Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 15642 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Panjaitan, J.T. Rusman
Jakarta: Legiun Veteran RI, 2003
920 PAN r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Dewi A. Rais (Dewi Asiah Rais) Abin, 1933-
Jakarta : Djambatan, 2000
915.31 DEW c
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
M. Amien Rais
Jakarta: Gema Insani Press, 1997
320.959 8 AMI r
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Diyah Ratna
Jakarta: Gagas Media, 2009
895 DIY g (1)
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Arberry, A.J.
London : The Royal India Society, 1947
891.551 ARB t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Annisah Herya Kirana
"Jurnal ini membahas tentang gaya hidup masyarakat Badui Sinai Mesir, antara lain mengenai pola organisasi, nilai-nilai sosial dan hubungan sosial mereka dengan kelompok masyarakat lainnya. Sebagaimana pengertian masyarakat Badui pada umumnya, masyarakat Badui Sinai merupakan masyarakat keturunan Arab yang hidup bersama di wilayah Semenanjung Sinai Mesir dengan kondisi geografisnya yang ekstrim dan menerapkan pola kehidupan nomaden dan semi-nomaden. Kondisi lingkungan hidup mereka yang keras tersebut nantinya berperan penting dalam membentuk pola organisasi sosial dan nilai-nilai sosial mereka, seperti sikap keberanian, kegigihan dan solidaritasnya. Seorang syekh atau amir berperan penting dalam mengoordinasi masyarakat Badui yang tinggal di lingkungan yang keras tersebut. Tanpa adanya seorang pemimpin, hidup di wilayah padang pasir akan terasa sulit. Seiring berkembangnya zaman, gaya hidup masyarakat Badui tersebut mulai ditinggalkan. Salah satu faktornya yaitu pembangunan peradaban modern. Akan tetapi, kini masyarakat Badui Sinai masih dihadapkan dengan kondisi yang sulit. Mereka belum merasakan sepenuhnya hasil dari pembangunan peradaban tersebut. Penulisan jurnal ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif-deskriptif dengan teknik penelitian kajian pustaka.

This journal article discusses Bedouin of Sinai in Egypt and its lifestyle, which are the organization pattern, social values and the social relationship with other communities. Bedouin of Sinai are Arabian descent of nomads and semi-nomads who live together in Egypt?s Sinai Peninsula with its extreme geographical condition. The harsh condition has an important role in shaping the organization pattern and their social values, such as bravery, persistence and solidarity. A syekh or an amir takes a siginificant role in coordinating the Bedouin people, whose life in that desert will not be easy without the existence of a leader. As time goes by, this kind of lifestyle is no longer adopted due to the development of modern civilization. However, Bedouin of Sinai ironically do not feel the beneficial impacts of the civilization development and still struggle with various difficult conditions. This journal uses a qualitative-descriptive method in conducting the textual analysis.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Atiya, Aziz Suryal
Cairo: Misr S.A.E., 1950
271 ATI m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Usman Abdhali Watik
"Tesis ini mengkaji strategi kampanye seorang calon presiden RI. Studi sejenis ini belum banyak dilakukan di Indonesia karena pemilihan presiden secara langsung barn pertana kali diadakan. Amien Rais sebagai kandidat presiden pada pilpres 2004 memperoleh kekalahan dengan sangat telak. Padahal ia adalah kandidat yang paling kompeten di antara kelima pasangan. Mengapa ia gagal, apakah ia telah menjadi korban dari pemeo yang berlaku di Amerilra Serikat bahwa kandidat terbaik tidak akan pernah terpilih.
