Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 122488 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sirait, Junita Rosalina
"Salah satu aspek terpenting pada suatu terminal bandar udara adalah orientasi penumpang (Wayfinding). Orientasi penumpang dalam wujud sebuah petunjuk informasi yang tepat dan eye-catching merupakan hal vital dalam sebuah penentuan arah yang benar. Hal ini menjadi dasar pemikiran untuk riset selanjutnya yang terdiri dari aspek-aspek penting sebuah papan petunjuk lokasi disertai peletakannya untuk menciptakan sistem wayfinding yang baik.
Pada karya tulis ini, sebuah papan petunjuk lokasi baru yang sesuai dengan karakteristik visual manusia dan teruji oleh sistem eye-tracking dianjurkan penulis. Percobaan yang disertai aplikasi EyeLink Data Viewer tersebut membantu peneliti mengidentifikasi lokasi optimum untuk memaksimalkan tampilan.
Model yang dianjurkan tersebut dapat diaplikasikan pada situasi sebagai peningkatan sistem penunjuk arah pada berbagai lingkungan/ fasilitas umum meliputi terminal pada bandar udara, stasiun, atau mall.

One of the important features of airport passenger terminal layout is passenger orientation (wayfinding). The common availability of wayfinding which include precise and eye-catching information signs is vital for providing help with finding the right directions. It results a future research which concerns the vital aspects of appropriate directional signage as well as its allocation to build good wayfinding system.
In this paper, a subtituting directional signage which based on human visual characteristics tested by eye-tracking system is being proposed. The eye-tracking trials along with EyeLink Data Viewer allow the designer to identify optimum location for signs in a space to maximize visibility.
The proposed model can be widely applied to practical situations so as to improve the design of signage system in various enclosed environments including airport terminals, multi-function railway stations, and shopping malls.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S173
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Elice
"Berbelanja merupakan suatu proses yang irasional di mana 80% keputusan membeli dibuat pada Point-Of-Purchase (POP), yaitu pada saat pembelanja sedang berhadapan dengan rak supermarket. Pada POP, hanya sekitar 50% dari keseluruhan merk yang terlihat oleh pembelanja karena minimnya waktu yang biasanya dihabiskan untuk berbelanja. Ratusan merk di rak supermarket memperebutkan atensi pembelanja melalui peletakkan yang strategis dan desain kemasan yang menarik sehingga penjualannya dapat ditingkatkan.
Dalam paper ini, penulis mengembangkan rancangan sebuah penelitian planogram rak supermarket sehingga suatu produk beserta atribut kemasannya dapat menarik atensi pembelanja. Penelitian dilakukan dengan mengukur fiksasi mata pada tampilan visual planogram dengan perangkat eye tracker berbasis video dan mengumpulkan data preferens mengenai atribut kemasan melalui kuesioner. Data penelitian diolah dengan metode full factorial design dan analisa diskriminan dengan studi kasus pada kemasan shampo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ke 2-3 vertikal dari atas dan bagian tengah horizontal rak supermarket merupakan posisi yang menerima atensi paling banyak. Sebagai tambahan, variabel bentuk, fungsi, dan warna kemasan produk ikut mempengaruhi atensi pembelanja. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis memberikan masukan mengenai posisi strategis dan desain kemasan merk yang menjadi objek pengujian.

Shopping is an irrational process to the extent in which 80% of purchase decisions are made at the Point-Of-Purchase (POP), namely, in front of the supermarket shelves. At POP, only 50% of brands are seen by shoppers due to short shopping time. Hundreds of brands have tried breaking this clutter to win shoppers' attention through strategic product placement and appealing packaging so it will enhance the sales volume.
In this paper, the author developed an eye-tracking research design against the planograms of supermarket shelf so the product along with its packaging attribute can gain the shopper's attention. The research is conducted by measuring the eye fixations on visual display of some planograms and collecting the data of packaging attribute preferences through questionnaire. All data will be processed statistically using full factorial design and discriminant analysis toward the study case in shampoo packaging.
The result shows that vertically second-third level from top and horizontally centre receive attention at most. In addition, packaging shape, function, and color significantly influence shopper's attention. Derived from these results, the author gave suggestions about strategic position and improvements of packaging attributes for the interest brand.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S52335
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hilda Rizkiani
"Papan petunjuk informasi merupakan suatu perlengkapan jalan yang mutlak dibutuhkan oleh pengguna jalan terutama pengendara kendaraan. Papan petunjuk informasi terdiri dari atribut-atribut seperti kombinasi warna papan dengan tulisan, bentuk papan, dimensi papan, legenda, dan lokasi papan. Atribut-atribut tersebut harus didesain dan ditampilkan dengan baik sehingga pesan yang disampaikan mudah dilihat, dibaca dan dimengerti oleh pengguna jalan.
Skripsi ini bertujuan untuk mendapatkan rancangan standar papan petunjuk informasi di Universitas Indonesia, Depok dengan menggunakan metode conjoint analysis dan metode eye tracking. Dengan menggunakan kedua metode tersebut akan didapatkan hasil berupa atribut-atribut papan petunjuk informasi berdasarkan preferensi pengguna jalan.

