Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 128867 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1985
S17337
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purnama Irwan
"Salah satu bagian penting dari sistem logistik dalam perdagangan nasional dan internasional adalah sistem transportasi multimoda. Tujuan utama dari sistem transportasi multimoda adalah transshipment barang dari satu moda transportasi ke moda transportasi yang lain. Dalam proses pemindahan barang digunakan beberapa alat semi-otomatis dan otomatis seperti, AS / RS Vehicle, robot, konveyor, stacker, dan AVG (Automatic vehicle for Goods), yang bekerja untuk memuat dan membongkar barang dari satu moda transportasi ke moda transportasi yang lain.
Penelitian ini dikonsentrasikan pada simulasi sistem semi-otomatis dari pemindahan barang khususnya dari bandara Lesquin ke platform multimodal Delta 3, Perancis dengan mengimplementasikan AVG yang biasa disebut dalam bahasa Perancis adalah VAM (VĂ©hicule Automatique pour Marchandises). Hasil penelitian ini adalah sebuah konsep baru dari sistem transportasi multimoda yang lebih ekonomis, cepat, aman dan ramah lingkungan.

One of an important part of the logistics system in the national and international trade is multimodal transport system. The main purpose of a multimodal transport system is the transshipment of goods from one mode of transport to another. In the process of transshipment of goods used several tools of semi-automatic and automatic such as, AS/RS Vehicle, robot, conveyor, stacker and AVG (Automatic vehicle for Goods), that worked to load and unload goods from a transport mode to another.
This research concern about the simulation of semi-automatic system of the transhipment of goods particularly from Lesquin Airport to Delta 3 Platform Multimodal with the implementation of future AVG (Automated Vehicle for Goods), that called in French as VAM (VĂ©hicule Automatique pour Marchandises).The results of this research is a new concept of multimodal transport systems are more economic, fast, safe and environment friendly.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T39249
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bayu Wanda Prihantono
"Truk sedang memainkan peran penting dalam industri logistik, terutama dalam hal fleksibilitas ukuran, yang membuatnya sangat diandalkan untuk memindahkan berbagai komoditas logistik. Mobilitas yang cepat dan jumlah truk sedang, sering dikaitkan dengan keterlibatan mereka dalam kecelakaan. Dengan persentase 37% dari seluruh kendaraan barang yang terlibat kecelakaan di Provinsi Yogyakarta, kecelakaan truk menempati urutan kedua setelah insiden yang melibatkan pickup. Penyebab kecelakaan yang melibatkan mobil barang telah diselidiki secara menyeluruh oleh para peneliti sebelumnya. Namun demikian, penelitian empiris yang menganggap hasil pengujian kendaraan bermotor berkala sebagai penyebab kecelakaan, khususnya pada truk berukuran sedang, masih sangat sedikit. Metode Partial Least Square Path Modeling (PLS-PM) digunakan untuk menguji 8 hipotesis, dan temuan menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti bertambahnya usia pengemudi truk sedang, panjang interval pengujian kendaraan truk sedang, peningkatan kondisi jalan, dan waktu kecelakaan yang berhubungan dengan perubahan kondisi arus lalu lintas, secara signifikan mempengaruhi tingkat keparahan kecelakaan yang melibatkan truk sedang. Sedangkan, faktor median, lokasi kecelakaan, pekan dan lingkungan tidak berpengaruh secara signifikan dalam keparahan kecelakaan. Namun, hasil analisa ini hanya merepresentasikan 22,2% dari seluruh faktor yang mempengaruhi tingkat keparahan kecelakaan truk sedang. Para pemangku kepentingan diharapkan dapat mempertimbangkan temuan tersebut saat merumuskan kebijakan, khususnya yang berkaitan dengan pengoperasian truk sedang, sebagai hasil dari analisis faktor yang berkontribusi terhadap keparahan kecelakaan di wilayah Provinsi Yogyakarta.

