Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4145 dokumen yang sesuai dengan query
cover
London: Routledge, 1998
372.409 IMP
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Kawakita, Kyoko
"外国語学部フランス語専攻での2 年間の実習授業では、詳細な文法学習は行っているが体系的な語彙学習は行っておらず、専攻語到達度目標達成には語彙不足が懸念される。専攻語の授業であることに鑑みて、文法学習レベルを維持しつつ効果的な語彙習得方法を考えなければならない。他方、フランスの国語教育では、「聞く・話す・読む・書く」といった総合的な理解力や表現力は、文法規則や正書法の習得及び豊かな語彙にかかっているという判断の下に、体系化された語彙教育が行われている。国語教育で習得される語彙は、外国語教育で習得すべき語彙よりも高度で広範囲でありながら、外国語教育で習得すべき基本語彙もおろそかにせず学習させている。そこで、フランスにおける語彙教育がどのように行われているかを知ることは、外国語としてのフランス語教育における語彙を豊富にする学習方法に資すると考える。フランス小学校国語科の語彙習得方法を「語形成、多義性、類義語と反意語」の3 項目を中心に国語教科書から紹介し、我々のフランス語教育への応用可能性を検討する。"
Osaka: Graduate School of Language and Culture, Osaka University, 2019
400 FRO 2 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ellis, Sue
"Modern primary teachers must adapt literacy programmes and ensure efficient learning for all. They must also support children with language and literacy diffi culties, children learning English as an additional language and possibly teach a modern foreign language. To do this effectively, they need to understand the applied linguistics research that underpins so many different areas of the language and literacy curriculum. This book illustrates the impact of applied linguistics on curriculum frameworks and pedagogy. It captures the range of applied linguistics knowledge that teachers need, and illustrates how this is framed and is used by policy makers, researchers, teacher educators and the other professions who work with teachers in schools. It considers how to effect professional development that works. It is essential reading for primary teachers but also for speech and language therapists, educational psychologists, learning support teachers and all those doing language or literacy research in the primary classroom."
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 2011
e20372257
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Wray, David
London: Routledge, 1991
372.6 WRA l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Zakiyah Fahiroh
"Skripsi ini meneliti tingkat literasi gizi fungsional, interaktif dan kritikal yang dapat menggambarkan tingkatan kemampuan individu untuk memperoleh, menerima dan membuat keputusan gizi yang sesuai pada ibu siswa sekolah dasar. Faktor-faktor yang duji beda proporsinya adalah usia ibu, tingkat pendidikan, pendapatan keluarga, dan paritas. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Data diambil menggunakan kuesioner dengan metode self administered pada 108 responden yang bersedia berpartisipasi dan tidak mengalami kesulitan membaca dan menulis. Variabel yang memiliki perbedaan proporsi yang signifikan adalah tingkat literasi gizi fungsional dengan usia p value = 0,012 dan tingkat pendapatan keluarga p value = 0,02, literasi gizi interaktif dengan usia p value = 0,024 dan pendidikan p value = 0,035.

