Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4112 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Pantry, Sheila
London: Library Association Publishing, 1996
331.25 PAN d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Sembiring, Putri Noviani Hartati
"Proses outsourcing di Indonesia telah berkembang pesat. Dalam implementasinya, penerapan outsourcing mengalami berbagai permasalahan, mulai dari masalah perjanjian, perekrutan, sampai dengan pelaksanaan. Karyawan outsourcing di tempat kerja sering menemui perlakuan workplace ostracism atau pengucilan di tempat kerja. Karyawan yang mendapatkan pengalaman ostracized mengalami gangguan kesejahteraan psikologis dan memiliki kecenderungan tidak puas terhadap pekerjaannya, mengalami masalah kesehatan, hingga berhenti dari pekerjaannya. Selain itu, pekerja outsourcing pada umumnya cenderung untuk memilih diam meskipun didorong untuk menyampaikan saran dan ide mereka. Kedua hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja outsourced workers, apalagi jika pegawai juga mengalami stres ketika individu merasa adanya tuntutan lingkungan melebihi dari kemampuan adaptasi yang dimiliki. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini berfokus untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengucilan di tempat kerja dan employee silence terhadap kinerja pekerja outsourcing dengan stress sebagai variable mediasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner online terhadap responden dengan kriteria utama berprofesi sebagai pekerja alih daya. Sebanyak 195 respon yang diperoleh kemudian diolah menggunakan Teknik PLS-SEM. Dari data diketahui bahwa sebagian besar pekerja yang berstatus outsourcing berusia 21-30 tahun dengan masa kerja sekitar 1-2 tahun. Penelitian menemukan bahwa perceived stress yang dirasakan oleh individu memediasi pengaruh workplace ostracism dan employee silence terhadap task performance. Dapat disimpulkan bahwa silence yang timbul ditengah-tengah individu disebabkan oleh berbagai motif yang melandasi alasan karyawan tersebut memilih untuk diam. Sedangkan ostracism yang dirasakan adalah akibat kurangnya aktualisasi dari lingkungan sekitar kerja.

The outsourcing process in Indonesia has grown rapidly. In its implementation, the outsourcing workers experienced various problems, ranging from problems of agreement, recruitment, to implementation. Outsourced workers at the workplace often encounter ostracism or exclusion. Employees who experience being ostracized suffer from psychological well-being, tendency to be dissatisfied with their work, experience health problems, and even quit their jobs. In addition, outsourcing workers generally tend to remain silent even though they are encouraged to share their suggestions and ideas. Both of these things can affect the performance of outsourced workers, especially if employees also experience stress when individuals feel that environmental demands exceed their adaptability. Based on this background, this study focuses on knowing how the effect of workplace ostracism and employee silence on task performance of outsourcing workers with perceived stress as a mediating variable. The research method used is a quantitative method with data collection through online questionnaires to respondents with the main criteria being outsourced workers. A total of 195 responses obtained were then processed using the PLS-SEM technique. The study found that perceived stress by individuals mediates the relationship between workplace ostracism and employee silence on task performance. "
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Della Ayu Siti Fathimah
"Tesis ini membahas hubungan persepsi pekerja work-from-home pada tempat kerjanya di rumah terhadap kinerja kerja individu ketika bekerja di rumah. Pendekatan kuantitatif akan digunakan untuk melihat hubungan variabel-variabel kondisi tempat kerja dan persepsi pada tempat kerja dengan kinerja kerja individu. Pada penelitian ini, pengumpulan data akan dilakukan dengan pengisian kuesioner dan pelaksanaan semi-structured interview dengan participatory floor plan mapping . Pengisian kuesioner dilakukan untuk mengumpulkan data demografi partisipan, data kondisi tempat kerja, data persepsi partisipan terhadap tempat kerjanya, dan data penilaian kinerja kerja individu pekerja work-from-home . Pelaksanaan semi-structured interview dengan participatory floor plan mapping dilakukan untuk mengumpulkan data kondisi tempat kerja dan interaksi pekerja terhadap tempat kerjanya. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan metode analisis statistik dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan korelasi positif antara Persepsi pada Tempat Kerja dan Kinerja Kerja Individu. Selain itu, penelitian ini menemukan adanya pengaruh dari elemen-elemen tertentu, seperti Elemen Suasana Kerja, dan persepsi-persepsi tertentu, seperti fleksibel, fokus, dan teritorial, terhadap Kinerja Kerja Individu.

