Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 209059 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Eka Fridayanti
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2008
T36836
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Grace Lidya M.S.
"Salah satu sulit terlaksananya mekanisme hak ekonomi pencipta lagu, khususnya hak pengumuman (performing right) adalah adanya kesulitan jika para pencipta ataupun pemegang hak cipta secara perorangan mendatangi satu persatu setiap pemakai lagu yang memakai lagu mereka secara komersial Sebaliknya para pemakai lagu juga tidak mengerti bahwa mereka harus membayar royalti kepada pencipta lagu apabila mereka memakai lagu tersebut secara komersial serta sulit untuk mendatangi pencipta lagu satu persatu. Belum lagi dengan adanya kedudukan seorang pencipta yang sering dikatakan lemah jika berhadapan dengan para pemakai maupun pihak publisher. Masyarakat sendiri selama ini mengira bahwa pengertian hak ekonom· hak pencipta hanya meliputi hak mekanis (mechanical right) ini saja. Padahal pengertian hak ekonomi ini juga mencakup hak mengumumkan. Berdasarkan hal-hal tersebut dirasakan sangat perlu bagi seorang pencipta lagu ataupun pemegang hak cipta untuk mengadakan perjanjian mengenai hak pengumuman ini. Perjanjian antara pencipta lagu/publisher dan YKCI ini merupakan perjanjian melakukan jasa-jasa tertentu di mana YKCI sebagai badan administrasi kolektif berkewajiban mengelola hak pengumuman pencipta lagu dan berhak mendapatkan "upah" atas usahanya dalam melakukan jasa tersebut. "Upah" ini oleh YKCI dinamakan sebagai biaya administrasi riil yaitu sebesar 30%. Oleh karenanya mengenai prosentase 30% ini harus dicantumkan dalam perjanjian tersebut. Pihak pencipta lagu/publisher sendiri berhak mendapat royalti atas lagunya yang telah dipakai oleh pemakai musik secara komersial. Oleh karena perjanjian antara pencipta lagu/publisher dan YKCI hanya mengikat kedua belah pihak saja dan tidak mengikat pihak ketiga, yaitu pemakai lagu dalam hal ini, maka perlu adanya suatu pemberian kuasa dari pencipta lagu/publisher kepada YKCI agar dapat memungut dan menagih royalti serta melakukan monitor terhadap pemakaian lagu secara komersial oleh pemakai musik atau lagu tersebut."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2000
S20809
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Aria Bayu
"Lagu atau musik rekaman suara, merupakan karya cipta seseorang atau lebih, dimana untuk menciptakannya orang harus mengeluarkan segala daya pikirnya berdasarkan kemampuan, imajinasi, tenaga, ketrampilan,dan waktu. Disamping mempunyai nilai moral, karya musik/lagu mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi, karena mempunyai segmen pasar yang sangat luas, namun dalam- era globalisasi saat ini dan diiringi dengan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat, maka orang lebih mudah untuk dapat merekam lagu tersebut baik untuk didengarkan sendiri maupun untuk kepentingan komersial, selain itu perkembangan media televisi atau radio di Indonesia serta tumbuhnya tempat-tempat hiburan menyebabkan suatu karya cipta musik/lagu sepertinya sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia.
Tujuan dari penulisan tesis ini adalah sejauh mana keefektifan suatu perangkat perundang-undangan dalam hal ini Undang-undang Hak Cipta dalam mencermati perlindungan hak cipta yang terkait dalam perlindungan terhadap Hak Mengumumkan dan Hak Memperbanyak, karena sebagimana yang kita ketahui bahwa saat ini Indonesia dikenal sebagai Negara yang menjadi surga baik pelanggar hak cipta khususnya dibidang hak cipta musik dan lagu, banyaknya kaset,CD, DVD bajakan yang dapat mudah diperoleh dimanapun, menyebabkan kita bertanya bagaimanakah perlindungan hukum bagi pencipta lagu dalam Undang-undang Hak Cipta, dan sejauh mana peran Yayasan Karya Cipta Indonesia (YKCI) sebagai satu-satunya badan administrative yang mempunyai hak untuk memungut royalty sekaligus mendistribusikannya kepada Pencipta lagu, serta untuk mengetahui hal-hal yang menjadi kendala bagi YKCI dalam menyelesaikan segala permasalahan sengketa hak cipta di tanah air serta bagaimana penyikapan dari aparat hukum di Indonesia dalam penegakan hak cipta di Indonesia, terutama yang menyangkut berbagai kasus pelanggaran hak cipta terutama yang menyangkut hak memperbanyak dan hak mengumumkan."
Depok: Universitas Indonesia, 2004
T36941
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Elissa
"Pembayaran royalti hak cipta lagu sangat kompleks karena terdiri atas berbagai mekanisme sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta. Skripsi ini mengkaji bagaimanakah mekanisme peralihan hak cipta lagu yang memberikan manfaat ekonomi bagi Pencipta dan Pemegang Hak Cipta, pembayaran royalti hak cipta di bidang lagu dan peran organisasi manajemen kolektif dalam pemungutan royalti di Indonesia, serta upaya hukum yang dapat dilakukan oleh para pihak untuk menyelesaikan sengketa dalam pelaksanaan pembayaran royalti.
Metode penelitian adalah kepustakaan yang bersifat yuridis normatif. Hasil penelitian yaitu peralihan harus dilakukan dengan akta tertulis; besarnya jumlah royalti berdasarkan kesepakatan dan berpedoman pada organisasi profesi, yang berhak memungut royalti atas performance right adalah Karya Cipta Indonesia sedangkan mechanical right adalah oleh Produser Rekaman Suara; penyelesaian sengketa dengan litigasi maupun non litigasi.

The payment of song’s copyright has lots of complexity because it consists of many mechanisms as it written down in the 19th of 2002 Indonesian Copyright’s Law. This thesis examine how is the mechanism of the shifting of the song’s Copyright will bring the economic benefit for the Authors and Copyright owners, the payment of song’s Copyright at the field of music and the work effectiveness of the Collective Management Organization in collecting for royalties in Indonesia, also the parties law’s effort that can be done for solving the disputes in implementation of royalties payout.
The method of research is based on literatures which characteristic is Normative Jurisdiction. The outcome of the research are Copyright’s shifting must be write boldly at the official documents or papers; the sum’s of royalties must base on the agreement and the directives of professional organizations; the agency that has right to collect the royalties of performance right is Karya Cipta Indonesia in the mean time the recording producers have right to collect the mechanical right; the litigation and non litigation are the outcome for the settlement of the disputes.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2009
S24850
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Winny Karyany
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 1992
S21068
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Siregar, Elfira Diana
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2003
S20956
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arika Yuanita
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2008
S24678
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>