weld area exposed to heat (Heat Affected Zone - HAZ). This research will be compared to the difference Heat Input with toughness and strength of welded joints. Then Non-Destructive Test (NDT) as Radiographic Test useful to know the defects that may arise in the welding-weld. Then destructive testing (Destructive Test-DT) such as toughness test, impact test, test Crack Tip Open Displacement-CTOD to determine the strength and toughness of the welded joint. The result showed Heat Input is one of the elements that must be considered in the welding process.;API 5L pipe is type of pipe very often used for the transportation system. From various current regulations there are still failures in the pipe joint, the frequent occurrence of a fire occurs due to the oil spill from the failure of the welded joint. During the welding process based on rules or recommendation such as welding procedures (Welding Procedure Specification - WPS) found cannot be followed correctly and will impact to the microstructure of the weld area exposed to heat (Heat Affected Zone - HAZ)
This research will be compared to the difference Heat Input with toughness and strength of welded joints. Then Non-Destructive Test (NDT) as Radiographic Test useful to know the defects that may arise in the welding-weld. Then destructive testing (Destructive Test-DT) such as toughness test, impact test, test Crack Tip Open Displacement-CTOD to determine the strength and toughness of the welded joint.
The result showed Heat Input is one of the elements that must be considered in the welding process., API 5L pipe is type of pipe very often used for the transportation system. From various current regulations there are still failures in the pipe joint, the frequent occurrence of a fire occurs due to the oil spill from the failure of the welded joint. During the welding process based on rules or recommendation such as welding procedures (Welding Procedure Specification - WPS) found cannot be followed correctly and will impact to the microstructure of the weld area exposed to heat (Heat Affected Zone - HAZ)
This research will be compared to the difference Heat Input with toughness and strength of welded joints. Then Non-Destructive Test (NDT) as Radiographic Test useful to know the defects that may arise in the welding-weld. Then destructive testing (Destructive Test-DT) such as toughness test, impact test, test Crack Tip Open Displacement-CTOD to determine the strength and toughness of the welded joint.
The result showed Heat Input is one of the elements that must be considered in the welding process.]"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T44300
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>