Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 136303 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Shinta Nawang Sari
"Tulisan ini mengenai stres kerja pada solo lobrarian di United Nations Information Centre (UNIC) Jakarta. Stres solo lobrarian sebagai satu-satunya orang yang mengelola semua kegiatan perpustakaan, berupa kelebihan beban kerja, kelebihan peran, karir tidak herkembang, juga remunerasi dan kebanjiran informasi yang tidak dapat dihindari oleh solo librarian di UNIC Jakarta, sehingga dapat menimbulkan efek lisik, psikologis, dan tingkah laku. Metode fenomenologi dengan wawancara dan observasi menunjukkan bahwa solo lobrarian di UNIC Jakarta mengalami stres kerja akibat kelebihan beban kerja diluar kerja profesional pustakawan, ditambah lagi dengan rendahnya remunerasi, tidak ada promosi, dan tekanan dari rekan kerja dibagian lain.

This research is about work stress of a solo librarian in United Nations Information Centre (UN IC) Jakarta. The solo librarian's stress as the only person who manages all the library's activities, such as the work overload; role overload, lack of remuneration and a stagnant career improvement, and overloaded information, can not be avoided, so they caused the physiological, psychological and on her behavioral effect. The phenomenological method with interview and observation, showed that the UN IC's single librarian has work stress caused by role overload, the lack and a deviancy of job description, tasks, roles and expections of a professional librarian with no promotion, high pressure from other section partners."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15357
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhamad Prabu Wibowo
"Pemanfaatan dan pengelolaan Teknologi Informasi (TI) sekarang ini sudah menjadi perhatian di bidang perpustakaan dikarenakan nilai aset yang tinggi yang mempengaruhi secara langsung kegiatan dan proses bisnis perpustakaan. Kinerja TI terhadap otomasi pada sebuah perpustakaan perlu selalu diawasi dan dievaluasi secara berkala agar seluruh mekanisme manajemen TI berjalan sesuai dengan perencanaan, tujuan, serta proses bisnis perpustakaan. Selain itu, kegiatan pengawasan dan evaluasi tersebut juga diperlukan dalam upaya pengembangan yang berkelanjutan agar TI bisa berkontribusi dengan maksimal di lingkungan kerja perpustakaan. COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) adalah standar internasional untuk tata kelola TI (IT governance) yang dikembangkan oleh ISACA (Information System and Control Association) dan ITGI (IT Governance Institute) yang bisa dijadikan model pengelolaan TI mulai dari tahap perencanaan hingga evaluasi. Penelitian ini menggunakan model kematangan dan Control objectives Monitor and Evaluate IT Performance (ME 1) COBIT sebagai pedoman kegiatan pengawasan dan evaluasi kinerja TI perpustakaan UI. Penelitian ini terbagi menjadi 2, yaitu: penelitian kesadaran pengelolaan (management awareness) dan tingkat kematangan (maturity level). Penelitian kesadaran pengelolaan ditujukan untuk mendapatkan opini dari pihak pengelola TI perpustakaan UI melalui kuesioner dan wawancara mengenai tingkat keperluan penerapan kegiatan yang berhubungan dengan pengawasan dan evaluasi kinerja TI yang tercakup dalam COBIT. Hasil penelitian kesadaran pengelolaan menunjukkan bahwa tingkat keperluan penerapan kegiatan pengawasan dan evaluasi kinerja TI di perpustakaan UI tergolong tinggi karena 61 % responden beropini kegiatan-kegiatan tersebut sangat perlu dan 39% perlu untuk dilakukan. Beberapa responden beropini agar terdapat koordinasi di antara bagian-bagian di perpustakaan UI mengenai pelaksanaannya. Penelitian tingkat kematangan ditujukan untuk memperoleh data kondisi aktual pengelolaan proses pengawasan dan evaluasi kinerja TI di perpustakaan UI melalui kuesioner dan wawancara. Dari penelitian tingkat kematangan ini, diketahui bahwa untuk kegiatan pengawasan dan evaluasi kinerja TI perpustakaan UI telah mencapai tingkat 2 (2.68). Dengan mempertimbangkan hasil penelitian kesadaran pengelolaan, visi, misi, dan tujuan perpustakaan, serta wawancara responden maka ditetapkan bahwa model pengembangan tingkat kematangan mengenai kegiatan pengawasan dan evaluasi kinerja TI perpustakaan UI ke depannya adalah tingkat 4. Dalam upaya mencapai tingkat kematangan dari tingkat 2 ke 4, terdapat analisis kesenjangan (gap analysis) yang berupa usulan-usulan kegiatan yang perlu dilakukan oleh perpustakaan UI"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S15194
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya Soleha
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas proses kerjasama tim dalam pengembangan perpustakaan sekolah di SDN Pancoran 08 Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus. Adapun proses kerjasama tim dalam pengembangan perpustakaan sekolah dilihat dari beberapa tahapan pengembangan tim berdasarkan teori Tuckman., yaitu forming, storming, norming, performing dan adjourning. Tahapan pengembangan tim tersebut diteliti untuk mengidentifikasi bagaimana pelaksanaan kegiatan dan kendala yang dihadapi oleh tim kerja dalam melakukan pengambangan perpustakaan di SDN Pancoran 08. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kegiatan pengembangan perpustakaan sekolah harus terus dilakukan, karena pengambangan perpustakaan sekolah dengan melibatkan partisipasi siswa-siswi sekolah dalam beberapa kegiatan pengembangan yang dilakukan, akan menumbuhkan rasa kepemilikan mereka terhadapa manfaat dan fungsi perpustakaan sekolah.