This thesis examines the level of functional, interactive and crticical nutrition literacy that can describe the level of individual ability to obtain, receive, anda make appropriate nutritional decisions on tthe mother of elementary school students. Factors analyzed for different proportions were mother's age, education level, family income and parity. This research is a quantitative research with cross sectional study design. Data were colected using quetionnaires with self administered method on 108 respondents who were willing to participate and had no troubling reading and writing. The variables that have significant difference of the proportion are the functional literacy with age p value 0,012, and family income p value 0,02, the interactive nutritional literacy with age p value 0,024 and education p value 0,035. "
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ananda Nur Aulia
"Pendidikan literasi penting untuk diterapkan demi majunya pendidikan, terutama pada masa pembelajaran daring saat ini, pendidikan literasi tidak mudah dilakukan, khususnya bagi para guru Sekolah Dasar (SD) kelas rendah. Kesiapan pun diperlukan untuk membantu para guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran teacher efficacy dan fleksibilitas berpikir terhadap kesiapan pembelajaran literasi secara daring pada guru kelas rendah SD di Indonesia dengan jumlah subjek (N= 136). Alat pengumpulan data berupa kuesioner mengenai teacher efficacy menggunakan Teacher’s Self-Efficacy Scale (TSES) dari Tschannen-Moran dan Hoy (2001), fleksibilitas berpikir menggunakan Cognitive Flexibility Inventory (CFI) dari Dennis dan Vander Wal (2010) dan kuesioner kesiapan pembelajaran daring menggunakan Readiness for Online Learning Questionnaire (ROLQ) dari McVay (2000). Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dan diperoleh hasil bahwa secara simultan terdapat peran yang signifikan antara teacher efficacy dan fleksibilitas berpikir terhadap kesiapan guru dalam pembelajaran literasi secara daring dengan sebesar 0,37, yang artinya 37% varians teacher efficacy dan fleksibilitas berpikir keduanya mampu memprediksi kesiapan pembelajaran literasi secara daring. Sedangkan secara parsial, hasil menunjukkan bahwa fleksibilitas berpikir tidak mampu memprediksi kesiapan guru dalam pembelajaran literasi secara daring.

Literacy education is important to apply for the advancement of education, especially during the current era of online learning, literacy education is not easy to do, especially for low grade elementary school teachers. Readiness is also needed to assist teachers in carrying out learning well. This study aims to examine the role of teacher efficacy and cognitive flexibility on online literacy learning readiness for elementary school teachers in Indonesia with a number of subjects (N = 136). Data collection tools in the form of a questionnaire on teacher efficacy using the Teacher's Self-Efficacy Scale (TSES) from Tschannen-Moran and Hoy (2001), cognitive flexibility using the Cognitive Flexibility Inventory (CFI) from Dennis and Vander Wal (2010) and online learning readiness questionnaire using Readiness for Online Learning Questionnaire (ROLQ) from McVay (2000). The data analysis technique used multiple linear regression and it was found that simultaneously there is a significant role between teacher efficacy and flexibility of thinking on teacher readiness in online literacy learning with a of 0.37, which means 37% of the variance of teacher efficacy and cognitive flexibility are both able to predict readiness for online literacy learning. While partially, the results show that cognitive flexibility is not able to predict teacher readiness in online literacy learning."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafidah Riahta
"Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas program pelatihan Sekolah Ramah Inklusi (SERASI) untuk menumbuhkan sikap positif terhadap pendidikan inklusif pada guru sekolah dasar. Desain penelitian ini adalah within-subject one group pretest posttest design. Partisipan dari penelitian ini adalah guru sekolah dasar yang mengajar di kelas inklusif (n=19). Program pelatihan SERASI berlangsung selama 7 jam dengan topik siswa berkebutuhan khusus, pendidikan inklusif dan strategi mengajar collaborative learning. Modul pelatihan dirancang berdasarkan rekomendasi dari penelitian terdahulu, analisis kebutuhan dan studi literatur. Sebagai langkah untuk mengetahui efektivitas program pelatihan SERASI, sikap guru diukur dengan menggunakan alat ukur the Multidimensional Attitudes Toward Inclusive Education Scale (MATIES) oleh Mahat (2008) dan diadaptasi oleh Kurniawati (2014). Alat ukur MATIES diukur sebanyak tiga kali, yaitu sebelum, sesaat setelah program pelaksanaan dan 3 bulan setelah program pelatihan SERASI dilaksanakan. Hasil menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan pada sikap guru terhadap pendidikan inklusif. Hasil rata-rata skor menunjukkan bahwa rata-rata skor MATIES mengalami peningkatan pada post-test 1 dan post-test 2 bila dibandingkan dengan hasil pre-test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sikap guru sebelum pelaksanaan telah tergolong positif terhadap pendidikan inklusif. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa faktor, seperti jumlah siswa berkebutuhan khusus, pengalaman mengajar, usia, teacher self efficacy dan dukungan sekolah yang tampaknya memengaruhi hasil penelitian ini. Temuan pada penelitian ini memberikan saran atau rekomendasi kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penguatan atau follow up setelah pelaksanaan program dan mempertimbangkan penggalian data melalui observasi dan wawancara. Saran tersebut bertujuan untuk mendapatkan gambaran sikap guru terhadap pendidikan inklusif yang lebih detail dan mendalam.

