Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 56210 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Telah dibangun sebuah sistem aplikasi pengukuran temperatur jarak jauh dan
terdistribusi dan diimplementasikan dengan bahasa pemrograman ASP. Net. Aplikasi
berupa eksperimen pengukuran temperatur dengan menggunakan sensor temperatur.
Dan tampilan dari eksperimen dapat dilihat pada web dari manapun asalkan terdapat
koneksi internet. Sistem ini terdiri atas sebuah PC server yang terkoneksi pada
jaringan internet, interfacing dengan menggunakan ethernet dan jaringan komputer
yang ada. PC Server berfungsi sebagai web server yang mempunyai tugas
memberikan layanan eksperimen kepada user dan menyimpan database. User mampu
mendapatkan hasil pengukuran temperatur dari dua eksperimen yang telah dibuat.
GUI web browser terdiri atas proses login, registrasi dan pemilihan eksperimen.Web
ini telah dirancang untuk memudahkan user dalam menjalankan sistem eksperimen.
Ethernet-DAQ digunakan untuk menjembatani hasil pengukuran dari sensor yang
didapat dengan PC Server. Sistem ekperimen berbasis web telah diuji kapabilitas dan
responsibilitas dengan melakukan eksperimen dari komputer user dan didapatkan
suatu sistem pembelajaran eksperimen jarak jauh dan terdistribusi sesuai dengan
tujuan."
[Universitas Indonesia, ], 2006
S29258
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kresna Dewantara
"Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Pusilkom UI) merupakan sebuah unit ventura yang menawarkan layanan pengembangan perangkat lunak. Pengembangan perangkat lunak di Pusilkom UI umumnya menuntut waktu pengerjaan yang singkat, sedangkan sumber daya manusia yang dimiliki sangat terbatas. Untuk mengatasi hal tersebut, Pusilkom UI menerapkan metodologi Agile Unified Process (AUP). Metodologi tersebut diharapkan mampu beradaptasi dengan perubahan kebutuhan tanpa memerlukan banyak pembuatan dokumentasi. Dengan demikian, perangkat lunak dapat diselesaikan tepat waktu, sesuai dana yang ditetapkan, dan dapat ditangani dengan sumber daya manusia yang terbatas. Agar kualitas sistem yang dikembangkan Pusilkom UI dengan metodologi AUP tetap dapat terjaga, maka Pusilkom UI membuat sebuah Panduan AUP yang dapat menjadi pedoman bagi para pengembang perangkat lunak di Pusilkom UI. Dalam proyek mahasiswa yang penulis lakukan, penulis diberikan tanggung jawab untuk mengevaluasi Panduan AUP v2.2.2 yang telah dibuat oleh Pusilkom UI. Evaluasi dilakukan dengan mengembangkan sistem informasi e-Passport dengan menggunakan metodologi AUP. Pengembangan dilakukan dengan beracuan pada Panduan AUP v2.2.2 yang dibuat Pusillkom UI. Penulis melaksanakan setiap fase, mulai dari inception, elaboration, construction, sampai transition. Setelah melakukan pengembangan perangkat lunak dengan metodologi AUP, penulis menyimpulkan Panduan AUP v2.2.2 masih perlu disempurnakan serta ada bagian-bagian yang perlu ditambahkan, dimodifikasi, dan juga dihilangkan. Dokumen laporan hasil proyek mahasiswa ini diharapkan dapat digunakan untuk menyempurnakan Panduan AUP v2.2.2 yang nantinya dapat meningkatkan kinerja para pengembang, serta perangkat lunak yang dihasilkan. "
Depok: Universitas Indonesia, 2007
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yahya Kurniawan
Jakarta: Elex Media Komputindo, 2002
005.758 21 YAH a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Liberty, Jesse
Beijing: O`Reilly, 2003
005.5 LIB p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Laura Olivia Ramadhona
"Simulasi bertujuan untuk memodelkan sistem nyata dengan memberikan batasan tertentu sesuai dengan objektif yang ingin dicapai. Simulasi dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu simulasi kovensional dan simulasi komputer. Simulasi konvensional melibatkan sejumlah peserta yang saling berinteraksi secara nyata dengan peran masing-masing untuk memodelkan suatu sistem. Sedangkan simulasi komputer telah memanfaatkan teknologi pemrograman sehingga simulasi dapat dilakukan melalui model yang dijalankan oleh program simulasi. Konsep simulasi berbasis aplikasi web adalah menggabungkan keduanya sehingga model tersebut dapat dijalankan oleh sejumlah peserta simulasi yang saling berinteraksi secara virtual di dunia maya. Perancangan simulasi web dalam penelitian ini dilakukan dalam 3 tahap yaitu pembuatan model sistem dinamis, pembuatan web-interface model untuk multipemain dan verifikasi hasil penelitian. Model yang digunakan adalah model Beer Distribution Game. Pembuatan web-interface dibedakan menjadi 2 sisi, yaitu pemain dan administrator. Interface di sisi pemain adalah menarik dan menyimpan data ke database di server, sedangkan di sisi administrator adalah menarik data dari database lalu mengirimkannya ke model untuk disimulasikan dan hasilnya disimpan kembali ke database. Program kecil (applet) ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman ASP dan fungsi SDK sebagai library program simulasi. Hasil dari penelitian ini berupa permainan simulasi Beer Game Online untuk multi-pemain yang dapat menampilkan laporan berupa tabel dan grafik simulasi.