Medium trucks play a crucial role in the logistics industry, notably in terms of size flexibility, which makes them very dependable for moving a variety of logistics commodities. The rapid mobility and abundance of medium trucks are frequently linked to their involvement in accidents. With a percentage of 37% of all freight vehicles involved in accidents in Yogyakarta province, truck accidents come in second place to incidents involving pickup trucks. The causes of freight vehicles accidents have been thoroughly investigated by earlier researchers. There is, however, a dearth of empirical research that considers freight vehicles periodic inspections results as a cause of accidents, particularly in medium trucks. The Partial Least Square Path Modeling (PLS-PM) method was used to test 8 hypotheses, and the findings indicate that factors such as the age of medium truck drivers, the length of regular medium truck test intervals, the condition of the road, and the timing of accidents in relation to changes in traffic flow conditions all significantly affect severity of accidents involving medium trucks. In contrast the road separation factor, accident location, type of week and environment did not significantly influence the severity of the accident. However, the results of this analysis only represent 22.2% of all factors that affect the severity of medium truck accidents. Stakeholders are anticipated to take the findings into account when formulating policies, particularly those that pertain to the operation of medium trucks, as a result of the results of the analysis accidents contributing of factors in the Yogyakarta Province."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hernawaty Arif
"Fungsi utama sebuah multimodal terminal kontainer adalah proses pemindahan (transfer) barang dari satu moda transport ke moda lain. Terdapat dua jenis proses utama : yang pertama, loading adalah pengangkutan kontainer dari lapangan menuju salah satu moda transport, dan kedua, discharging, pembongkaran barang. Studi ini berfokus pada pengoptimalan proses pemindahan barang secara umum dari bandar udara Lesquin menuju Multimodal Platform Delta 3 dengan implementasi Kendaraan Otomatis untuk Pengangkutan barang atau AVG (Automated Vehicle for Transport of Goods). Hasil dari studi ini adalah sebuah konsep sistem semi-otomatis untuk pengoptimalan proses pemindahan barang dan pemenuhan sistem tersebut pada sistem logistik berkelanjutan (Sustainable Logistics).

The main purpose of an multimodal container terminal is the transshipment of containers from one mode of transport to another. There are two main process of movements : first, loading, the transport of containers from the yard to a mode and the second, discharging, the reverse movement. This study concern about the optimising the transhipment of goods from Lesquin Airport until Delta 3 platform multimodal with the implementation the future AVG (Automated Vehicle for Transport of Goods). The results of this study is concept new semi-automatic system for optimising the transhipment of goods process and meet to the sustainable logistics.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35797
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heru Purnomo
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh penjelasan mengenai faktor apa yang harus dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan yang optimal dan untuk mengetahui pilihan mana yang lebih menguntungkan antara inap truk atau tidak inap truk. Disain penelitian ini adalah studi kasus deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam optimalisasi keputusan inap truk atau tidak inap truk adalah jarak tempuh dan kondisi jalan, energi (bahan bakar minyak), empty travel, kompetisi dan regulasi, serta waktu tempuh/waktu transportasi (transport time). Dan mengenai manakah yang lebih menguntungkan antara inap truk atau tidak inap truk dapat disimpulkan bahwa untuk peti kemas ukuran 20? dan lokasi truk saat ini berada di A atau B, keputusan tidak inap truk (risk order) lebih menguntungkan. Untuk lokasi truk saat ini berada di C atau D, keputusan inap truk lebih menguntungkan, namun demikian jika jumlah minimal certain order dipenenuhi maka lebih menguntungkan tidak inap truk (certain order). Untuk lokasi truk saat ini berada di E, F dan G, keputusan inap truk lebih menguntungkan. Untuk peti kemas ukuran 40?/45? dan lokasi truk saat ini berada di A, B atau C, keputusan tidak inap truk (risk order) lebih menguntungkan. Untuk lokasi truk saat ini berada di D atau E, keputusan inap truk lebih menguntungkan, namun demikian jika jumlah minimal certain order dipenuhi maka lebih menguntungkan tidak inap truk (certain order). Untuk lokasi truk saat ini berada di F dan G, keputusan inap truk lebih menguntungkan.

The purpose of this research is to obtain explanation on what factor to be considered in optimal decision making and to find out which decision is more profitable between overnight truck and not overnight truck. This research design is quantitative descriptive case study. From the research result it can be concluded that factors to be considered in decision optimalisation of overnight truck or not overnight truck are travel distance and road condition, energy (fuel), empty travel, competition and regulation, and travel time/transport time. And regarding which one is more profitable between overnight truck and not overnight truck it can be concluded for container size 20? and current truck location is in A or B, decision of not overnight truck (risk order) is more profitable. For current truck location in C or D, decision of overnight truck is more profitable, however if minimum certain order amount is fulfilled then not overnight truck (certain order) is more profitable. For current truck location in E, F or G, decision of overnight truck is more profitable. For container size 40?/45? and current truck location is in A, B or C, decision of not overnight truck (risk order) is more profitable. For current truck location in D or E, decision of overnight truck is more profitable, however if minimum certain order amount is fulfilled then not overnight truck (certain order) is more profitable. For current truck location in F or G, decision of overnight truck is more profitable."
Depok: Program Sarjana Ekstensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S57969
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suprapti Djamin
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1979
S16448
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Teguh Prakoso
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas pengaruh pemberlakuan wajib SNI Ban Mobil Penumpang dan Truk Ringan terhadap impor ban mobil penumpang dan truk ringan Indonesia dengan analisis ekonometrika menggunakan data deret waktu pada periode tahun 2000-2010. Varibel terikat yang digunakan adalah jumlah impor ban dan variabel-variabel bebasnya adalah PDB riil, kurs riil dan dummy pemberlakuan wajib SNI Ban. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pemberlakuan wajib SNI Ban Mobil Penumpang dan Truk Ringan terhadap impor ban mobil penumpang dan truk ringan Indonesia.