Abstract
The Focus of this study is the process of school library development by collaborative teamwork at SDN Pancoran 08 Jakarta. The research that is used is qualitative research with case study method. The colaborative teamwork of the school library development that are analized are based on the Tuckman_s theory of development team; forming, storming, norming, performing and adjourning. Those prosess are analized to understand how the team are formed and some obstacles that are faced by the team in carried out school library development actifity. The research concludes that the school library development activities must continue to be done, because the development of school libraries by involving school students in several development activities, will develop their sense of ownership of the benefits and fuctions of school libraries."
2010
S14954
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Winda Safitri
"Skripsi ini membahas manajemen perpustakaan di SDN Marunda 02 Pagi, SDN kalibaru 07 Pagi, dan MI At-Taufiq. Manajemen perpustakaan meliputi pelaksanaan fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan Dengan mcnggunakan metode penelitian kualitatif, pendekatan deskriptif, dan pengumpulan data berupa wawancara dan kajian dokumen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa manajemen perpustakaan sekolah belum dilaksanakan dengan baik karena belum maksimalnya pelaksanaan fungsi manajemen di ketiga perpustakaan sekolah tersebut, akibatnya tujuan perpustakaan pun tidak tercapai. Penulis menyarankan agar kepala sekolah selaku manajer sekolah membuat standar yang ingin dicapai, perencanaan yang rinci dan sistematis mengenai pengembangan sumber daya perpustakaan sekolah dan kegiatan perpustakaan meliputi pengadaan, pengolahan, pelayanan dan sosialisasi untuk mencapai tujuan perpustakaan sekolah masing-masing. Hal ini karena perencanaan adalah fungsi terpenting dalam manajemen dan pelaksanaan fungsi selanjutnya adalah implementasi dari fungsi perencanaan.

This undergraduate thesis discusses the library management of SDN Marunda 02 Pagi, SDN Kalibaru 07 Pagi, and MI At-Tautly. Management is the function of planning, organizing, actuating, and controlling. The thesis uses qualitative research methods, descriptive approach and data collection in the tbrm of interviews and document review. The research concludes that the three school libraries management has not perfomed well because the implementation of management functions has not perfomed well. Consequently their set goal can not be achieved. So, the writer suggest that the school principal as the manager makes standard and specific targets, a detailed and systematic planning about the school library resources development and activities to achieve the goal of each school libraries. This is because planning is the most important function in management and the next (unction is the implementation of planning function."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S15378
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Anggi Shabrina
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang peran guru pustakawan di Australian International School Kemang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami peran guru pustakawan di sekolah dan sejauh mana peran tersebut memenuhi Standards of Professional Excellence for Teacher-Librarians. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pustakawan di Australian International School Kemang telah menjalankan perannya dalam mendukung kegiatan belajar mengajar melalui program pendidikan, layanan koleksi perpustakaan, dan program literasi informasi dan hampir memenuhi Standards of Professional Excellence for Teacher-Librarians. Hasil penelitian menyarankan bahwa guru pustakawan seharusnya dilibatkan dalam pengembangan kurikulum sekolah, tetap mempertahankan kerjasama dengan guru, meningkatkan pengembangan koleksi, dan mengajarkan anak-anak untuk melakukan penelusuran informasi menggunakan internet.