Every simulation aims to model a real system with certain boundaries with respect to its desired objectives. Simulation can be carried on in two kind of approaches; conventional simulation and computer simulation. Conventional simulation involves a number of participants interacts each other, each with their unique role to model a system. On the other hand a computer simulation takes advantage out of current existing programming technology that allows the simulation to be carried in a model run by a simulation program. This research focused in a web based simulation application that is a hybrid product of both simulation concepts. This simulation allows the model to be run by a number of simulation participants interacting virtually in the cyber world. The design of a web based simulation in this research is carried out in three different phases; the making of a system dynamics model, the making of webinterface for a multi player session, and the research result's verification. The model that is developed in this research is a Beer Distribution Game. The development of the program's web interface is differentiated into player and administrator's interface development. The player's side interface is to cache the data from the server database and store it back to the database, while the administrator's side interface is to cache the data from the database, send it to the model to be simulated, and store the result data back to the database. This applet or small program is developed in ASP programming language and SDK function as the simulation program's library. The result of this research is an online, multiplayer Beer Game Simulation program that can display reports in table and graphs."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
S50425
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saragih, Agung Shamsuddin
"Many types of networks exist today. Internet is the biggest network on the face of the earth. The objective of networks and telecommunications is to move information electronically from one place to another. Now it has become an emerging technology which widespread to various sides of life. There are many creative ways for an organization to use this kind of emerging technology to give themselves a competitive advantage.
This paper proposes a web-based and platform-independent miling system and an integration of a simulation system with it. A prototype web-based milling system has been developed using Java and Virtual Reality Modeling Language. The user can easily make and send NC-code files and simulate the movement of cutting tool from a web browser. This web-based system, which attached with CNC EMCO TU-3A milling machines as the training unit machines in educational institutions, shorten the cycle time of production process and provided direct access via internet."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S37526
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Ridho
"Akan dirancang sebuah sistem pengendalian pergerakan kamera pc berbasis web java untuk aplikasi remote laboratory .Kamera pc tersebut diinstalasi dengan sebuah perangkat mekanik agar dapat digerakkan sedangkan untuk pengendaliannya akan diprogram dari jarak jauh melalui media internet sehingga pengendali tidak harus berada bersamaan dengan objek yang dikendalikannya tetapi proses pengendaliannya tetap bersifat real time (terjadi pada saat itu juga). Dalam proyek ini kami menggunakan web berbasis java karena sistem ini merupakan media sistem kontrol yang kompatibel dengan berbagai variasi software maupun hardware pc. Sistem terdiri dari komputer server yang diinstalasi perangkat untuk menggerakkan mekanik dan komputer client yang melakukan http request untuk melakukan pengendalian mekanik. Komunikasi client/ server terjadi saat komputer client melakukan http request ke komputer server. Kemudian komputer server melakukan proses pergerakan mekanik. Komputer server memberikan http respon ke komputer client berupa pernyataan bahwa proses pengendalian telah dilaksanakan. Untuk pemogramannya menggunakan program java server pages dengan tujuan agar tampilan halaman homepage menjadi lebih interaktif dan menarik. Dengan program ini dapat dikembangkan sistem advertising secara komersial yang dapat dikendalikan lewat jaringan internet. Besarnya sudut pergerakan dapat diset melalui komputer client . Dengan demikian penelitian ini juga mengembangkan interface dan sistem akuisisi data serta tampilan yang bersifat real time. Dari penelitian ini diharapkan berhasilnya dibuat sebuah sistem pengendalian kamera pc oleh adanya pergerakan mekanik yang berbasis internet dengan pemograman java.

