Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 616 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Santi Prahmanati
"Berhasilkah. Si Kabayan sebagai drama modern? Sebagai drama modern, alur Si Kabayan mempunyai pola sebab akibat yang logis; kalaupun ada peristiwa yang tidak logis, tidaklah mengganggu keseluruhari lakon karena peristiwa tersebut perlu ada untuk menimbulkan kelucuan sebuah komedi (1da.: 3. 2). Peristiwa-peristiwa disusun dengan seleksi yang cukup ketat; kalaupun ada lanturan, hal ini penting untuk menonjolkan makna'. Sebagai komedi, struktur alur Si Kabayan merupakan kerangka lakuan yang cepat dan dilebih-lebihkan dan tokoh-tokoh bergerak mengikuti mekanisrne alur: Si Kabayan menampilkan unsur-unsur komedi, yaitu sindiran atau cemooh, ketidakpantasan atau keganjilan, dan otomatisme Ida. : 3.1). Tokoh-tokoh Si Kabayan tidak bulat, tetapi datar dan sederhana sehingga menyerupai tokoh karikatural [1da.: 3.3) . Sebagai komedi rendahan yang bersifat banyolan, Si Kabayan banyak menampilkan lakuan yang bersifat badani..."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1980
S11088
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Utuy Tatang Sontani
Djakarta: Jajasan Kebudayaan Sadar, 1964
899.221 UTU s (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"[Skripsi ini membahas mengenai cara menentukan originalitas ciptaan libretto
yang dibuat berdasarkan suatu ekspresi folklor. Hal ini penting untuk dibahas
karena originalitas adalah salah satu syarat yang harus terpenuhi agar suatu
ciptaan dapat dilindungi Hak Cipta, sedangkan sampai saat ini belum ada
pengaturan yang pasti mengenai kriteria suatu ciptaan dikatakan memiliki
originalitas. Oleh karena itu penentuan originalitas ciptaan hanya dapat ditentukan
atas dasar doktrin dan teori mengenai originalitas yang ada. Masing-masing
bentuk ciptaan memilki kriteria dan metode khusus di dalam menentukan
originalitasnya, begitupun libretto yang dibuat berdasarkan ekspresi folklor.
Penelitian ini adalah peneltian preskriptif yang memaparkan penggunaan doktrin
dan teori sebagai penunjang dan pelengkap ketentuan Undang-Undang Hak Cipta
di dalam menentukan originalitas libretto yang suatu ciptaan yang dapat
dilindungi Hak Cipta., This mini thesis focused on how to define the originality of a libretto that was
made based on folklore. It is necessary to know the methods to define originality
because originality is one of the requirements for copyright protection, but in the
other hand there are no regulation in Indonesian law that gave us the methods,
that’s why the only things to do to define originality is by using doctrines and
theories. Each kind of works has their own criteria and methods to define its
originality, as well as a libretto which was made based on folklore. This research
is a qualitative research with prescriptive design. The research depicts the use of
theories and doctrines as supplementary provisions for the Copyright Law in
defining originality of a libretto as a work that can be protected by the law.]"
Universitas Indonesia, 2014
S57324
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dearisa Muhlisiani Putri
"[ABSTRAK
Skripsi ini membahas kumpulan drama Manusia Kota: Empat Buah Drama karya Utuy Tatang Sontani. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan teori cerita rekaan Panuti Sudjiman yaitu analisis struktur cerita rekaan melalui alur dan pengaluran, tokoh dan penokohan, serta tema. “Manusia kota” yang ditulis sebagai judul merupakan suatu frasa untuk menggambarkan masyarakat kota dengan konteks masyarakat kota Jakarta tahun 1950-an. Gambaran manusia kota tersebut dikemukakan Utuy Tatang Sontani melalui empat buah drama, yaitu “Sajang Ada Orang Lain” (1954), “Dilangit Ada Bintang” (1954), “Saat Jang Genting” (1956), dan “Pengakuan” (1957). Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa gambaran manusia kota yang terlihat pada drama-drama Utuy Tatang Sontani, bahwa pada dasarnya manusia kota tidak dapat lepas dari nafsu duniawi, yaitu uang dan seks.

