Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 175367 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Prasatyo Pratjojo
"Puji syukur saya ucapkan kepada Allah YME atas segala rahmat, berkat, anugerah dan kecualian yang diberikan kepada saya dalam menyelesaikan penulisan skripsi yang penuh tantangan ini. Juga saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibunda yang sabar membesarkan saya, serta terima kasih saya atas kesabaran Madja tersayang dalam menunggu penyelesaian studi saya. Terimakasih pula saya ucapkan kepada pembimbing saya yaitu bapak Nardi Sukardi yang sangat membantu proses kelancaran penulisan skripsi ini dan bantuannya saat dilakukan sidang komprehensif. Tidak lupa, saya ucapkan terima kasib saya yang sebesar-besarnya atas bantuan bapak Elik Jaya dad PT Paditraktor pada khususnya dan kelompok perusahaan Gobel pada umumnya yang sangat membantu saya untuk memungkinkan adanya penulisan skripsi ini. Kemudian untuk bapak Arimbhawa Yasa dan ibu Ayu, kawan saya yang membantu saya dalam hal pengeprinan skripsi ini. Terakhir pula saya ucapkan terimakasih atas segala pihak-pihak lain yang membantu saya yang sangat tidak mungkin saya ucapkan satu persatu karena sangat banyak jumlahnya."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1994
S18844
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Singarimbun, Gerasimos Widi Primanda
"Laporan ini membahas mengenai prosedur audit atas akun eksplorasi dan pengembangan yang ditangguhkan PT REJ, perusahaan yang bergerak di industri pertambangan, konstruksi, dan perdagangan batubara. Perlakuan akuntansi atas akun biaya eksplorasi dan pengembangan yang ditangguhkan dibagi ke dalam empat perlakuan yaitu perlakuan atas pengakuan, pengukuran, penyajian, penurunan nilai, dan pengungkapan. Prosedur audit yang dilakukan atas aset akun biaya eksplorasi dan pengembangan yang ditangguhkan adalah perhitungan kembali atas amortisasi dan pengujian terperinci atas pertambahan aset biaya eksplorasi dan pengembangan yang ditangguhkan. Berdasarkan atas hasil audit akun biaya eksplorasi dan pengembangan yang ditangguhkan, auditor menemukan bahwa terdapat salah saji yang material atas amortisasi aset biaya eksplorasi dan pengembangan yang ditangguhkan sehingga membutuhkan penyesuaian terhadap laporan keuangan PT REJ tahun 2015.

This report describes audit procedure on deferred exploration and development expenditure PT REJ, a company that operates on mining, construction, and coal trading industry. The accounting treatment of deferred exploration and development expenditure are divided into four treatments, which are recognition, measurement, presentation, impairment and amortisation, and disclosure. Audit procedure that has been done on deferred exploration and development expenditure were recalculation of amortization and detailed testing for addition of deferred exploration and development expenditure. Based on the audit procedure that is done, auditor found that there was material misstatement for amortisation of deferred exploration and development expenditure which required adjustment for PT REJ's 2015 financial statement."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Obeth MS
"ABSTRAK
Penerapan teknologi informasi belum optimal pada pengendalian intern pengelolaan keuangan di Kementerian PUPR menjadi salah satu penyebab adanya kelemahan pada pengendalian intern pengelolaan keuangan. Strategi dan ukuran kinerja teknologi informasi harus selaras dengan strategi dan ukuran kinerja pengelolaan keuangan agar dapat meningkatkan kualitas pengendalian intern pengelolaan keuangan. Tesis ini membahas strategi dan ukuran kinerja teknologi informasi yang selaras dengan strategi dan ukuran kinerja pengelolaan keuangan di Kementerian PUPR dengan menggunakan Balanced Scorecard. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan wawancara mendalam dan studi dokumen untuk dapat menjelaskan hasil penelitian secara rinci. Strategi dan ukuran kinerja teknologi informasi harus mendukung pengelola keuangan untuk memiliki sistem informasi dan basis data yang sesuai kebutuhan, terintegrasi, dan aman untuk mendukung penggunaan anggaran yang efektif, efisien, akuntabel dan transparan dan penggunaan barang milik negara yang optimal. Balanced Scorecard membuat pengelola TI dapat menyelaraskan dan menentukan strategi dan ukuran kinerja yang tepat dalam pengelolaan keuagan untuk meningkatkan pengendalian intern pengelolaan keuangan di Kementerian PUPR