Now there have been designed a PC camera movement control system based on web Java for remote laboratory application. The PC camera is installed with a mechanical device so it able to move and for the controlling will be programmed from long distance via internet intermediary until the controller not must be existed together along the object that he control but the process keep still have the feature as real time. In this project we use web that based on java because the system constitute a controlling system medium that is compatible with various of pc software and hardware. The system consist of server computer that is installed with device to move mechanic and client computer who search http request to do mechanical controlling. Client/server communication happen when the client computer search http request to server computer. Then server computer do mechanical movement process. Server computer give http respon to client computer such as a statement that the controlling process has been done. For the programming use java server pages program with the objective in order the display homepage pages be more attractive and interesting. Through this program can be developed advertising system commercially that can be controlled via internet networking. The large of movement can be set through client computer. So this research also can develop interface and data aquisition system and the display that has the real time feature. From this research we hope that we can make a pc camera controlling system with mechanical movement that base on internet with java programming."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2006
S29133
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Uun Endang Saputra
"Aplikasi monitoring tracking kendaraan dengan teknologi SIG (Sistem Informasi Geografi) telah berhasil dikembangkan. Aplikasi ini menggunakan teknologi GPS (Global Positioning System) sebagai sumber data yang berupa lintang dan bujur. Data tersebut dikirimkan ke database server dengan komunikasi data GPRS (General Packet Radio Service) menggunakan bahasa pemrograman .NET sehingga dapat ditampilkan pada PC penggguna. Hasilnya, berupa tracking kendaraan berdasarkan lintasan jalan menggunakan peta vektor dengan lokasi di dalam lingkungan Universitas Indonesia.

The aplication of vehicle tracking monitoring by using GIS (Geographic Information System) technology has been developed. This aplication was using GPS (Global Positioning System) for data source. The data source is in latitude and longitude sign. By using program .NET, the data source is transfered on the database server via GPRS (General Packet Radio Service) data communication. Hence, the user can receive the data and shows on personal computer. This result, which in vehicle tracking base on the road line with using vector map. The road line located in the Indonesia University environment."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2007
S28943
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Franco Davoli, editors
"This book will focus on new remote instrumentation aspects related to middleware architecture, high-speed networking, wireless Grid for acquisition devices and sensor networks, QoS provisioning for real-time control, measurement instrumentation and methodology. Moreover, it will provide knowledge about the automation of mechanisms oriented to accompanying processes that are usually performed by a human. Another important point of this book is focusing on the future trends concerning Remote Instrumentation systems development and actions related to standardization of remote instrumentation mechanisms."
New York: [Springer, ], 2012
e20418466
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Rizqi Ramadhani
"Kompleksitas proses pengadaan dalam aplikasi e-procurement diperlukan performa yang menunjang untuk meningkatkan daya saing. Aplikasi e-procurement berbasis web yang dikembangkan pada sebuah perusahaan, akan menghasilkan data log yang terus bertambah, namun belum dimanfaatkan dengan maksimal. Metode web log mining yang digunakan dalam penelitian ini adalah sequential pattern dengan framework PrefixSpan kemudian dilakukan penghitungan waktu rata-rata yang dihabiskan pada sebuah halaman sesuai sequence pattern yang terbentuk. Hasil pengolahan dan analisis menunjukkan bahwa pengembangan sistem evaluasi tersebut menghasilkan pola urutan yang kemudian digunakan untuk mengetahui urutan akses dan waktu akses antar sequence sebagai bahan analisis untuk melakukan perbaikan atau peningkatan produk. Evaluasi yang dihasilkan adalah indikasi perlunya dilakukan peninjauan query pada bagian dengan waktu memuat halaman lebih dari 10 detik serta penggabungan halaman yang memanggil log bersamaan atau simultan.

The complexity of the procurement process in e-procurement applications requires performance that supports increasing competitiveness. A web-based e-procurement application developed by a company will produce log data that continues to grow, but has not been utilized to its full potential. The web log mining method used in this study is a sequential pattern with the PrefixSpan framework and then the average time spent on a page is calculated according to the sequence pattern formed. The findings show that the development of the evaluation system produces a sequence of patterns which is then used to determine the order of access and the access time between sequences as an analytical material to make product improvements. The resulting evaluation is an indication of the need to review queries on sections with page loading times greater than 10 seconds and merge pages that call the same log simultaneously.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>