Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 120226 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Risma Handini
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pengajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 13 Jakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan pada guru dan sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, dalam hal ini pengajaran bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam metode ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, angket dan observasi langsung.
Fokus penelitian ini adalah metode pengajaran bahasa Arab yang diterapkan di MAN 13 Jakarta dengan sampel dan populasi, yakni siswa kelas I MAN 13 Jakarta. Metode yang diterapkan oleh guru bahasa Arab dalam mengajar adalah Translation Method atau Metode Terjemahan, Direct Method atau Metode Langsung, dan Mim-mem Method atau Metode Ingat dan Tiru. Berdasarkan metode tersebut maka porsi yang diberikan guru terhadap kemahiran berbahasa sebesar 50 % untuk membaca (qiro 'all), 25% untuk menulis (insya') dan 25% untuk berbicara (hiwar).
Pembagian porsi tersebut dilatarbelakangi oleh tingkat pengetahuan siswa yang berbeda terhadap bahasa Arab. Berdasarkan basil angket dapat diketahui bahwa siswa yang berasal dari SMP berjumlah 64 orang atau 40,51 %, siswa yang berasal dari MTs berjumlah 72 orang atau 45,56 % sedangkan siswa yang berasal dari pesantren berjumlah 18 orang atau 2,53 %. Empat siswa tidak menjawab sehingga tidak dapat diketahui Tatar belakang pendidikan sebelumnya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
S13321
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ario Sina
"Skripsi ini menjelaskan tentang metode pengajaran kemahiran bahasa Arab yang digunakan di pondok pesantren modern Kafila International Islamic School (KIIS) Kramat Jati Jakarta Timur. Pembahasan kemahiran bahasa ini mencakup kemahiran mendengar, kemahiran berbicara, kemahiran membaca, dan kemahiran menulis dalam mengajarkan mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas III Madrasah Tsanawiyah (MTS) Kafila International Islamic School Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini sebagian besar adalah metode kuantitatif, namun metode kualitatif juga digunakan sebagai pendukung dalam menganalisis data yang diperoleh.
Hasil penelitian ini merupakan deskripsi mengenai metode empat kemahiran bahasa Arab yang digunakan oleh pengajar pondok pesantren modern Kafila International Islamic School Jakarta serta penjabaran tingkat pemahaman seluruh siswa kelas III Madrasah Tsanawiyah (MTS) Kafila International Islamic School Jakarta terhadap empat kemahiran bahasa Arab tersebut.

This research describes Arabic skills teaching used in Modern Boarding School Kafila International Islamic School (KIIS) Kramat Jati, East Jakarta. This research includes language proficiency of listening, speaking, reading, and writing skill in teaching Arabic subjects. The research was conducted on students in the third grade of Junior High School Kafila International Islamic School Jakarta.
The research method used in this paper is quantitative. Besides, qualitative method is used also as a support in analyze the data obtained.
The result of this research are descriptions of the method of four skills Arabic language used in Modern Boarding School Kafila International Islamic School Jakarta and the comprehension level of all students in the third grade of Junior High School Kafila International Islamic School Jakarta about the four skills of the Arabic language.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S1171
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Supriyantini
"Madrasah Aliyah Negeri merupakan institusi yang bertujuan menghasilkan peserta didik yang beriman, berakhlak mulia, berwawasan, sehat, dan mandiri. Kemampuan Madrasah Aliyah Negeri untuk mencapai tujuan di atas tidak terlepas dari siswa-siswanya yang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Siswa yang berada pada tingkat pendidikan menengah atas menghadapi tuntutan belajar yang semakin kompleks dan situasi belajar yang senantiasa berubah. Siswa diharapkan mampu mengembangkan strategi belajar yang lebih aktif, konstruktif, dan berasal dari dalam diri mereka, sehingga mereka dapat lebih mandiri dalam menghadapi tugas belajarnya.
Salah satu strategi belajar yang sangat penting peranannya dalam menentukan prestasi akademis adalah regulasi diri atau self-regulated learning. Walaupun sudah banyak penelitian yang menekankan pentingnya penggunaan strategi self-regulated learning dalam mencapai tujuan akademis, masih banyak siswa yang belum menerapkan strategi belajar tersebut secara efektif. Berdasarkan hasil wawancara dan kuesioner yang diberikan kepada pengurus sekolah dan siswa kelas 2 MAN 13, diperoleh masukan bahwa sebagian besar siswa belum mengetahui dan menggunakan strategi belajar yang sesuai dalam menghadapi tugas belajarnya.
Atas dasar pemikiran di atas, peneliti menyusun program pelatihan Strategi Belajar Efektif pada siswa kelas 2 MAN 13. Pelatihan ini tidak saja memberikan pemahaman mengenai strategi belajar efektif, namun juga memberikan kesempatan pada peserta untuk menerapkan pengetahuan tersebut melalui contoh-contoh perilaku konkret. Dengan mengikuti pelatihan ini, diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan strategi belajar efektif sehingga siswa lebih mandiri dalam belajar."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2005
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Iftah Nur Rohmah
"ABSTRAK
Skripsi ini mengkaji tentang metode yang digunakan dalam mengajarkan kemahiran berbahasa Arab di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Masjid Istiqlal Jakarta. Kemahiran bahasa Arab ini terdiri dari kemahiran mendengar, kemahiran berbicara, kemahiran membaca, dan kemahiran menulis. Metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini sebagian besar adalah metode kualitatif, namun metode kuantitatif juga digunakan sebagai pendukung dalam menganalisis data yang diperoleh. Metode pengajaran yang digunakan dalam mengajarkan kemahiran berbahasa Arab di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Istiqlal adalah metode ceramah, metode terjemah, metode gramatika, metode menghafal, metode tanya jawab, metode membaca, metode menulis. Metode pengajaran yang paling efektif adalah metode membaca. Hasil penelitian ini merupakan deskripsi mengenai metode pengajaran dalam empat kemahiran bahasa Arab yang digunakan oleh pengajar, serta penjabaran tingkat pemahaman seluruh siswa kelas VIII MTs Istiqlal Jakarta terhadap empat kemahiran bahasa Arab tersebut.

