Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 19819 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Kita tidak dapat memprediksi terjadinya kebakaran karena kebakaran dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Dengan melengkapi suatu detektor asap pada ruangan yang
terbebas dari segala jenis asap maka kita akan dapat merancang suatu sistem yang dapat secara otomatis menangani kebakaran atau minimal dapat melakukan tindakan awal dalam pencegah penyebaran kebakaran sehingga tidak meluas. Dengan demikian kerugian atau
korban yang disebabkan oleh kebakaran dapat diminimalisasikan. Dengan menggunakan sistem ini apabila hendak berpergian kita masih dapat mengetahui kondisi rumah yang ditinggalkan karena selain melakukan tindakan awal penanganan kebakaran sistem ini pun dapat memberikan informasi mengenai status kondisi rumah kepada pemilik melalui pesan SMS. Sehingga pemilik rumah dapat dengan cepat mengetahui kondisi rumah yang
ditinggalkan."
[Universitas Indonesia, ], 2007
S29281
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 2004
S29090
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Situmorang, Evi U. M.
Depok: Universitas Indonesia, 2004
T39711
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Endiandika Tri Putranto
"Krisis energi merupakan salah satu masalah besar yang terjadi akhir-akhir ini. Masalah ini berfokus pada kurangnya persediaan minyak dan gas bumi yang digunakan sebagai sumber energi oleh industri dan alat-alat transportasi. Ada banyak solusi untuk masalah ini, tapi yang paling utama adalah dengan memakai sumber energi yang berbasis hidrokarbon ini dengan lebih ekonomis. Sejalan dengan riset di bidang teknologi, sekarang banyak kendaraan dibuat erdasarkan teknologi hybrid. Suatu teknologi hybrid di suatu mobil atau kendaraan lainnya dapat diartikan sebagai kendaraan yang menggunakan dua jenis engine sebagai tenaga penggerak, yaitu motor elektrik dan motor bakar. Teknologi baru ini dikembangkan untuk meningkatkan jarak tempuh tanpa menambah konsumsi bahan bakar. Masalahnya yang muncul adalah bagaimana mengontrol suatu kendaraan dengan dua jenis engine. Suatu sistem kontrol dibutuhkan agar sistem ini bekerja dengan baik. Mikrokontroler digunakan untuk mengolah data digital yang merupakan parameter input. Parameter-parameter kendaraan yang digunakan sebagai input bagi mikrokontroler adalah putaran engine (RPM), kecepatan kendaraan, dan posisi sudut/kemiringan kendaraan. Parameter-parameter ini dapat dideteksi menggunakan encoder sebagai sensor. Encoder menghitung putaran engine yang dikonversikan menjadi RPM dan kecepatan kendaraan. Encoder juga dapat digunakan untuk menentukan posisi sudut kemiringan kendaraan dengan menggunakan suatu mekanisme yang dipasangkan ke encoder. Kedua sensor ini dan parameter-parameter lainnya, sesuai dengan kondisi kerja kendaraan, akan digunakan sebagai input bagi mikrokontroler untuk menentukan mode operasi yang mana yang akan digunakan. Mode operasi yang pertama adalah Silent Mode. Kendaraan menggunakan motor listrik yang terhubung ke baterai sebagai tenaga penggerak utama. Mode ini dibatasi hanya sampai 20 km/jam. Jika kecepatan kendaraan bertambah menjadi lebih dari 20 km/jam, mode kendaraan akan berubah ke mode selanjutnya. Mode kedua adalah Gasoline Mode. Ketika kecepatan kendaraan labih dari 20 km/jam, kendaraan akan menghidupkan motor bakar dan mematikan motor listrik. Mode ketiga Acceleration/Climb Mode. Kedua engine akan hidup dan memberikan cukup torsi untuk kendaraan ketika berakselerasi. Mode keempat adalah Decelerate/Descend Mode.Motor listrik akan berubah menjadi generator untuk mengisi baterai. Keseluruhan mode ini akan disimulasikan di sebuah test bed, yang merepresantasikan konfigurasi yang mendekati konfigurasi mobil hybrid.

