Ditemukan 2941 dokumen yang sesuai dengan query
Brown, Michael
Seoul : Chang Jak iwa BT pyeong Sa, 1997
KOR 808.8 BRO b
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Kyung Ki Do Korea: Mun Hak Dong Ne, 2003
KOR 398.209 BAD
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Fajrina Safira Al Husni
"Fenomena gim dalam kelompok sosial anak merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari. Salah satu cerita pendek (cerpen) Korea Selatan yang mengangkat fenomena tersebut sebagai latar sosialnya adalah “Dangsin Eommaga Dangsinboda Jalhaneun Geim” karya Park Seo-ryeon. Penelitian ini membahas bagaimana cerpen tersebut menggambarkan fenomena gim dalam kelompok sosial anak. Dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra dan analisis fokalisasi, penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana suatu karya sastra dapat memanfaatkan perangkat sastra dalam mengangkat fenomena sosial yang unik sesuai perkembangan zaman. Cerpen ini memperlihatkan bagaimana gim menjadi lebih dekat dengan kehidupan tokoh protagonis sebagai ibu dari seorang anak di era maraknya perkembangan gim. Gim digambarkan memiliki dampak-dampak tertentu dalam kelompok sosial anak, seperti tekanan sosial untuk mahir bermain gim, kursus gim, dan baik atau buruknya hubungan anak dengan orang tua. Penggunaan kata ganti orang kedua yang merujuk pada tokoh ibu dan pemilihan tokoh ibu sebagai fokalisator sepanjang cerita merupakan strategi penulis cerpen dalam membentuk keterlibatan emosional yang kuat antara pembaca dan tokoh ibu. Dengan begitu, pembaca seperti mendapatkan pengalaman mengenal dunia 'nyata' di luar teks berupa isu-isu yang berkaitan dengan fenomena gim dalam kelompok sosial anak melalui kegiatan membaca cerpen ini.
Game phenomenon may appear in children's social groups. A South Korean short story that uses this phenomenon as a social setting is "Dangsin Eommaga Dangsinboda Jalhaneun Geim" by Park Seo-ryeon. This qualitative research discusses how the story describes the game phenomenon in children's social groups. This paper uses the sociology of literature approach and focalization analysis. It also aims to explore how a literary work utilizes literary devices in presenting unique social phenomena. This short story shows how gaming becomes closer to the protagonist's life as a mother in an era of rampant game development. It describes games' impacts on children's social groups, such as social pressure to be good at playing games, gaming course, and relationships with parents. Furthermore, it uses the second-person pronoun when referring to the mother character and appoints her as the focalizer throughout the story. The story writer utilizes those strategies to form emotional engagement between the reader and the mother character. In this way, it is as if the reader has the experience of getting to know the 'real' world outside of the text about the game phenomenon in children's social groups through reading activity."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Jaeoedongpo, Jaedan
Seoul: (Ju) Doseochulpan Samgwaggum, 2004
KOR 895.740 8 JAE j
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Ju, Gang Hyeon
Seoul: Hangyeorechulphan,, 2006
KOR 959.9 JUG g
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Kim, Heng-kyu
Seoul: Mimeumsa, 2007
KOR 895.73 KIM h
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Kim, En-chol
Seoul : Semunsc,, 2006
KOR 895.7 KIM m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Park, Hui Byeong, eduthor
Gyeonggi-do: Dolbegae, 2008
KOR 895.7 PAR y
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Seoul: Doseo Chulphan Asia, 2006
R KOR 495.730 HAN b
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Soul : Yongnak, 2008
KOR 895.7 TOJ (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library