Ditemukan 62206 dokumen yang sesuai dengan query
Muhammad Yamin
Djakarta: Pertjetakan Negara, 1960
959.8 MUH b
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Muhammad Yamin, compiler
"Bimbingan nasional adalah lanjutan revolusi yang diarahkan untuk mencapai masyarakat adil dan makmur. Beberapa bidang bimbingan nasional, yaitu bidang politik dengan demokrasi terpimpin, bidang defensi dengan pembelaan tanah-air dan bangsa, bidang kesejahteraan denganaan ekonomi terpimpin, bidang pendidikan, bidang pembinaan bangsa, dan bidang pembinaan hukum nasional.
Selanjutnya, bidang bimbingan pembinaan bangsa diuraikan dan dikaitkan penjelaskannya dengan sumpah pemuda, proklamasi17 Agustus, dan wilayah kesatuan Indonesia, "
Djakarta: Pertjetakan Negara, 1960
K 959.8 MUH b
Buku Klasik Universitas Indonesia Library
Jakarta: Depdikbud, 1982,
R 371.4 Ind p
Buku Referensi Universitas Indonesia Library
Mochtar Kusumaatmadja
Bandung: Bina Cipta, 1976
340.598 MOC h
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Muhammad Yamin
Bukit Tinggi: Nusantara, 1956
341.42 MUH k
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Muhammad Yamin
Djakarta: Pertjetakan Negara, 1960
992 MUH p
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Mochtar Kusumaatmadja
Bandung: Lembaga Penelitian Hukum UNPAD, 1976
340.598 MOC h
Buku Teks Universitas Indonesia Library
H. Abdurrahman
Jakarta: Akademika Pressindo, 1988
340.598 Abd p
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Nunung Husnul Chatimah
"Akademi Teater Nasional Indonesia merupakan lembaga pendidikan kesenian pertama di Jakarta yang berdiri tahun 1955. Terbentuknya ATNI atas prakarsa tokoh kesenian yakni Usmar Ismail dan Asrul Sani. Dengan latar belakang pengalaman Usmar Ismail di bidang teater dan film serta juga Asrul Sani yang mengenyam pendidikan teater di Amerika serikat, sepakat untuk membentuk pendidikan teater di dalam ATNI mengacu pada kesenian teater Barat. Kondisi perkembangan pemikiran berbagai golongan politik, kesenian dan kebudayaan pada saat itu mendukung kehadiran ATNI di tengah masyarakat. Dukungan nyata kepada ATNI terlihat dari partisipasi tokoh `cendikiawan yang seniman' untuk menjadi pengajar di ATNI. Selain itu juga dukungan terlihat dari minat penonton di setiap pertunjukan yang ATNI tampilkan. Tak luput peran media massa yang pada saat itu sedang berkembang dengan pesat. Kebesaran nama ATNI yang nampak dari luar ternyata merupakan hasil dari suatu proses belajar mengajar yang kerap berpindah-pindah tempat belajar. Hal ini disebabkan minimnya dana yang dimiliki ATNI pada masa itu. Bantuan yang diterima ATNI selain dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan juga dari Rockefeller Foundation, sebuah yayasan dari Amerika yang memiliki kepedulian terhadap pendidikan dan kesenian di Indonesia. ATNI yang pada awal berdirinya telah memiliki serangkaian konsep dan peraturan yang jelas tentang cara menjalankan pendidikan, dalam prakteknya sering kali ATNI harus menyesuaikan diri dengan keadaan dan tidak berhasil menjalankan ketetapan yang telah dibuatnya sendiri. ATNI dengan konsep teater Barat menggunakan metode teater Stanislavsky di dalam pelajaran dan praktek teater. Wujud karya ATNI terlihat dari berbagai pementasan teater yang berhasil ATNI pentaskan selama kurun waktu 1957-1963. Kondisi jaman pada masa itu tidak sedikit memberikan dampak pada ATNI. Sebuah kondisi masyarakat yang sedang meneari dan membutuhkan alternatif lain dalam bentuk apresiasi kesenian menerima kehadiran ATNI dengan baik di tengah-tengah masyarak.at. Model Barat dianggap suatu bentuk modern. Namun juga karena Barat dan bekerjasama dengan sebuah yayasan Barat (Rockefeller Foundation) ATNI menerima kecaman dari tokoh kesenian dan politik yang beraliran Realisme sosialis. Meski kecaman ini hanya berupa perdebatan pemikiran di media massa, namun cukup membuat kondisi ATNI tidak lagi memiliki kegiatan di tahun 1965-1966. Kelumpuhan ATNI selain dikarenakan masalah teknis keuangan juga kondisi politik yang tidak kendusif serta para pengajar ATNI yang terlibat kegiatan lain di luar Akademi. ATNI, meski hanya berusia 13 tahun telah mampu menghasilkan anak didik yang dapat mengembangkan kesenian teater di masa setelahnya dan membawa altematif bentuk teater di dalam sejarah teater modern Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S12391
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
R.I. Suhartin
Jakarta: Panelrindo, 1989
658.385 SUH p
Buku Teks Universitas Indonesia Library