Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 97670 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dewi Iva Musyrifah
"ABSTRAK
Penilaian rekod sangat penting dalam dunia kearsipan, untuk menilai aktivitas badan korporasi guna menentukan rekod mana yang perlu disimpan dan berapa lama rekod tersebut perlu disimpan untuk memenuhi kebutuhan organisasi, persyaratan pertanggungjawaban organisasi dan harapan komunitas. Sejalan perkembangan ilmu dan teknologi, kini penilaian makro cenderung pada penilaian makro yaitu penilaian melihat kepada struktural dan fungsional organisasi, yang didasari harapan lingkungan sekitar organisasi tersebut akan tugas dan fungsi yang diemban. Berdasarkan hal tersebut, penelitian skripsi ini membahas mengenai penerapan penilaian makro di Sekretariat Jenderal Departemen Luar Negeri. Tujuan Skripsi adalah untuk mengetahui sejauh mana penilaian makro dapat diterapkan di Sekretariat Jenderal Departemen Luar Negeri RI dan sejauh mana Sekretariat Jenderal Departemen Luar Negeri sudah menjalankan fungsinya sebagaimana tercermin dari rekod yang tercipta.
Penelitian ini dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara kepada biro-biro di Sekretariat Jenderal Departemen Luar Negeri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian rekod secara makro cocok digunakan di Sekretariat Jenderal Departemen Luar Negeri, dikarenakan diperlukan akutanbilitas Sekretariat Jenderal Departemen Luar Negeri dalam era reformasi yang transparasi akan fungsi yang dimiliki, sehingga dapat diketahui kredibilitas yang dimilikinya.

"
2001
S15203
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jones, Richard
Oxford: Chandos Publishing, 2006
025.17 JON i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Balloffet, Nelly
"When materials aren t available due to deterioration, missing pages, disconnected covers, or other problems, it can be frustrating for users and librarians alike. The answer is to provide appropriate care for the collection from the outset, while also guiding staff on making needed repairs. In Preservation and Conservation, two experts show library administrators and decision makers optimal collection preservation techniques, what it takes to set up a conservation work area, and safe ways to mount a small exhibit. In between, those responsible for repairs will find easily learned, illustrated, step-by-step instructions to repair and conserve books and documents. Appendixes include care of photographs as well as lists of suppliers, and additional resources."
Chicago: [American Library association, ], 2005
e20436077
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Angelino Prathama Putra
"ABSTRAK
Penilitian ini membahas tentang analisis kebutuhan fungsional dalam penilaian arsip ditinjau dari pengaruh budaya institusi perusahaan MRO Maintenance, Repair Overhaul pesawat terbang di PT GMF AeroAsia. Aspek yang akan dikaji adalah proses dan komponen analisis fungsional dalam metode penilaian makro arsip serta budaya pengelola informasi dalam mempengaruhi berjalannya penilaian rekod. Penelitian yang diadakan pada bulan April hingga Juni 2018 ini merupakan penelitian kualitatif dalam bentuk studi kasus. Data penelitian diperoleh dengan melakukan observasi lapangan, wawancara dengan metode purposive sampling dan analisis dokumen perusahaan yang berkaitan dengan pengelolaan dan penilaian rekod di GMF AeroAsia. Hasil penelitian menunjukan bahwa GMF AeroAsia telah melakukan analaisis dalam proses penilaian makro rekod perusahaan. Hal ini dapat diindikasikan dari terekamnya komponen fungsi utama perusahaan dan rekodrekod unit kerja yang memenuhi cakupan fungsi tersebut pada JRD Jadwal Retensi Dokumen perusahaan . Walaupun pelaksanaan analisis fungsional masih bersifat parsial, penilaian makro rekod di GMF AeroAsia masih dapat menciptakan JRD yang adaptif dan memenuhi kebutuhan operasional dan akuntabilitas perusahaan. Pencapaian ini didukung oleh beberapa budaya pengelola informasi yang terbentuk diantaranya: Kepatuhan terhadap regulasi otoritas penerbangan menjadi suatu motivasi dominan dalam pelaksanaan penilaian rekod; Penilaian makro rekod dianggap sebagai wujud pertanggung jawaban pengelola informasi tehadap keselamatan dan keamanan masyarakat; serta Penilaian makro rekod dipecaya dapat meningkatkan efektfivitas dan efisiensi operasional. Penilaian makro di GMF AeroAsia memiliki beberapa kendala diantaranya; Pengelolaan rekod yang masih dapat ditunda dengan prioritas kerja lainnya, minimnya dokumentasi dan knowledge sharing dari proses penilaian makro yang dilakukan serta perlunya tambahan tenaga kerja untuk membantu para pengelola informasi.