Abstract
This study describes about the role of teacher librarian in Australian International School Kemang. The purpose of this study is to understand the role of teacher librarian in school and how far that role fulfills Standards of Professional Excellence for Teacher-Librarians. This research uses qualitative approach and case study methodology. As a result, teacher librarians in Australian International School Kemang have implemented their role to support learning and teaching activities in school by providing education program in the library, library collection service, and information literacy program and almost fulfilled Standards of Professional Excellence for Teacher-Librarians. The researcher suggests that teacher librarian have to be involved in curriculum development, maintain the collaboration with teachers, enhance collection development, and teach children how to search information by internet."
2010
S15030
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Riskha Ariane Badri
"ABSTRAK
Tesis ini membahas masalah stres kerja pada beberapa karyawan dan buruh di PT Monier
Tangerang dan manajemen stres kerja untuk membantu mengelola stres kerja mereka.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap sepuluh
orang karyawan PT Monier Tangerang yang terdiri dari enam orang buruh dan empat orang
karyawan office yang mengalami stres kerja. Hasil penelitian menunjukkan sumber-sumber
stres (stresor) secara umum pada kesepuluh subjek penelitian adalah pekerjaan dan karier,
rancangan pekerjaan dan hubungan dengan atasan atau sesama rekan kerja. Sedangkan efekefek
stres kerja yang dirasakan pada kesepuluh subjek penelitian adalah gangguan fisik
seperti rasa sesak di dada, pusing dan sakit kepala; perubahan sikap seperti menghindari
atasan atau menghindari pekerjaan; perubahan tingkah laku seperti tak bisa konsentrasi;
berkurangnya produktivitas dan efektivitas kerja; kepuasan kerja rendah ; dan absensi. Untuk
intervensi terhadap beberapa karyawan yang bekerja di PT Monier Tangerang dipilih
intervensi berupa pemberian informasi dan teknik relaksasi progresif yang diterapkan dalam
bentuk kelompok. Informasi-informasi yang diberikan mencakup definisi stres kerja, sumbersumber
stres kerja, efek-efek stres kerja dan manajemen stres kerja. Sedangkan teknik
relaksasi progresif bukan hanya diberikan secara teori saja, namun juga dipraktikkan dalam
sesi latihan dengan bimbingan fasilitator untuk kemudian peserta melakukan latihan mandiri
selama tujuh hari setelah diberikan pelatihan. Selanjutnya diharapkan manajemen stres kerja
tersebut dapat diterapkan oleh PT Monier Tangerang untuk membantu karyawan yang
mengalami stres kerja.

ABSTRACT
This thesis addresses the problem of work stress on some of the employees and laborers of
PT Monier Tangerang and work stress management to help manage their work stress. This
study is a qualitative research case study approach to the ten employees of PT Monier
Tangerang consisting of six laborers and four office workers who experience job stress. In
general, the results show that the stressors on ten subjects are job and career, work design and
relationships with superiors or colleagues. While the effects of job stress are physical
disorders such as chest tightness, dizziness and headaches; change in attitude to avoid their
boss or avoiding work demand; changes in behavior such as could not concentrate; reduced
productivity and effectiveness; low satisfaction on employee, and absenteeism. To intervene
against these issues, researcher has selected some interventions such as the provision of
information and progressive relaxation techniques taht applied in the form of the group. The
information provided includes the definition of work stress, stressor, the effects of work
stress and work stress management. While the progressive relaxation technique is not only
given in theory, but also practiced in training sessions with the guidance of facilitators and
participants to exercise self-administered seven days after training. Further work is expected
to stress management can be implemented by PT Monier Tangerang to assist employees who
experience work stress."
