Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 54164 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Barus, Nadia Efanie Yuticia
Depok: Universitas Indonesia, 2010
S26260
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Salman
"Laut Indonesia merupakan harta yang tidak ternilai harganya. Banyak manfaat yang dapat diambil di dalamnya. Kegiatan yang dilakukan oleh manusia seperti pelayaran, perikanan dan khususnya pertambangan mendatangkan kerusakan bagi lingkungan laut. Ditambah lagi dengan semakin padatnya lalu lintas perjalanan kapal tanker yang mengangkut minyak tersebut. Untuk melindungi lingkungan laut Indonesia dari bahaya pencemaran yang dilakukan oleh kapal berbendera Indonesia, Undang-undang No.23 Tahun 1997 Tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup tidaklah cukup untuk mengakomodasi hal tersebut, maka disusunlah Undang-undang No.21 Tahun 1992 Tentang Pelayaran. Ditambah lagi dengan ratifikasi konvensi-konvensi International Maritime Organization (IMO) yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia. Tidak adanya peraturan, yang setara dengan undang-undang, yang mengatur secara jelas bagaimana mekanisme pencegahan dan penanggulangan pencemaran serta kompensasi ganti kerugian membuat pemilik kapal cenderung tidak menghiraukan hal tersebut. Dan apabila terjadi pencemaran laut oleh tumpahan minyak, maka peraturan apa yang akan dipergunakan oleh Pemerintah untuk menangani masalah tersebut dan seberapa besar ganti rugi yang diberikan masih menjadi kendala, sehingga diperlukan suatu pengkajian yang lebih mendalam."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2004
S24644
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Juajir Sumardi
"Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi kelautan telah memungkinkan neningkatnya aktivitas dan kemampuan manusia di laut. Peningkatan kegiatan manusia di laut dalam mengeksplorasi dan mengeksploitasi sumberdaya laut pada analisis akhir justru dapat menjadi faktor penyebab terjadinya dan meningkatnya pencemaran lingkungan laut.
Pencemaran lingkungan laut, karena sifat laut dan bentuk geografi kawasan lingkungan laut serta arus dan cuaca yang ada, dapat mengakibatkan dua atau lebih negara merasakan dampaknya. Oleh karena itu, pencemaran lingkungan laut yang terjadi pada suatu negara tertentu dapat mempunyai dampak yang bersifat transnasional.
Menyadari bahaya yang dapat timbul akibat terjadinya pencemaran lingkungan laut yang bersifat transnasional, masyarakat bangsa-bangsa perlu mengantisipasinya dengan berbagai bentuk pendekatan. Penciptaan ketentuan hukum baik yang berskala global, regional maupun nasional adalah satu dari beberapa pendekatan yang dilakukan oleh bangsa-bangsa.
Hasil penelitian menunjukkan adanya faktor-faktor yang turut mempengaruhi bentuk pencemaran laut yang bersifat transnasional yaitu : (1) lingkungan laut alami, (2) musim dan ciri-ciri oceanografi, (3) Kegiatan perminyakan di lepas pantai, dan (4) perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Oleh karena kondisi geografi Selat Malaka dan Singapura cukup rawan untuk terjadinya kecelakaan bagi kapal-kapal melintasi selat ini, maka usaha yang telah dilakukan oleh negara-negara pesisir Selat Malaka yaitu dengan menbentuk "Traffic Speration Scheme" dalam rangka menciptakan tertib dan keselanatan lintas kapal-kapal di Selat Malaka dan Singapura yang tentunya merupakan upaya pencegahan terjadinya pencemaran laut oleh alat yang bersumber dari kapal.
Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan pencemaran laut oleh minyak yang bersumber dari kapal, khususnya di Selat Malaka dan Singapura, maka Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan Direktorat Jenderal Hinyak dan Gas telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SAB) dengan No. DAP 49/1/2 dan No. 27/APTS/DM/HIGAS/81 tentang Prosedur Tetap Selat Halaka dan Singapura, yang isinya mengatur masalah pencegahan dan penanggulangan pencemaran laut di Selat Malaka dan Singapura."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Ramdhani
"Serangan terhadap kapan tanker ‘Limburg’ milik Perancis oleh sekelompok teroris pada tahun 2002, serangan terhadap ‘USS Cole’ oleh sebuah kapal kecil yang terisi penuh oleh bahan peledak pada tahun 2000, serangan 11 September 2001 kepada Amerika Serikat, dan beberapa serangan lainnya telah menyadarkan dunia akan pentingnya sebuah standar keamanan bagi pelabuhan, terutama pelabuhan yang digunakan dalam pelayaran internasional. Dunia internasional bergerak cepat dalam merespon serangan-serangan tersebut dengan melakukan amandemen terhadap Chapter XI-2 SOLAS yang melahirkan sebuah standar keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan yang digunakan dalam pelayaran internasional bernama ISPS Code. Skripsi ini membahas mengenai standar keamanan fasilitas pelabuhan yang diatur dalam ISPS Code, beserta implementasinya di pelabuhan-pelabuhan besar di dunia maupun di Indonesia.
