Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 186660 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abdan Syakuura
"Paduan aluminium-seng-magnesium-tembaga memiliki peranan penting dalam industri penerbangan. Pada penelitian ini dilakukan investigasi sistematis untuk mengeksplorasi evolusi mikrostruktur paduan Al-Zn-Mg-Cu dengan beberapa variasi komposisi (kisaran konsentrasi Cu 0,4-1,6 at. % dan Zn (= konsentrasi Mg) 1,7-3,0 at. %) selama ageing pada temperatur 120 °C dan 190 °C. Melalui investigasi ini didapatkan pengaruh tiap elemen penyusun paduan yang dapat digunakan untuk memberikan gambaran mengenai kombinasi komposisi yang optimum pada pengerasan selama ageing. Selain itu fenomena rapid hardening, yang umumnya terjadi pada paduan aluminium seri 2xxx dan 7xxx juga berusaha diungkap dalam penelitian ini. Rapid hardening merupakan fenomena pengerasan yang terjadi pada saat awal proses ageing akibat adanya clustering atom terlarut. Unit dapur induksi vakum baru di University of Sydney digunakan untuk mempersiapkan semua paduan. Mikrostruktur hasil pengecoran diamati dengan mikroskop optik. Billet hasil pengecoran dirol menjadi pelat yang lebih tipis dengan ketebalan 1.5-2 mm. Pelat ini kemudian diberikan perlakuan panas solution treatment-ageing. Pengukuran kekerasan dilakukan pada sampel pada beberapa variasi waktu ageing untuk mendapatkan kurva age hardening dan mengungkap efek rapid hardening. Karakterisasi TEM dilakukan untuk memahami evolusi mikrostruktur presipitat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kekerasan paduan semakin meningkat dengan penambahan Zn dan Mg karena adanya pembentukan presipitat halus MgZn2 dan Mg3Zn3Al2 yang bebentuk spherical. Penambahan Cu memberikan efek peningkatan kekerasan cukup signifikan hingga komposisi Zn dan Mg mencapai 2.5 at. %. Fenomena rapid hardening ditemukan dalam paduan Al-Zn-Mg-Cu selama ageing pada temperatur 190 °C.

Aluminium-zinc-magnesium-copper alloys have an important role in aerospace industry. A systematic investigation has been done to explore microstructural evolution in Al-Zn-Mg-Cu alloys with the variation in composition (range of concentration of Zn (= Mg concentration) is 1.7-3.0 at. % and Cu in the range of 0.4-1.6 at. %) during ageing at temperature of 120 °C dan 190 °C. Following this investigation, the role of each element remains to be established for describing the optimum combination of composition during age hardening. Aside from that, rapid hardening (RH) phenomenon, which is commonly happened in the aluminium 2xxx and 7xxx series is also revealed through this research. Rapid hardening is the hardening phenomena which is occured in the early stage of ageing treatment due to clustering of solute atom. A new induction vacuum casting unit at the University of Sydney was employed to prepare all Al alloys. Casting microstructures was evaluated using optical microscopy. The cast billets were then further rolled into strips with a thickness of 1.5-2 mm. These strips were solution treated and aged. Hardness test was performed on these aged samples in order to reveal hardening effect. TEM characterization was performed to understand the precipitation microstructure evolution. The results show that the hardness of the alloy increases with the addition of Zn and Mg concentration due to the formation of nano-spherical precipitates MgZn2 and Mg3Zn3Al2. Copper addition gives a significant effect on the increasing of the hardness up to 2.5 at. % of Mg and Zn. Rapid hardening phenomenon was revealed in the Al-Zn-Mg-Cu alloys during ageing at 190 °C."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S156
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ali Sobri
"Sebelum satelit komunikasi ditempatkan pada orbit geostasioner pada ketinggian kira-kira 36.000 km dari permukaan bumi, satelit tersebut melalui suatu misi peluncuran yaitu urutan dari tahapan-tahapan yang terjadi ketika satelit dan kendaraan peluncur meninggalkan tempat peluncuran sampai satelit dipisahkan dari kendaraan peluncur dan dengan aman bergerak di orbitnya . Salah sate keberhasilan misi peluncuran ini adalah adanya keberhasilan dukungan dari stasiun bumi yang bertindak sebagai stasiun TT&C (Telemetry, Tracking & Command ).
