Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8780 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jakarta: Dirjen Koperasi. Departemen Perdagangan dan Koperasi, 1977
334 IND p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sagimun Mulus Dumadi
Jakarta: Inti Idayu Press, 1989
334 SAG k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hanisa Amalina
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh jenis teks dan tampilan gambar terhadap kemampuan mengingat materi pelajaran IPA tingkat Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dan terdapat dua eksperimen yang dilakukan. Pada eksperimen I, peneliti memanipulasi jenis teks dengan dua variasi, yaitu teks yang berisi definisi dan teks yang berisi analogi. Pada eksperimen II, manipulasi tampilan gambar terdiri dari tiga variasi, yaitu tidak terdapat gambar, gambar tunggal, dan gambar berurutan. Ketiganya dibuat berdasarkan Teori Kognitif pada Pembelajaran Multimedia oleh Mayer (2003). Pengukuran terhadap ingatan dilakukan dengan memberikan soal yang berkaitan dengan materi yang ditampilkan sebelumnya. Dugaan yang dibuat oleh peneliti adalah jenis teks analogi dan gambar berurutan secara signifikan memiliki skor ingatan lebih tinggi. Secara keseluruhan, hasil dari kedua eksperimen ini tidak menunjukkan adanya skor yang secara signifikan lebih tinggi pada kelompok yang mendapatkan teks yang berisi analogi di eksperimen I dan kelompok yang mendapatkan gambar berurutan di eksperimen II.

This study was conducted to examine the influence of text and picture types on junior high school students? memory upon Science material. This is an experimental study consisting of two experiments. In Experiment I, the researcher manipulated types of text into two variants: text with definition and text with analogy. In Experiment II, the researcher enhanced the types of text into three variants: without picture, with single picture, and with sequential pictures. The three variants were designed based on Mayer?s Cognitive Theory in Multimedia Learning (2003). The respondents were given questions related to the presentation material. Memory assessment was conducted by scoring the participants based on their total correct answers. The researcher assumed that text with analogy and enhanced text with sequential pictures would significantly contribute to higher memory test score. Overall, both experiments showed that there is no significant higher score in group that received text with analogy in Experiment I and group that received text with sequential pictures in Experiment II.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S60650
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Simangunsong, M. P.
Jakarta: Karya Utama, 1991
657 SIM p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Dara Meutia Uning
"Fenomena kolusi, korupsi dan nepotisme dalam bisnis buku pelajaran telah lama menjadi keprihatinan kalangan pemerhati dan praktisi pendidikan. Pada pertengahan tahun 1998, fenomena ini kembali menguak ke muka ketika sejumlah penerbit mengadukan bahwa dalam Proyek Pengadaan Buku Pelajaran Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), yang didanai oleh pinjaman Bank Dunia, sarat dengan perilaku kolusi dan korupsi. Kesimpangsiuran fakta tentang perilaku penyimpangan yang terjadi, serta tidak adanya proses hukum yang tegas atas penyimpangan tersebut, mendorong dilaksanakannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran tentang perilaku penyimpangan dalam proyek, menelaah dan menganalisa mengenai karakteristik pelaku dan pola interaksi di antara mereka, serta faktor-faktor yang melatarbelakangi perilaku tersebut, sebagai salah satu bentuk perilaku white-collar crime. Karena kolusi merupakan suatu topik penelitian yang sangat sensitif dan tersembunyi sehingga tidak mudah diketahui oleh orang luar, maka digunakan metode observasi partisipasi dan wawancara tidak berstruktur untuk memperoleh data dari para pelaku proyek. Selain itu, observasi lapangan dan studi dokumen juga dilakukan, untuk mendukung kevalidan data yang telah diperoleh. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam proses seleksi proyek itu, telah teijadi keterpaduan kolusi yang terencana. Karakter khas para pelaku adalah rasionalisasi dan toleransi atas perilaku kolusi itu. Pola hubungan simbiosis mutualisme yang terjalin di antara mereka dan dukungan dari pihak-pihak yang dilibatkan dailam penyimpangan tersebut, turut andil dalam melanggengkan kolusi itu dan menyembunyikannya dari sorotan publik. Perilaku semacam ini telah lama tumbuh dan berkembang karena adanya budaya birokrasi yang patrimonial dalam jajaran Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Departemen Pendidikan Nasional), budaya bisnis patron-client serta suburnya praktik bisnis curang dalam dunia penerbitan di Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000
S6282
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Eddy Kusponco Wibowo
"ABSTRAK
Dari hasil pengujian hipotesis pertama tentang pengaruh diklat SPAMA
terhadap peningkatan pengetahuan menunjukkan, bahwa terdapat korelasi yang positif
antara diklat SPAMA dengan peningkatan pengetahuan aparatur terbukti dari terhitung
7,82 lebih besar dari t tabel 2,064 untuk df 24 dan taraf kesalahan 5 %.
Pengujian hipotesis kedua tentang pengaruh diklat SPAMA terhadap
peningkatan ketrampilan juga menunjukkan, bahwa terdapat korelasi yang positif antara diklat SPAMA dengan peningkatan ketrampilan aparatur terbukti dari t hitung 6,93 lebih besar dari t tabel 2,064 untuk df 24 dan taraf kesalahan 5 %.
Sedangkan untuk Pengujian hipotesis ketiga tentang pengaruh diklat SPAMA
terhadap peningkatan sikap tidak menunjukkan, bahwa terdapat korelasi yang positif
antara diklat SPAMA dengan peningkatan sikap aparatur terbukti dari t hitung 1,69
lebih kecil dari t tabel 2,064 untuk df 24 dan taraf kesalahan 5 %.
Dari hasil penelitian tersebut, maka program diklat SPAMA perlu terus
dikembangkan lebih lanjut, baik seleksi peserta, kurikulum, metode, widyaiswara dan
lainnya agar program diklat tersebut menjadi lebih baik, sehingga benar-benar mampu
menyiapkan kader-kader pimpinan PNS yang profesional.

