Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 174059 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
cover
cover
Ahmad Nur
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat mahasiswa Program Studi Ilmu Politik angkatan 2005 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) mengenai pelatihan penelusuran informasi yang dilaksanakan di Miriam Budiardjo Resource Center dan untuk mengetahui hasil/output yang didapat oleh mahasiswa setelah mengikuti pelatihan penelusuran informasi tersebut. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Politik FISIP UI angkatan 2005 yang telah mengikuti pelatihan penelusuran informasi dan Program Dasar Pendidikan Tinggi (PDPT) yang berjumlah 33 orang, dan keseluruhannya digunakan menjadi sampel atau disebut sebagai penelitian populasi dengan sampel total (total sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu pertama melalui wawancara dengan Kepala Miriam Budiardjo Resource Center FISIP UI mengenai sejarah dilakukannya pelatihan penelusuran informasi disertai alasan dan tujuannya. Kedua adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa Program Studi Ilmu Politik FISIP UI angkatan 2005. Ketiga adalah dengan studi literatur. Teknik analisis data yang dipakai adalah dengan menggunakan teknik penghitungan persentase dan penafsiran data. Dari analisis yang dilakukan sesuai dengan pendapat mahasiswa diperoleh kesimpulan bahwa pelatihan penelusuran informasi yang diberikan telah cukup dalam hal memberikan pengetahuan, materi yang disampaikan, metode yang digunakan dan hasil yang didapat oleh para peserta antara lain kemampuan menelusur mereka meningkat, tugas-tugas kuliah mereka terbantu, dan terpenuhinya kebutuhan informasi mereka. Namun, ada beberapa masukan dari pendapat mahasiswa-mahasiswa tersebut bahwa promosi pelatihan penelusuran informasi harus ditingkatkan, penyampaian materi dibuat lebih menarik lagi, dan diberikan buku/hand out materi pelatihan penelusuran informasi."
Depok: Universitas Indonesia, 2007
S14910
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Miriam Budiardjo, 1923-2007
Bandung: Mizan Pustaka, 1998
920.959 8 MIR m
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Fenty Afriyeni
"Skripsi ini membahas tentang kualitas layanan internet yang diberikan oleh Miriam Budiardjo Resource Center dari sudut harapan dan persepsi pengguna dengan atribut pengukuran terhadap empat dimensi LibQual+TM, yaitu :Access o Informasi, Affect of Service, Personal Control, dan Library as Place. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kualitas layanan internet di MBRC terhadap dimensi LibQual+TM tersebut dari sudut harapan dan persepsi pengguna, sehingga bias menjadi masukan bagi pihak Miriam Budiardjo Resource Center terhadap kualitas layanan yang telah diberikan. Penelitian mengenai kualitas layanan internet ini menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Responden dalam penelitian ini diambil berdasarkan teknik pengambilan secara accidental sampling yang berjumlah 84 orang dimana seluruhnya adalah mahasiswa D3 dan S1. Kuesioner terdiri dari 22 pernyataan yang dibagikan kepada responden yang sedang memanfaatkan layanan internet pada saat penelitian dilangsungkan. Responden diminta memilih jawaban berdasarkan nilai yang telah disediakan, yaitu nilai 1-4 untuk tiap kolom harapan dan kolom persepsi. Kualitas layanan dinilai berdasarkan kesenjangan (gap) antara persepsi dan harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan internet di Miriam Budiardjo Resource Center secara umum dinilai cukup baik walaupun belum memenuhi harapan responden. Kebanyakan responden mempunyai nilai harapan yang lebih tnggi dibandingkan dengan kinerja layanan yang dipersepsikan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai persepsi yang diperoleh sebesar 2,96 dimana nilai tersebut lebih kecil dibandingkan nilai harapan yang diperoleh yaitu sebesar 3,31. Dari kedua nilai tersebut didapatkan kesenangan negative, yaitu sebesar-0,35. Dari 4 dimensi yang ada, tidak ada satu dimensi pun yang memperoleh kesenjangan positif. Dimensi yang paling baik ada pada dimensi Personal Control dimana mendapatkan nilai kesenjangan sebesar -0,08, sedangkan dimensi Affect of Service mendapatkan nilai kesenjangan terendah, yaitu sebesar -0,51. Dimensi Affect of Service ini merupakan dimensi yang paling penting untuk di evaluasi terutama dalam hal pelayanan yang diberikan oleh petugas. Meskipun dari seluruh dimensi tidak ada yang memperoleh kesenjangan positif, namun jika dilihat satu persatu, dari 22 pernyataan yang diajukan, terdapat 10 pernyataan yang memperoleh kesenjangan positif. Sedangkan sisanya atau sebanyak 12 pernyataan memperoleh kesenjangan negative."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15114
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haznam Fahriza Widhiansyah
"Skripsi ini membahas mengenai tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan Miriam Budiardjo Resource Center (MBRC) FISIP UI. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP dan FIA UI yang pernah atau sering menggunakan layanan MBRC. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penarikan sampel secara purposive dengan kriteria responden yang telah disebutkan. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Pertanyaan pokok dalam kuesioner diadopsi dari metode LibQual+TM yang memiliki 4 dimensi dan 21 indikator kualitas layanan MBRC. Kuesioner menggunakan skala Likert dengan 5 pilihan jawaban. Adapun metode analisis yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif, Importance Perormance Analysis (IPA), dan Indeks Kepuasan Pengguna (IKP). Kegunaan penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam rangka upaya peningkatan kualitas layanan MBRC secara berkala dan selalu berorientasi kepada pengguna. Hasil pembahasan penelitian ini menghasilkan nilai Indeks Kepuasan Pengguna (IKP) sebesar 51,03% yang mengindikasi bahwa responden cukup puas terhadap pelayanan MBRC. Hasil diagram IPA menunjukkan bahwa kebanyakan indikator masuk kedalam kuadran III yang berarti MBRC perlu memperhatikan kembali kualitas layanannya karena yang masuk ke kuadran ini adalah indikator yang memiliki kinerja yang tidak terlalu istimewa dengan tingkat kepuasan yang relatif rendah.

The focus of this study discusses the level of satisfaction from users of the quality of Miriam Budiardjo Resource Center (MBRC) FISIP UI services. The population in this study was FISIP and FIA UI students who had or often used MBRC services. The sampling method used in this study is a purposive sampling method with the criteria of the respondents mentioned. The instrument in this study used a questionnaire. The main questions in the questionnaire were adapted from the LibQual + TM method which has 4 dimensions and 21 MBRC service quality indicators. The questionnaire uses a Likert scale with 5 answer choices. The analytical methods used include descriptive statistical analysis, Importance Performance Analysis (IPA), and User Satisfaction Index (IKP). The usefulness of this research is expected to be a reference in order to improve the quality of MBRC services on a regular basis and always be user-oriented. The results of the discussion of this study resulted in the value of the User Satisfaction Index (IKP) of 51.03% which indicated that respondents were quite satisfied with the service of MBRC. The IPA diagram results show that most indicators fall into quadrant III, which means that MBRC needs to pay attention to the quality of its services because those who enter this quadrant are indicators that have not too special performance with a relatively low level of satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>