ABSTRACT
The application of information technology that has not been optimal in financial management internal control at the Ministry of Public Works and Housing becomes one of the causes of weakness in financial management internal control. Strategy and performance measures of information technology must be aligned with strategy and performance measures of financial management in order to improve quality of financial management internal control. This thesis provides study about strategy and performance measures of information technology that is in line with the strategy and performance measures of financial management at the Ministry of Public Works and Housing using Balanced Scorecard. The study was conducted qualitatively with in-depth interviews and document studies in order to provide research result in detail. The strategy and performance measures of information technology must support financial manager to have an information system and database which are appropriate, integrated and safe to support the use of an effective, efficient, accountable and transparent budget and the optimal use of state-owned property. Balanced Scorecard makes IT division can align and determine right strategy and performance measures in financial management to improve financial management internal control at the Ministry of Public Works and Housing."
2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marselinus Aditya Hartanto Tjungadi
"Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi akuntabilitas dan pengendalian internal pelaporan keuangan Gereja Toraja ABC. Keunikan dari organisasi nirlaba dibandingkan organisasi yang berorientasi pada laba dapat mempengaruhi aspek akuntabilitas dan pengendalian internal. Tiap kategori organisasi nirlaba memiliki keunikan, sehingga masing-masing memiliki konsekuensi yang berbeda. Salah satu kategori organisasi nirlaba adalah organisasi nirlaba keagamaan. Dibandingkan kategori organisasi nirlaba lainnya, organisasi nirlaba keagamaan tidak hanya bertanggung jawab kepada sesama makhluk hidup lainnya, terutama manusia, tetapi juga bertanggung jawab kepada Tuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada single case unit analysis. Objek penelitian adalah Gereja Toraja ABC karena dari hasil wawancara awal dengan beberapa jemaat gereja, diketahui bahwa terjadi selisih atas jumlah dana dari rekapan penerimaan dan pengeluaran uang yang diterima gereja, serta nama penyumbang tidak diinformasikan padahal dana sudah diberikan oleh penyumbang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan dalam pelaksanaan akuntabilitas pelaporan keuangan gereja belum berjalan dengan optimal. Pengendalian internal pun belum berjalan dengan baik, terutama pengurus keuangan gereja yang kurang kompeten, pemisahan tugas yang belum sepenuhnya baik, dan penerapan pedoman umum yang belum optimal. Kurangnya pemahaman para pengurus keuangan juga dimaklumi oleh jemaat, sehingga menerima saja keadaan tersebut. Bagi unit analisis disarankan agar isi dari Pedoman Umum Pengelolaan Keuangan dan Harta Milik Gereja Toraja diperbaiki dan meningkatkan sosialisasi kepada para pengurus keuangan dan majelis jemaat. Sebaiknya menggunakan aplikasi akuntansi, menyusun bagan akun, merekrut staf khusus sebagai pegawai keuangan atau akuntansi, dan menggunakan metode penilaian kinerja untuk mengukur kinerja staf tersebut.