ABSTRACT
This thesis research describes Arabic skills teaching method used on students in secondary of Junior High School or Madrasah Tsanawiyah (MTs) Istiqlal Jakarta. This skills includes languange proficiency of listening, speaking, reading, and writing skill. The research method used in this paper is qualitative. Besides, quantitative method was used also as a support in analyze the data obtained. Arabic skills teaching method used on students in secondary of Madrasah Tsanawiyah Istiqlal are lecture method, translation method, grammar method, memorize method, question and answer method, reading method, and writting method. The most effective method is reading method.The result of this research are descriptions of the method of four skills Arabic language used in MTs Istiqlal Jakarta and the comprehension level of all students in the second grade of MTs Istiqlal Jakarta about the four skills of the Arabic language."
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S55372
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Muhammad Rifqi
"Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perpustakaan MAN 10 Jakarta membantu siswa melakukan riset dan menganalisis faktor-faktor yang mendukung atau menghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dan pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen dari Maret hingga Mei 2023. Tiga tahap coding digunakan untuk menganalisis data: open coding, axial coding, dan selective coding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan MAN 10 Jakarta berperan dalam menyed iakan koleksi seperti laporan hasil riset siswa. Selain itu, perpustakaan juga menyediakan ruangan yang cukup luas serta didukung fasilitas seperi jaringan internet WiFi dan komputer. Sumber daya manusia yang dimiliki cukup berperan dalam kegiatan riset, dengan menjalankan layanan sirkulasi dan referensi serta program “Sumbang Buku”. Kesimpulan dari penelitian ini dilihat dari beberapa aspek seperti koleksi, sumber daya manusia, fasilitas/sarana dan prasarana, layanan dan program, perpustakaan MAN 10 Jakarta memiliki peran dalam menunjang kegiatan riset walaupun masih sangat terbatas. Oleh karena itu, saran yang diajukan adalah perpustakaan MAN 10 Jakarta perlu mengevaluasi serta meningkatkan apa yang telah mereka lakukan saat ini sebagai langkah awal sebelum menjalankan langkah-langkah selanjutnya.

