Ditemukan 14100 dokumen yang sesuai dengan query
Peatman, John B.
New York: McGraw-Hill , 1988
621.398 1 PEA d
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Peatman, John B.
New York: McGraw-Hill, 1980
621.381 958 PEA d (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Bazanella, Alexandre Sanfelice
"This book presents a comprehensive theoretical treatment of the H2 approach to data-driven control design. It features a large number of practical designs performed for different classes of processes: thermal, fluid processing and electromechanical. "
Dordrecht, Netherlands: [Springer, ], 2012
e20398169
eBooks Universitas Indonesia Library
Stiffler, A. Kent
New York: McGraw-Hill, 1992
621.391 6 STI d (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Muhammad Idam Faisal
"Dewasa ini perkembangann teknologi pengontrol elektronik di kendaraan begitu pesat, salah satunya adalah perkembangan teknologi pada sistem pengereman di kendaraan komersial yang tidak hanya mengandalkan kemampuan mekanikal dan pneumatik untuk dapat menghentikan kendaraan, tetapi juga terdapat kontrol elektronik yang dilakukan oleh Electronic Control Unit (ECU) Antilock Braking System (ABS) untuk mengontrol pengereman dan mencegah terjadinya locking pada roda selama proses pengereman terjadi. Atas dasar inilah dibuat analisa dan rancang bangun rangkaian elektronika pengontrol anti lock braking system (ABS) pada kendaraan komersial menggunakan mikrokontroller Arduino Uno. Pada tahap perancangan rangkaian elektronik pengontrol pengereman ABS dibuat perhitungan dan algoritma program yang sesuai dengan standard yang berlaku, hal ini diperlukan agar hasil dari rangkaian pengontrol yang dibuat dapat bekerja secara optimal. Pada proses pembuatan simulasi rangkaian elektronik pengontrol pengereman ABS menggunakan beberapa software yang dapat mensimulasikan bagaimana algoritma pemrograman bekerja serta dapat mensimulasikan bagaimana rangkaian pengontrol tersebut dapat bekerja di dunia nyata. Selesai dalam tahap perancangan dan pembuatan, selanjutnya adalah melakukan percobaan dan pengukuran, dimana percobaan dibagi menjadi empat macam percobaan yaitu pengetesan dan analisa pengereman pada kecepatan kendaraan kurang dari 60 km/jam, pengetesan dan analisa pengereman pada kecepatan kendaraan lebih dari 60 km/jam dan tidak ada roda yang mengunci, pengetesan dan analisa pengereman pada kecepatan kendaraan lebih dari 60 km/jam dan ada salah satu roda atau lebih roda yang mengunci, pengetesan dan analisa pengereman pada kecepatan kendaraan lebih dari 60 km/jam dan ada salah satu atau lebih roda yang kecepatanya melebihi kecepatan kendaran.
Nowdays, the development of electronic control technology in vehicles is so rapid, one of which is the development of technology in braking systems in commercial vehicles that do not only rely on mechanical and pneumatic capabilities to be able to stop vehicles, but also have electronic controls carried out by Electronic Control Unit (ECU) Antilock Braking System (ABS) to control braking and prevent locking on the wheels during the braking process. On this basis an analysis and design of the electronic circuit of the anti lock braking system (ABS) was made on commercial vehicles using the Arduino Uno microcontroller. In the design stage of the ABS braking controller electronic circuit, calculations and program algorithms are made in accordance with the applicable standards, this is needed so that the results of the controller circuit that is made can work optimally. In the process of making a simulation of the ABS braking controller electronic circuit using some software that can simulate how the programming algorithm works and can simulate how the controller circuit can work in the real world. Finish in the design and manufacturing stage, then conduct experiments and measurements, where the experiment is divided into four types of experiments, test and analyze of braking at a vehicle speed of less than 60 km/h, test and analyze of braking at a vehicle speed of more than 60 km/h and there are no wheels that lock, test and analyze braking at a vehicle speed of more than 60 km/h and there is one or more wheels that lock, test and analyze braking at a vehicle speed of more than 60 km/h and there is one or more wheels the speed exceeds the speed of the vehicle."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Agis Gilang Setiawan
"Gasifier biomassa merupakan mesin yang menghasilkan gas syntetic atau syngas dari pembakaran parsial yang berbahan bakar biomassa. Lab Gasifikasi UI sudah mengembangkan purwarupa gasifier sejak 2016. Target utama penelitian di Lab Gasifikasi UI adalah dapat memproduksi gasifier secara masal yang dapat dijalankan dimanapun selama terdapat bahan bakar biomassa. Pada gasifier dengan kapasistas 10 kW ini terdapat 4 motor utama yang perlu dikontrol agar gasifier dapat menghasilkan syngas yang baik. Sehingga, dibutuhkan sistem kontrol yang mudah agar warga-warga desa dapat menjalankan gasifier dengan sangat mudah. Penelitian ini mengembangkan sistem kontrol berbasis PLC (Programmable Logic Control) dan menggunakan speed preset untuk mengatur kecepatan motor. Sehingga, diharapkan mampu membuat gasifier yang dapat dijalankan siapapun dengan sangat mudah.