Melalui tugas akhir ini penulis mencoba untuk membuat suatu simulasi yang berkaitan dengan kegiatan Telemetry, Tracking dan Command pada Launch Support satelit geostasioner. Melalui studi literatur dari beberapa sumber pustaka dan pengalaman penulis dalam melakukan kegiatan TT&C di stasiun pengendali satelit, telah membantu dalam proses penyusunan tugas akhir ini. Selanjutnya dari simulasi Telemetry dapat diketahui proses penerimaan data satelit melalui demodulasi PSK, proses encoding dalam bentuk PCM NRZ-M dan PCM NRZ-L yang kecepatannya disesuaikan dengan pemilihan bit rate.
Dari simulasi Tracking diperoleh gambaran bagaimana melakukan penjejakkan posisi satelit yang sedang diluncurkan melalui pembacaan sudut azimuth, elevasi dan polarisasi antena dari file tracking yang telah dibuat oleh Orbital Engineer. Melalui simulasi Command, disimulasikan tentang cara pengiriman command ke satelit, informasi tentang format data command dan parameter-parameter yang harus dipenuhi sebelum command tersebut dieksekusi."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39659
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: LAPAN, {s.a.}
JAIDIR 5:1 (2008)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Ichwan Agusta Elfajrie
"Biodiesel adalah bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar fosil yang terdiri atas ester alkil dan dibuat menggunakan reaksi transesterifikasi. Tingginya viskositas minyak nabati menyebabkan reaksi berjalan lambat. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hidrodinamika terhadap optimasi proses pembuatan biodiesel dengan menggunakan reaktor jet column. Variabel bebas penelitian adalah kecepatan jet (5, 8, 11 m/s) dan rasio mol metanol terhadap CPO (6:1, 5:1, dan 4:1). Metode LIF (Laser Induced Fluorescence) digunakan untuk menganalisis pengaruh dari variabel bebas untuk mencapai pencampuran homogen. Semakin tinggi kecepatan jet dan rasio mol, semakin tinggi laju pencampuran. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pencampuran homogen tidak lebih dari 20 detik untuk semua percobaan.
Studi reaksi melibatkan reaksi nonkatalitik dan katalitik dengan katalis KOH. Reaktan CPO dan metanol direaksikan selama 60 menit dengan suhu 50-60oC untuk memperoleh yield biodiesel sebesar 80% untuk reaksi katalitik dan 60% untuk reaksi nonkatalitik. Yield biodiesel meningkat seiring dengan naiknya rasio mol dan kecepatan jet. Perbedaan laju pencampuran dan reaksi yang besar menunjukkan bahwa optimasi laju pencampuran tidak memengaruhi pembentukan produk akhir.

Biodiesel is an alternative fuel to fossil fuel which contains alkyl esters and is made using a transesterification reaction. The high viscosity of vegetable oils leads to slow reactions. This study aims to determine the influence of mixing on the optimization process of making biodiesel using jet reactor column. The independent variables are jet velocity (5, 8, 11 m / s) and mole ratio of methanol to CPO (6:1, 5:1, and 4:1). LIF (Laser Induced Fluorescence) method has been used to analyze the effect of independent variables to achieve homogeneus mixing between reactants. The higher the jet velocity or the mole ratio, the higher is the mixing rate for all runs. Homogeneous mixing is achieved in less than 20 seconds.