Informative sign is one of road tools that needed by road users especially drivers. Informative sign consists of many elements such as colour combination between board and letters, shape, legend, board dimension, and location where the sign placed. Those elements must be designed and presented well so road users can easily see, read and understand the information that the sign gave.
This paper aims to get the standard design for informative sign at University of Indonesia, Depok by using conjoint analysis and eye tracking method. The standard design is made based on the elements which chosed by road users' preference.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S190
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sanny Salim
"Papan Petunjuk Lokasi menjadi fasilitas utama penyedia informasi identifikasi arah suatu tempat. Begitu juga dengan Bandara Udara, sebagai pintu masuk-keluar suatu negara, tentu saja ada banyak pergerakan orang dari suatu lokasi ke lokasi lainnya, di mana pastilah banyak orang tersebut membutuhkan petunjuk lokasi.
Dalam paper ini, penulis mengembangkan rancangan sebuah penelitian untuk mengetahui atribut-atribut preferensi pengunjung untuk desain sebuah papan petunjuk lokasi. Atribut tersebut kemudian akan diolah dengan metode conjoint analysis. Hasil akan diperoleh standar preferensi dari pengunjung. Kemudian hasil tersebut akan dimasukkan ke dalam QFD untuk diketahui ketentuan teknis apa yang harus dilakukan.

Signage is a main information facility to identify way to a location. In an airport, as a main entrance door in a country, there are definitely a lot of mobilizations of people from different of profiles. In that case, a lot of people need a good signage to find a location easily.
In this paper, writer develops a research to know visitor's preference of attributes of signage design, especially in visual side. Those preferences will be analyzed by conjoint analysis method, so it will be gotten the preference standard to become the standard of signage. Next, the result will be inserted into QFD to know which technical requirements should have be done.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51720
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fitri Yanthi Adriani
"Berbagai variasi produk yang ditawarkan dalam toko Hypermarket yang berukuran luas kemungkinan menyebabkan kesulitan bagi konsumen untuk menemukan lokasi produk yang mereka inginkan, Papan petunjuk lokasi produk sebagai bentuk dari komunikasi visual dapat membantu konsumen mengatasi kesulitan tersebut. Papan petunjuk yang sesuai baik dari segi perancangan maupun peletakan akan memudahkan konsumen untuk menangkap informasi yang tertera dengan jelas. Untuk mewujudkannya, dilakukan kajian ergonomi dalam perancangan dan peletakannya dengan memperhatikan kemampuan dan keterbatasan yang terkait dengan salah satu indera manusia, yaitu mata. Dengan menggunakan alat Eyetracking yang terdapat pada Ergonomic Center, Teknik Industri, Universitas Indonesia, maka dapat diperoleh perancangan maupun peletakan papan petunjuk terbaik menurut ?preferensi? mata manusia berdasarkan fiksasi mata terbanyak. Dalam penelitian ditemukan bahwa papan petunjuk dengan latar abu-abu terang dan tulisan hitam serta bentuk huruf Segoe UI adalah desain terbaik. Untuk peletakan, papan petunjuk yang terletak pada tengah jalan utama dan jalan border adalah yang terbaik.