This study aims to describe how the library of MAN 10 Jakarta assists students in conducting research and analyzing the factors that support or hinder it. This research uses a qualitative approach with a case study method, and informant selection using purposive sampling techniques. Data collection was carried out through interviews, observations, and document analysis from March to May 2023. Three stages of coding were used to analyze the data: open coding, axial coding, and selective coding. The results of the study show that the library of MAN 10 Jakarta plays a role in providing collections such as student research reports. In addition, the library also provides a sufficiently spacious room and is supported by facilities such as WiFi internet networks and computers. The human resources available play a significant role in research activities by running circulation and reference services and the "Book Donation" program. The conclusion of this study is seen from several aspects such as collections, human resources, facilities/infrastructure, services, and programs, the library of MAN 10 Jakarta has a role in supporting research activities although still very limited. Therefore, the suggested recommendation is that the library of MAN 10 Jakarta needs to evaluate and improve what they have done so far as a first step before carrying out further steps."
2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Syarah Susilowati
"Skripsi ini membahas kemampuan literasi informasi guru di Madrasah Aliyah Negeri 7 Jakarta (MAN 7 Jakarta). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan literasi informasi guru dalam menunjang proses mengajar yang selanjutnya, mengidentifikasi kendala yang dihadapi oleh guru dalam pencarian, pengelolaan dan mengevaluasi informasi, serta mengetahui peran perpustakaan sekolah dan pimpinan dalam pemenuhan kebutuhan informasi guru.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa guru memiliki kemampuan literasi informasi yang memadai namun masih perlu ditingkatkan dan dikembangkan; Di samping itu, kendala-kendala yang dihadapi adalah dalam proses pencarian informasi dan perpustakaan sekolah belum banyak berperan dalam memenuhi kebutuhan informasi guru.
Dalam penelitian ini peneliti menyarankan kepala sekolah agar mendukung dan memfasilitasi para guru untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan literasi informasi serta kemampuan dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk menunjang proses mengajar selanjutnya, kepala sekolah dan perpustakan sekolah perlu melakukan pengadaan koleksi perpustakaan sekolah terutama koleksi buku penunjang untuk guru agar mereka dapat mengembangkan wawasan dan pengetahuan yang dimiliki.

This paper discusses the information literacy skills of teachers at Madrasah Aliyah Negeri 7 Jakarta (MAN7 Jakarta). This research is a descriptive qualitative research with a case study approach. The purpose of this research is to know the ability of information literacy support teachers in teaching process further, identify obstacles faced by teachers in the process of information searching, information management and information evaluation, as well as to know the role of the school library and school leaders in fulfilling the information needs of teachers.
The results of this research show that teachers already have sufficient information literacy skills however, their information literacy skills need to be improved and developed further; Addtionally, there are some obstacles such as in information retrieval process and lack of supports from the school library in meeting the information needs of teachers.
The research suggests that the principal support and facilitate the teachers in improving and developing their information literacy skills, as well as improving the ability to use information technology to support the teaching process. It is also suggested that the principal and the school libray need to develop and procure school library collections, specifically the supporting book/material collection for teachers so that they can develop their insights and knowledge further.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61426
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Mulyana Mulyana
"Artikel ini memaparkan temuan penelitian pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran di madrasah. Penelitian difokuskan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di madrasah. Studi kasus dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat. Penelitian lapangan dilakukan pada bulan Februari-Maret 2018. Pengumpulan data memadukan teknik observasi, wawancara, studi dokumen, dan Focus Group Discussion (FGD). Penelitian ini menemukan bahwa secara umum tingkat pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di MAN 1 Bandung Barat tergolong rendah. Rendahnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran disebabkan oleh beberapa faktor berikut: kompetensi TIK guru secara umum masih rendah; Infrastruktur TIK pada madrasah yang diteliti masih terbatas, dan belum adanya kebijakan yang jelas, baik di tingkat madrasah maupun Kantor Kementerian Agama, terkait upaya peningkatan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di madrasah."
Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, 2019
297 JPAM 32:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Azizatu Mukminah
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas pemanfaatan koleksi digital oleh siswa di Perpustakaan
MAN Insan Cendekia Serpong. Tujuannya untuk mengetahui apakah koleksi
perpustakaan digital telah dimanfaatkan dan hambatan apa yang dihadapi
pemustaka dalam memanfaatkan layanan tersebut. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Data didapatkan dengan
penyebaran kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan
layanan koleksi digital di perpustakaan MAN Insan Cendekia Serpong sudah
dimanfaatkan siswa untuk memenuhi kebutuhan informasi. Namun, pemustaka
masih menemukan hambatan dalam layanan tersebut yaitu kurangnya kecepatan
koneksi, kurang lengkap koleksi dan jumlah komputer yang terbatas. Hasil
penelitian ini menyarankan pembenahan dari segi layanan dan kemampuan
pustakawan.

ABSTRACT
This under graduate thesis discusses the use of digital collections by students in
the Library of MAN Insan Cendekia Serpong. This study aims to determine
whether the digital library collection has been utilized and the obstacles faced
users in utilizing such services. This study uses a quantitative method with a case
study approach. The data obtained by questionnaires and interviews. Based on the
results of the study show a collection of digital services in libraries MAN Insan
Cendekia Serpong been used to meet the information needs of students. However,
users still find obstacles in such services is the lack of connection speed, less
complete collection and a limited number of computers. The results of this study
suggest improvements in terms of service and the ability of librarians"
Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57446
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>