Biomass gasifier is a machine that produces syntetic gas or syngas from partial combustion of biomass fuel. The UI Gasification Lab has been developing gasifier prototypes since 2016. The main target of research at the UI Gasification Lab is to be able to mass produce gasifiers that can be run anywhere as long as there is biomass fuel. In this gasifier with a capacity of 10 kW, there are 4 main motors that need to be controlled so that the gasifier can produce combustible syngas. Thus, an easy control system is needed so that villagers can run the gasifier very easily. This study develops a control system based on PLC (Programmable Logic Control) and uses a preset speed to adjust the motor speed. So, it is expected to be able to make a gasifier that can be run by anyone very easily."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Lenk, John D.
Boston: Newnes, 1998
621.395 LEN s
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Wobschall, Darold
New York: McGraw-Hill, 1987
621.381 53 WOB c
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Dony Harris Saroso
"FPGA (Field-Programmable Gate Array) memiliki banyak sekali aplikasi, salah satunya adalah frequency generator. Frekuensi generator ini menghasilkan gelombang kotak dengan rentang frekuensi sebesar 1Hz-100MHz dengan resolusi 1Hz dengan menggunakan teknik Direct Digital Synthesis (DDS). FPGA ini diprogram menggunakan bahasa VHDL (VHSIC Hardware Description Language). Di dalam FPGA diprogram sebuah ?soft? mikrokontroler untuk interface dengan pengguna dalam mengatur frekuensi yang diinginkan dan juga untuk mengkalkulasi bilangan-bilangan untuk mengontrol frekuensi. Frekuensi dapat diatur dengan sebuah rotary encoder / switch, dan ditampilkan di layar LCD.
FPGA (Field-Programmable Gate Array) has many applications, one of the example is function generator. This function generator produced 1Hz-100MHz square wave with resolution of 1Hz, using Direct Digital Synthesis (DDS) technique. This FPGA programmed using VHDL (VHSIC Hardware Description Language). Inside the FPGA a soft microcontroller is programmed, to provide the human interface to frequency and perform high precision calculation in frequency synthesizer. The frequency can be with a rotary encoder / switch, and displayed in LCD."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
S-pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Ikrar Mahardhika Pramono
"Transformer adalah perangkat yang mentransfer energi listrik dari satu bolak-arus sirkuit untuk satu atau lebih sirkuit lainnya, baik meningkat (meningkatkan) atau mengurangi (mengundurkan diri) tegangan. Transformers bertindak melalui induksi elektromagnetik, saat ini di kumparan primer menginduksi arus dalam kumparan sekunder. Penggunaan transformator termasuk mengurangi tegangan untuk beroperasi tegangan rendah perangkat (bel pintu atau listrik mainan kereta) dan meningkatkan tegangan dari generator listrik sehingga listrik dapat dikirim melalui jarak jauh.
Elektronika daya adalah teknologi berkembang pesat meliputi berbagai macam aplikasi termasuk otomotif, telekomunikasi, komputer dan sistem energi alternatif. Secara tradisional, transformator desain telah didasarkan pada operasi tegangan dan arus di frekuensi rendah. Dalam switching sirkuit (SMP) transformator bekerja pada frekuensi tinggi yang menyebabkan pengurangan yang cukup besar dalam ukuran komponen magnetik. Jenis sinyal yang ditransfer dari primer ke gulungan sekunder mendikte jenis transformator yang paling cocok untuk aplikasi. Pengoperasian transformator pada frekuensi yang lebih tinggi akan berkurang memimpin induktansi magnetizing dibandingkan dengan frekuensi yang lebih rendah.
Proyek ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang sebuah transformator bertujuan untuk penggunaan frekuensi tinggi. Hasil yang diharapkan dari proyek ini adalah mendefinisikan faktor desain sebuah induktor frekuensi tinggi dan trafo. Pemodelan dan simulasi dari trafo akan dilakukan sebagai bagian dari proyek ini, bersama dengan pendekatan desain dan faktor desain.
Transformer is a device that transfers electric energy from one alternating-current circuit to one or more other circuits, either increasing (stepping up) or reducing (stepping down) the voltage. Transformers act through electromagnetic induction; current in the primary coil induces current in the secondary coil. The use of transformers includes reducing the line voltage to operate low-voltage devices (doorbells or toy electric trains) and raising the voltage from electric generators so that electric power can be transmitted over long distances. Power electronics is a rapidly growing technology encompassing a large variety of applications including automotive, telecommunications, computers and alternative energy system. Traditionally, transformer design has been based on voltage and current operating in low frequency. In switching circuit (SMPS) transformer works at high frequencies which led to considerable reductions in the size of magnetic component. The type of signals to be transferred from the primary to secondary windings dictate the type of transformer that most suitable to the application. Operation of a transformer at higher frequencies will lead reduced magnetizing inductance compared to lower frequencies. This project is aimed to analyse and design a transformer purposed for high frequency uses. The expected outcomes of this project are defining the design factor of a high frequency inductors and transformers. Modelling and simulation of the transformer will be performed as part of this project, along with design approach and design factor."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library