This study aimed to examine the effectiveness of Sekolah Ramah Inklusi (SERASI) training program in improving the teachers` attitude towards inclusive education.  A within-subject one group pretest-posttest design was designed in this study. SERASI training program was developed for the primary teachers in inclusive school (n=19). SERASI training program consisted of a 7 hours face-to-face training session comprising topics such as disability, inclusive education, and teaching strategies collaborative learning. Training` module was designed based on the recommendation from previous studies, need analysis and study literature. In order to know the effects of the SERASI training program, the teachers` attitude was measured using the Multidimensional Attitudes Toward Inclusive Education Scale (MATIES) by Mahat (2008) and adapted by Kurniawati (2014). The MATIES were measured at three moments, before, immediately after and 3 months after the training program was performed. The outcomes of MATIES revealed that there are no significant differences in the teachers` attitude towards inclusive education. The means score showed that the post-test 1 and post-test 2 is increasing from the pre-test. Based on the result, the teacher already had a positive attitude toward inclusive education before joined on SERASI` training. The results also show some factor, such as the number of student with special education need, teaching experience, age, teacher self-efficacy and schools` support influence this result. These findings suggest that the future researcher also can consider about follow up after the training program was performed and conducted observation and interview the participant to know clearly and deeply about the teachers` attitude. This recommendation aimed to know teacher` attitude towards inclusive education more clearly."
Depok: Universitas Indonesia, 2019
T51697
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lumbantobing, Claudia Anastasia Putri
"ABSTRAK
Literasi gizi adalah derajat kapasitas seseorang dalam memperoleh, memproses, memahami informasi dasar gizi dan kemampuan yang dibutuhkan untuk membuat keputusan gizi yang benar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran literasi gizi anak sekolah dasar di Jakarta Timur serta perbedaan proporsi variabel independen seperti jenis kelamin, pendidikan ayah, pendidikan ibu, pendapatan orangtua, penggunaan media, dan peran guru berdasarkan tingkat literasi gizi. Literasi gizi sendiri dibagi menjadi tiga domain utama yaitu fungsional, interaktif, dan kritikal. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional. Responden dalam penelitian ini adalah anak sekolah dasar kelas 4,5, dan 6 di Kelurahan Duren Sawit dan Kelurahan Pondok Kelapa. Jumlah responden sebanyak 87 orang dan pengambilan data dilakukan dengan instrumen Nutrition Literacy Scale NLit dan Nutrition Literacy Scale for Adolescent NLAA. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan proporsi literasi gizi fungsional berdasarkan jenis kelamin, pendidikan ayah, pendidikan ibu, pendapatan orangtua, penggunaan media. Terdapat perbedaan proporsi literasi gizi interaktif berdasarkan penggunaan media. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi studi awalan penelitian literasi gizi di Indonesia.

ABSTRACT
Nutrition literacy can be defined as the degree to which people have the capacity to obtain, process and understand basic nutrition information. This research discusses the description of nutritional literacy of primary school children in East Jakarta and the difference of independent variable proportion such as gender, father education, mother education, parent income, media use, and teacher involvement based on nutritional literacy level. Nutritional literacy itself is divided into three main domains functional, interactive, and critical. This research is a quantitative research with cross sectional design. Respondents in this study were elementary school children in grade 4.5, and 6 in Kelurahan Duren Sawit and Kelurahan Pondok Kelapa. The number of respondents was 87 people and the data was collected using Nutrition Literacy Scale NLit and Nutrition Literacy Scale for Adolescent NLAA. The results showed that there were differences in the proportion of functional nutritional literacy by sex, father 39 s education, maternal education, parent income, and media use. There is a difference in the proportion of interactive nutritional literacy based on media use. This research is expected to be a prefix study of nutrition literacy research in Indonesia."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>