Thousands of product offered in the huge hypermarket store, can be possibly difficult for costumer to find product location they needed. Directional Signage, one of the Visual Communication, can provide a solution for that situation. A good design and placement of the signage can result the understandable and clear information provided on the signage. To create a good signage, ergonomic principles have to be accounted in the design and placement in associated with the capabilities and limitations of human?s eyes. Using a tool called Eyetracking provided in Ergonomic Centre, Industrial Engineering, Universitas Indonesia, eye movements can be detected. Thus, the best design and placement of directional signage can be determined based on visual preferences and most eye fixations. The researches found that signage in light grey and black font with font type Segoe UI is the best design. Besides, the best placement of the signage is in the middle of the aisle between racks."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S693
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Regina Prisilia
"Banyak faktor yang mempengaruhi atensi pembelanja ketika berhadapan dengan rak supermarket. Penelitian ini terfokus pada penentuan prioritas in-store marketing, yaitu lokasi atau desain kemasan menggunakan metode Eye Tracking. Uji desain kemasan untuk melihat pengaruh usia terhadap jenis atribut yang dilihat juga dilakukan. Penelitian ini memperlihatkan bahwa kedua faktor, lokasi dan desain kemasan, berpengaruh signifikan terhadap durasi fiksasi, dengan pengaruh lokasi yang lebih kuat daripada desain kemasan. Penelitian ini juga menemukan adanya kecenderungan atensi berdasarkan preferensi historis. Usia tidak berpengaruh secara signifikan terhadap jenis atribut yang dilihat, namun ada kecenderungan pola atensi berbasiskan perbedaan usia.

Many factors affect shopper's attention when facing supermarket shelf. This research focusing on finding in-store marketing priority, location or package design, using eye-tracking methods. Package design test was conducted in order to find out whether age has any influence in which attribute type was seen. This research shows both location and package design significantly affect the fixation duration, as location effects stronger than package design. This research also finds attention tendency based on past brand usage. Age does not affecting attribute type that was seen, but there is some attention pattern tendency based on age difference."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S1762
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Andhika Arya Pradana
"ABSTRAK
Kelelahan pekerja komputer merupakan salah satu penyebab terjadinya kurang konsentrasinya di dalam pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh waktu mulai terdeteksinya kelelahan bagi pekerja komputer saat bekerja di depan komputer selama 1 jam, sehingga dapat diketahui pada saat kapankah pekerja komputer sebaiknya beristirahat sejenak ketika mulai terdeteksi lelah. Pengukuran kelelahan ini menggunakan metode Eye Tracking berdasarkan perubahan aktivitas visual yakni kedipan mata dan saccade (gerak cepat mata). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerja komputer mulai terdeteksi lelah pada menit ke-30-40, namun untuk kondisi yang membutuhkan istirahat, yakni pada kondisi microsleep (sedikit tertidur dengan cepat) ditemukan pada menit ke-40-50. Selain itu, pada penelitian ini variabel kedipan mata lebih sensitif untuk mendeteksi kelelahan dibandingkan saccade untuk waktu bekerja didepan komputer selama 1 jam.

ABSTRACT
Computer worker fatigue is one of the causes of lack of concentration at work. This study aimed to obtain astart time detection of fatigue for computer workers while working at the computer for 1 hour, so it can be known at the time when will the computer worker should rest for a moment when it began to be detected tired. This fatigue measurement method EyeTracking by visual activity changes the blink of an eye and saccades (rapid eye movement). The results showed that the computer worker fatigue began to be detected in minute 30-40, but for a condition that requires rest, namely the condition microsleep (slightly asleep quickly) is found in 40-50 minutes. Additionally, in this study the variables blink more sensitive for detecting fatigue compared saccade to the time worked in front of a computer for 1 hour
"
2015
S59699
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maulana Senjaya Susilo
"ABSTRAK
Dengan semakin banyaknya bidang keilmuan yang menggunakan bantuan eye-tracker untuk mencapai terobosan baru di masing-masing bagiannya, titik fiksasi sebagai lokasi responden menghentikan pergerakan mata dan kemungkinan besar dilakukan untuk mencoba mencerna informasi yang terdapat di area tersebut lalu dijadikan pertimbangan untuk pengambilan keputusan menjadi sangat penting untuk diketahui. Menjawab kebutuhan tersebut, penulis mengembangkan sebuah model Neural Network menggunakan bantuan MATLAB untuk memprediksi output dari proses yang dilakukan terhadap titik fiksasi asli hasil percobaan eye-tracking dengan cara melatih dan menguji berbagai jenis kombinasi fungsi transfer antar layer dan fungsi training yang ada pada Neural Network dengan tujuan mencari kombinasi fungsi yang memberikan nilai MAPE (Mean Absolute Percent Error) dan MSE (Mean Squared Error) terkecil, jumlah iterasi training terkecil, dan durasi training yang paling singkat