This thesis examines the relationship between perceptions of work-from-home workers at their workplace on individual work performance when working at home. A quantitative approach will be used to see the relationship between the variables of home workplace conditions and perceptions of the workplace at home with individual work performance. In this study, data collection was carried out by filling out questionnaires and conducting semi-structured interviews with participatory floor plan mapping. Filling in the questionnaire was carried out to collect participant demographic data, data on home workplace conditions, data on participants' perceptions of their workplace, and data on assessment of individual work performance of the work-from-home workers. Implementation of semi-structured interviews with participatory floor plan mapping was carried out to collect data on workplace conditions and worker interaction with the workplace. The collected data will be analyzed using statistical analysis and qualitative analysis methods. The results showed that there was a correlation between conditions at work at home, perceptions at work at home, and individual work performance. Furthermore, the results also found that certain elements of the workplace conditions and certain perceptions have their own impacts on Individual Work Performance."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syifa Nisrina Tyas Hapsari
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh workplace happiness terhadap intention to leave dengan employee engagement sebagai variabel mediasi pada karyawan tetap Gen Z dan milenial di perusahaan konsultan di Jakarta. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode survei melalui kuesioner daring. Data dikumpulkan dari 220 responden dan dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS untuk uji regresi linier dan Sobel Test untuk uji mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa workplace happiness memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap intention to leave dan pengaruh positif terhadap employee engagement . Selain itu, employee engagement secara parsial memediasi hubungan antara workplace happiness dan intention to leave. Temuan ini memberikan implikasi manajerial bahwa perusahaan konsultan perlu meningkatkan kebahagiaan kerja dan engagement karyawan untuk mengurangi tingkat intention to leave , khususnya pada generasi muda yang memiliki ekspektasi kerja yang berbeda dibandingkan generasi sebelumnya.

This study aims to examine the influence of workplace happiness on intention to leave with employee engagement as a mediating variable among full-time Gen Z and millennial employees in consulting firms in Jakarta. A quantitative approach was employed through an online survey questionnaire. Data were collected from 220 respondents and analyzed using SPSS software for linear regression and Sobel Test for mediation test. The results indicate that workplace happiness has a significant negative effect on intention to leave and a positive effect on employee engagement. Additionally, employee engagement partially mediates the relationship between workplace happiness and intention to leave. These findings suggest managerial implications for consulting firms to enhance workplace happiness and employee engagement to reduce intention to leave, particularly among younger generations who have distinct expectations from their work compared to previous generations."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muammar Luthfi Al Hakim
"Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh leader-member exchange dan fun at work terhadap work engagement dan deviant workplace behavior studi kasus pada PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Responden penelitian ini adalah karyawan tetap kantor pusat PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. di gedung Telkom Hub. Jumlah total responden adalah 130 orang. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian menggunakan teknik SEM dengan aplikasi LISREL 8.80. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa leader-member exchange berpengaruh positif dan signifikan terhadap fun at work dan work engagement serta berdampak negatif dan signifikan terhadap deviant workplace behavior. Selain itu, penelitian ini juga menyatakan bahwa fun at work berpengaruh positif dan signifikan terhadap work engagement namun tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap deviant workplace behavior. Penelitian ini juga membandingkan tentang adanya pengaruh langsung leader-member exchange terhadap work engagement dan deviant workplace behavior dan tidak langsung melalui fun at work.