The attack on the French tanker ‘Limburg’ by the group of terrorist in 2002, the ramming of ‘USS Cole’ by a small boat laden with explosives in 2000, September 11th attack on United States, and several other attacks has reminded the people of the world about the importance of the security measurement for the port, especially for the port that used for international navigation. International society has responded quickly to those attacks by amending Chapter XI-2 SOLAS that developing a new measures for ship and port facility security named ISPS Code. This thesis discusses security measure in port facility security regulated by ISPS Code, and the implementation of the code in several big ports around the world and Indonesia."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2015
S58682
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anggir Saktya Prasadana Irsan
"ABSTRAK
Indonesia dan Australia merupakan negara dengan kekayaan alam yang sangat
berlimpah. Salah satu dari kekayaan alam yang dimiliki oleh kedua Negara tersebut
adalah hutan dan segala hasilnya. Oleh karena itu, Negara wajib untuk melindungi
kekayaan alam tersebut agar dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat.
Salah satu ancaman bagi hutan Indonesia adalah kebakaran hutan. Penyebab kebakaran
lahan tersebut bisa diakibatkan oleh faktor alam dan juga faktor manusia.
Penyebab dari faktor manusia ini bisa pula merupakan pembakaran lahan yang
dilakukan oleh penduduk asli. Indonesia memiliki beberapa masyarakat adat yang
melakukan pembakaran lahan sebagai bagian dari tradisi mereka. Hal ini juga terjadi
di Australia, yang mana penduduk asli mereka masih melakukan praktek
pembakaran lahan untuk kebutuhan sehari-hari

ABSTRACT
Indonesia and Australia blessed with abundant of natural resources. One of that
natural resources is a forest. Therefore, the State is obliged to protect the natural
resources, in this case the forest, that can be utilized for the welfare of the peoples.
The major threat for the forest is a land clearing by fire. This land clearing can be
caused by human factor or natural factor. The cause of this human factor can also
be a land burning is done by natives. Indonesia and Australia have something in
common on this problem. The Indigenous people of Australia have practice this
land burning for a long time, because it?s one of their custom. Some Masyarakat
Hukum Adat in Indonesia also doing this land clearing by using the fire for fulfil
their daily needs"
2016
S64914
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Kebakaran hutan dan/atau lahan di Indonesia telah terjadi sejak
abad 19. Kasus kebakaran yang paling signifikan terjadi pada
tahun 1982, 1997-1998, dan 2006. Kebakaran hutan ini
menghasilkan asap dalam jumlah yang sangat banyak dan dirasakan
juga oleh masyarakat di Malaysia dan Singapura. Adapun
pencemaran oleh asap ini dapat dikatakan sebagai pencemaran
udara lintas batas karena dihasilkan di wilayah Indonesia dan
dampaknya dapat dirasakan sampai ke Malaysia dan Singapura.
Penyebab dari kebakaran hutan dan/atau lahan yang menghasilkan
pencemaran asap lintas batas ini adalah terutama karena konversi
hutan dan/atau lahan menjadi lahan perkebunan. Cara konversi
hutan dan/atau lahan yang paling mudah dan murah adalah dengan
membakar hutan. Namun, melihat bahwa perusahaan perkebunan
merupakan penyebab utama kebakaran hutan, pemerintah Indonesia,
khususnya pemerintah daerah masih saja memberikan konsesi lahan.
Hal ini diperparah dengan tidak adanya mekanisme kontrol dan
sanksi yang tegas bagi para pelanggar. Upaya pemerintah dalam
menanggulangi masalah ini lebih dititikberatkan pada
penanggulangan kebakaran hutan, bukan pada upaya pencegahan.
Padahal dalam hukum internasional, suatu negara memiliki
kewajiban pada masyarakat internasional untuk menjaga wilayahnya
dan memastikan bahwa aktivitas dalam wilayahnya tidak mengganggu
negara lain. Sayangnya, sampai saat ini, Indonesia masih belum
dapat mengatasi masalah kebakaran hutan dan pencemaran udara
lintas batas. Masalah ini terus berulang setiap tahunnya dan
merugikan tidak hanya Indonesia, namun juga negara tetangga,
Malaysia, dan Singapura. Padahal, atas kegagalan ini, Indonesia
dapat dimintai pertanggungjawaban melalui forum internasional."
[Universitas Indonesia, ], 2007
S26212
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rr. Inez Wiraatmadja
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 1989
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Valiska Nathania
Depok: Universitas Indonesia, 2010
S26258
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Badan Pembinaan Hukum Nasional, Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, 1999
341.44 PEN
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Diarmila Tri Lestari
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 1996
S25745
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>