Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 30457 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Peterson, Patricia Wilcox
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1996
420.7 PET dt
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan buku ajar (modul) terhadap hasil belajar Bahasa Inggris untuk akuntansi. Penelitian dilakukan pada Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali. Sebagai sampelnya dipilih dua kelas yang perolehan nilai hasil pre-tesnya hampir sama (sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol). Hasil pre-tes ini juga sekaligus digunakan sebagai dasar untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan buku ajar. Data berupa hasil belajar Bahasa Inggris selama eksperimen diperoleh dengan menggunakan alat ukur berupa Tes Prestasi. Hasil pre-tes dan hasil tes selama eksperimen dibandingkan untuk mengetahui alat ukur berupa Tes Prestasi. Hasil pre-tes dan hasil tes selama eksperimen dibandingkan untuk mengetahui berapa yang mengalami dan tidak mengalami peningkatan. Kemudian hasilnya dimasukkan ke dalam tabel kontingensi dua kali dua untuk diuji dengan Chi Kwadrat dengan tingkat signifikansi 0,5. Hasil perhitungannya menunjukkan bahwa nilai x2 selalu lebih besar dari nilai kritisnya (3,81). Ini artinya bahwa penggunaan buku ajar memberi pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Inggris. Pengaruh positif ini diberikan karena buku ajar ini mampu memfasilitasi kegiatan belajar mandiri mahasiswa. Buku ajar ini dilengkapi dengan tujuan pembelajaran yang jelas, isi materi yang lengkap dan mendalam, mudah dipelajari, metode belajar menyenangkan, menggunakan bahasa komunikatif, dan alat evaluasi beserta kunci jawabannya."
TEKNODIK 19:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nurmala Dewi
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh story mapping terhadap peningkatan hasil belajar membaca dan menulis peserta didik SMP, dengan desain penelitian yang termasuk kedalam penelitian semu (quasi experiment). Untuk mengukur apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas yang diajarkan dengan teknik story mapping dan kelas yang tidak diajarkan dengan teknik tersebut. Data penelitian dianalisis menggunakan pengujian N-gain (Normalized Gain), dan uji hipotesis menggunakan uji t (t-test). Hasil N-gain yang diperoleh menunjukkan bahwa perlakuan yang diberikan pada kelas eksperimen dengan teknik story mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar membaca dan menulis dengan ukuran efek (effect size) pada klasifikasi yang tinggi. Sementara hasil t-test yang diperoleh terhadap hasil belajar membaca dan menulis adalah t-hitung > t-tabel. Sesuai dengan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yang berarti H0 ditolak, hal ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar membaca dan hasil belajar menulis peserta didik pada kelas eksperimen yang diterapkan teknik story mapping,yang lebih baik dari pada hasil belajar peserta didik di kelas kontrol tanpa menggunakan teknik tersebut."
Tangerang: LPPM Universitas Terbuka, 2018
370 JPE 19:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Aisyah Nurdianingsih P A
"ABSTRAK
Dalam pembelajaran keterampilan menulis teks narasi bahasa Inggris, siswa kelas 4 mengalami kesulitan untuk memulai kegiatan menulis karena mereka tidak mampu mengungkapkan ide mereka dengan baik terkait topik yang harus mereka tulis. Mind-mapping dianggap dapat memberikan solusi atas masalah ini karena mind-mapping merupakan cara mencatat secara efektif dan kreatif dengan memetakan ide secara terorganisir. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif teknik pengajaran keterampilan menulis teks bahasa Inggris yang lebih menarik dan kreatif khususnya untuk siswa sekolah dasar melalui penerapan teknik mind-mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode kombinasi antara kuantitatif dan kualitatif. Desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan merupakan penelitian kolaborasi antara peneliti dan guru bahasa Inggris yang bekerja sama dalam perencanaan, implementasi, pengamatan dan refleksi tindakan. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, kuesioner, wawancara, dan tes menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mind-mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks narasi bahasa Inggris siswa. Penggunaan gambar berwarna dalam mind -mapping efektif meningkatkan antusiasme siswa dalam tahap pengembangan topik dan pemodelan teks. Penggunaan mind-mapping sebagai strategi pramenulis pada tahap penyusunan dan penulisan teks berhasil membantu siswa mengungkapkan ide mereka dengan baik sehingga siswa mampu menghasilkan teks narasi dengan isi dan struktur teks yang tepat. Penelitian ini juga mengemukakan respon positif persepsi siswa terhadap penggunaan mind-mapping. Kata kunci: keterampilan menulis, mind-mapping, siswa muda, teks narasi bahasa Inggris

ABSTRACT
In writing English narrative texts, 4th grade students as young learners had difficulties in expressing ideas related to topics assigned by teachers. Mind mapping was considered to solve the problem because it was a way of taking note effectively and creatively by mapping organized ideas. This study aimed to provide an alternative teaching techniques of English text writing skills that were more interesting and creative especially for elementary school students through the application of mind mapping techniques. This study was a classroom action research using a combination of quantitative and qualitative methods. The design was a collaborative study between the researcher and English teacher who worked together in planning, implementing, observing, and reflecting on the implementation of mind mapping. Data were collected through classroom observations, questionnaire, interview, and writing activities. The results showed that mind mapping was effective in improving the students rsquo ability to write English narrative texts. The use of colorful pictures was effective to enhance students rsquo enthusiasms in topic development and text modelling. The use of mind mapping as a prewriting strategy at the stage of composing and writing text successfully helped students express ideas so that they could produce narrative texts with appropriate content and structure. This study also revealed that students rsquo perceptions towards mind mapping were positive. Keywords writing skills, young learners, mind mapping, English narrative texts"
2018
T50959
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Teresa Angelina Kaluge
"Riset yang mengkaji pengaruh regulasi diri terhadap strategi menulis di Indonesia belum banyak dilakukan. Penelitian ini mengkaji pengaruh perbedaan individu khususnya gender terhadap strategi menulis berbasis regulasi diri dengan melibatkan minat akademik sebagai mediator dan bertujuan menghubungkan strategi menulis dengan gender siswa seraya
memperhitungkan minat akademik ketika belajar bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan desain korelasional. Data diperoleh lewat survei dengan instrumen berupa kuesioner yang disebarkan secara daring kepada 324 orang pemelajar
bahasa Inggris sebagai bahasa asing dari empat sekolah menengah atas swasta di kota Malang.
