Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 96896 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sri Suhandjati Sukri
Yogyakarta: Gama Media, 2004
297.659 8 SRI i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Marsono
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2019
899.222 MAR a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Amin
Jakarta: INIS, 1991
297.41 MUH i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
R.Ng. (Raden Ngabehi) Yasadipura
"Serat wicara keras adalah karya Yasadipura II. Berisi kritik terhadap kebijaksanaan pemerintah keraton Surakarta. Isinya ajaran moral yang baik dengan mengambil contoh tokoh-tokoh pewayangan, sejarah Jawa dan Madura, seperti Patih Suwanda dari Maespati, Patih Danureja I dari Yogyakarta dan Cakraningrat dari Madiun. Contoh moral yang buruk Prabu Rahwana, Pringgalaya dari Pati. Serat wicara keras disebut juga serat ondhe-ondhe putih. Asal koleksi R. Tanojo. Daftar pupuh sebagai berikut: 1. Sinom; 2. Dhnadhanggula; 3. Gambuh; 4. Kinanthi; 5. Megatruh; 6. Sinom; 7. Pangkur."
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
CH.7-KT 33
Naskah  Universitas Indonesia Library
cover
Tengku Parameswara
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 1990
S20547
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Pembahasan terhadap penelitian Ijtihad Kolektif pada Muhammadiyah dan Nahdatul Ulma (NU) adalah antara lain: ...."
REHUKUM
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ifryansyah Putra
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas analisis makna simbol yang berada di Masjid Agung Demak. Pada skripsi ini menggunakan teori semiotik yaitu memahami simbol atau makna berdasarkan segitiga makna. Kemudian dalam skripsi ini menggunakan beberapa teori untuk mengacu pada pembahasan skrispi ini. Beberapa teori yang digunakan dalam skripsi ini seperti teori kebudayaan, teori kebudayaan Islam, teori kebudayaan Jawa, teori akulturasi, dan teori simbol dan makna. Peneliti mendapat beberapa temuan yang menjadi bahasan skripsi ini. Temuan yang pertama adanya akulturasi pada bagian atap Masjid Agung Demak serta puncak atap Masjid Agung Demak. Kemudian akulturasi kedua terdapat pada bagian utama Masjid Agung Demak seperti pada gambar penyu, keramik, pintu dan jendela. Kemudian terdapat mihrab, mimbar, dan serambi pada Masid Agung Demak yang mengacu kepada masjid yang pertama dibangun oleh Nabi Muhammad. Kemudian terdapat kentongan dan bedhug yang memiliki akulturasi dari Cina. Selain itu, keramik yang ada di dalam Masjid Agung Demak juga akulturasi dari Cina. Ketiga adalah hiasan dalam Masjid Agung Demak yang memiliki makna dan akulturasi dari Majapahit seperti, hiasan pintu petir, gambar penyu, dan hiasan kaligrafi pada makam para raja. Keempat pada halaman Masjid Agung Demak memiliki akulturasi dan makna dari Majapahit seperti kolam, Gapura, dan pagar masjid. Kelima adalah lokasi Masjid Agung Demak yang memiliki makna dan akulturasi dari Majapahit. Sebenarnya pendirian lokasi Masjid Agung Demak dipengaruhi oleh Kerajaan Demak sebelum berdiri. Sampai pada akhirnya Kerajaan Demak berpindah yang saat ini sebagai kota Demak dan didirikan Masjid Agung Demak.

ABSTRACT
This Thesis is discuss/talked about analysis the meaning of symbol in Agung Demak Mosque. This thesis use semiotic method which is understanding the triangle of meaning. Then this thesis use several theory referred to this thesis discussion. Several theory that used in this thesis such as culture theory, moeslim culture theory, Javaness culture thory, acculturation theory, and the theory symbol and meaning. Researcher discovered view things that become the discussion of this thesis. The firs discovery: there is an acculturation that found in the part of the Agung Demak Mousque rooftop also an the top of the rooftop of Agung Demak Mosque. The second discovery is in the main part of Agung Demak Mosque like the picture of turtle, ceramics, door, and window. And then there are mihrab, mimbar, and serambi which is the part of Agung Demak Mosque that referred to the first mosque built by the prophet Muhammad saw. After that there is ?kentongan? and ?bedhug? that have the acculturation from China. Besides that, ceramics in the Agung Demak Mosque are also acculturation from China. The third is the gatnish/ornament inside Agung Demak Mosque that has meaning and acculturation from Majapahit such as ?pintu petir?, the drawing of turtle, ?kaligrafi? garnish/ornament in the king‟s grave. Fourth, they yard of Agung Demak Mosque has the acculturation and meaning from Majapahit such as the pool, ?gapura? and the mosque gate. Fifth, is the location of Agung Demak Mosque that has meaning and acculturation from Majapahit. Actually the decision of Agung Demak. Mosque location is affected by the Kingdom of Demak before it way built in the end, the Kingdom of Demak moved to a city that right now we call it Demak city and established Agung Demak Mosque."
2015
S58747
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hasmiyah A. Rauf
"Masalah yang diteliti di dalam tesis ini adalah perubahan bentuk dari Sufisme Islam menjadi Sufisme Amerika. Tesis ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa adanya perubahan dari Sufisme Islam menjadi Sufisme Amerika disebabkan oleh akulturasi antara Sufisme Islam dengan nilai-nilai Amerika. Kelompok Sufi yang diambil sebagai model analisis di dalam tesis ini adalah kelompok Sufi Ruhaniat International.
Tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode kajian kepustakaan, yang menggunakan teknik deskriptif-interpretatif Konsep-konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah, konsep nilai, konsep akulturasi, konsep Multikulturalisme, konsep Pragmatisme, dan konsep Liberalisme.
Hasil penelitian dari tesis ini menunjukkan bahwa nilai Liberalism, nilai Multikulturalisme, dan nilai Pragmatisme, terdapat di dalam unsur-unsur yang membentuk kelompok Sufi Ruhaniat International, sehingga kelompok Sufi tersebut secara khas dapat dikatakan mewakili bentuk Sufisme Amerika."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2003
T 11091
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Soegihartono
"Kedatangan para pedangan Cina yang dipimpin laksama Chen Ho di Semarang pada tahun 1412 membuktikan bahwa peristiwa mempengaruhi perbauran budaya Cina dan budaya Jawa. Hubungan perdagangan yang terjadi ketika itu masih berlanjut hingga sekarang. Para pendatang Cina belakangan ke Jawa memutuskan menetap. Mereka disambut penduduk setempat tetapi karena perbedaan budaya para pendatang Cina itu hidup dalam komunitasnya sendiri yang dikenal sebagai Pecinan. Dalam komunitas pecinan itu, para imigran Cina memperlihatkan ethos kerja keras. Mereka mulai bekerja dari jam delapan pagi hingga jam lima sore. Dengan kerja keras mereka memberi pengaruh pada masyarakat asli yang melihat bahwa kesejahteraan keluarga dapat dicapai melalui kerja keras dalam bisnis. Tujuan paper ini memperkenalkan inkulturasi sebagai hasil generasi immigrant Cina yang lahir dan menetap di Indonesia sebagai warga negara Indonesia yang dikenal dengan nama Cina Peranakan."
Jakarta: Pusat Pengembangan Etika Unika Atma Jaya, 2015
300 RJES 20:2 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>