Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 27957 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jo, Jong-yuk
Seoul: Aenibukse, 2003
KOR 395.24 JOJ u
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Choi, Hyong-sun
Gyonggi: Haeto, 2007
KOR 778.9 CHO m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Kim, Yong Jai, 1948-
Gyeonggi-do: Hannguk haksujung, 2007
KOR 759.519 KIM u
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Seoul: Yeowonmidico, 2007
KOR 398.358 MIR
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Wahono
"Penelitian ini adalah mengenai penyampaian informasi yang ditujukan bagi anak-anak. Tujuan penelitian ini memahami penyampaian informasi kepada anak-anak, yang disampaikan melalui media buku bacaan bergambar. Metode yang dipakai adalah analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Objeknya adalah dua buah buku bacaan bergambar berjudul Aku Diganggul dan Tidak Adil. Kedua buku ini tergabung dalam buku seri Kenali Perasaanmu. Dari penelitian ini dihasilkan bahwa dalam penyampaian informasi kepada anak-anak, ilustrasi adalah faktor yang paling dominan karena dapat menarik minat anak-anak untuk mengaksesnya. Ketiadaan aliterasi dan bentuk kalimat yang kurang sesuai bagi anak-anak ini kemungkinan disebabkan karena buku_-buku ini adalah karya terjemahan dari Bahasa Inggris. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah buku-buku ini diperuntukkan bagi anak usia 2 atau 3 s.d. 6 tahun dan hendaknya dibaca bersarna orangtua agar informasi yang terdapat dalam buku dapat tersampaikan dengan baik kepada anak-anak. Ilustrasi-ilustrasi dalam buku ini sangat tepat sesuai dengan fungsi-fungsinya. Ketiadaan aliterasi dan bentuk-bentuk kalimat yang terlampau panjang dapat menjadi faktor penghambat buku ini sebagai media penyampaian informasi yang baik bagi anak-anak."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15270
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jang, Kong -si
Paju: Sallim, 2007
KOR 759.951 9 JAN b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rodiah
"Anak diharapkan mampu memahami nilai kebersamaan dalam berinteraksi di lingkungan sosial. Nilai tersebut dapat menjadi dasar setiap anak dalam berperilaku dengan teman- temannya. Permasalahannya bagaimanakah cara mengetahui nilai kebersamaan dalam berinteraksi. Salah satu yang dapat dijadikan cara untuk mendapatkannya adalah melalui bacaan sastra berupa cerpen anak. Penelitian ini bertujuan menguraikan nilai kebersamaan dalam cerpen Doni dan Athan dalam kumpulan cerpen Payung-Payung Impian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang menyajikan penelitian berdasarkan fakta-fakta yang ada, serta memaparkan data dalam bentuk kata-kata tertulis. Pendekatan struktural dalam sastra anak dan sosiologi sastra digunakan untuk menelusuri keberadaan nilai kebersamaan. Hasil penelitian menunjukkan nilai kebersamaan tergambar melalui struktur karya dalam sistem uraian yang terdapat dalam tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, dan sudut pandang. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai kebersamaan yang tercermin dalam cerpen tersebut berupa tindakan saling membantu, menghargai, dan melengkapi satu sama lain.
Children are expected to be able to understand the value of togetherness in interacting in a social environment. These values can be the basis for every child in how they behave with their friends. The problem is how to find out the value of togetherness in interaction. One way to get it is through reading literature in the form of children's short stories. This research aims to describe the value of togetherness in the short stories Doni and Athan in the short story collection Payung-Payung Impian. This research uses a descriptive qualitative method which presents research based on existing facts, and presents data in the form of written words. A structural approach in children's literature and literary sociology is used to explore the existence of togetherness values. The research results show that the value of togetherness is reflected through the structure of the work in the description system contained in theme, characters and characterization, plot, setting and point of view. Based on this description, it can be concluded that the value of togetherness reflected in the short story is in the form of mutually helping, appreciating and complementing each other."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Anak Agung Salvira Gayatri
"Bagai Bumi Berhenti Berputar merupakan sastra anak berupa kumpulan cerita bergambar yang mengangkat tema gelap. Dalam tema gelap, cerita untuk anak-anak tidak digambarkan dengan indah dan menyenangkan. Tokoh anak-anak di dalam cerita digambarkan harus menghadapi persoalan pelik yang tidak mudah diterima oleh anak-anak seusia mereka. Penelitian ini mengangkat persoalan bagaimana kumpulan cerita bergambar Bagai Bumi Berhenti Berputar merepresentasikan tema gelap dalam sastra anak Indonesia dan bagaimana tema gelap tersebut merepresentasikan karakter tokoh anak dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan tema-tema gelap yang direpresentasikan dalam Bagai Bumi Berhenti Berputar dan menjelaskan kehadiran tema-tema gelap tersebut dalam merepresentasikan karakter tokoh anak dalam menghadapi persoalannya. Metode deskriptif kualitatif merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa tema gelap di dalam Bagai Bumi Berhenti Berputar mencakup tema kematian, perpisahan, perceraian, dan perundungan. Dalam menyelesaikan masalah, tokoh anak selalu mendapatkan bantuan berupa penjelasan, penghiburan, dan pendampingan dari tokoh orang dewasa sehingga mereka dapat menerima keadaan yang mereka alami. Melalui kelima cerita tersebut terlihat bahwa tokoh anak yang dihadapkan dengan persoalan digambarkan sebagai anak yang berani, mampu beradaptasi, kuat, bahagia, dan memiliki kepedulian.