The study involved noncatalytic and catalytic reactions with KOH as a catalyst. CPO and methanol reactants were reacted for 60 minutes with the temperature 50-60oC to achieve 80% yield biodiesel (in case of catalytic condition) and 60% yield biodiesel (in case of noncatalytic condition). Biodiesel yield increased with increasing mole ratio and jet velocity. Large differences in the order of time between mixing and the reaction showed that the mixing optimization does not affect the rate of final product formation.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43047
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tommy Rahadian Setiaji
"PT. Dirgantara Indonesia merupakan industri kedirgantaraan terbesar di Indonesia sekaligus Perusahaan dari Badan Usaha Milik Negara yang dikembangkan sejak zaman Orde Baru dan berganti nama menjadi PT.DI yang berkecimpung dalam industri penerbangan. Peneliti mencoba berfokus pada aspek dampak dari Covid-19 terhadap kinerja perusahaan PT. DI guna mencari tahu celah kelemahan serta dapat menjadi acuan peneliti dalam menganalisis terkait perumusan kebijakan yang dilakukan oleh jajaran direksi PT. DI dalam menghadapi pandemi Covid-19 terkait produksi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk pengumpulan data terdiri dari primer dan sekunder, data primer diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui hasil kepustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak yang terjadi pada produksi selama pandemi Covid-19. pesawat pada PT. DI dan terkait kebijakan apa yang diambil oleh PT. DI dalam mengurangi dampak dari COVID-19 terhadap kinerja perusahaan. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dari penelitian ini menunjukakan bahwa dampak pandemi bagi produksi di PT. DI mengalami penghambatan di sektor produksi dan distribusi, maupun pemasaran yang tidak berjalan akibat pandemi Covid-19, dan juga terjadi penurunan penjualan sehingga mengurangi pendapatan, dan kurang permodalan.

PT. Dirgantara Indonesia is the largest aerospace industry in Indonesia as well as a company from a State-Owned Enterprise which was developed since the New Order era and changed its name to PT.DI which is involved in the aviation industry. Researchers try to focus on aspects of the impact of Covid-19 on the performance of the PT. DI company in order to find out the weaknesses and can be used as a reference for researchers in analyzing the policy formulation carried out by the PT. DI board of directors in dealing with the Covid-19 pandemic related to production. This study used descriptive qualitative method. For data collection consists of primary and secondary, primary data obtained by means of observation, interviews and documentation. While secondary data obtained through the results of the literature. This study aims to determine the impact that occurs on production during the Covid-19 pandemic. aircraft at PT. DI and related to what policies were taken by PT. DI in reducing the impact of COVID-19 on company performance. Based on the results obtained from this study, it shows that the impact of the pandemic on production at PT. DI experienced bottlenecks in the production and distribution sectors, as well as marketing that did not work due to the Covid-19 pandemic, and there was also a decline in sales resulting in reduced income and lack of capital."
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arini Syahradzi
"Industri penerbangan telah berkembang pesat selama beberapa dekade terakhir, yang ditandai dengan meningkatnya jumlah penumpang perjalanan udara. Fenomena ini merupakan peluang bagi maskapai penerbangan untuk memperluas pasar mereka, tetapi di sisi lain hal ini dapat menjadi ancaman bagi maskapai. Hadirnya berbagai maskapai baru telah menciptakan iklim persaingan yang lebih ketat. Oleh karena itu, penentuan strategi bisnis yang paling sesuai dan dapat mendukung maskapai untuk bertahan dalam persaingan ketat ini menjadi sangan krusial. Maskapai dapat memilih antara strategi diferensiasi ataupun cost leadership. Opsi kedua terkait dengan bagaimana maskapai menjalankan bisnis mereka dengan cara yang paling efisien dan memperoleh profit, terlepas dari semua tantangan yang dihadapi. Untuk dapat meningkatkan efisiensi, perusahaan penerbangan dituntut untuk menjaga biaya operasional mereka pada level minimum, tanpa mengorbankan aspek-aspek keselamatan. Salah satu komponen biaya utama maskapai penerbangan selain dari biaya bahan bakar adalah biaya armada, yang memberikan kontribusi sekitar 15-20% dari total biaya dan merupakan komponen yang dapat dikendalikan oleh maskapai. Meminimalkan biaya armada harus dimulai dari proses perencanaan armada, termasuk bagaimana maskapai memperoleh armada mereka, baik melalui sewa operasi, sewa keuangan / modal, pembelian langsung ke pabrik pesawat atau bahkan kombinasi dari ketiga alternatif tersebut. Kesalahan dalam menentukan metode akuisisi armada yang tepat dan efisien akan menciptakan tekanan keuangan yang sangat besar untuk maskapai penerbangan dalam jangka waktu yang panjang. Untuk mengatasi tantangan tersebut, tesis ini bertujuan untuk menemukan alternatif akuisisi pesawat paling efisien yang menghasilkan pendapatan maksimum dan Revenue Passenger Kilometer (RPK). Data sekunder yang diperoleh dari berbagai data keuangan dan operasional maskapai akan digunakan dalam penelitian ini, serta data yang diperoleh dari data pasar penerbangan global. Analisis penelitian ini akan disajikan dengan menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA), untuk mendapatkan perbandingan tingkat efisiensi masing-masing maskapai dari perspektif akuisisi pesawat.