This study was conducted to see the effect of leader-member exchange and fun at work on work engagement and deviant workplace behavior in Indonesian Telecommunication Company. Respondents are permanent employees of Telkom Indonesia Company located at the headquarters involving 130 respondents. The data were collected using a set of questionnaires and were analyzed using SEM technique with LISREL 8.80 application. The results showed that leader-member exchange has a positive significant effect on fun at work and work engagement and negative significant effect on deviant workplace behavior. In addition, this study also found that fun at work has a positive and significant effect on work engagement but does not have a significant effect on deviant workplace behavior. This study also compared the direct influence of leader-member exchange on work engagement and deviant workplace behavior with the indirect one through fun at work."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53556
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ashton, David N.
Geneva: International Labour Office, 2002
331.256 ASH s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Alma Shafira Salsabila
"Kota Jakarta Timur merupakan kota yang memiliki jumlah penduduk bekerja tertinggi di Provinsi DKI Jakarta. Adanya pemberlakuan bekerja di rumah (work from home) atau bekerja jarak jauh (telecommuting) saat adanya pandemi COVID-19 membuat perbedaan lingkungan fisik kerja karyawan saat bekerja di rumah dan di kantor. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan lingkungan fisik yang bekerja di rumah dan di kantor, serta mengetahui hubungan lingkungan fisik terhadap kinerja karyawan yang bekerja jarak jauh. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah lingkungan fisik kerja karyawan dan kinerja kerja karyawan. Metode yang digunakan adalah analisis keruangan dan analisis statistik Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan lingkungan fisik sebesar 63% yang terdiri dari perbedaan tingkat 1 sebesar 61% dan perbedaan tingkat 2 sebesar 2%. Hasil uji statistik yang dilakukan menunjukkan bahwa adanya hubungan antara lingkungan fisik kerja dengan kinerja kerja karyawan signifikan pada taraf nyata 5%. Lingkungan fisik karyawan yang bekerja di rumah dan di kantor yang tidak memiliki perbedaan rata-rata berada tepat di dekat jaringan jalan. Sedangkan untuk kinerja kerja karyawan yang bekerja di rumah dan di kantor yang tidak memiliki perbedaan kebanyakan berada tidak tepat di jaringan jalan.

East Jakarta City is a city with the highest number of working populations in DKI Jakarta Province. The implementation of working at home or working remotely (telecommuting) during the COVID-19 pandemic has made a difference to the physical work environment of employees while working at home and at the office. This study aims to determine the differences in the physical environment at home and in the office, as well as to determine the effect of the physical environment on the performance of employees who work remotely. The variables used in this study are the employee's physical work environment and employee work performance. The method used is spatial analysis and Chi-Square statistical analysis. The results showed that there was a difference in the physical environment of 63% consisting of a difference in level 1 of 61% and a difference in level 2 of 2%. The results of statistical tests conducted indicate that there is a significant relationship between the physical work environment and employee work performance at the 5% level of significance. These employees whose physical work environments are in their homes and in the office that does not differ is on average are near main road networks. As for the work performance of employees who work at home and in the office, which have no difference, most of them are not near main road networks."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifqi Pratama Putra
"ABSTRAK
Third place adalah tempat pemenuh kebutuhan dan aktivitas komplementer di luar first place dan second place. Seiring perkembangan zaman, teknologi dan informasi semakin mudah diakses. Hal tersebut berdampak terhadap bagaimana gaya bekerja zaman sekarang. Third place yang awalnya merupakan tempat berkumpul untuk melepas lelah dan stress serta bersosialisasi, hadir sebagai pilihan tempat untuk bekerja. Skripsi ini bertujuan untuk mengkaji mengapa fenomena pemanfaatan coffee shop sebagai tempat kerja dapat terjadi, dan faktor-faktor apa yang berpengaruh terhadap fenomena tersebut. Dari kajian teori serta studi kasus yang dilakukan pada coffee shop yang ada di kawasan Jakarta Selatan, terlihat bahwa pengunjung memperlakukan coffee shop sebagaimana fungsi third place. Namun, sebagian pengunjung yang datang ke coffee shop mendapatkan experience yang memberikan meaning bahwa tempat tersebut dapat dimanfaatkan sebagai tempat kerja. Untuk menjawabnya, dilakukan pengamatan terhadap elemen ruang maupun non-ruang dari coffee shop yang membuktikan kondisinya sebagai third place sekaligus melihat pemanfaatnya sebagai tempat kerja.