Energy crisis become one of the big problem that happens in the latest century. This problem is focused on the lack supply of oil and gas that being used in many industry and transportation vehicle as an energy resource (fuel). There are many solutions for this problem, but the important thing is to make hydrocarbon based energy resources more economical. Along with the technology research, nowadays many vehicles are built based on the hybrid technology. A Hybrid Technology in a car or any other vehicles can be described as vehicles that use two types of engine as a propulsion the electric motor engine and the gasoline engine. This new technology is invented to increase vehicles mileage without necessarily increase any fuel consumption. The problem is how to control a vehicle with two types of engine. A control system is needed to make this hybrid system going well. A microcontroller is used to process the digital data that came from the input parameters. The vehicle parameters that are used as the input for the microcontroller are engine rotation (RPM), vehicle speed (km/h), and the vehicle angular position. These parameters can be detected using encoder as the sensors. The encoder counts the engine revolution that is converted into RPM and vehicle speed. It also can be used to determine the vehicle angular position using some mechanism that is attached to the encoder. This two sensors and other parameters will be used as an input for the microcontroller to determine which operating modes will be used for the vehicle based on the road condition. The first operating mode is Silent Mode. The vehicle uses electric motor connected to a battery as main propulsion. This mode is limited only for speed no more than 20 km/h. If the speed is increasing (more than 20 km/h), the vehicle will change to the next operating mode. The second mode is Gasoline Mode. When the speed vehicle is more than 20 km/h, the vehicle will start the gasoline engine and turn off the electric motor. The third mode is Acceleration/Climb Mode. Both engines will start to make enough torque for the vehicle when it is accelerating. The fourth mode is Decelerate/Descend Mode. The electric motor will change as a generator to charge the battery. All of this mode will be simulated into a test bed project, that represent the approximate configuration of hybrid car : RPM, speed, and angular position detection."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S37344
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Rendi Armayasa
"Bencana kebakaran merupakan bencana yang sering terjadi di Indonesia. Proses pemadaman api dan penyelamatan korban bencana kebakaran merupakan prioritas utama petugas pemadam kebakaran. Dalam proses tersebut, tidak jarang petugas pemadam kebakaran ikut menjadi korban kebakaran karena salah memilih jalur evakuasi. Karena itu, perlu adanya sebuah divais yang mampu mewakili petugas pemadam kebakaran untuk memastikan jalur evakuasi benar-benar aman.
Skripsi ini membuat serta menganalisis prototype divais pendeteksi jalur evakuasi bencana kebakaran berbasis radio control. Sistem terdiri dari transmitter-receiver radio control dan kamera nirkabel 2,4 GHz serta didukung mikrokontroler ATmega 8535.
Metode yang digunakan dalam pengujian ini mengacu pada System Development Life Cycle (SDLC) dengan kondisi suhu ruangan ideal (230C-280C). Bedasarkan penelitian, hasil interferensi sinyal internal antar radio control dengan kamera nirkabel sekitar 40 m-45 m dan untuk interferensi sinyal eksternal WiFi sekitar 25 m-35 m.

Fires disaster are frequent in Indonesia. The process of fire fighting and rescue fire victims is a top priority of firefighters. But, there are some trouble in firefighters evacuation routes that can make his life harmful. So, to help fire fighters, they need a device to ensure evacuation routes are completely safe.
The research describes and analysis the prototype for detection devices based fire evacuation path radio control. The system consist of transmitter-receiver radio control and wireless camera, and supported microcontroller ATmega 8535.
The research refers to System Development Life Cycle (SDLC) method and testing of prototype in ideal temperature (230C–280C). Based on research result, internal interference from the prototype device can be effect to space area control with scope area from 40 m to 45 m. Meanwhile, interference from WiFi signal can be reduce performance of the scope area control, that are from 25 m to 35 m.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43441
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Winata Zaimardi
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
S29435
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Universitas Indonesia, 2007
TA690
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yudith Irawan
"Skripsi ini membahas mengenai Perancangan dan Prototype Bus Way Berbasis Mikrokontroler ATMega 8535. Perancangan berupa sistem sistem perjalanan Bus Way yang di atur secara otomatis, sistem terdiri dari dua sistem yaitu yang pertama sistem di dalam bus seperti jalur perjalanan bus yang mengikuti garis, proses pemberhentian bus yang dapat membedakan setiap halte-haltenya, proses penghitungan penumpang, sedangkan sistem yang kedua sistem di luar bus yaitu proses pengaturan lampu lalu lintas yang semuanya di control oleh Mikrokontroler ATMega 8535 yang di buat untuk menjadikan bus ke depannya menjadi otomatis dan efisien serta mengurang tingkat kemacetan dan kecelakaan yang sering terjadi di jalan.

This final project describes about the Design and Prototype Based Microcontroller Bus Way ATMega 8535. Designing a system that Way Bus travel system set automatically, the system consists of two systems is the first such system in the bus lines that follow the line of bus travel, bus stops processes that can distinguish each stop in the station, passenger counting process, while the system The second bus system outside the process of setting the traffic lights which are all in control by 8535 Microcontroller ATMega that in a for a bus to make him become an automatic and efficient, and reduce traffic congestion and accidents that often happen on the road."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51299
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Slamet Widodo
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S39258
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>