Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 93673 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sidharta Utama
1987
S17623
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siregar, Erwantho
"Prinsip akuntansi yang berlaku di Indonesia menggunakan akuntansi biaya historis. Dalam akuntansi biaya historis, nilai aktiva pada neraca dilaporkan sebesar nilai perolehannya dikurangi penyusutannya, sedangkan pada laporan laba rugi pendapatan dibandingkan dengan biaya-biaya historis (actual historical cost) yang dikeluarkan untuk menghasilkan pendapatan tersebut. Salah satu asumsi akuntansi biaya historis agar dapat menghasilkan laporan keuangan yang wajar adalah tingkat harga yang tetap atau hanya berubah sedikit. Pada saat tingkat harga berubah semakin tinggi atau semakin rendah dari suatu periode ke periode lain, relevansi atau kewajaran laporan keuangan historis semakin berkurang. Perubahan tingkat harga ini dapat dibagi dalam dua jenis, yaitu perubahan tingkat harga umum (inflasi) dan perubahan tingkat harga khusus. Dalam skripsi ini, penulis menerapkan current value accounting pada salah satu perusahaan swasta nasional dan melakukan perbandingan antara laporan keuangan historis dengan laporan keuangan current value yang melakukan revaluasi nilai-nilai aktiva dan bdaya. Laporan keuangan current value berbeda dengan laporan keuangan untuk inflasi, akuntansi current value mengacu pada penerapan sistem pengukuran berdasarkan nilai berlakunya, sedangkan akuntansi inflasi menggunakan sistem pengukuran yang sama dengan akuntansi biaya historis dengan tapi dengan penyesuaian tingkat daya bell mata uang. Hasil perbandingan laporan keuangan historis dengan laporan keuangan current value menunjukkan bahwa pada saat terjadi kenaikan harga, neraca dengan dasar biaya historis akan menilai aktiva lebih rendah dari seharusnya. Sedangkan pada laporan rugi laba, laba yang dilaporkan cenderung lebih tinggi dari sebenarnya. Penulis berkesimpulan bahwa pada periode dimana terjadi kenaikan harga yang tinggi, keyakinan pada laporan keuangan historis dapat mengakibatkan pengikisan harta dan modal (capital erosion) sebagai akibat diambilnya keputusan yang tidak tepat oleh pemakai laporan keuangan, selain itu performa perusahaan akan menunjukkan hasil yang lebih balk dari keadaan sebenarnya. Penerapan akuntansi current value sulit untuk diterapkan secara komprehensif. Kesulitan-kesulitan pokok yang dihadapi penulis antara lain bervariasinya konsep yang mendasari akuntansi current value, sulitnya mendapatkan nilai-nilai current value, banyaknya asumsi yang harus dilakukan, dan cost-benefit informasi laporan keuangan current value. Sehingga, akuntansi current value akan lebih tepat diterapkan pada scat terjadi kenaikan tinggi tingkat harga dan lebih tepat untuk kepentingan internal manajemen perusahaan, bukan untuk pelaporan eksternal."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
S18856
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fathimah Alin Amna
"Untuk meningkatkan daya saing perusahaan manufaktur domestik di era perdagangan bebas ini dibutuhkannya siklus produksi yang lebih optimal. Oleh karena itu skripsi ini bertujuan mengamati dan menganalisis sistem informasi akuntansi pada salah satu perusahaan manufaktur pipa yaitu PT Bakrie Pipe Industries (PT BPI), khususnya pada siklus konversi produk. Penelitian ini juga bertujuan menganalisis pengendalian internal perusahaan menggunakan kerangka Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO).
Penelitian ini melakukan perbandingan antara prinsip pengendalian dan pengendalian internal yang diterapkan oleh PT BPI. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi dan pengendalian pada siklus konversi produk PT BPI sudah cukup memadai. Usulan yang dapat penulis berikan adalah perlunya perbaikan penjagaan fisik atas dokumen maupun aset dan peningkatan kinerja bagian Internal Control and Risk Management.