Airline industry had been tremendously growing during the past decades, which was marked by the increasing amount of air travel passengers. This phenomenon is an opportunity for airlines to enlarge their market, but on the other side it could be a threat for them as well. A lot of new airlines were established and entered the market, thus created a more intense competition amongst airlines. It is of high importance for airlines to determine which business strategy they should apply that enable them to survive in this tight competition. They might choose either a differentiation strategy or cost leadership. The latter option is related to how an airline run their business in the most efficient way and become profitable despite all the challenges faced. In order to be efficient, airlines shall manage their operating cost to be at minimum without sacrificing the safety aspect of their operation. One major cost component of airlines aside from the fuel cost is its fleet cost, which contributes around 15 - 20% of airlines’ total cost and is controllable by the airline. Minimizing the fleet cost should be started from the fleet planning, including how airlines acquire and compose their fleet, either through operating lease, financial / capital lease, direct purchase to aircraft manufacturer or even a mix of these three alternatives. Failure in determining the right fleet acquisition method will create immense financial pressure for airlines in a long-term period. In recognition of this challenge, this thesis is aiming to find the most efficient aircraft acquisition alternatives which resulting in the maximum revenue and Revenue Passenger Kilometer (RPK). Secondary data obtained from various airlines’ financial and operational data will be used in this research, as well as data from global aviation market. Analysis of this research will be presented using Data Envelopment Analysis (DEA) method, to compare each referenced airlines’ efficiency from aircraft acquisition perspective."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Sensors and Instrumentation, Volume 8. Proceedings of the 36th IMAC, A Conference and Exposition on Structural Dynamics, 2018, the eighth volume of nine from the Conference brings together contributions to this important area of research and engineering. The collection presents early findings and case studies on fundamental and applied aspects of Sensors and Instrumentation, including papers on; Sensor Applications, Accelerometer Design, Accelerometer Calibration, Sensor Technology, Energy Harvesting Technology, and Aircraft/Aerospace Technology"
Switzerland: Springer Cham, 2019
e20501126
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Kosma Ernanda
"Berkembang pesatnya industri teknologi kedirgantaraan di dunia saat ini memunculkan maraknya penggunaan UAV untuk melakukan berbagai aplikasi dibidang militer maupun sipil. Sama halnya dengan penerbangan pesawat komersial, pengoperasian UAV memunculkan potensi bahaya terhadap ketahanan nasional khususnya keamanan negara dan keselamatan penerbangan. Tesis ini berusaha menjelaskan bagaimana strategi pengamanan pengoperasian UAV untuk dapat memaksimalkan keuntungan dari teknologi UAV dan meminimalkan potensi ancaman dari pengoperasian UAV mendukung ketahanan nasional di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode mix methods, analisis menggunakan metode SWOT dan AHP yang didukung analisis deskriptif melalui observasi di lapangan dan wawancara mendalam kepada stakeholder yang terlibat. Pemilihan pendekatan analisis deskriptif pada penelitian ini didasarkan pada pertimbangan untuk mengetahui, memahami serta menganalisa permasalahan yang terjadi dari sudut pandang setiap pihak stakeholder. Penelitian ini berusaha untuk menanamkan pemahaman pentingnya pengaruh pelanggaran dan penyalahgunaan pengoperasian UAV terhadap ketahanan nasional di Indonesia. Berdasarkan analisis SWOT yang dikuatkan dengan keterangan informan yang terdiri dari pelaku bisnis UAV / anggota FASI, Sesdis Dispotdirgaau / Wakasekjen II FASI, Kasubdit Surta Wilhan Kemenhan, Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI), Inspektor Kelaikudaraan DKPPU Kemenhub, Ketua Air and Space Law Studies Universitas Prasetiya