Abstract
This study discusses the influence of the implementation of mandatory SNI for passenger car and light truck tyre on Indonesian passenger car and light truck tyre import with econometric analysis using time series data in the period 2000-2010. Dependent variable used is the number of tyre import and the independent variables are real GDP, real exchange rate and the dummy implementation of mandatory SNI for tyre. The results of this study indicate that there is a positive influence of the implementation of mandatory SNI for passenger car and light truck tyre on Indonesian passenger car and light truck tyre import.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T30587
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"Industri otomotif di Indonesia selama ini belum dapat menciptakan
merknya sendiri, tetapi sudah mampu memegang lisensi untuk memproduksi
merk-merk dagang otomotif. Ini berarti industri kita sudah dapat mencapai standar
yang ditetapkan, tinggal bagaimana kita dapat terus menghasilkan produk
berkualitas sesuai standar. Demikian halnya dengan PT. GKD, sebagai salah satu
perusahaan subkontraktor yang memproduksi chasis dan frame truk dituntut untuk
selalu dapat menghasilkan produk sesuai dengan tuntutan pelanggan. Dalam hal
ini salah satu pelanggan, Hino, menginginkan produk yang mereka pesan terjaga
kualitasnya agar dapat bersaing dengan produsen yang lain. Oleh karena itu perlu
dilakukan perbaikan pada proses untuk tetap dapat menghasilkan produk sesuai
dengan standar.
Diperlukan suatu studi kelayakan terhadap mesin untuk proses
pembuatan lubang oval pada frame truk. Untuk melakukan perbaikan proses
diperlukan analisa untuk pengambilan keputusan, apakah harus dengan
menginvestasi mesin baru. Dalam studi kelayakan ini telah dilakukan
pengumpulan dan pengolah data dan analisa terhadap aspek pasar, aspek teknis
dan aspek keuangan. Untuk aspek pasar dilakukan dengan mengumpulkan data
permintaan terhadap produk dari production & planning control dan kemudian
melakukan forecasting terhadap permintaan tersebut untuk jangka waktu tiga
tahun kedepan. Dalam meneliti aspek teknis dilakukan observasi untuk
mengetahui kekurangan-kekurangan yang ada pada proses saat ini untuk dicarikan
pemecahan, kemudian juga studi mengenai mesin yang cocok untuk melakukan
proses pembuatan lubang oval tersebut. Untuk aspek keuangan, data-data dari
business development PT. GKD mengenai rate mesin/jam, biaya perawatan,
depresiasi, biaya tidak langsung dsb. dikumpulkan untuk memperkirakan besarnya
pendapatan yang akan diperoleh. Hasil dari peramalan permintaan produk dan
data keuangan yang ada diolah kemudian untuk dapat menghitung parameter
kelayakan keuangan seperti NPV, IRR, PI dan payback period.
Dari analisis yang dilakukan secara umum investasi ini dikatakan layak,
namun jika terjadi penurunan laba operasi 10 % saja investasi dapat dikatakan
tidak layak karena nilai IRR
terjadi penurunan suku bungan bank, investasi ini layak dilakukan bahkan hingga
terjadi penurunan laba operasi 20%."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S50027
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahyar M.
"Tesis ini membahas penurunan model fuzzy Takagi-Sugeno dari sistem truk dengan tiga trailer, dan perancangan pengendali fuzzy dengan menggunakan konsep parallel distributed compensation (PDC). Analisa masalah kestabilan dan disain pengendali menggunakan algoritma optimisasi linear matrix inequality (LMI), dengan meninjau kondisi yang melibatkan kestabilan, constraint pada input dan output, dan kondisi awal independen. Validasi model dengan indikator kinerja variance accounted for (VAF) menunjukkan bahwa model fuzzy yang dibuat menunjukkan kesesuaian yang sangat baik terhadap model nonlinear. Hasil simulasi menunjukkan bahwa pengendali fuzzy memperlihatkan kemampuan pengendalian yang baik sesuai sasaran pengendalian yakni menggerakkan truktrailer dalam arah maju dengan memberikan titik acuan yang akan dicapai oleh truk-trailer.

This thesis describes modelling of Takagi - Sugeno fuzzy model from the non linear system of truck-trailer and design of model based fuzzy controller utilizing the concept of parallel distributed compensation. The stability analysis and control design problems are reduced to linear of matrix inequality (LMI) problems. In applying the LMI-based fuzzy control design to the truck-trailer model system, this thesis investigated design condition involving stability, constraint on the input and output, and initial state independent condition. Validation of model Fuzzy T-S derived from the non linear system Truck-Trailer yields good performances indicator by using performance parameters ?variance accounted for? (VAF). The simulation results show that the design fuzzy controller can effectively achieved the control objectives i.e. to drive forward the truck-trailer into the straight line that was carried out by giving a reference point that will be followed by truck-trailer."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
T27753
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>