Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 116474 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ika Rostia Wijayandara
"Penelitian mengenai pengajaran membaca aksara Arab ini bertujuan: (1) untuk memerikan perbedaan-perbedaan materi dan evaluasi antara buku Iqra_ dan buku Qira_ati, (2) mengetahui metode yang digunakan dalam pengajaran Iqra_ dan Qira_ati (3) mengetahui evaluasi yang ada pada buku Iqra_ dan Qira_ati dan (4) mengetahui kelebihan dan kekurangan pengajaran aksara Arab pada buku Iqra_ dan buku Qira_ati. Pengumpulan data dilakukan dengan menginventaris materi-materi yang ada dalam buku Iqra_: Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur_an karangan KH. As_ad Humam, penerbit Balai Litbang LPTQ Nasional Team Tadarus _AMM_ Yogyakarta tahun 1990 dan buku Qira_ati: Metode Praktis Belajar Al-Qur_an (untuk usia 4-6 tahun) karangan H. Dachlan Salim Zarkasyi, penerbit Yayasan Pendidikan Al-Qur_an Raudhatul Mujawwidin Semarang tahun 1990. Dari hasil penelitian mengenai pengajaran membaca aksara Arab dengan menganalisis buku Iqra_ dan Qira_ati ini dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa perbedaan dan persamaan dari kedua buku tersebut. Pertama, pemerian materi yang lebih banyak pada buku Qira_ati dibanding buku Iqra_. Kedua, adanya bahan EBTA pada buku Iqra_ dan pada buku Qira_ati tidak ada. Ketiga, baik buku Iqra_ maupun Qira_ati menggunakan metode sintetik sebagai dasar metode pengajarannya. Keempat, pemerian materi pada buku Qira_ati banyak memberikan perhatian pada pelafalan huruf yang dianggap sulit karena tidak ada dalam bahasa pertama siswa (bahasa Indonesia) dan bacaan langka dalam Al-Qur_an, kemudian sudah memberikan bacaan berupa teks dalam Al-Qur_an secara utuh, sementara pada buku Iqra_ hanya berupa potongan-potongan ayat"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S13252
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Murti Bunanta
Jakarta: Pustaka Tangga, 2004
028.9 MUR b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Yus Rusmiyati
"Topik skripsi ini mengenal pemanfaatan buku Islam oleh mahasiswa di Perpustakaan Masjid Kampus UI (Perpustakaan Iqra') dan Perpustakaan Masjid Kampus ITB (Perpustakaan Salman). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui buku Islam dalam subiek apa yang paling disukai oleh mahasiswa, unsur-unsur apa yang diperhatikan oleh mahasiswa dalam memillh buku Islam, penerbit buku Islam mania yang paling disukai oleh mereka dan alasan mereka menyukai penerbit tersebut. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah koleksi buku Islam di kedua perpustakaan yang diteliti telah dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam mengisi waktu luangnya, serta mengetahui apakah kedua per_pustakaan tersebut dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa tehadap buku Islam. Dari hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa, baik di Perpustakaan Iqra' maupun di Perpustakaan Salman paling menyukai buku Islam dalam subjek Karya-karya Umum tentang Islam. Pada umumnya mahasiswa di Perpustakaan Iqra' menyukai buku Islam terbitan Gema Insani Press dengan alasan penulisnya berbobot, isinya berbobot, topiknya aktual, sampulnya/covernya bagus, terbitannya lengkap dan bahasanya mudah dipahami. Sedangkan di Perpustakaan Salman, pada umumnya buku Islam yang disukai adalah buku Islam terbitan Mizan, dengan alasan penulisnya berbobot, pembahasannya mendalam, topiknya aktual, sampul/covernya bagus dan terbitannya lengkap. Selain itu, jika mereka ingin memiliki buku sendiri, buku tersebut mudah didapat dan harganya murah. Dalam memilih buku Islam, mahasiswa pada umumnya lebih memperhatikan unsur subiek daripada unsur lainnya. Pada umumnya mahasiswa telah memanfaatkan perpustakaan masjid kampus untuk mendapatkan buku Islam. Namun sayangnya kedua belum dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan mereka."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S15650
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia, 1976
R 495.102 BUK
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: FS-UI, 1976
495.102 LOK b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta : Sagung Seto, 2021
610.7 BUK
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Putu Laxman Sanjaya Pendit
Jakarta: Cita Karyakarsa Mandiri, 2007
028.9 PUT m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Setyowati
"Tesis ini merupakan studi eksperimen tentang implementasi e-Learning dalam pengajaran pemahaman membaca. Penelitian ini adalah penelitian kuantilatif dengan desain eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes try out Ujian Nasional 2008/2009 dan kuesinoner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa di kelas pemahaman membaca yang sangat signifikan antara kelas e-Learning dan kelas yang menggunakan buku teks dan adanya respon positif dari siswa terhadap implementasi e-Learning dalam pengajaran pemahaman membaca. Rekomendasi penelitian ini adalah perlunya dukungan perangkat lunak dan keras dalam proses implementasi, implementasi e-Learning ini dapat dijadikan sebagai model pembelajaran alternatif agar pengajaran di kelas pemahaman membaca lebih bervariasi, guru seharusnya menjelajahi MOODLE lebih lanjut untuk memperbaiki dan mengembangkan konten e-Learning, dan implementasi ini dapat dilakukan untuk pengajaran keterampilan menyimak atau menulis untuk penelitian lebih lanjut.

This thesis is an experimental study of e-Learning implementation in teaching reading comprehension. This research used quantitative and qualitative approach (mixed method) with experiment design. The data collecting technique of the research used test and questionnaire. The research result shows that there is significant difference of students? achievement in reading comprehension class between a conventional class and two e-Learning classes and there is positive response from the students of experimental classes toward the implementation. There are four recommendations of this research. First, the implementation of elearning needs good hardware and software instrument supports. Second, this implementation can be an alternative teaching model to make teaching reading comprehension class more various. Third, teachers should explore MOODLE to improve and develop the content of e-Learning. Fourth, this e-Learning can be implemented for teaching listening or writing to do further research."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T25912
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>