This research aims to evaluate accountability and internal control of financial reporting on ABC Toraja Church. The uniqueness of non-profit organizations compared to profit-oriented organizations can affect aspects of accountability and internal control. Each category of a non-profit organization is unique, so each has different consequences. One of the categories is religious non-profit organizations. Compared to other categories of organizations, religious nonprofits are not only responsible to other living beings, especially humans, but also to God. The method used in this research is qualitative descriptive that uses case study approach with single case unit analysis. The object of research was the ABC Toraja Church because from the results of initial interviews with several church members, it was found that there was a difference in the amount of funds received from the recapitulation of cash receipt and disbursement by the Church, and the names of donors were not informed even though the funds had been given by donors.
The results of the research show that the stages in implementation of financial reporting accountability on church have not run optimally. The internal control also has not run well, especially Church financial administrators is not competent, segregation of duties that have not fully good, and application of general guidance have not run optimally. The lack of understanding of Church financial administrators also understood by the church members. For the unit of analysis, it is suggested that the contents of the General Guidelines for Financial Management and Property of the Toraja Church be improved and increase outreach to financial administrators and church councils. Researcher recommends using an accounting application, compiling a chart of accounts, recruiting specialized staff as financial or accounting employees, and using key performance index to measure the performance of those staff."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dilla Andyana Sari
"Laporan magang ini menganalisis prosedur audit AAA Indonesia dan penerapan PSAK 30 revisi 2011 atas sewa pembiayaan PT. SHB, suatu perusahaan jasa kesehatan. Pengadaaan sebagian besar aset medis PT. SHB dilakukan dengan menggunakan skema sewa pembiayaan. Masalah yang muncul pada sewa pembiayaan ini berkaitan dengan pembatalan perjanjian sewa, prosedur audit AAA Indonesia yang meliputi prosedur konfirmasi pihak ekternal dan prosedur penilaian going concern entitas, dan jawaban konfirmasi yang dibuat oleh pihak perusahaan pembiayaan. Hasil analisis menyimpulkan perlunya penyesuaian yang dilakukan oleh PT. SHB terkait pembatalan perjanjian dan perbaikan prosedur audit AAA Indonesia serta pembenahan dalam pembuatan jadwal pembayaran oleh pihak ketiga.

This report analyzes the lease audit procedures done by AAA Indonesia and the implementation of PSAK 30 revised 2011 in PT. SHB, a health care company. In order to acquire its medical equipment, PT. SHB uses financing lease as an option to provide most of its medical equipment. The main problems arising on these financing lease agreements are related to the cancellation of the lease agreement, the audit procedures held by AAA Indonesia that include the external confirmation procedure and going concern entity assessment, and confirmation responses made by third parties. The analysis results conclude the need for adjustments made by PT. SHB related to the cancellation of agreements, improvement of AAA Indonesia audit procedure, and enhancement in the preparation of leasing schedules by third parties."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bunawi
"Iklim persaingan usaha yang semakin meningkat di era globalisasi saat ini, membuat suatu keharusan bagi pihak manajemen untuk mengelola perusahaannya lebih efisien, efektif dan hemat. Fungsi Internal Audit yang memberikan penilaian tentang kondisi aktual aspek efisiensi, efektivitas kehematan manajemen perusahaan,semakin memiliki peran yang menentukan. Tujuan penulisan ini adalah menganalisis sejauh mana peran dan kontribusi fungsi Internal Audit ini dalam membantu memperbaiki kinerja manajemen. Penulis menggunakan metode penelitian literatur dan penelitian lapangan yang berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa rekomendasirekomendasi Internal Audit memiliki dampak positif terhadap kinerja manajemen. Hal ini terlihat dari analisis perbandingan rasio laporan keuangan sebelum diaudit dengan sesudah diaudit. Kesimpulan penulisan ini adalah kehadiran fungsi Internal Audit telah turut membantu pihak manajemen untuk memperbaiki kinerjanya. Agar fungsi ini terus berperan dan kehadirannya semakin diperhitungkan, maka fungsi ini perlu terus meningkatkan kualitas pelayanannya dan kualitas sumber-dayanya."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1994
S18949
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochamad Riandri Prasetya
"Laporan magang ini membahas mengenai proses pengauditan atas laporan keuangan PT XYZ yang dilakukan oleh KAP MRP untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2016, khususnya terhadap akun properti investasi. Prosedur audit yang dilakukan dimulai dari tahap penerimaan klien, perencanaan, pengujian dan pengumpulan bukti, hingga evaluasi dan pelaporan. Laporan magang ini juga membahas analisis perlakuan akuntansi yang diterapkan oleh PT XYZ atas properti investasi yang dimilikinya dengan menggunakan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan PSAK 13.
Berdasarkan hasil proses pengauditan, KAP MRP tidak menemukan adanya salah saji material dari hasil pengujian. Penulis mendapatkan 2 temuan yaitu tidak dilakukannya prosedur pemeriksaan perhitungan KJPP dan perbandingan dengan transaksi sejenis. Tetapi, temuan ini tidak menimbulkan salah saji material. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa perlakuan akuntansi dan proses audit yang dilakukan telah sesuai dengan standar yang berlaku.

