Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 122588 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kodrat Setiawan
"Kodrat Setiawan. Skripsi ini dibuat untuk memenuhi geiar sarjana Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Indonesia dengan judul Pandangan Mohammed Arkoun tentang Islamologi Barat dan islamologi Terapan, di bawah bimbingan Juhdi Syarif, M.Hum dan Dra Siti Rahmah Soekarba, MHum; 71 hal; 33 sumber acuan.Mohammed Arkoun merupakan salah seorang ilmuwan muslim yang tulisannya banyak menjadi bahan perbincangan di kalangan akademisi Islam. Ia lahir dan dibesarkan di Aljazair, sebuah negara yang mayoritas penduduknya beragazna Islam. Kehidupannya di Aljazair membuat dasar kecintaannya yang kuat terhadap Islam., sehingga sepanjang hidupnya didedikasikan untuk mengkaji Islam. Sedangkan kehidupannya di Perancis, saat is menimba ilmu, sangat berperan dalam perkenalannya terhadap ilmu-ilmu yang berkembang di Barat. Ini mungkin yang membuathya unik dan fenomenal.Tema sentral dalam tiap kajian yang disampaikan Arkoun adalah pembaruan pemikiran Islam. Menurutnya pemikiran Islam masih berada dalam suasana mental abad pertengahan, yang cenderung mengikuti langsung pemikiran-pemikiran para pendahulu tanpa kritik. Ini menyebabkan terjadinya kejumudan, ketertutupan, dan pemahaman yang kaku terhadap pemikiran Islam. Untuk mengatasi kejumudran tersebut Arkoun berusaha membuka diri terhadap kemodernan yangsberkembang di Barat. Menurutnya pemikiran Barat modem yang kritis dan rasional dapat menunjukkan jalan keluar dari kejumudan pemikiran Islam. Namun pembukaan diri terhadap pemikiran Barat tersebut juga dilakukan tidak tanpa kritik."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2001
S13290
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Restia Ariyani
"Leonid Nikolaevic Andreev merupakan salah satu penulis periode dekaden yang berhasil mengangkat gagasan eksistensialisme dalam karya-karyanya. Eksistensialisme di sini menekankan bahwa pikiran hendaknya bertitik tolak pada eksistensi manusia individual sebagaimana diungkapkan oleh Kierkegaard, yang merumuskan kebebasan dan tiga tahap jalan hidup. Dui pcmahaman ini, muncul suatu pennasalahan, bagaimana kebebasan dan tahap-tahap jalan hidup dapat membuktikan eksistensi manusia dalam PaccKa3 o Cearu HoeeuteuuhlX Ra.s'ska: o Sent/ Povesennyx (Cerita tentang Tujuh Orang Terhukum iantung) lewat tokoh-tokohnya_ Analisis terhadap novela karya Andeev ini dilakukan untuk menemukan unsur cksistensialisme berupa kebebasan dan tahap-tahap jalan hidup. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitik. Dari penelitian didapatkan kesimpulan bahwa kebebasan dan tahap-tahap jalan hidup dapat membuktikan eksistensi manusia secara individual"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S14890
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Raffman, Diana
Cambridge The MIT Press 1993
781.11 R 26 l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Krishnamurti, Jiddu, 1895-1986
London: New York Routledge , 1999
181.4 KRI l
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Krishnamurti, Jiddu, 1895-1986
Jakarta: Yayasan Idayu, 1982
182.4 KRI p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Depok : [t.tp], 2006
KOR 951.9 Ike p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
R. Haryosusanto
"R. Haryosusanto (0794080235). Peranan Okuma Shigenobu di Bidang Polilik, Pemerintahan dan Pendidikan dalam Modernisasi Jepang. (Di bawah bimbingan Prof. Dr. I Ketut Surajaya), Jakarta : Fakultas Sastra Universitas Indonesia, 2000. Okuma Shigenobu merupakan seorang dari sedikit tokoh Jepang yang konsisten dengan sikap dan pendiriannya. Okuma begitu gigih mempertahankan pendapat dan pemikitrannya walaupun harus menerima pemecatan dirinya sebagai anggota majelis dan mendapat serangan percobaan pembunuhan. Namun demikian hal tersebut tidak mengendurkan semangat Okuma untuk mewujudkan cita-citanya. Sebagai bukti kekonsistenan sikapnya itu, meski ia telah dipecat dan anggota majelis ia tetap diminta untuk menjadi bagian dari pemerintahan. Hal ini dibuktikan dengan menjabat menteri diberbagai bidang, menjadi perdana menteri sebanyak dua kali selain itu ia juga mendirikan Rikken Kaishinto yakni partai progresif kedua di Jepang setelah Jiyuto. Itu semua merupakan sebagian kecil karirnya dibidang politik dan pemerintahan. Dibidang pendidikan kesuksesan Okuma ditandai dengan didirikannya Universitas waseda (Waseda Daigaku) pada tahun 1882 yang sebelumnya bernama Sekolah Hukum Tokyo (Tokyo Senmon Gakko). Selain itu Okuma juga mengadakan perubahan substansial pada sekolah hukum swasta, yakni dengan diadakannya kursus persiapan untuk memasuki universitas, dimana jika sebelumya universitas hanya diperuntukan bagi mereka yang telah menempuh pendidikan formal, misalnya SMA dan sederajatnya. Maka bagi mereka yang tidak atau belum menempuh pendidikan formal sampai setingkat SMA tetapi telah lulus mengikuti kelas persiapan, mereka dapat masuk ke Universitas."
