Ditemukan 5974 dokumen yang sesuai dengan query
Telford, Charles Witt
Englewood Cliff, NJ: Prentice-Hall, 1981
371.9 TEL e
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Meyen, Edward L.
Denver: Love Publishing, 1979
371.9 MEY i
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Davis, Gary A.
Harlow, Essex: Pearson, 2014
371.95 DAV e
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Hallahan, Daniel P.
New Jersey: Prentice-Hall, 1988
371.9 HAL e
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Hallahan, Daniel P.
Boston: Allyn and Bacon, 1994
371.9 HAL e
Buku Teks Universitas Indonesia Library
San Francisco: Jossey-Bass Publishers, 1981
371.9 PRO
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Taylor, Ronald L.
Boston: Allyn and Bacon, 2003
371.91 TAY a (1)
Buku Teks Universitas Indonesia Library
McManus, Mick
London: Routledge, 1995
371. 102 4 MCM t
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Smith, Robert M.
New York: McGraw-Hill, 1975
371.9 SMI e
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Widodo
"Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran permainan adaptif dalam mengatasi permasalahan psikis anak berkebutuhan khusus (ABK) dan peran model pembelajaran permainan adaptif berbasis perkembangan aktual dalam meningkatkan keberanian dan kepercayaan diri ABK untuk mencoba suatu keterampilan baru. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka. Hasil kajian menunjukkan, pertama, permasalahan psikis ABK berupa keberanian dan kepercayaan diri untuk mencoba suatu keterampilan baru dapat diatasi dengan menerapkan permainan adaptif. Kemanjuran permainan adaptif dalam mengatasi permasalahan tersebut dikarenakan adanya konsep efikasi diri dan zona perkembangan terdekat beserta perancahnya. Dengan konsep tersebut, permainan adaptif diterapkan dengan melibatkan orang lain sebagai model sukses dan perancah untuk membantu ABK mempelajari keterampilan baru, serta pembelajarannya dimulai dari keterampilan yang sudah dapat dilakukan oleh ABK secara mandiri. Kedua, model permainan adaptif berbasis perkembangan aktual dapat meningkatkan keberanian dan kepercayaan diri ABK. Hal tersebut dikarenakan adanya penekanan pada perencanaan fungsional di lapangan dengan target utamanya ?anak mau mencoba melakukan permainan dan mengulanginya? sehingga timbul rasa nyaman. Pengembangan model dilakukan dengan menempatkan asesmen awal terhadap keterampilan ABK sebagai langkah pertama yang dikuti empat langkah berikutnya, yaitu akomodasi dan modifikasi, implementasi, pengajaran, dan evaluasi. Kesimpulan kajian ini adalah permainan adaptif dan model pembelajaran permainan adaptif berbasis perkembangan aktual dapat mengatasi permasalahan psikis ABK, terutama masalah keberanian dan kepercayaan diri untuk mencoba suatu keterampilan baru."
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2016
370 JPK 1:1 (2016)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library