"
1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhila Nurul Hastuti
"Mahasiswa keperawatan perlu memiliki pengetahuan tentang pertolongan pertama saat menghadapi situasi yang membutuhkan bantuan ataupun perawatan medis. Mahasiswa keperawatan tingkat akhir khususnya sebagai calon perawat profesional yang akan menghadapi berbagai kasus kesehatan membutuhkan tingkat pengetahuan pertolongan pertama yang baik. Beberapa penelitian menunjukkan rendahnya pengetahuan mahasiswa tentang pertolongan pertama.
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi gambaran tingkat pengetahuan mahasiwa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia tingkat akhir tentang pertolongan pertama. Desain penelitian ini adalah deskriptif sederhana dengan pendekatan potong lintang menggunakan 106 responden mahasiswa reguler 2010 FIK UI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan pertolongan pertama responden secara umum masih kurang (88,68%). Tingkat pengetahuan responden buruk pada aspek survei primer dan resusitasi jantung paru, survei sekunder, dan penanganan kasus pertolongan pertama. Keaktifan mencari dan memperbaharui pengetahuan pertolongan pertama melalui berbagai sumber perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa.

Nursing students should have first aid knowledge when faced with situations that require assistance or medical care. Final year nursing students in particular as a candidate of a professional nurses who will face various health case require a good first aid knowledge. Some studies showed the low level of first aid knowledge among students.
This study aimed to determine the first aid knowledge level of final year students in the Faculty of Nursing Universitas Indonesia. This study involved 106 regular nursing student batch 2010 as respondents and used simple descriptive cross-sectional approach.
The results showed that the respondents? level of knowledge was still low generally (88,68%). Respondents have a low level of knowledge regarding to primary survey and cardiopulmonary resuscitation, secondary survey, and the handling of first aid cases. In order to improve the knowledge of nursing students on first aid, their knowledge should be updated actively by using a variety of sources.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2014
S57428
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: BIPA Program Pendidikan Profesional FSUI, 1995
499.28 JEN
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>