2000
S13677
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maya Kartika Pramudita
"Penelaahan mengenai pokok-pokok pemikiran Shibusawa Eiichi yang mengkaitan perekonomian dengan moral dan dasar terbentuknya pemikiran-pemikiran tersebut. Tujuannya adalah untuk memahami pemikiran Shibusawa Eiichi yang berkaitan dengan pedoman moral bagi kalangan bisnis dalam usahanya menunjang modernisasi di zaman Meiji, dan menemukan landasan dari pemikiran-pemikirannya. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian dengan metode kepustakaan, terutama didasarkan pada buku Rongo to Soroban yang ditulis oleh Shibusawa Eiichi. Selain itu jugs dipergunakan buku-buku lain yang berkaitan dengan terra permasalahan sebagai acuan penunjang. Hasil penelitian kepustakaan ini menunjukkan bahwa Shibusawa Eiichi menganggap perlu ada suatu pegangan moral bagi pelaku bisnis dalam menjalankan kegiatannya. Pegangan moral tersebut dimaksudkan agar kegiatan yang mereka lakukan tidak saja menghasilkan keuntungan pribadi melainkan diharapkan juga dapat menunjang usaha pengembangan perekonomian negara secara keseluruhan, sesuai dengan tuntutan zaman ketika itu.Pegangan moral yang dianjurkan oleh Shibusawa Eiichi adalah ajaran - ajaran Konfusianisme lama, yaitu ajaran menurut Kooshi, yang termuat dalam kitab Rongo."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1994
S13734
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Chaidir
"ABSTRAK
Popper menolak pemikiran Plato, Hegel dan Max, karena pemikiran ketiga filosoftersebut mewakili pemikiran masyarakat tertutup, disebutnya totalitarisme. Fasisme dan Komunisme adalah masyarakat totaliter. Ketiganya bentuk masyarakat tertutup karena mengandaikan sejarah sudah ditentukan sehelumnya. Historisisme berpendapat bahwa sejarah dan masyarakat mutlak berkembang dengan tendensi tertentu. Ada hukum sejarah, bila mengetahui hukum sejarah itu, maka kita dapat meramalkan sejarah dimasa depan. Popper menolak bentuk masyarakat atas dasar utopia. Revolusi adalah merubah masyarakat dari tatanan lama menjadi tatanan Baru, dan memakan banyak korban manusia. Popper menolak perbaikan masyarakat dengan revolusi, karena revolusi menggunakan pendekatan holistis, yaitu. peruhahan masyarakat sekaligus secara menyeluruh. Karl Popper menjadi ahli filsafat ilmu pengetahuan alam dan filsafat ilrnu pengetahuan sosial, dan mengembangkan teori falsifikasinya pada ihnu-ilmu pengetahuan sosial. Teori Popper berkembang dari tiga tingkat fungsi Bahasa Karl Buhler, yaitu fungsi ekspresit; stimulatif, dan ekspresif. Popper menamhahkan situ lagii.fungsi argumentatif. Fungsi argumentatif sebagai dasar pemikiran kritis. Selama ini teori yang dipakai adalah teori induktif, Popper menganut teori haru yaitu testabilitas atau falsifiabilitas. Popper memperluas metodenya dinamakan rasionalisme kritis yaitu keterbukaan terhadap kritik. Masyarakat dalam pandangan Popper adalah tidak sempurna, oleh sehab itu hares dikritik dan mengkritik did sendiri. Teori kritis hanya dilakukan untuk masyarakat terbuka. Dalarn teori politik dan sosialnya Popper terinspirasi dengan teori evolusi Darwin. Masyarakat akan terseleksi dengan. Trial and Error Elimination (percobaan dan pembuangan kesalahan). The Open Society adalah pemerintahan yang paling balk, dan diartikan dengan demokrasi. I)emokrasi adalah seperangkat institusi dengan kontrol publik, adanya pergantian antara penguasa dan yang diperintah dan pembaharuan tanpa kekerasan, disukai atau tidak disukai oleh penguasa. Popper dengan teori rasionalisme kritisnya memperbaiki kehidupan masyarakat dan politik dengan cara piecemeal social engineering, yaitu memperbaiki kehidupan sosial secara sedikit-sedikit. Pandangan filsafat ilmu pemgetahuan Popper sejalan dengan filsafat politiknya, kritik dapat memajukan ihnu pengetahuan dan juga masyarakat. Satu sisi pemikiran Popper bermanfaat untuk peruhahan masyarakat agar menjadi maju. atas dasar kritik, tetapi sisi lain adalah tidak ada jaminan bahwa negara akan stabil, karena kritik itu juga. Sangat bernilai dalam tataran khazanah intelektual, tetapi dalam tataran praktik masih menyimpan pertanyaan besar. Disini tugas filsafat yaitu mempertanyakan sesuatu yang tidak akan pernah selesai"
2007
T37334
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Atmazaki
Padang Angkasa Raya 1990
801 A 413 i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>