To increase the competitive advantage of domestic manufacturer in free trade era, domestic manufacturer need to optimized their product conversion cycle. This study tries to understand the nature of product conversion cycle in pipe manufacturer, PT Bakrie Pipe Industries (PT BPI). This study aim to observe and then analyze accounting information system in PT Bakrie Pipe Industries? (PT BPI?s) product conversion cycle. This study is also meant to analyze internal control in the company with The Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO) Integrated Framework.
This study also compares Internal Control Principles with the current condition in PT BPI. This study found that accounting information system and control of PT BPI?s product conversion cycle is fairly good. It is suggested that PT BPI to enhance physical guard over their asset and data, as well as optimize their Internal Control and Risk Management Departement.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45814
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardian Wijanarko
"Dalam membuat produk yang berkualitas baik maka yang memegang peranan penting adalah produktifitas dari alat-alat produksi yang tidak terganggu, ketersediaan (avalability) dari alat-alat produksi yang tinggi, dan kondisi dari alat­ alat produksi yang handal (reliable). Bila ketiga faktor tersebut tidak ada hambatan yang berarti maka bisa dipastikan bahwa produk yang dihasilkan mempunyai kualitas yang tinggi. Penerapan RCM II pada mesin penutup (closer) 60 L merupakan cara yang tepat untuk mengaplikasikan teknik perawatan generasi ketiga ini karena mesin penutup pada pabrik susu ini membuat produk yang tingkut pemakaiannya tinggi sehingga kualitas dari produksi sangat diperhatikan. Ada tujuh pertanyaan dasar dari pengerjaan RCM II dan apabila ketujuh pertanyaan dapat dijawab maka dengan sendirinya sudah dapat mengaplikasikan RCM II dengan baik. Penerapan RCM II dimulai dari pembagian mesin ke dalam sub sistem dan dibagi lagi dalam komponen. Setelah terbagi menjadi komponen maka ditentukan fungsi dari komponen tersebut, selanjumya ditentukan kegagalan fungsi dari komponen tersebut. Langkah selanjutnya adalah menentukan penyebab dari kegagalan fungsi komponen dan dicari akar penyebab terjadinya kegagalan fungsi komponen tersebut. Langkah selanjutnya adalah menentukan efek dari kegagalan fungsi komponen tersebut, dan ditentukan komsekuensi kegagalan tersebut apakah...

In order to make a good quality product so the thing that has importing role is productivity from the production tools that can't be interuppted, the high availability of the production tools, and the reliability term of the produvtion tools. If there's no stuck about these three factors we can be sure the output will have a high quality product. The application of RCM II in a closer machine is the appropiate way to apply in this third generation of maintenance technique because the closer machine of milk rectory is making a highly using product so the quality of production must get a 1ot of attention. There 7 basic question from working on RCM Il and if those 7 question can be answered so it self can already applying RCM Il good enough. The application of RCM II started from devide the machine into subsystems and devide again in component. After all be devide as component then defined the function of the component, after that we have to defined about the functional failure of component. The next step will be defining the failure modes and find the root cause of failure. The next step will be defining the fsilure effect and defining the failure consequences that affect to safety and environment, operation, non-operation, or hidden failure. 'The process to determine the failure consequences Is helped by failure consequences diagram..."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S37119
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Indrawati
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1980
S16465
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Kenrick Giovanni Widjaja
"ABSTRAK
Keuangan pada perusahaan publik di Indonesia. Laporan ini juga membahas Pelaporan Keuangan PT. ATI untuk laporan bulanan 2019 dan untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2018. Persiapan untuk proses konsolidasi Laporan Keuangan adalah melakukan Laporan Arus Kas bulanan dan tahunan, Pernyataan Laba-Rugi dan Penghasilan Komprehensif Lain untuk periode tersebut, Pernyataan Posisi Keuangan, dan Laporan Perubahan Ekuitas. Sebagai perusahaan publik, PT ATI telah menyiapkan dan menerbitkan Laporan Keuangan mereka sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh IFRS dan PSAK. PT. ATI menggunakan perangkat lunak SAP secara efisien karena sebagian besar proses konsolidasi dilakukan secara otomatis oleh SAP. Laporan analisis sangat penting untuk setiap bulan, yang memungkinkan PT. ATI untuk melacak perkembangan keuangan mereka. Pelaporan akhir harus diserahkan kepada PT. Perusahaan induk ATI, Bursa Efek Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan. Dalam kesimpulannya, Pelaporan Akuntansi Keuangan PT. ATI disajikan dengan benar sesuai dengan aturan IFRS dan PSAK.