Mulya, Kepala Hukum Komando Pertahanan Udara Nasional; Strategi pengamanan pengoperasian UAV untuk mendukung ketahanan nasional adalah berupa strategi Weaknesses-Threats, yaitu strategi yang dilakukan dengan cara meminimalkan kelemahan dan/dalam menghindari tantangan atau ancaman. Kemudian dengan analisis AHP didapatkan alternatif strategi yang paling penting untuk dijadikan prioritas berdasarkan kriteria efektifitas, efisiensi, resiko dan kelayakan adalah strategi sosialisasi, kemudian berturut-turut didukung oleh strategi revisi peraturan dan penindakan, registrasi/sertifikasi unit dan pilot UAV, dan dengan membangun sistem aplikasi untuk mempermudah pengoperasian UAV.

The rapid development of the aerospace technology industries in the world today has led to the widespread use of UAVs to carry out various applications in the military and civilian fields. As with commercial flights, the operation of the UAV raises potential hazards to national security, especially to state security and aviation safety. This thesis seeks to explain how the security strategies for operating the UAV can maximize the benefits of UAV technology and minimize the potential threats from the operation of the UAV to support national resilience in Indonesia. This study used the mix methods approach, analysis using SWOT and AHP methods supported by descriptive analysis through field observations and in-depth interviews with stakeholders involved. The selection of the descriptive analysis approach in this study is based on the consideration of knowing, understanding and analyzing the problems that occur from the perspective of each stakeholder. This research seeks to instill an understanding of the importance of the influence of violations and misuse of UAV operations on national security in Indonesia. Based on the SWOT analysis that is corroborated by the information of the informant consisting of UAV businessmen / FASI members, Secretary of the Dispotdirgaau  / FASI Deputy Secretary General, Head of Sub Directorate of Surta Wilhan Kemenhan, Indonesian Pilot Drone Association (APDI), Airworthiness Inspector DKPPU Ministry of Transportation, Chairperson of University Air and Space Law Studies Prasetiya Mulya, Chief of Law for the National Air Defense Command; The strategy to safeguard the operation of UAVs to support national resilience is in the form of a Weaknesses-Threats strategy, namely a strategy carried out by minimizing weaknesses and / in avoiding challenges or threats. Then, with AHP analysis, the most important alternative strategies to be prioritized based on criteria of effectiveness, efficiency, risk and feasibility are socialization strategies, then supported by strategies for revising regulations and enforcement, registration / certification of UAV units and pilots, and by building systems application to facilitate the operation of the UAV."
Depok: Universitas Indonesia. Sekolah Kajian Stratejik dan Global, 2018
T52448
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Senson, Ben
Singapore : Delmar Cengage Learning, 2011
629.1 SEN a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"This book includes a selection of 30 reviewed and enhanced manuscripts published during the 15th SpaceOps Conference held in May 2018 in Marseille, France. The selection was driven by their quality and relevance to the space operations community. The papers represent a cross-section of three main subject areas:
- Mission Management - management tasks for designing, preparing and operating a particular mission
- Spacecraft Operations - preparation and implementation of all activities to operate a space vehicle (crewed and uncrewed) under all conditions
- Ground Operations - preparation, qualification, and operations of a mission dedicated ground segment and appropriate infrastructure including antennas, control centers, and communication means and interfaces
This book promotes the SpaceOps Committees mission to foster the technical interchange on all aspects of space mission operations and ground data systems while promoting and maintaining an international community of space operations experts."
Switzerland: Springer Nature, 2019
e20509739
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>