ABSTRACT
This research discusses about the functional analysis in archival appraisal, reviewed by the perspective of information manager culture at Maintenance, Repairment and Overhaul MRO company, GMF AeroAsia. The aspects that were analyzed are about functional analysis process and its component on macro appraisal method. This research also identifying information managers understanding and believe when performing their duties on record appraisal and its further handling. The research which was conducted from February until April 2018 applied qualitative method in the form of case study. Collecting data were conducted by field observation, interview with purposive sampling and analyzing the document which related with archival management and appraisal process. The results of the study show that GMF AeroAsia has been carrying out a functional analysis in the record macro appraisal of the company. While still patrial, functional analysis in record macro appraisal has succeeded in creating an adaptive Document Retention Schedule that meets the operational needs and corporate accontability. This achievement is supported by several information manager cultures including compliance with the regulation of aviation authority becomes a dominant motivation in the execution of the record appraisal record macro appraisal is consideed to be the responsibility of the information manager to the safety of the community and record macro appraisal can improve operational effectiveness and efficiency. Record macro appraisal at GMF AeroAsia has several constrains such us being delayed in its processing for the sake of other works which are deemed more important, the lack of documentation and knowledge sharing in macro appraisal process, and the need to increase the amount of employees to assist the information managers."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Apriza Ramadhana
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas penerapan Jadwal Retensi Arsip di Lingkungan Badan
Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui penerapan Jadwal Retensi Arsip di Lingkungan Badan Perpustakaan
dan Arsip Daerah dalam rangka tercapainya pengelolaan arsip yang efektif dan
efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
deskriptif berbentuk studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini
adalah mengungkapkan bahwa Jadwal Retensi Arsip belum dirasakan manfaatnya
secara menyeluruh dikarenakan bukan hanya kurangnya pengetahuan SDM yang
tersebar di berbagai unit kerja akan Jadwal Retensi Arsip, sehingga masih
mengandalkan arsiparis dalam melakukan pengelolaan arsip di berbagai bidang,
tetapi juga kurangnya jumlah arsiparis yang tersedia membuat pengelolaan arsip
di satminkal menjadi terabaikan dikarenakan arsiparis cenderung melakukan
pengelolaan arsip inaktif dari berbagai SKPD, dan tidak tersedianya anggaran
dalam pelaksanaan kegiatan penyusutan arsip di satminkal membuat lambannya
implementasi Jadwal Retensi Arsip dan pengelolaan arsip secara menyeluruh
dalam pemenuhan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan pengelolaan
kearsipan. Hasil peneltian ini menyarankan upaya untuk meningkatkan jumlah
SDM dan staf pengelola kearsipan yang mempunyai latar belakang pendidikan
kearsipan, adanya sosialisasi Jadwal Retensi Arsip yang lebih mendalam ke
seluruh unit kerja, serta dibentuknya Tim Pengawas guna melakukan pengawasan
yang ketat dan kontinu dalam rangka tertib penyusutan di satminkal.

Abstract
This research discussing about the implementation of Retention Archive Schedule
at Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD). The purpose of this research is
to discover the implementation of Retention Archive at Badan Perpustakaan dan
Arsip Daerah in order to succeed the effective and efficient archive management.