ABSTRACT
This internship report is made for the purpose to examine and describe how to apply Financial Accounting Reporting on public company in Indonesia. This report also discusses the Financial Reporting of PT. ATI for both monthly report of 2019 and for the period ended in 31 December 2018. The preparation for Financial Statement consolidation process is to do monthly and yearly Cash Flow Statement, a Statement of Profit and Loss and Other Comprehensive Income for the period, Statement of Financial Position, and Statement of Changes in Equity. As a public company, PT ATI have already prepared and published their Financial Statement in accordance with the rules and regulations set by IFRS and PSAK. PT. ATI is using the SAP software efficiently as most of the consolidation process is done automatically by SAP. The analysis report is essential for each month, which allows the company to keep in track on their financial development. The final reporting is to be submitted to PT. ATI parent company, Indonesia Stock Exchange, and Financial Service Authority. In conclusion, the Financial Accounting Reporting of PT. ATI is already presented properly in accordance with the rules of IFRS and PSAK."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sheila Kartika Suryanto
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab keterlambatan penerbitan laporan keuangan dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk mencapai real time accounting di Departemen Akuntansi PT X. Penelitian ini juga ditujukan untuk memberikan estimasi perbaikan atas waktu tutup buku apabila PT X menerapkan real time accounting.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus pada Departemen Akuntansi PT X. Penelitian ini melakukan analisis terhadap proses tutup buku. Proses tutup buku dibagi ke dalam empat proses, yaitu cash closing process, inventory closing process, billing closing process, dan final closing process. Penelitian ini menggunakan konsep activity based management dengan membagi aktivitas tutup buku ke dalam empat kuadran, yaitu value added, non value added, essential, dan non essential activities. Penelitian ini juga melakukan in depth interview kepada Departemen Akuntansi dan departemen terkait lainnya untuk mengidentiflkasi penyebab keterlambatan laporan keuangan. Setelah itu, penelitian ini akan memberikan rekomendasi perbaikan dan menilai perbaikan waktu yang dicapai setelah perusahaan menerapkan rekomendasi yang diberikan.
Dari seluruh penyebab keterlambatan, penyebab keterlambatan yang paling signifikan adalah pengiriman produk yang dilakukan setelah tanggal tutup buku dan tidak adanya automatisasi proses penyusunan laporan keuangan. Rekomendasi yang dapat diberikan untuk mengurangi keterlambatan penerbitan laporan keuangan adalah larangan pengiriman produk setelah tanggal tutup buku dan implementasi SAP. Implementasi perbaikan telah dilakukan pada periode Maret dan April 2013. Akan tetapi, untuk penerapan SAP belum dapat dilakukan pada periode Maret dan April 2013. Perbaikan proses penerbitan laporan keuangan untuk periode Maret dan April menjadi 17 hari kerja. Estimasi waktu untuk proses penerbitan laporan keuangan adalah 5 hari kerja apabila PT X telah menerapkan SAP.

The purpose of this research is to find out the cause of the delay in the issuance of financial reports and provide recommendations for improvements to achieve a real time accounting in Accounting Department PT X. This research provides an estimate of the improvement closing time when PT X implements real time accounting.
This research uses a case study in the Accounting Department of PT X. First, this research reviews a closing process. The closing process divide into four processes, i.e. cash closing process, inventory closing process, billing closing process, and final closing process. Second, this research uses the concept of activity based management by dividing closing activities into four quadrants, i.e. value added, non value added, essential and non-essential activities. Third, this research does in depth interview to the Accounting Department and other relevant departments to identify the root cause of the delay in financial reports. Last, this research gives the recommendation and compares the closing time before and after doing this research.
From all of the root cause, the most significant root causes is shipping the product after the closing date and the absence of the automation process of the preparation of the financial statements. The recommendations to reduce the delay in the issuance of financial statements are prohibit the shipment after the closing date and implementation of SAP. The implementation of recommendation does in March and April 2013, except for SAP implementation. The process of publishing financial reports in March and April 2013 is in 17 working days. The estimation process of publishing financial reports to be 5 working days after implementing the SAP.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T34687
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kasiki Winata
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1982
S16756
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Regina Anregia Violla
"Perusahaan yang bergerak di industri pariwisata saat ini harus menghadapi berbagai tantangan eksternal. Agen perjalanan harus menghadapi persaingan yang ketat dengan Online Travel Agent, merebaknya pandemi Covid-19 yang menurunkan penjualan, serta harga yang dikendalikan oleh pihak maskapai. Sebuah studi kasus dilakukan di PT XYZ, yaitu sebuah perusahaan agen perjalanan Business-to- Bussiness (B2B) yang memberikan layanan penjualan tiket pesawat. PT XYZ sudah berdiri lebih dari 15 tahun dan memiliki lebih dari 7000 mitra kerja. Penelitian ini membahas mengenai penerapan salah satu alat lean, yaitu value stream analysis (VSA), pada PT XYZ. Penelitian berfokus pada analisis potensi implementasi value stream analysis untuk meningkatkan profit margin dan meningkatkan efektifitas penyampaian layanan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan mengimplementasikan VSA pada proses penjualan tiket pesawat PT XYZ. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan hasil studi kasus bahwa VSA dapat diterapkan di PT XYZ. Implikasi dari penelitian ini adalah PT XYZ dapat mengidentifikasi pemborosan dan mengeliminasi aktivitas yang menimbulkan pemborosan.

Companies engaged in the tourism industry currently facing various external challenges, such as the emergence of large-scale online travel agents, the outbreak of the Covid-19 pandemic which has reduced sales, and the dynamic airline ticket prices given by the airlines. Therefore, it is vital for travel agents to achieve business efficiency. A case study was conducted at PT XYZ, a Business-to- Business (B2B) travel agent company that provides airline ticket sales services. PT XYZ has been established for more than 15 years and has more than 7000 partners. This study discusses the application of one of the lean tools, namely value stream analysis (VSA) at PT XYZ. The research focuses on analyzing the potential of applying value stream analysis to increase profit margins and increase the effectiveness of service delivery. This study uses a qualitative research methodology with a case study approach, by implementing VSA in PT XYZ’s airline ticket sales process. Data collection is done by interviews and observation. This research shows that VSA can be implemented in PT XYZ. The implication of this research is that PT XYZ can identify waste and eliminate activities that cause waste."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>