This internship report explains the process of PT XYZ rsquo s financial statements audit conducted by KAP MRP for the period ended in 31 December 2016, in particular on Investment Properties. Audit procedures performed starting from client acceptance, planning, testing and evidence collection, until evaluation and reporting. This internship report also explains the analysis of the accounting treatment applied by PT XYZ for investment properties in accordance with Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan PSAK 13.
KAP MRP did not find any material misstatements from the test results. I found 2 issue rsquo s that is auditor not complete the examination of KJPP valuation and comparison to recent similar transactions. But, this finding is not cause material misstatements. Based on the analysis, it was concluded that the accounting treatment and audit procedures is in accordance with the applicable standards.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmawati Galih Syarafina
"Laporan magang ini membahas proses audit atas akun tanah pada PT MMT, sebuah perusahaan BUMN yang berlokasi di Bontang, Kalimantan Timur yang dilakukan oleh KAP PQR untuk periode yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016. Pembahasan dalam laporan magang ini mencakup kebijakan akuntansi yang diterapkan oleh PT MMT atas tanah dan proses audit yang dilakukan oleh KAP PQR terhadap tanah milik PT MMT yang direvaluasi dengan bantuan jasa penilai independen. Hasil proses audit menunjukkan bahwa kebijakan akuntansi PT MMT terkait tanah telah sesuai dengan kaidah yang tercantum dalam Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan PSAK yang berlaku dan nilai tanah yang tercatat wajar. Selain itu, prosedur audit yang dilakukan oleh KAP PQR atas akun tanah PT MMT juga telah sesuai dengan teori dan standar audit yang berlaku.

This internship report discusses the audit procedure for land of PT MMT, a state owned company located in Bontang, East Kalimantan that conducted by KAP PQR for the year ended December, 31st 2016. The discussion covers the accounting treatment for land in PT MMT and the audit procedure conducted by KAP PQR for land of PT MMT which has been revaluated by independent valuer. The audit results showed that accounting treatment in PT MMT complies with the Indonesia Financial Accounting Standard and the revaluated amount of land is fair. Moreover, the audit procedure conducted by KAP PQR for land of PT MMT which has been complied with International Standards on Auditing ISA.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rahadian Assaf
"Penelitian ini menguji pengaruh audit laporan keuangan interim terhadap asimetri informasi antar investor yang diukur dengan proksi variabilitas return saham dan volume perdagangan saham. Sampel yang digunakan adalah 244 sampel kuartal perusahaan KOMPAS100 yang terdaftar di BEI selama tahun 2012 sampai 2014. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa audit laporan keuangan interim menurunkan asimetri informasi antar investor yang diukur dengan variabilitas return saham dan volume perdagangan saham.

This study examined the effect of audit of interim financial report on information asymmetry between investor measured by variability stock return and trading volume. The sample used on this study is 244 firm quarterly sample in KOMPAS100 that listed in BEI during 2012-2014. These result showed audit interim financial report decreases asymmetry information inter investor measured by variability stock return and volume trading."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S64387
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasution, Paras M.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1991
S18190
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>