Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 126996 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mila Novita
"Penelitian ini berisi suntingan teks beserta penelusuran asal-usul cerita salah satu naskah kesusastraan Melayu lama, Cermin Mata. Naskah tersebut berisi tiga belas cerit& Topik tersebut dipilih karena penelitian terhadap naskah kesusastraan Melayu lama belum banyak dilakukan sementara kondisi naskah semakin buruk. Jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut, Lama-kelamaan naskah-naskah yang merekam kebudayaan bangsa Melayu di masa lampau tersebut akan musnah,Suntingan teks dibuat dengan menggunakan edisi biasa yang melibatkan semua aspek transliterasi, yaitu mengadakan pembagian kata, penggunaan huruf kapital, penggunaan pungtuasi, serta membetulkan kesalahan teks. Penelusuran asal-usul cerita dilakukan dengan studi pustaka.Hasil penelitian ini menunjukkan.bahwa penyalin naskah banyak melakukan kesalahan dalam penulisan. Dari penelusuran asal-usul cerita terlihat bahwa lima dari tiga belas cerita diambil dari naskah Melayu lain yang berusia lebih tua. Selain itu, naskah tersebut berisi cerita-cerita baru yang berasal dari dalam dan luar Melayu."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
S10937
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Korah-Go, Elisabeth
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1995
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
"History of Rokan Kingdom in the 16th century"
Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1996
398.215 ASA
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Rahman Kaeh
"Teks Pauli Narawanxsa (PN) ditransliterasikan dari aksara Jawa ke dalam huruf Latin mengikut Pedoman Ejaan Jawa yang Disempurnakan (Cf. PEBD, 1976: 29). Bunyi bahasa Jawa disesuaikan dengan bunyi bahasa Indonesia/Malaysia mengikut ketentuan seperti yang dipaparkan dalam Lampiran C disertasi ini (lihat Lampiran C). Bagi membedakan antara (pepat) dengan e (taling) , dalam transliterasi ini hanya (pepet) saja yang diberikan tanda. Bunyi (t) dan (d) digantikan dengan (th) dan (dh). Selanjutnya, semua nama termasuk nama orang, nama gelaran dan nama tempat akan ditulis dengan menggunakan huruf besar. Tanda bacaan tidak digunakan dalam transliterasi ini. Untuk memudahkan melihat perbedaan di antara tembang-tembang yang terdiri atas berbagai jenis, maka penyusunan tembang-tembang tersebut dalam transliterasi teks PN ini dibuat mengikut jumlah baris seperti yang ditentukan oleh peraturan tiap jenis tembang tersebut. Dan setia p permulaan "pada" (bait) akan ditulis dengan huruf besar. Garis miring ( / ) dalam transliterasi teks FN ini menunjukkan pergantian halaman yang terdapat dalam naskah asalnya, sedangkan nomor sebelah kiri dalam transliterasi yang sejajar dengan garis miring tadi merupakan nomor halaman dalam naskah asalnya."
Malang: IKIP-Malang, 1983
D453
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Hatmoko
Ponorogo: Myria , 2018
899.222 DWI k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2001
899.28 ASA
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Zulfahnur Z. Firdaus
Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, 1980
899.224 8 ZUL a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Lita Nurlita
"[ABSTRAK
Kecemasan merupakan hal yang sering dilaporkan ketika anak dihadapkan pada proses
operasi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dampak penggunaan buku cerita
bergambar terhadap kecemasan sebelum operasi. Design Penelitian adalah quasi
eksperiment:Post test-only non equivalen control group. Sampel penelitian adalah 34
anak usia sekolah yang akan menjalani operasi, dipilih dengan teknik Consecutive
sampling. Kelompok intervensi diberikan informasi dengan buku cerita bergambar dan
kelompok kontrol mendapatkan informasi rutin rumah sakit. Hasil penelitian
menunjukan anak yang mendapatkan persiapan dengan buku cerita bergambar
mengalami kecemasan sebelum operasi lebih rendah (p=0,003). Penelitian ini
merekomendasikan pemberian informasi dengan buku cerita bergambar sebagai salah
satu intervensi persiapan operasi

ABSTRACT
Anxiety is often reported among preoperative children. This study aimed to identify the
impact of story book on preoperative anxiety among school-age children. Research
design was quasi experiment: Post test -only non equivalent control group toward 34
which were selected with consecutive sampling technique. Children on intervention
group were prepared with pictured story book, while children on control group were
prepared with hospital routine information. The result showed that children whose
prepared with pictured story book experienced less preoperative anxiety (p=0,003). This
research recommends pictured story book as one of interventions for preoperative
preparation;Anxiety is often reported among preoperative children. This study aimed to identify the
impact of story book on preoperative anxiety among school-age children. Research
design was quasi experiment: Post test -only non equivalent control group toward 34
which were selected with consecutive sampling technique. Children on intervention
group were prepared with pictured story book, while children on control group were
prepared with hospital routine information. The result showed that children whose
prepared with pictured story book experienced less preoperative anxiety (p=0,003). This
research recommends pictured story book as one of interventions for preoperative
preparation., Anxiety is often reported among preoperative children. This study aimed to identify the
impact of story book on preoperative anxiety among school-age children. Research
design was quasi experiment: Post test -only non equivalent control group toward 34
which were selected with consecutive sampling technique. Children on intervention
group were prepared with pictured story book, while children on control group were
prepared with hospital routine information. The result showed that children whose
prepared with pictured story book experienced less preoperative anxiety (p=0,003). This
research recommends pictured story book as one of interventions for preoperative
preparation.]"
2015
T46560
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stevanus Natanael
"Penelitian ini mengkaji bagaimana konstruksi anak bahagia digambarkan dalam novel Aku, Meps, dan Beps dan bagaimana gaya pengasuhan yang dilakukan oleh Meps dan Beps mengonstruksi karakter tokoh Aku pada novel Aku, Meps, dan Beps. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan struktural yang berfokus pada unsur tokoh dan penokohan. Hasil analisis struktural tersebut diolah dengan menggunakan konsep konstruksi untuk menunjukkan karakter anak bahagia dalam novel Aku, Meps, dan Beps. Selain konsep konstruksi, konsep gaya pengasuhan juga digunakan untuk menunjukkan gaya pengasuhan Meps dan Beps terhadap konstruksi karakter anak bahagia pada tokoh Aku. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa karakter bahagia yang dimiliki oleh tokoh Aku digambarkan melalui karakternya yang mampu mengendalikan emosi, memiliki empati dan kepedulian terhadap sesama, serta menunjukkan kecerdasan dan kreativitas. Karakter yang dimiliki oleh tokoh Aku tersebut dibentuk melalui gaya pengasuhan otoritatif Meps dan Beps yang hangat, responsif, komunikatif, dan suportif.
This study examines how the construction of a happy child is constructes in the novel Aku, Meps, dan Beps and how the parenting style practiced by Meps and Beps constructs the character of Aku in Aku, Meps, dan Beps. This study uses a qualitative method with a structural approach that focus on characters. The results of the structural analysis are processed by using the concept of construction to show the character of happy children in the novel Aku, Meps, and Beps. In addition to the concept of construction, the concept of parenting style is also used to show the parenting style of Meps and Beps to the character Aku. The results of the study show that the happy character of Aku is constructed through his character who is able to control emotions, has empathy and concern for others, and is intelligent and creative. Aku's character is formed through Meps and Beps' authoritative parenting style which is warm, responsive, communicative, and supportive."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>