The text discusses Bagai Bumi Berhenti Berputar, a children's literature consisting of illustrated stories with a dark theme. Within this dark theme, the stories portray children facing complex issues not easily accepted by their peers. The research explores how this collection represents dark themes in Indonesian children's literature and how these themes depict the characters' ability to confront and resolve their problems. The study aims to identify and explain the dark themes presented in "Bagai Bumi Berhenti Berputar" and their portrayal of children characters in dealing with challenges. A qualitative descriptive method is employed for this research. The findings reveal that dark themes in the collection encompass death, separation, divorce, and bullying. The child characters consistently receive support in the form of explanations, comfort, and guidance from adult figures to help them accept their circumstances. Across the five stories, the child characters facing challenges are depicted as brave, adaptable, resilient, happy, and compassionate."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Tatiek Rachmawati
"Dalam menciptakan masyarakat yang multikultural, dibutuhkan pemahaman konsep multikulturalisme. Pemahaman multikulturalisme dapat diberikan sejak dini. Hal ini perlu agar anak-anak dapat lebih menghargai, menghormati, mengakui, dan memahami setiap perbedaan agama, bahasa, suku, etnis, dan bentuk yang ada di kehidupan mereka serta siap untuk menghadapi lingkungan yang beragam. Pemberian pemahaman multikulturalisme kepada anak-anak dapat melalui buku bacaan bergambar bertema multikultural. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggambaran multikulturalisme melalui alur dan penokohan pada buku Aku Anak yang Berani, Bisa Melindungi Diri Sendiri (AABBMDS) 3 (2018) Karya Watiek Ideo dan Nindia Maya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data penelitian ini menggunakan buku bacaan bergambar AABBMDS 3. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku AABBMDS 3 mengandung empat kriteria sebagai buku bacaan bergambar bertema multikultural yang dapat ditemukan melalui alur dan penokohan dalam cerita. Buku ini juga mengandung tiga konsep dasar multikulturalisme, yaitu (1) mempelajari dan menghargai budaya seseorang; (2) menghormati dan berkeinginan untuk memahami kebudayaan orang lain; dan (3) menghargai, mengakui keberadaan, dan merasa senang dengan perbedaan kebudayaan orang lain. Namun, demikian, secara umum isi buku AABBMDS 3 lebih kepada pengenalan konsep multikulturalisme kepada anak-anak.

In creating a multicultural society, an understanding of the concept of multiculturalism is needed. Understanding of multiculturalism can be given early. This is necessary so that children can appreciate, respect, acknowledge, and understand every difference in religion, language, ethnicity, and physical form in their lives and are ready to face a diverse environment. Giving an understanding of multiculturalism to children can be through multicultural themed picture books. This study aims to explain the description of multiculturalism through the plot and characterization of the book Aku Anak yang Berani, Bisa Melindungi Diri Sendiri (AABBMDS) 3 (2018) By Watiek Ideo and Nindia Maya. The method used in this research is qualitative method. The data source of this study uses AABBMDS 3 reading books. The technique of collecting data uses the of reading and writing. The results showed that the AABBMDS 3 book contained four criteria as a multicultural picture reading book that could be found through the plot and characterization of the story. This book also contains three basic concepts of multiculturalism, namely (1) learning and respecting one's culture; (2) respect anns desire to understand the culture of others; and (3) respect, acknowledge existence, and feel happy with other people's cultural differences. However, in general the contents of the AABBMDS 3 book are more about the introduction of the concept of muticulturalism to children."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Hwang, Son-mi
Seoul: Woongjin thinkbig, 2005
KOR 028.55 HWA k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>