Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9902 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lee, Martyn J.
London: Routledge, 1993
339.47 LEE c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Adysa Tiffany Wibowo
"ABSTRAK
Artikel ini membahas mengenai konsumsi tumbler Starbucks yang menjadi salah satu indikasi berlangsungnya pengokohan budaya konsumer pada masyarakat. Hal ini berkaitan dengan adanya hegemonic brandscape yang dijalankan oleh Starbucks dalam membentuk citra merek yang kuat pada Starbucks itu sendiri. Selain itu, terjadi proses pemaknaan yang dilakukan individu terhadap pengonsumsian tumbler Starbucks yang kemudian diadopsi menjadi gaya hidup. Studi-studi sebelumnya melihat citra merek sebagai faktor pendorong pada loyalitas konsumen dalam melakukan perilaku konsumsi dalam perspektif ilmu marketing. Oleh karena itu, tulisan ini berusaha mencoba mengkaji dengan menggunakan pandangan sosiologis, yakni perspektif budaya konsumer. Argumen yang dihasilkan oleh studi ini, yaitu pengonsumsian tumbler Starbucks tersebut terjadi karena adanya penanaman makna dan simbol yang dilakukan oleh Starbucks terhadap masyarakat. Selain itu, individu memaknai tumbler Starbucks-nya sebagai alat untuk mengekspresikan diri, menunjukkan identitas, dan meningkatkan status sosialnya. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode wawancara mendalam agar dapat menggali lebih jauh alasan individu mengonsumsi tumbler Starbucks tersebut.Artikel ini membahas mengenai konsumsi tumbler Starbucks yang menjadi salah satu indikasi berlangsungnya pengokohan budaya konsumer pada masyarakat. Hal ini berkaitan dengan adanya hegemonic brandscape yang dijalankan oleh Starbucks dalam membentuk citra merek yang kuat pada Starbucks itu sendiri. Selain itu, terjadi proses pemaknaan yang dilakukan individu terhadap pengonsumsian tumbler Starbucks yang kemudian diadopsi menjadi gaya hidup. Studi-studi sebelumnya melihat citra merek sebagai faktor pendorong pada loyalitas konsumen dalam melakukan perilaku konsumsi dalam perspektif ilmu marketing. Oleh karena itu, tulisan ini berusaha mencoba mengkaji dengan menggunakan pandangan sosiologis, yakni perspektif budaya konsumer. Argumen yang dihasilkan oleh studi ini, yaitu pengonsumsian tumbler Starbucks tersebut terjadi karena adanya penanaman makna dan simbol yang dilakukan oleh Starbucks terhadap masyarakat. Selain itu, individu memaknai tumbler Starbucks-nya sebagai alat untuk mengekspresikan diri, menunjukkan identitas, dan meningkatkan status sosialnya. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode wawancara mendalam agar dapat menggali lebih jauh alasan individu mengonsumsi tumbler Starbucks tersebut.

ABSTRACT
This article discusses about the consumption of Starbucks tumbler which is one of indication of the consumer culture. This is caused by Starbucks hegemonic brandscape that shapes a brand image on Starbucks itself. Furthermore, there is a process of meaning that individuals do which is adopted into a lifestyle. Previous studies view brand image as a driving factor in consumer loyalty in conducting consumption behavior by the marketing science perspective. Therefore, this paper seeks to examine the issue using the sociological perspective, namely the perspective of consumer culture. This study has generated two arguments, first, the Starbucks tumbler consumption occurs due to the meaning and symbols made by Starbucks to the public. Second, the individual interpreted his Starbucks tumbler as a means of expressing himself, showing his identity, and improving his social status. This article uses a qualitative approach and an in depth interview method in order to explore further the reasons why individuals consuming the Starbucks tumbler. "
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Lury, Celia
Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1998
306.3 LUR b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
London: Routledge, 1996
339.47 CRO
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sitanggang, Martin Tumpal Jehoshaphat
"Dalam konteks esport, diperlukan keterlibatan pemain videogame esport mulai dari keterlibatan kognitif, keterlibatan afektif, dan keterlibatan perilaku dibutuhkan untuk mendorong consumption behaviour pada para pemain videogame esport itu sendiri; community engagement, coproduction, new player recruitment, dan word of mouth. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah cross-sectional dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menganalisis 219 responden dengan rentang usia 17-25 tahun yang telah bermain videogame esport lebih dari satu tahun dan bermain videogame esport selama lebih dari 4 jam selama satu minggu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah survei online dan data yang didapat diolah dengan teknik Partial Least Squares – Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil dari olahan data menunjukkan bahwa Affective Engagement dan Behavioral Engagement memiliki pengaruh positif terhadap seluruh dimensi consumption behaviour. Namun, cognitive engagement hanya memiliki pengaruh positif terhadap word of mouth.

In the context of esports, the engagement of esports videogame players, starting from cognitive engagement, affective engagement, and behavioral engagement is needed to encourage consumption behavior in esports videogame players themselves; community engagement, coproduction, new player recruitment, and word of mouth. The research design used in this study was cross-sectional with purposive sampling method. This study analyzed 219 respondents with an age range of 17-25 years who had played esports videogames for more than one year and played esports videogames for more than 4 hours for one week. The data collection method used is an online survey and the data obtained is processed using the Partial Least Squares – Structural Equation Modeling (PLS-SEM) technique. The results of the processed data show that Affective Engagement and Behavioral Engagement have a positive influence on all dimensions of consumption behavior. However, cognitive engagement only has a positive effect on word of mouth."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mort, Frank
London: Routledge, 1996
306.3 MOR c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Burk, Marguerite C.
New York: John Wiley & Sons, 1968
339.4 BUR c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Woytinsky, W.S.
New York: Reprints of Economic Classis, 1964
338.5 WOY m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Suhartini
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi slow fashion consumption. Sampel dari penelitian ini merupakan generasi Z di Jabodetabek. Terdapat sebanyak 228 responden yang diperoleh dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) untuk menganalisis pengaruh dari theory of planned behavior, ethical considerations, dan conscious consumption intention terhadap slow fashion consumption. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya ethical considerations dan conscious consumption intention yang memengaruhi slow fashion consumption. Namun, pro-environmental attitude, subjective norms, dan ethical considerations memengaruhi conscious consumption intention. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa subjective norms memengaruhi pro-environmental attitude. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi pelaku usaha di industri fashion untuk memprioritaskan aspek ethicality dalam proses produksinya dan menargetkan konsumen yang conscious. Penelitian berikutnya dapat menambahkan pertanyaan penyaring pada instrumen penelitian terkait apakah responden pernah membeli pakaian dari brand slow fashion untuk menghindari outcome bias.

This study aims to investigate the factors influencing slow fashion consumption. The samples used in this study includes generation Z in Jabodetabek. There were 228 respondents obtained using purposive sampling method. This study uses Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) to analyze the effect of theory of planned behavior, ethical considerations, and conscious consumption intention on slow fashion consumption. The results of this study show that only ethical considerations and conscious consumption intention that affect slow fashion consumption. However, pro-environmental attitude, subjective norms, and ethical considerations affect conscious consumption intention. This study also show that subjective norms affect pro-environmental attitude. The results of this study can be used as a reference for business in fashion industry to prioritize ethicality aspects in the production process and targeting conscious consumers. Future research can add a screening question about whether the respondent has purchased clothes from slow fashion brand in order to avoid outcome bias."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Clarckson, Geoffrey
Englewood Cliffs: Prentice-Hall, 1962
339.4 CLA f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>