ABSTRACT
Third place is a place which fulfills complementary needs and activities beyond the first place and second place. As time progressed, technology and information have became more accessible. It has a significant impact on today rsquo s working ethic. Third place which was originally a place to gather, relieve stress and also socialize, presents as an option of workplace. This thesis aims to examine why the phenomenon of utilizing coffee shop as a workplace occurs and what factors affecting the phenomenon. Through the literatures and case studies conducted on coffee shops around South Jakarta, it appears that the users treat coffee shop the way a third place should be. However, some of them get experience which gives meaning of coffee shop as a workplace. Responding the phenomenon, it is necessary to observe the spatial and also non spatial elements that prove the condition of coffee shop as a third place and at same time seeing it as a workplace."
2017
S67972
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Keysha Karnira Chairunnisa
"Di era abad ke-21, transformasi signifikan di tempat kerja akibat ketergantungan terhadap teknologi memunculkan dampak mendalam pada karyawan dan organisasi, mendorong perlunya strategi untuk mencapai kinerja maksimal. Organisasi, di hadapan perubahan yang cepat, kini fokus pada pemanfaatan kreativitas dan keahlian individu karyawan sebagai sarana untuk meningkatkan kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Optimisme terhadap Employee Performance melalui mediasi Workplace Happiness di Kantor Pusat Bank Indonesia. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan menggunakan teknik penarikan sampel non-probability sampling. Kualifikasi untuk menjadi responden adalah karyawan tetap non-manajerial yang sudah bekerja minimal 6 bulan di Kantor Pusat Bank Indonesia, dengan total 235 responden. Hasil analisis regresi, uji interaksi, dan uji Sobel menunjukkan adanya pengaruh secara parsial dan signifikan dari Workplace Happiness sebagai mediasi dari pengaruh antara Optimisme terhadap Employee Performance di penelitian ini. Temuan ini memberikan implikasi strategis bagi Bank Indonesia untuk meningkatkan Optimisme, Workplace Happiness, dan Workplace Happiness, sejalan dengan tujuan organisasi dalam menghadapi perubahan industri yang cepat dan tidak terduga. Integrasi penelitian ini dapat membantu merumuskan strategi jangka panjang untuk mencapai kesuksesan organisasi di tengah dinamika perubahan.

In the 21st century, workplace transformations driven by technological dependence necessitate strategies for optimal performance. Organizations, adapting to rapid changes, focus on leveraging employees' creativity and skills to enhance performance. This study examines the impact of Optimism on Employee Performance, mediated by Workplace Happiness at the Central Office of Bank Indonesia. Using a quantitative approach with non-probability sampling, 235 non-managerial permanent employees with a minimum 6-month tenure were surveyed. Regression analysis, interaction tests, and Sobel tests reveal a significant partial influence of Workplace Happiness as a mediator between Optimism and Employee Performance. These findings hold strategic implications for Bank Indonesia to improve Optimism, Workplace Happiness, and overall performance amid dynamic industry changes. Integrating this research can aid in formulating long-term strategies for organizational success."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anni Fitriana
"Perilaku inovatif layanan di sektor publik dibutuhkan untuk menghadapi perubahan yang semakin dinamis dan masyarakat yang semakin kritis menuntut pelayanan yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh workplace happiness dan proactive personality terhadap employee service innovative behavior dan pengaruh tidak langsung melalui mediasi work engagement. Data empiris dikumpulkan dari 711 staf pegawai tetap BPJS Kesehatan dengan menggunakan metode survei online. Studi ini di analisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dan confirmatory factor analysis untuk menguji tujuh hipotesis yang diajukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa workplace happiness dan proactive personality berpengaruh positif terhadap employee service innovative behavior, baik secara langsung maupun melalui mediasi work engagement. Lebih lanjut, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengambil kebijakan di bidang sumber daya manusia untuk mengidentifikasi kepribadian proaktif dalam rekrutmen dan seleksi talenta serta menciptakan kondisi kebahagiaan di tempat kerja untuk meningkatkan perilaku inovatif layanan karyawan, khususnya di sektor publik

Service Innovative Behavior in the public sector is required to deal with highly dynamic changes and more critical society insist an effective and efficient service. This study aims to examine the impact of workplace happiness and proactive personality on employee service innovative behavior and the indirect effect through the mediation of work engagement. Empirical data was collected from 711 employees of a public service organization using an online survey method. This study analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) and confirmatory factor analysis to test the seven hypotheses proposed. The result shows that workplace happiness and proactive personality positively influenced employee service innovative behavior, both directly and through the mediation of work engagement. Furthermore, this study is expected to contribute to the policymakers in human resources to identify proactive personality in talent recruitment and selection and pay attention for creating workplace happiness to stimulate the service innovative behavior of employees, specifically in the public sector."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>