Method used in this research is the descriptive research method which is formed
into case study using qualitative method. The result of this research reveals that
the retention archive isn?t yet figure its function comprehensively because not
only the lack of Human Resources knowledge spread in many unit to the retention
schedule, so BPAD is still counting on archivist in managing archive for every
field, but also the lack of archivist resources has also made the archive
management at satminkal abandoned because the archivist tend to manage the
inactive archive from other SKPD, and the unavailable funds in shrinking the
inactive archive at satminkal has also postponed the implementation of retention
archive and the overall archive management in order to fulfill the suggestion and
facility to support the archive management activity. The results of this research
suggest that efforts to increase the number of human resources and management
staff of archives which has the educational background of archives, socialize the
retention schedule more comprehensive to all units, and also form a supervisor
team for a strict and continuous supervision for an archive shrinking in an orderly
manner at satminkal."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43613
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Parno Nusantara
"Arsip Nasional Republik Indonesia menyelenggarakan e-government melalui penguatan sistem kearsipan berbasis TIK dengan tujuan untuk dapat mendukung proses bisnis pemerintahan yang efisien, transparan dan terintegrasi. Namun pada kenyataannya tujuan penyelenggaraan tersebut belum tercapai karena sistem yang dikembangkan belum dapat mendukung proses bisnis yang berjalan. Salah satu penyebabnya adalah kegagalan implementasi sistem informasi kearsipan yang dikembangkan yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya resistensi pengguna, aturan, maupun teknologi. Dengan demikian penelitian ini dilakukan untuk mengantisipasi kegagalan penerapan sistem informasi kearsipan berbasis TIK yang sedang dikembangkan di ANRI yang diberi nama e-arsip melalui pengukuran kesiapan penerapan e-arsip dalam pengelolaan arsip statis. E-records readiness assessment tools merupakan sebuah kerangka kerja untuk mengukur kesiapan penerapan e-arsip yang dikeluarkan oleh The International Records Management Trust IRMT . Dari 6 variabel pada kerangka kerja IRMT yang diusulkan, digunakan 5 variabel yang merupakan hasil validasi 7 pakar kearsipan di Indonesia. Lima variabel tersebut adalah kebijakan dan tanggung jawab, tools dan prosedur, teknologi, sumber daya dan pelatihan, serta kepedulian internal. Pengukuran dilakukan secara kualitatif melalui wawancara, penelusuran dokumen dan observasi, sedangkan pengolahan data dilakukan melalui analisis tematik. Hasil pengukuran menunjukan bahwa ANRI masih belum siap untuk menerapkan e-arsip dengan hasil empat variabel berada pada level 2, dan satu variabel berada pada level 1. Untuk meningkatkan level kesiapan penerapan e-arsip tersebut, disusun prioritas rekomendasi berdasarkan hasil pengukuran yang dikombinasikan dengan pembobotan tingkat kepentingan variabel dari pakar melalui metode AHP. Adapun prioritas rekomendasi secara berurutan sebagai berikut: Teknologi, Kebijakan dan tanggung jawab, tools dan prosedur, SDM dan pelatihan serta kepedulian internal.

National Archives of Republic Indonesia held e government program through strengthening of ICT based archival system in order to be able support efficiently, transparently and integrated government through business processes. However, purpose of implementation has not been achieved because developed system can rsquo t support the running business process. One causes of the archival information system implementation developed failure that caused by several factors such as user resistance, rules, and technology. Thus, this research is conducted to anticipate the failure of ICT based archival system application development in ANRI which is named e archives through the measurement of e archives readiness implementation. E records readiness assessment tools is a framework for measuring the readiness of e archive implementation issued by The International Records Management Trust IRMT . Of the six variables in the proposed IRMT framework, five variables were used as validation result of 7 archival experts in Indonesia. The five variables are policies and responsibilities, tools and procedures, technology, resources and training, and internal awareness. Measurements are conducted qualitatively through interviews, document tracing and observation, while data processing is done through thematic analysis. The measurement results show that ANRI is still not ready to apply the e archives with the results of four variables at level two, and one variable is at level one. To improve the level of e archives readiness implementation, priority recommendations are prepared based on measurement results combined with weighting the level of variables importance from experts through the AHP method. The priority of consecutive recommendations as follows Technology, Policies and responsibilities, tools and procedures, human resources and training and internal awareness."
Depok: Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Darmawan
"ABSTRACT
Penelitian ini membahas mengenai strategi migrasi informasi pada Lembaga Kearsipan X. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan oleh Direktorat Reproduksi dan Digitalisasi Arsip, Lembaga Kearsipan X dan kendala apa saja yang menghambat kinerja direktorat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi migrasi informasi yang dilakukan bagian Direktorat Reproduksi dan Digitalisasi Arsip di Lembaga Kearsipan X serta mengidentifikasi kendala yang menghambat kinerja direktorat tersebut. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif melalui pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa kendala yang masih menyebabkan hambatan dalam hal migrasi informasi. Faktor yang mempengaruhi diantaranya finansial dan pelatihan pegawai. 

