Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 80553 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nasution, Paras M.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1991
S18190
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Obeth MS
"ABSTRAK
Penerapan teknologi informasi belum optimal pada pengendalian intern pengelolaan keuangan di Kementerian PUPR menjadi salah satu penyebab adanya kelemahan pada pengendalian intern pengelolaan keuangan. Strategi dan ukuran kinerja teknologi informasi harus selaras dengan strategi dan ukuran kinerja pengelolaan keuangan agar dapat meningkatkan kualitas pengendalian intern pengelolaan keuangan. Tesis ini membahas strategi dan ukuran kinerja teknologi informasi yang selaras dengan strategi dan ukuran kinerja pengelolaan keuangan di Kementerian PUPR dengan menggunakan Balanced Scorecard. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan wawancara mendalam dan studi dokumen untuk dapat menjelaskan hasil penelitian secara rinci. Strategi dan ukuran kinerja teknologi informasi harus mendukung pengelola keuangan untuk memiliki sistem informasi dan basis data yang sesuai kebutuhan, terintegrasi, dan aman untuk mendukung penggunaan anggaran yang efektif, efisien, akuntabel dan transparan dan penggunaan barang milik negara yang optimal. Balanced Scorecard membuat pengelola TI dapat menyelaraskan dan menentukan strategi dan ukuran kinerja yang tepat dalam pengelolaan keuagan untuk meningkatkan pengendalian intern pengelolaan keuangan di Kementerian PUPR

ABSTRACT
The application of information technology that has not been optimal in financial management internal control at the Ministry of Public Works and Housing becomes one of the causes of weakness in financial management internal control. Strategy and performance measures of information technology must be aligned with strategy and performance measures of financial management in order to improve quality of financial management internal control. This thesis provides study about strategy and performance measures of information technology that is in line with the strategy and performance measures of financial management at the Ministry of Public Works and Housing using Balanced Scorecard. The study was conducted qualitatively with in-depth interviews and document studies in order to provide research result in detail. The strategy and performance measures of information technology must support financial manager to have an information system and database which are appropriate, integrated and safe to support the use of an effective, efficient, accountable and transparent budget and the optimal use of state-owned property. Balanced Scorecard makes IT division can align and determine right strategy and performance measures in financial management to improve financial management internal control at the Ministry of Public Works and Housing."
2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prasatyo Pratjojo
"Puji syukur saya ucapkan kepada Allah YME atas segala rahmat, berkat, anugerah dan kecualian yang diberikan kepada saya dalam menyelesaikan penulisan skripsi yang penuh tantangan ini. Juga saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibunda yang sabar membesarkan saya, serta terima kasih saya atas kesabaran Madja tersayang dalam menunggu penyelesaian studi saya. Terimakasih pula saya ucapkan kepada pembimbing saya yaitu bapak Nardi Sukardi yang sangat membantu proses kelancaran penulisan skripsi ini dan bantuannya saat dilakukan sidang komprehensif. Tidak lupa, saya ucapkan terima kasib saya yang sebesar-besarnya atas bantuan bapak Elik Jaya dad PT Paditraktor pada khususnya dan kelompok perusahaan Gobel pada umumnya yang sangat membantu saya untuk memungkinkan adanya penulisan skripsi ini. Kemudian untuk bapak Arimbhawa Yasa dan ibu Ayu, kawan saya yang membantu saya dalam hal pengeprinan skripsi ini. Terakhir pula saya ucapkan terimakasih atas segala pihak-pihak lain yang membantu saya yang sangat tidak mungkin saya ucapkan satu persatu karena sangat banyak jumlahnya."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1994
S18844
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Merisa
"ABSTRAK
Laporan magang ini membahas mengenai prosedur audit atas akun piutang premi pada PT RST untuk periode laporan keuangan yang berakhir pada 31 Desember 2016. PT RST merupakan perusahaan yang bergerak dalam jasa asuransi kerugian. Prosedur audit dilaksanakan berdasarkan pedoman audit TUV yang telah sesuai dengan standar ISA. Pembahasan dimulai dari tahap perencanaan, tahap audit lapangan, dan tahap penyelesaian dan pelaporan. Terdapat satu temuan audit terkait pengakuan piutang premi undue. Namun secara keseluruhan, net impact yang dihasilkan dari penyesuaian temuan di bawah materialitas sehingga tidak mempengaruhi opini atas laporan keuangan yang telah disajikan.