Analisis statistik deskriptif dan inferensial multivariat digunakan untuk mengolah data yang diperoleh peneliti. Hasil olah data mengungkap bahwa penggunaan strategi menulis berbasis regulasi diri oleh siswa tergolong baik. Perbedaan gender ditemukan pada strategi "perencanaan". Apabila minat akademik Bahasa Inggris dimasukkan sebagai variabel kovariat, maka perbedaan gender ditemukan pada lebih banyak strategi menulis. "Nilai" berpengaruh terhadap "prakarsa diri", "perencanaan", dan "menghasilkan teks". "Pengetahuan"
berpengaruh pada kelima dimensi strategi menulis. Selain itu, "keterlibatan" berpengaruh terhadap "prakarsa diri", "revisi", dan "respon terhadap balikan". Secara teoretis, penelitian ini berkontribusi memaparkan perbedaan gender terhadap strategi menulis dalam praktik belajar dan mengajar. Pengajar disarankan untuk memertimbangkan perbedaan gender ketika memperkenalkan strategi menulis, baik secara eksplisit maupun implisit.

Studies on the effect of self-regulation towards writing strategies in Indonesia had not been
widely carried out. This research attempted to test the effect of individual differences,
particularly gender on writing strategies based on self-regulation while taking into account the
academic interest as mediator. This research was conducted quantitatively using a correlational
design. Data were obtained through a survey model where online questionnaires were
distributed to 324 high school students who were studying English as a foreign language. Four
private schools from Malang city were the sources of samples. The data were processed using
descriptive and inferential multivariate statistical analyses. The results showed that the use of
self-regulation-based writing strategies by students was classified as good with gender
differences was found in the 'planning' strategy. However, after inputing variables of academic
interest as covariates, then gender differences were found in several writing strategies. 'Value'
influences 'self-initiating', 'planning', and 'text-generating'. 'Knowledge' affects the five
dimensions of writing strategy. In addition, 'engagement' affects 'self-initiating', 'revising',
and 'acting on feedback'. Theoretically, this research contributed to explaining gender
differences in writing strategies in teaching and learning practices. Teachers were advised to
consider gender differences when introducing writing strategies, either explicitly or implicitly.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini mengkaji mengenai investigasi perancangan silabus berbasis teks dalam kelas munulis Akademik Bahasa Inggris, khususnya berfokus pada pengajaran menulis makalah penelitian dalam bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan porses perancangan silabus berbasis teks yang dilakukan oleh guru di dalam kelas menulis bahasa Inggris dengan menggunakan kerangka kerja yang diusulkan oleh Feez dan Joyce (1998). Hasilnya menunjukkan bahwa guru telah melakukan semua langkah perancangan silabus berbasis teks yang diusulkan oleh Feez dan Joyce (1998). Dalam hal ini, guru mengikutkan proses analisis kebutuhan, prencanaan program pengajaran, perencanaan evaluasi untuk program pengajaran termasuk penyerahan laporan, pencatatan dan pelaporannya sendiri. Hal ini menunjukkan pemahaman guru terhadap perancangan sebuah silabus berbasis teks yang mungkin saja dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuannya dalam menulis makalah penelitian dalam bahasa Inggris. Hasil penelitian juga menujukkan bahwa guru melakukan proses negosiasi dengan siswanya setelah silabus dirancang dan sebelum pemelajaran dimulai sebagai sebuah bentuk evaluasi silabus yang mungkin dapat menyebabkan silabus untuk diubah dan meningkatkan kualitas silabusnya.
"
JURPEND 14:2 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Hartati Hassan
"This research has the aims to describe the students' motivation in learning English as a foreign language and to prove whether motivation influences students' achievement. The researcher replicates motivational construction from Tremblay and Gardner (1995) with some adaptation to the social environment of learners. In this construction, language attitude is determined as a factor to arise motivation. Motivation is divided into motivational antecedent and motivational behavior. This research has three variables: language attitude as an independent variable; motivational antecedent and motivational behavior as a mediating variable; and students' learning achievement as a dependent variable. The subjects consist of ninety-nine participants of Lembaga Bahasa LIA Afiliasi Bandar Lampung, one of the private English courses in Bandar Lampung. Questioners are distributed for collecting the data of motivation and the English test is used for students ' achievement. The data are analyzed in two ways: the simple profile model and the causal model. The simple profile model shows that students' motivation stresses more on instrumental rather than integrative. Most of the students studying English for the reason of having a good job in the future. Seven hypotheses have to be proved to see the influence of each part of the motivational"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1999
T38082
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>