ABSTRACT
This thesis discusses the information migration strategy in the Archives Institution X. The problem in this research is how the strategy undertaken by Directorate of Reproduction and Digitalization Archives, Archives Institution X and any constraints that hinder the performance of directorate. This study aims to explain the information migration strategy undertaken by the Directorate of Reproduction and Digitalization of Archives at Archives Institution X and identify obstacles that hamper the performance of the directorate. This research method is qualitative descriptive through case study approach. The results of this study indicate that there are some obstacles that still cause barriers in terms of information migration. Factors that affect them are financial and employee training."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fiqriena Anggita Wigati
"ABSTRAK
Perlindungan arsip statis di Indonesia sangat dibutuhkan karena arsip statis memiliki nilai guna kesejarahan dan kebangsaan, yang digunakan untuk kepentingan Negara, pemerintahan, pelayanan publik, dan kesejahteraan masyarakat. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan, arsip statis adalah arsip yang dihasilkan oleh pencipta arsip karena memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis retensinya, dan berketerangan dipermanenkan yang telah diverifikasi baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Arsip Nasional Republik Indonesia dan/atau lembaga kearsipan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis perlindungan arsip statis yang terdapat di Arsip Nasional Republik Indonesia khususnya pada Direktorat Preservasi. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakaan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Arsip Nasional Republik Indonesia hingga saat ini, dalam masalah perlindungan arsip statis terhadap bencana kebakaran, belum memikirkan dengan matang apa yang harus mereka lakukan jika kebakaran terjadi dan melahap seluruh arsip yang dimiliki dan disimpan di ANRI, ini dapat dilihat dari beberapa hal, yaitu: perlindungan terhadap pemakaian peralatan dan belum adanya pengecekkan alat pemadam kebakaran sprinkler yang dapat mengeluarkan air.

ABSTRACT
This research studies static archives protection against fire at Arsip Nasional Republik Indonesia. Not only archives that must be put into consideration but the building where the archives are stored is also worth noting. Eden and Matthews 1996 stated that within an institution or organization it is of utmost important to have a plan for disaster control in disaster management process. Act Number 28 year 2002 on Building clause 2 mentioned that building is organized based on the principles of utility, safety, balance as well as harmony of the building with its environment. Building which has been designed to store its archives or documents will protect the documents from any possible disasters and causing them to disappear or cannot even be reused. One of disasters claiming life and causing material loss is fire. Muir and Shenton 2002 affirmed that information institution staff should have the awareness of disaster plan as a response towards sudden disaster. This research aims to identify static archives protection against fire at Arsip Nasional Republik Indonesia. This research is using qualitative approach with case study method. Data is collected through observation and interviews. Informants were 11 eleven people selected by purposive sampling, with the criteria only staff who formulate, execute and develop preservation at ANRI. This research is useful to enhance static archives protection program with the purpose to preserve historical archives so as to be utilized by society as knowledge. "
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Reklina Thifal
"Penelitian ini membahas mengenai digitisasi arsip yang dilakukan oleh Kantor Arsip Universitas Indonesia sebagai salah satu strategi untuk melakukan preservasi arsip. Seiring dengan perkembangan teknologi, metode digital lebih disukai pengguna termasuk arsiparis. Pengguna dapat menggunakan bentuk digital tanpa perlu menggunakan arsip konvensional yang riskan akan kerusakan sehingga nilai guna atau isi informasi yang terdapat di dalam arsip dapat terjaga dengan lebih baik. Kantor Arsip UI melakukan digitisasi pada arsip statis yang dimiliki berupa arsip statis kertas, arsip foto, dan arsip audio visual. Digitisasi arsip statis yang dilakukan di Kantor Arsip UI bertujuan untuk memudahkan akses, menyebarluaskan informasi, serta sebagai salah satu strategi atau upaya preservasi arsip untuk menyelamatkan nilai arsip. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi proses digitisasi arsip sebagai strategi preservasi arsip di Kantor Arsip Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Dari penelitian ini, dapat diketahui bahwa Kantor Arsip UI sendiri telah merancang dan melaksanakan program digitisasi arsip statis dengan cukup baik. Proses digitisasi Kantor Arsip UI telah berjalan dengan lancar dan sesuai dengan pedoman The International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA): Guidelines for Planning the Digitization of Rare Book and Manuscript Collections Tahun 2014.