ABSTRACT
This internship report discusses audit procedure of premium receivable account in PT RST rsquo s financial statement for the period ended 31 December 2016. PT. RST is a general insurance company which provides various general insurance service in Indonesia. Audit process are implemented based on TUV Audit Guide which has been appropriate with ISA standard. The discussions start with planning, field audit, and completion and reporting. There are some misstatement related recognition of undue classification in premium receivable account. But in general, the net impact resulted from adjustment of findings are bellow materiality so it didn rsquo t effect the financial statement rsquo s opinion."
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Bunawi
"Iklim persaingan usaha yang semakin meningkat di era globalisasi saat ini, membuat suatu keharusan bagi pihak manajemen untuk mengelola perusahaannya lebih efisien, efektif dan hemat. Fungsi Internal Audit yang memberikan penilaian tentang kondisi aktual aspek efisiensi, efektivitas kehematan manajemen perusahaan,semakin memiliki peran yang menentukan. Tujuan penulisan ini adalah menganalisis sejauh mana peran dan kontribusi fungsi Internal Audit ini dalam membantu memperbaiki kinerja manajemen. Penulis menggunakan metode penelitian literatur dan penelitian lapangan yang berupa wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa rekomendasirekomendasi Internal Audit memiliki dampak positif terhadap kinerja manajemen. Hal ini terlihat dari analisis perbandingan rasio laporan keuangan sebelum diaudit dengan sesudah diaudit. Kesimpulan penulisan ini adalah kehadiran fungsi Internal Audit telah turut membantu pihak manajemen untuk memperbaiki kinerjanya. Agar fungsi ini terus berperan dan kehadirannya semakin diperhitungkan, maka fungsi ini perlu terus meningkatkan kualitas pelayanannya dan kualitas sumber-dayanya."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1994
S18949
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Febrian Ilham
"Laporan magang ini membahas mengenai proses audit terhadap akun utang usaha pada PT KG untuk periode yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2012 Pembahasan dalam laporan magang ini ditulis berdasarkan pada pengalaman audit pengerjaan lapangan field work Fokus pembahasan terletak pada prosedur audit yang dijalankan terkait dengan akun utang usaha Berdasarkan hasil proses audit atas akun utang usaha penyajian yang telah dibuat PT KG atas akun utang usaha telah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan PSAK yang berlaku Analisis atas prosedur yang dijalankan oleh KAP Tenang memberikan kesimpulan bahwa prosedur tersebut telah sesuai dengan teori dan standar yang berlaku

The report is aimed to explain the audit process of account payables in PT KG for the period ended December 31st 2012 The discussion int this report is written based on the experience from audit field work The main focus is on the audit procedures undertaken related to account payable Based on the results of the audit the presentation that has been made by PT KG on account payable is in accordance with Indonesian Financial Accounting Standards PSAK which applies Analysis of the procedure performed by KAP Tenang to the conclusion that it complies with applicable standards and theory
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Lovita Soraya Desideria
"ABSTRAK
Laporan Magang ini membahas mengenai tahapan pengembangan Teknik Audit Berbantuan Komputer TABK pada Sistem Informasi Keuangan SIK di salah satu instansi pemerintah. Laporan ini juga membahas analisis kesesuaian antara tahapan pengembangan TABK yang dilakukan Firma ABC dengan kerangka pengembangan sistem oleh Romney dan Steinbart 2015 . Disimpulkan bahwa ada empat tahapan utama yang dilakukan untuk mengembangkan TABK yaitu Tahap Identifikasi, Tahap Diagnosis, Tahap Desain, dan Tahap Penyampaian. Pada Tahap Identifikasi, Tim Firma ABC memahami proses bisnis utama pada tiap modul yang ada pada SIK. Kemudian, dari setiap proses bisnis tersebut akan disusun risiko, tujuan, dan teknik pengujian TABK pada Tahap Diagnosis. Pada Tahap Desain, kebutuhan data dan script dari masing-masing risiko akan dibuat dan diuji. Tahap terakhir adalah Tahap Penyampaian dimana Tim Firma ABC melakukan presentasi hasil simulasi dan transfer knowledge serta menyampaikan script dan dokumen terkait. Secara umum, disimpulkan bahwa tahapan pengembangan TABK yang dilakukan sudah sesuai dengan kerangka pengembangan sistem oleh Romney dan Steinbart 2015 .