Kajian tentang kampanye politik dalam tesis ini didasari oleh perkembangan riset kampanye politik yang kini telah memasuki sebuah era di mana kampanye modem menggunakan pendekatan strategi pemasaran dan strategi komunikasi (Kotler,1996 dan Kavanagh,1997). Perkembangan ini di motivisir oleh kemajuan dnnia industri yang telah terbukti jitu menaikkan angka penjualan dengan menggunakan strategi pemasaran. Seiring dengan itu pula proses politik yang terjadi semakin menjurus ke arah manipulasi uang atau korupsi, sehingga memaksa pars aktivis politik untuk menerapkan prinsip-¬prinsip pemasaran agar kampanye berjalan efektif dan efisien. Prinsip-prinsip tersebut mendorong tim kampanye untuk bertindak dan mencapai tujuan berdasarkan riset yang ketat. Apalagi antara dunia pemasaran dan kampanye sesungguhnya memiliki kesamaan, jika dalam pemasaran, penjual menawarkan barang dan jasa guna menperoleh keuntungan maka kampanye menawarkan janji dan kepribadian kandidat untuk memperoleh dukungan suara darn pemilih. Meski demikian keduanya juga memiliki perbedaan, kampanye politik selalu diliputi persoalan kepercayaan, emosi bahkan juga konflik.
Teknik pengumpulan data untuk menjawab permasalahan penelitian dalam tesis ini dilakukan melalui wawancara terhadap sembilan informan, dan didukung oleh studi yang memanfaatkan berbagai dokumen yang terkait dengan masalah penelitian. Teknik analisa data ideal types digunakan oleh peneliti dengan pertimbangan teknik ini menyajikan model atau abstraksi Bari sebuah relasi sosial ataupun proses-prosesnya, dengan cara menyandingkan konsep dengan realitas (Neuman,2000:431-432). Dengan kata lain dengan teknik analisa data ideal types, peneliti akan membandingkan strategi kampanye yang telah berlangsung di banyak negara di dunia dalam hal ini strategi kampanye yang ada di Amerika dan Eropa dengan strategi kampanye yang dijalankan oleh pasangan Amien Rais-Siswono Yudo Husodo.
Hasil penelitian ini menunjukkan penyebab utama kegagalan kampanye pasangan Amien Rais-Siswono Yudo Husodo bersumber dari langkah politik Amien Rais yang cenderung konfrontatif dan sikapnya yang tidak tegas dalam menentukan orang-orang yang akan menjadi tim kampanyenya. Hal ini berimplikasi pada kinerja tim kampanye yang cenderung diliputi oleh suasana rivalitas antara kepentingan untuk mengusung Amien Rais sebagai tokoh pluralis atau tokoh Islam modern (sektarian). Rivalitas yang terjadi dalam tim kampanye Amien Rais membuat strategi kampanye menjadi tumpul. Tahapan pemasaran politik dilalui tanpa ketelitian karena menafikan beberapa hasil riset popularitas dan riset segmentasi pemilih, sehingga aktivitas kampanye tidak sinkron dengan hasil riset. Di samping itu terbatasnya dukungan finasial dan menurunnya perolehan suara Partai Amanat Nasional juga menjadi kelemahan dari aktifitas kampanye pasangan iai. Namun demikian media massa telah berjasa dalam menggambarkan Amien Rais secara positif dalam berbagai program berita. Hal tersebut didukung oleh kejelian tim kampanye dalam merancang aktivitas kampanye yang berpeluang memiliki nilai berita sehingga mengundang liputan media massa. Sayangnya iklan politik pasangan Amien Rais-SiswonoYudo Husodo kontraproduktif dengan upayanya dalam membangun citra. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aktifitas kampanye pasangan ini belum termasuk pada penerapan strategi kampanye modem.
Dari hasil penelitian ini, ditemukan beberapa implikasi teori, antara lain: (1) Langkah politik kandidat presiden turut menentukan upaya pembangunan citra. Hal ini berkaitan dengan langkah politik konfrontatif dan akomodatif. Semakin konfrontatif langkah politik sang kandidat maka citra positifnya akan cenderung menurun, demikian pula sebaliknya; (2) Ikan politik yang mengandung pesan berupa visi, nisi dan program kandidat presiden tidak efektif bagi pemilih tradisional, karena karakteristik pemilih seperti ini lebih peka dalam menangkap pesan non verbal (visualisasi kepribadian kandidat presiden); (3) Sikap positif media (pemberitaan media massa) terhadap kandidat presiden tidak serta merta mempengaruhi pilihan pemirsa dalam hal ini pemilih."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
T22367
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional, 2008
810.9 DAR
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>