Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9374 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fathiya Azhar
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai efektivitas read aloud Sekolah Alam Cikeas, dengan fokus pada reaksi siswa setelah dibacakan cerita. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan yang dipilih berjumlah 8 siswa mulai dari Playgroup, TK A, TK B, dan SD kelas 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan read aloud secara rutin adalah sesuatu yang mendorong siswa untuk membaca dan menggunakan perpustakaan sekolah dan perpustakaan kelasnya sehingga semakin mendekatkan siswa dengan buku dan memupuk minat baca mereka. Melalui kegiatan read aloud, siswa dilatih berani menunjukkan berbagai ekspresi dan perasaan yang mereka rasakan kepada sesama teman dan penutur cerita.

ABSTRACT
This thesis is examined the effectivity of read aloud technique within Cikeas Nature School, under the focus of the reaction of the student after being read the story. The study under this thesis is using qualitative study with descriptive qualitative approach. The appointed sources are in the amount of 8 (eight) students across from playgroup student, student of TK A, student of TK B, and level 1 elementary school student. The result of the study/research shows that by conducting read aloud technique continuously shall encourage the student to read and use the school's library and class' library which causing the student to be more familiar with books and bring up their interest in reading. Through read aloud technique, the students are trained to show many expressions and feelings which they feel to their friends and the story teller."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S591
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Trelease, Jim
"From the Publisher: For more than two decades, millions of parents and educators have turned to Jim Trelease's beloved classic to help countless children become avid readers through awakening their imaginations and improving their language skills. Now this new edition of The Read-Aloud Handbook imparts the benefits, rewards, and importance of reading aloud to children of a new generation. Supported by delightful anecdotes as well as the latest research, The Read- Aloud Handbook offers proven techniques and strategies-and the reasoning behind them-for helping children discover the pleasures of reading and setting them on the road to becoming lifelong readers."
Jakarta: Noura, 2017
372.452 TRE r
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Jessika
"Program intervensi yang dilakukan terhadap K didasarkan pada metode Read Aloud dari Trelease (2008) dan pemberian reward jika K berhasil membaca buku secara mandiri. Program intervensi ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca pada K, sehingga ia mampu membaca buku secara mandiri karena keinginannya sendiri Program intervensi diadakan dalam waktu 8 (delapan) hari efektif yang terdiri atas tiga bagian, yaitu Ceramah Interaktif Read Aloud sebagai tahap intervensi pertama dan sebagai kegiatan pengembangan kemampuan bagi Ibu Z, Pelaksanaan Read Aloud di rumah sebagai tahap intervensi kedua dan Program Reward Baca Mandiri sebagai tahap intervensi ketiga. Setelah ketiga tahap selesai maka akan diambil hasil evaluasi dari program intervensi.
Hasil intervensi secara umum menunjukkan bahwa program intervensi Read Aloud dan Reward Baca Mandiri cukup efektif dalam meningkatkan minat membaca pada K, yang ditunjukkan dengan munculnya perilaku yang berhubungan dengan minat membaca termasuk salah satunya membaca mandiri. K berhasil membaca delapan cerita selama intervensi berlangsung. Meskipun begitu, kegiatan Read Aloud di rumah dan Baca Mandiri tidak berjalan sesuai jumlah hari yang direncanakan yaitu 7 hari. Kegiatan Read Aloud hanya berlangsung selama 3 hari dan Baca Mandiri berlangsung selama 4 hari. Menurunnya kesehatan Ibu Z sebagai pembaca buku cerita dan terlalu banyak waktu K untuk menonton televisi menjadi penyebab kurang maksimalnya hasil yang dicapai.
Intervention program that has been conducted upon subject K is based on Read Aloud method from Trelease (2008), reward are also given to K if she is able to read a book independently. The intervention program purpose is to improve reading interest on K, so she is able to read a book independently due to personal interest. The intervention program scheduled for 8 (eight) effective day which consists of three parts, interactive lessorhof Read Aloud for K's mother (or known as Z) as first step of intervention and as a improvement activity for Z, read aloud implementation as second step of intervention, and independent reading reward program as third step. After all steps has been conducted the evaluation of intervention program are taken.
The intervention result generally shows that read aloud and independent reading reward can be quite effective to increase reading interest in K, that is showed by the onset of behavior related to reading interest, where as K has read 8 stories during the intervention. Even so, the time plan for read aloud and independent reading activity in K's house does not occur as scheduled. The program scheduled for 7 days, but in reality read aloud activity only occurred 3 days and independent reading activity only occurred 4 days. Due to the Z as story reader was being sick and K activity that spends too much time watching TV; these have resulted achievements are not maximized."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
T38276
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reid, Rob
"In this timesaving resource, Reid makes reading aloud to children and teens easy by selecting titles in high-interest topics and providing context to spotlight great passages. Make reading fun and exciting with: passages from 400 titles encompassing fiction and nonfiction; advice on how to prepare for a read-aloud; a subject index to make program planning easier; and, bibliographic information on all titles. You will find plenty to engage your audiences and reinvigorate programs!"
Chicago: [American Management Association;, ], 2009
e20437675
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Adler, Mortimer Jerome, 1902-2001
Jakarta: iPublishing, 2007
418.4 ADL h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
New York: W.W. Norton, 1957
821.08 POE
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Bettelheim, Bruno
London: Penguin, 1981
428.407 BRU o
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Aniq Zuhri
"Kegiatan membaca terutama di kalangan siswa di Indonesia masih mendapat perhatian dari pelbagai kalangan khususnya institusi pendidikan, terlihat dari upaya pihak sekolah dalam meningkatkan
minat baca siswa melalui program yang dijalankan di masing-
masing sekolah. Beberapa sekolah di Indonesiaditemui telah menerapakan program kegiatan membaca yang dikaitkan dengan kegiatan akademik (Traditional Instruction) dan ada yang menerapkan
program kegiatan membaca yang tidak dikaitkan dengan kegiatan akademik (Free Voluntary Reading). Perbedaan program kegiatan membaca tentunya akan berdampak pada perilaku membaca siswa. Penelitian ini dilakukanuntuk mengetahui gambaran perilaku membaca siswa dan dampak program FVR maupun TI terhadap minat baca siswa, dengan menggunakan metode kuantitaif deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di SMAN 5 Surabaya dengan program FVR dan SMAN 17 Surabaya dengan program TI. Metode pengambilan sampel menggunakan Systematic Random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan perilaku membaca siswa program FVR cenderung mengalokasikan waktu membaca buku yang tergolong tipe pembaca agak rutin (Moderate Readers). Motivasi membaca siswa program FVR tergolong Aesthetic Reading karena motif membaca untuk memanfaatkan waktu luang dan mendapat kesenangan. Sedangkan siswa program TI tergolong Efferent Reading karena motif membaca untuk memenuhi tugas dari guru dan pemahaman materi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa program FVR LEBIH MENBERIKAN DUKUNGAN terhadap kegiatan membaca siswa dan berpeluang untuk memunculkan perilaku gemar membaca pada siswa."
Universitas Airlangga. FISIP, 2016
020 PAL 7:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Francis, Hazel
London: George Allen & Unwin, 1982
372.4 FRA l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Meek, Margaret
London: Bodley Head, 1995
372.414 MEE l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>