ABSTRACT
This report discusses the stages phases of the development of Computer Assisted Audit Techniques CAATs of Financial Information System FIS at a government institution. This report also discusses the conformity between the CAATs development as performed by Firma ABC and the system development framework described in Romney and Steinbart 2015 . This report concludes that there are four stages that are used to develop the CAATs, which are Identification Stage, Diagnosis Stage, Design Stage, and Delivery Stage. At Identification Stage, the development team studies system documents in order to understand the business process of each module in the FIS. Then, the team identifies the risks of each business process and develops the audit objective and procedures at Diagnosis Stage. At Design Stage, data requirements and script are developed and tested. The last stage is Delivery Stage in which the team presents the result of the simulation and transfers knowledge to the user. The team also delivers the script and related documents. Overall, the development stages of CAATs are consistent with the aforementioned framework on system development. "
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ali Nur Huda
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi prosedur pengujian audit substantif atas akun prepaid expense yang dilakukan oleh KAP MAN terhadap PT NSK yang merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Evaluasi dalam laporan ini dilakukan berdasarkan teori dan Standar Audit yang digunakan dalam prosedur audit substantif. Prosedur audit yang dilaksanakan meliputi pembuatan working paper, yang mencakup penyusunan lead schedule, pengecekan agree listing, pembuatan movement prepaid expense, vouching addition prepaid expense, rekalkulasi amortisasi prepaid expense, dan pengecekan current vs non-current. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, prosedur audit yang dilakukan oleh KAP MAN telah sesuai dengan teori dan standar audit yang berlaku. Selain itu, laporan magang ini juga membahas mengenai refleksi diri penulis berdasarkan dari pengalaman yang didapat selama masa magang di KAP MAN.

This internship report discusses the evaluation of substantive audit testing procedures for the prepaid expense account conducted by KAP MAN for PT NSK, one of the largest telecommunications companies in Indonesia. The evaluation in this report is based on theory and audit standards used in substantive audit procedures. The audit procedures implemented include the preparation of working papers, which cover the preparation of the lead schedule, agree listing check, preparation of prepaid expense movement, vouching addition prepaid expense, recalculation of prepaid expense amortization, and checking current vs non-current. Based on the evaluation results, the audit procedures conducted by KAP MAN have complied with applicable theories and audit standards. Additionally, this internship report also discusses the author's self-reflection based on the experiences gained during the internship at KAP MAN.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Gostav Adam
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pelaksanaan prosedur penilaian sistem pengendalian intern dalam pelaksanaan review terhadap peningkatan kualitas Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan cara wawancara dan data sekunder yang diperoleh dengan cara mencari teori-teori, peraturan-peraturan, atau data-data olahan lain yang terkait dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan prosedur penilaian sistem pengendalian intern pada saat pelaksanaan review akan meningkatkan kualitas Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara.

The research aims to analyze the impact of internal control assessment implementation in review against improvement of treasurer 39 s annual financial report quality. The research use qualitative approach. Data used are primary data obtained through interviews and secondary data obtained by seeking theories, regulations, or other processed data related to the research topic. Result of the research indicate that the implementation of internal control assessment in review can improve the quality of Treasurer 39 s Annual Financial Report."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firdha Maghfira
"Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rancangan Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan (PIPK) untuk proses pengelolaan barang rampasan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), berdasarkan kebijakan dan best practice dari berbagai referensi terkait Internal Control over Financial Reporting (ICoFR) untuk sektor publik di Indonesia. Peningkatan rancangan PIPK dilakukan melalui pendekatan penelitian kualitatif berupa studi kasus tunggal, dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara langsung serta data sekunder berupa instrumen dokumentasi. Data penelitian kemudian dilakukan analisis deskriptif kualitatif, analisis konten serta dilakukan uji validitas data dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini yaitu berupa rancangan PIPK, rancangan pedoman formal untuk pelaksanaan PIPK, serta rancangan awal kebijakan untuk mendorong perbaikan PIPK pada proses pengelolaan barang rampasan KPK.

This study aims to improve the design of Internal Control over Financial Reporting (ICoFR) for the Corruption Eradication Commission (CEC)'s booty management process based on policies and best practices from various references related to Internal Control over Financial Reporting (ICoFR) for the public sector in Indonesia. The improvements of the ICoFR design was carried out through a qualitative research approach in the form of a single case study, using primary data obtained from direct interviews and secondary data in the form of documentation instruments. The research data was then carried out by qualitative descriptive analysis and content analysis, and the validity of the data was tested using data source and method triangulation. The results of this study are in the form of initial drafts of ICoFR designs, initial drafts of formal guidelines for ICoFR implementations, and initial drafts of policies to encourage ICoFR improvements in the CEC's booty management process."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>