ABSTRACT
This thesis discusses collection drama namely Manusia Kota: Empat Buah Drama by Utuy Tatang Sontani. This research uses descriptive analytic method alongside with fiction theory approach by Panuti Sudjiman by which the structure of fiction consisting of plots, characters and characterizations, and theme is analyzed. "Urban People" which was written as the title is a phrase to describe the community of Jakartan people in the context of 1950s. That human depiction was presented by Utuy Tatang Sontani through four plays, namely "Sajang Ada Orang Lain" (1954), "Dilangit Ada Bintang" (1954), "Saat Jang Genting" (1956), and "Pengakuan" (1957). The results of this research show some in depth depiction of the urban people that was represented by the human dramas of Utuy Tatang Sontani, that essentially, people living in urban areas can not be separated from worldly passions named money and sex., This thesis discusses collection drama namely Manusia Kota: Empat Buah Drama by Utuy Tatang Sontani. This research uses descriptive analytic method alongside with fiction theory approach by Panuti Sudjiman by which the structure of fiction consisting of plots, characters and characterizations, and theme is analyzed. "Urban People" which was written as the title is a phrase to describe the community of Jakartan people in the context of 1950s. That human depiction was presented by Utuy Tatang Sontani through four plays, namely "Sajang Ada Orang Lain" (1954), "Dilangit Ada Bintang" (1954), "Saat Jang Genting" (1956), and "Pengakuan" (1957). The results of this research show some in depth depiction of the urban people that was represented by the human dramas of Utuy Tatang Sontani, that essentially, people living in urban areas can not be separated from worldly passions named money and sex.]"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S58333
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lina Meilinawati Rahayu
"Tesis ini membahas dua drama karya Utuy Tatang Sontani: Sangkuriang - Dayang Sumbi (1953) dan Sang Kuriang (1959). Walaupun bersumber dari folklor yang sama, kedua teks ini ditulis dalam dua periode yang berbeda sehingga dianggap berkemungkinan untuk mengandung ideologi yang berbeda. lni terutama karena teks Sang Kuriang ditulis setelah penulisnya, Sontani, menyatakan afiliasinya dengan PKI (Partai Komunis Indonesia) melalui keanggotaannya dalam Lekra pada tahun 1959. Penelitian ini menggunakan teori strukturalisme Greimas dan teori isotopi yang dikemukakannya. Dari hasil penelitian ditemukan banyak perbedaan dari kedua drama tersebut. Perubahan ini dimaknai dengan pemaknaan tataran kedua (konotasi) dalam kerangka semiotik Barthes. Dari hasil analisis ditemukan bahwa perubahan dalam kedua teks itu bersifat ideologis seperti tampak dari perubahan tokoh, latar, alur, dan tema.

This thesis discusses two dramas written by Utuy Tatang Sontani: Sangkuriang - Dayang Sumbi (1953) and Sang Kuriang (1959). Written in different periods of time, the dramas were assumed to reflect differences in their ideologies. Both texts were developed from one Sundanese folklore by a writer assumed to write those texts with different ideological underpinnings. The latter text, Sang Kuriang, was written after Sontani proclaimed his political affiliation to PKI (Partai Komunis Indonesia/Indonesian Communist Party) in 1959. To investigate and explore these presumed ideological differences, a semiotic-based structural analysis, using Greimas theory on isotopy, was conducted on both texts. Findings from this analysis were discussed within the framework of Barthesian semiotics to disclose the connotative meanings of both texts. The analysis disclosed that differences found in both texts were ideological because of the shifts in various aspects of the texts such as characterization, setting, plot, and theme."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T11911
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzan Muslim
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1992
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Utuy Tatang Sontani
Jakarta: Bhratara, 1962
899.223 2 UTU s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Ambri
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1983
899.223 2 MOH s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Min Resmana
Bandung : Rahmat Cijulang, 1967
899.223 2 MIN s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Mustafa Kenel
"Mustafa Kenel, mahasiswa jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Indonesia, selama dua semester menyusun skripsi dengan judul Nasruddin Hoja dan Si Kabayan : Sebuah Analisis Komparatif, dibawah bimbingan Maman S. Mahayana, M.Hum. Nasruddin Hoja dan Si Kabayan adalah dua cerita humor yang dihasilkan oleh dua masyarakat yang berbeda. Kedua cerita tersebut memiliki sejumlah persamaan dan perbedaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan persamaan dan perbedaan dua cerita tersebut terutama mengenai unsur-unsur intrinsik dan fungsi sosial kedua cerita tersebut di dalam masyarakatnya.Dalam penelitian ini, penulis mempergunakan metode deskriptif-komparatif, yaitu menjelaskan dan membandingkan unsur intrinsik dan fungsi cerita humor Nasruddin Hoja dan Si Kabayan. Persamaan dan perbedaan unsur-unsur intrinsik tersebut meliputi tokoh dan penokohan, latar, tema, dan amanat. Hasil analisis menunjukkan bahwa persamaan dan perbedaan terletak pada (1) tokoh dan penokohan, (2) latar tempat terjadinya cerita, dan (3) unsur tema dan amanat. Persamaan dan perbedaan juga terdapat pada fungsi sosial cerita Nasruddin Hoja dan Si Kabayan di dalam masyarakat yang menghasilkannya. Fungsi sosial itu adalah (1) sebagai hiburan, (2) sebagai sarana pendidikan, dan (3) sebagai media kritik sosial."
Depok: Universitas Indonesia, 2000
S10933
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>