ABSTRACT
With the increasing number of scientific fields which use the eye-tracker to achieve new breakthroughs in their each part, the fixation point as the location of the respondent to stop the movement of their eyes and most likely done to try to digest the information contained in the area and taken that information into consideration for the decision making to be very important to know. Answering this need, the authors developed a model of Neural Network using the help of MATLAB to predict the output from the process undertaken to original fixation point results of eye-tracking experiment by training and test various types of combinations of transfer functions between the layers and training functions that exist in Neural Network with the purpose of seeking a combination of functions that give the smallest MAPE (Mean Absolute Percent Error) and MSE (Mean Squared Error) value, the smallest number of training iterations, and the shortest duration of the training"
2016
T45751
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Steffi Link
"Saat ini konsumen di Indonesia sangat kurang memperhatikan label gizi pada kemasan produk pangan. Penelitian ini berfokus pada peletakan label gizi yang pada kemasan muka produk pangan karena menurut penelitian di Amerika, Eropa, Australia/Selandia Baru label gizi pada kemasan muka produk pangan lebih memudahkan konsumen memilih produk pangan yang lebih sehat. Bagi produsen, penelitian ini bertujuan memberikan rekomendasi letak dan bentuk label gizi yang efektif, dan bagi konsumen sebagai bahan pertimbangan untuk memilih produk pangan yang sesuai dan lebih sehat.
Penelitian ini diawali dengan kuesioner preferensi konsumen terhadap letak dan bentuk label gizi, kemudian dilanjutkan dengan eye-tracking. Hasil kuesioner dan eye-tracking akan dibandingkan dan divalidasi kembali dengan eye-tracking. Penelitian ini memperlihatkan bahwa label gizi dengan letak kiri atas dan bentuk PDI merupakan label gizi yang efektif.

Nowadays, Indonesian consumers are very lacking in attention to nutrition labels. This research focusing on front-of-pack nutrition labelling because based on a research conducted in US, Europe, Australia/New Zealand, front-of-pack nutrition labels ease consumers to choose healthier food products. For the producers, this research is used for recommendation of effective front-of-pack nutrition labeling, and for the consumers as a consideration to choose proper and healthier products.
This research was began with preference questionnaire and continues with eyetracking. The results of questionnaire and eye-tracking were compared and were validated using eye-tracking. This research shows that the most effective front-ofpack nutrition label should be placed at upper left and using PDI format.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43859
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rizqi Ramadhani
"Kompleksitas proses pengadaan dalam aplikasi e-procurement diperlukan performa yang menunjang untuk meningkatkan daya saing. Aplikasi e-procurement berbasis web yang dikembangkan pada sebuah perusahaan, akan menghasilkan data log yang terus bertambah, namun belum dimanfaatkan dengan maksimal. Metode web log mining yang digunakan dalam penelitian ini adalah sequential pattern dengan framework PrefixSpan kemudian dilakukan penghitungan waktu rata-rata yang dihabiskan pada sebuah halaman sesuai sequence pattern yang terbentuk. Hasil pengolahan dan analisis menunjukkan bahwa pengembangan sistem evaluasi tersebut menghasilkan pola urutan yang kemudian digunakan untuk mengetahui urutan akses dan waktu akses antar sequence sebagai bahan analisis untuk melakukan perbaikan atau peningkatan produk. Evaluasi yang dihasilkan adalah indikasi perlunya dilakukan peninjauan query pada bagian dengan waktu memuat halaman lebih dari 10 detik serta penggabungan halaman yang memanggil log bersamaan atau simultan.

The complexity of the procurement process in e-procurement applications requires performance that supports increasing competitiveness. A web-based e-procurement application developed by a company will produce log data that continues to grow, but has not been utilized to its full potential. The web log mining method used in this study is a sequential pattern with the PrefixSpan framework and then the average time spent on a page is calculated according to the sequence pattern formed. The findings show that the development of the evaluation system produces a sequence of patterns which is then used to determine the order of access and the access time between sequences as an analytical material to make product improvements. The resulting evaluation is an indication of the need to review queries on sections with page loading times greater than 10 seconds and merge pages that call the same log simultaneously.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>