Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7702 dokumen yang sesuai dengan query
cover
x
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ambon: Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa. Kantor Bahasa Maluku, 2018
499.22 PRO
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Fakultas Sastra Universitas Indonesia, 1993
499.221 SEM s (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Andi Dagmarbumi Batarisuri
"Karya proyek ini bertujuan merancang silabus mata kuliah Bahasa Inggris untuk Jurusan Hubungan Intemasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran (HI UNPAD). Silabus dirancang dengan menggunakan lagkah-langkah yang dikemukakan oleh Yalden (1987). Langkah-langkah tersebut diawali dengan survei guna menganalisis tujuan mata kuliah, kebutuhan dan keterampilan awal pemelajar, serta kondisi lingkungan setempat. Informasi mengenai tujuan mata kuliah diperoleh melalui wawancara dengan Pembantu Dekan I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ketua Jurusan Hubungan Intemasional, dan pengajar mata kuliah Bahasa Inggris. Informasi mengenai kebutuhan mahasiswa diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada pengajar mata kuliah keahlian. Untuk memeroleh informasi mengenai keterampilan awal pemelajar, disebarkan kuesioner dan dilakukan tes diagnostik untuk mahasiswa semester I. Selain itu, observasi dilakukan guna memeroleh informasi mengenai situasi dalam kelas Bahasa Inggris dan keterampilan berbicara mahasiswa semester I. Data dianalisis guna merumuskan dxkripsi tujuan mata kuliah dan menentukan jenis silabus. Janis silabus yang digunakan merupakan integrasi silabus yang berdasar pada tugas, isi, dan topik. Tugas-tugas yang tercakupi dalam silabus berdasar pada kebutuhan mahasiswa, sedangkan isi terdiri dari keterampilan, kosakata, dan rata bahasa yang diperlukan dalam tugas-tugas tersebut. Topik ditentukan sesuai dengan isu yang relevan dengan kehidupan mahasiswa dan studi HI, Silabus yang dihasilkan diharapkan dapat digunakan untuk mencapai tujuan pengajaran bahasa Inggris di Jurusan HI UNPAD dan untuk memenuhi kebutuhan bahasa Inggris pemelajar.

The aim of this project work is to design a proposed syllabus for English course in International Relations Department Universitas Padjadjaran. The syllabus was designed using the stages proposed by Yalden (1987). The stages start with a survey to gather information on the course aims, student needs, language skills on entry and local condition_ Information on the course aims was gathered through interviews with the Dean Assistant I of Faculty of Social and Political Sciences, Head of International Relations Department and English lecturers. Information on student needs was gathered by distributing questionnaires to core subjects lecturers. To gather information on the language skills on entry, a questionnaire and a diagnostic test were given to freshman year students. Observation was also done to gather information on class situation and student speaking skills. The data was analyzed to set a description of purpose and select a type of syllabus. The type of syllabus selected integrates task-based, content-based, and topic-based syllabus. Tasks selected are based on student needs, and content consists of skills, vocabularies and structures needed in completing the tasks. Topics are chosen according to issues which are relevant to students life and International Relations study. The proposed syllabus design is expected to achieve the aims of the course and to fulfill the student needs."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2008
T24405
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Diana Dewi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T27294
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dharmestya Adyana
"Pada tahun 2004, Depdiknas menerbitkan buku BISI Tingkat Dasar, BISI Tingkat Madya, dan BISI Tingkat Mahir sebagai standar minimal pengajaran bahasa Indonesia untuk sekolah-sekolah internasional di Indonesia. Dari ketiga buku tersebut, saya meneliti buku BISI Tingkat Dasar. Penelitian dilakukan untuk melihat keutuhan metode komunikatif dan perkembangan tingkat kesulitan di buku BISI Tingkat Dasar. Dalam penelitian ini, saya melakukan tiga tahapan kerja. Pertama, saya mendeskripsikan BISI Tingkat Dasar dengan teori teknik pengajaran bahasa dari Harold S Madsen. Madsen memaparkan teknik-teknik pengajaran bahasa asing yang berguna untuk mengenali jenis dan fungsi teknik latihan kemampuan berbahasa dalam bidang kosakata, tata bahasa, membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Kedua, saya menganalisis aspek-aspek metode komunikatif dalam BISI Tingkat Dasar dengan silabus dari Dewan Eropa yang menyatakan, sebuah pengajaran bahasa harus mencakup berbagai materi. Materi-materi tersebut yaitu situasi dan topik yang memerlukan penggunaan bahasa asing, fungsi komunikatif, nosi komunikatif, kosakata, dan tata bahasa. Ketiga, saya mengelompokkan materi dan jenis latihan dalam BISI Tingkat Dasar untuk melihat perkembangan tingkat kesulitan buku ini. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa buku BISI Tingkat Dasar: tidak secara keseluruhan menerapkan metode komunikatif karena, dari 10 bab, hanya 1 bab yang secara menyeluruh menerapkan aspek metode komunikatif, memperlihatkan perkembangan tingkat kesulitan dari segi ruang lingkup tema, tidak memperlihatkan perkembangan tingkat kesulitan dari segi latihan karena latihan yang sulit kerap dimunculkan sebelum latihan yang mudah, serta memiliki aspek metode gramatika terjemahan, yang terlihat dari banyaknya latihan penerjemahan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S10817
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadila Muhamad
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S5254
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Brieger, Nick
England, United Kingdom: York Associates, 1999
428 BRI g
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>