This study discusses the digitization of archives implemented by Kantor Arsip Universitas Indonesia as a strategy for preserving archives. In line with technological developments, digital methods are preferred by users, including archivists. In the process of digitization, the value of archives can be maintained better because users can use digital forms without the conventional archives to reduce any damage. Kantor Arsip Universitas Indonesia digitizes paper archives, photo archives, and audio-visual archives. The digitization of archives aims to facilitate access, disseminate information, as well as one of the strategies or efforts to preserve archives to save archive values. The purpose of this study is to identify the process of digitizing archives as an archive preservation strategy at Kantor Arsip Universitas Indonesia. This study uses a qualitative research method with a case study approach through observation, interviews, and document studies. From this research, it can be seen that Kantor Arsip Universitas Indonesia has designed and implemented an archive digitization program quite well. The process of digitizing has running smoothly and compatible with the guidelines of The International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA): Guidelines for Planning the Digitization of Rare Book and Manuscript Collections (2014)."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yoga Adi Pratama
"Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sebagai salah satu lembaga pemerintah masih belum menerapakan digitalisasi arsip melalui Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) sebagai salah satu aplikasi umum yang wajib digunakan oleh instansi pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan SRIKANDI masih belum diterapkan secara menyeluruh di BSSN serta memberikan rekomendasi strategi peningkatan terhadap penggunaan aplikasi arsip digital di BSSN dengan mengintegrasikan model penerimaan yaitu DeLone and McLean dan dua variabel pada model Unified Model of Electronic Government Adoption (UMEGA) yaitu Social Influence dan Commitment from Leadership. Dengan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM) pada 138 respons valid pegawai BSSN, didapatkan hasil bahwa 7 faktor memiliki pengaruh pada penerapan SRIKANDI di BSSN yaitu manfaat bersih (dampak organisasi dan individual), komitmen dari pimpinan, pengaruh sosial, kualitas layanan, kualitas sistem, penggunaan, serta kepuasan pengguna. Penelitian dilanjutkan dengan teknik open coding untuk mendapatkan rekomendasi strategi peningkatan berdasarkan hasil uji hipotesis yang valid. Terdapat 23 rekomendasi strategi peningkatan yang dikelompokkan ke dalam aspek people, process, dan technology. Penelitian ini memberikan implikasi kepada BSSN (aspek people dan process) berupa strategi peningkatan penggunaan aplikasi arsip digital serta memberikan implikasi kepada ANRI (aspek technology) berupa rekomendasi pengembangan aplikasi SRIKANDI.

Integrated Dynamic Archival Information System (SRIKANDI) has become one of the mandatory public applications for government agencies to implement the National Electronic Government System or smart government. The National Cyber and Crypto Agency (BSSN), as a government agency, has not yet implemented digital archiving through SRIKANDI. This is based on the low value of the BSSN SPBE index in 2023, especially in the field of archiving, coupled with the policy of relocating the capital city (IKN) to be implemented in 2024. This study aims to identify the factors that cause SRIKANDI to not be implemented comprehensively at BSSN and to provide recommendations for optimizing the implementation of digital archives at BSSN by integrating the DeLone and McLean acceptance model with two variables in the Unified Model of Electronic Government Adoption (UMEGA), namely Social Influence and Commitment from Leadership. Using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) on 138 valid responses from BSSN employees, it was found that 7 factors have an influence on the implementation of SRIKANDI at BSSN, namely net benefits (organizational and individual impacts), commitment from leadership, social influence, service quality, system quality, usage, and user satisfaction. The research was continued using the open coding technique to obtain recommendations for optimization strategies based on the results of valid hypothesis tests. There are 23 recommendations for optimization strategies grouped into people, process, and technology aspects. This research has implications for BSSN (people and process aspects) in the form of strategies for optimizing the implementation of digital archives so that the BSSN SPBE index value is achieved by increasing the use of SRIKANDI and can implement smart government in IKN and provide implications for ANRI (technology aspects) in the form of recommendations for the development of the SRIKANDI application."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>