2012
T30860
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rina D. Soeratmo
"Rina D. Soeratmo. Analisis Sitiran terhadap Tesis pada Program Pascasarjana Universitas Indonesia Bidang Studi Ekonomi : karakteristik literatur yang dipergunakan. (Di bawah bimbingan Siti Sumarningsih.) Fakultas Sastra Universitas Indonesia, 1993. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik literatur yang dipergunakan dan pemanfaatan Perpustakaan FEUI oleh Para peserta Program Pascasarjana Universitas Indonesia Bidang Studi Ekonomi. Untuk mengetahui hal tersebut dilakukan analisis sitiran dalam bentuknya yang sederhana, yaitu penghitungan frekuensi munculnya sebuah judul dalam bibliografi pada tesis yang dihasilkan dari program tersebut. Selain analisis sitiran, untuk mendapatkan masukan dari peserta dikirimkan sebuah daftar pertanyaan. Hasil analisis sitiran menunjukkan bentuk literatur yang paling banyak digunakan adalah buku, diikuti publikasi tidak diterbitkan, majalah, terbitan pemerintah, dan bentuk lain. Literatur berbahasa Inggris lebih besar pemakaian dibandingkan literatur berbahasa Indonesia untuk buku dan majalah, dan secara keseluruhan. Dari segi usia, literatur berusia muda memiliki tingkat pemakaian yang tinggi dan berangsur-angsur menurun sejalan dengan menurunnya usia literatur. Subjek yang disitir sebagian besar berasal dari bidang ekonomi dan ilmu sosial sehingga dapat dikatakan bahwa bidang ekonomi banyak menyitir subjek di bidangn sendiri. Berdasarkan status kepemilikan koleksi, Perpustakaan FEUI cukup mendukung kebutuhan literatur para peserta walaupun mereka masih membutuhkan perpustakaan lain untuk melengkapi kebutuhan mereka. Hal ini sesuai dengan hasil yang diperoleh dari kuesioner. Saran yang diajukan penulis antara lain perlunya standardisasi penulisan data bibliografi dengan memakai pedoman tertentu, memperhatikan adanya kebutuhan terhadap literatur non-konvensional, melakukan pendekatan secara personal kepada staf pengajar untuk memperoleh karya tulis mereka, lebih aktif dalam mengadakan terbitan pemerintah, memperhatikan koleksi majalah dalam hal pengadaan dan penyimpanan, mengadakan majalah indeks dan abstrak di bidang ekonomi, serta melakukan kerjasama dengan perpustakaan lain, terutama yang berada di lingkungan FEUI."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1993
S15709
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ruth Novita Prameswary
"Setiap orang, tidak terkecuali tunanetra tidak dapat hidup tanpa informasi. Salah satu sarana umum yang dapat membantu tuna netra memperoleh informasi yang ia perlukan adalah perpustakaan. Namun fasilitas yang ada di perpustakaan, terutama perpustakaan umum di Indonesia, kurang memadai bagi pengguna tunanetra. Oleh karena itu mereka memerlukan suatu alat bantu khusus yang berupa teknologi informasi untuk dapat membantunya mengakses informasi, baik informasi tercetak maupun informasi non-cetak (on line). Salah satunya adalah sebuah software screen reader dengan merek JAWS yang digunakan oleh Yayasan Mitra Netra. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui bagaimana persepsi pengguna yang merupakan tunanetra mengenai JAWS (Job Access With Speech) screen reader di Yayasan Mitra Netra.Penelitian ini pada dasarnya menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini merupakan pengguna JAWS screen reader Yayasan Mitra Netra. Sedangkan yang menjadi objek adalah JAWS (Job Access With Speech) screen reader yang terdapat di Yayasan Mitra Netra, Lebak Bulus, Jakarta. Dengan jumlah informan 5 orang dan 1 informan pendukung, metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil penelitian yang diperoleh adalah para pengguna memiliki persepsi yang positif mengenai JAWS screen reader"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S15706
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Etty Setyawati
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T26399
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dita Sulistyowati author
"ABSTRAK
Penilaian kinerja secara individu berdasarkan Indeks Kinerja Individu melalui
pencapaian target kinerja merupakan hal baru bagi perawat pelaksana RSUPN Dr.
Cipto Mangunkusumo dan pencapaian target tersebut dipengaruhi oleh banyak
faktor. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor tersebut.
Penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional (n=121 orang)
memperoleh hasil bahwa tingkat pendidikan mempunyai hubungan bermakna dengan
pencapaian target kinerja individu perawat pelaksana (nilai p = 0,001) dan sebagian
besar perawat pelaksana berkinerja istimewa, namun metode penilaian kinerja
dipersepsikan kurang baik oleh sebagian besar perawat. Peneliti menyarankan bahwa
perlu adanya pengembangan instrumen penilaian kinerja individu perawat pelaksana
dan peningkatan pendidikan bagi perawat pelaksana.

ABSTRACT
Individual performance appraisal based on Individual Performance Index is a new
thing for nurse practitioner at A building Dr. Cipto Mangunkusumo Hospital and the
achievement of the target is affected by many factors. The aim of the study is
identifying those factors. Descriptive correlative research used cross sectional
(n=121 people) results that educational background had correlation with the
achievement of individual performance target of nurse practitioner (p value = 0,001)
and the achievement was excellent although many nurse practitioners perceived not
very good to performance appraisal method. The researcher suggests that the
instrument of nurse practitioner performance appraisal should be developed and
hospital provide continuing education for nurse practitioners."
2012
T30938
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>